INDONESIA-10007, Ujung Pandang, Sulawesi, Indonesia, 1983
Steve Mc Curry, Makassar, 1983

Ketika saya membaca artikel-artikel tentang Steve McCurry, mahaguru foto jurnalistik dan juga idola saya yang kondang dengan karya paling terkenalnya Afghan Girl, saya sempat terkejut rupanya Steve pernah datang ke Indonesia walaupun hanya sebentar. Catatan-catatan Steve ketika di Indonesia memang sedikit sekali, tapi bagi saya itu harta berharga, bagaimanapun Indonesia pernah terekam dalam lensa-lensa Steve.

Dalam beberapa sumber, Steve datang ke Indonesia pada ย 1983 bertepatan dengan datangnya musim penghujan. Setidaknya ada 2 tempat yang pernah terdeteksi didatangi oleh Steve, Bojonegoro dan Makassar. Selebihnya belum tahu, saya sih yakin pasti Steve juga ke tempat-tempat lain di Indonesia.

Sebenarnya karya-karya foto jurnalistik oleh jurnalis National Geographic tidak hanya dihasilkan oleh Steve McCurry, sebelum Steve di tahun 1930, seorang jurnalis National Geographic bernama W. Robert Moore menyusuri Sumatera, tercatat dia mampir di Karo, Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Catatannya diterbitkan di National Geographic edisi Februari 1930 dengan artikel panjang berjudul “Among The Hill Tribes of Sumatera”, ada sekitar 30-an foto di artikel tersebut. Namun Moore tak hanya ke Sumatera, kelak foto berikutnya membuktikan Moore pernah juga ke Yogyakarta dan Bali.

Kembali soal Steve, foto-foto yang dihasilkan selama di Indonesia ternyata foto-foto tematik karena semua foto diambil pada saat musim penghujan. Tema-tema foto ini berjudul Monsoon, menurut Steve dia membuat proyek ini karena terpengaruh oleh foto essayย Brian Brake, fotografer dari Selandia Baru yang diterbitkan oleh Majalah Life. Awalnya Steve mengambil foto-foto musim penghujan di Gujarat, India. Kemudian dia merekam foto-foto jurnalistik nan humanis tentang hujan di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

Dari foto-foto Steve ada yang menarik yaitu ketika dia memotret kondisi banjir di Bojonegoro, di saat itu Bojonegoro sedang banjir bandang karena luapan Sungai Bengawan Solo. Menurut catatan artikel tentang banjir di tahun 1983, Bojonegoro terendam banjir hampir selama 3 bulan.

Bagi pecinta foto-foto Steve McCurry berikut beberapa remah foto-fotonya ketika berada di Indonesia.

Tabik.

indonesia-10001nf6
SteveMc Curry, Bojonegoro, 1983.
Steve memberi catatan bahwa warna hijau tersebut adalah Kayambang, tumbuhan air yang sering dijadikan makanan bebek.
NYC9000
SteveMc Curry, Bojonegoro, 1983.
Frame yang berbeda, Objek yang sama.

indonesia-10002nf2

Steve McCurry, Jawa, 1983.
indonesia-10016
Steve McCurry, Bojonegoro, 1983.
Satu keluarga menikmati sajian makanan dalam banjir. Foto ini juga masuk dalam kompilasi foto berjudul “Family Table” yang menampilkan foto-foto suasana makan bersama dari berbagai penjuru dunia.
NYC9003
Steve McCurry, Bojonegoro, 1983.
Frame dan situasi yang berbeda dari setting lokasi yang sama. Dalam foto ini keluarga tersebut sedang bersantai dan menikmati televisi di tengah-tengah banjir.
indonesia-10006
Steve McCurry,Jawa, 1983.
Ibu ini sedang membersihkan sawahnya yang habis tersapu banjir.
indonesia-10008
Steve McCurry, Indonesia, 1983.
INDONESIA-10003
Steve McCurry, Indonesia, 1983.

Video Behind The Scene Project Monsoon

[yframe url=’http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=1jsrf0pYodE’]

PS :

Sumber foto : Blog Pribadi Steve McCurry. 1,ย 2, 3, 4

Cerita di balik proyek Monsoon. 1, 2

Koleksi foto Monsoon.

Foto-foto Indonesia dari Steve McCurry di Magnum Photos.

Foto-foto Indonesia dari Steve McCurry di Photoshelter.

PDF Steve McCurry Untold The Stories Behind The Photographs.

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

11 KOMENTAR

  1. njenengan terinspirasi sama Pak Steve McCurry toh Mas? Kalau saya sama simbah Jim Richardson, hahaha. Kehidupan tahun 1983 sama tahun 2014 masih sama persis yo? Masih banjir, masih angon bebek, masih mandi di kali, paling yang beda cuma teknologinya aja.

  2. Steve McCurry memang fotografer jurnalistik legendaris, fotonya lebih dari sekedar indah tapi bercerita saya sama sukanya dengan foto-foto karya james natchwey.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here