DSCF9559

Saya tahu brand Mada 1432 dari kawan sesama fotografer, Tomy Nurseta yang memiliki beberapa koleksi tas Mada 1432. Setelah melihat beberapa produknya, saya tertarik dengan Mada Domiplan, sling bag kamera yang kecil dan mungil namun sangat fungsional.

Selama ini saya memang jarang sekali menggunakan sling bag, lebih suka menggunakan ransel. Baru kali ini saya memilih sling bag Mada Domiplan sebagai variasi karena terkadang pegal dan repot menggunakan ransel.

Mada 1432 adalah produsen tas-tas kamera lokal dengan bahan utama dari kulit. Kualitasnya terjamin dengan mutu terbaik. Sudah sejak beberapa tahun berproduksi, sekarang ini tas produksi Mada 1432 digunakan oleh banyak fotografer papan atas Indonesia.

????????????????????????????????????

Saya bertemu dengan Andi Januar, owner dari Mada 1432 di workhshopnya di daerah Bintaro Sektor 2. Dalam siang yang akrab, Andi menemui saya di antara material-material kulit yang siap dibuat tas yang begitu cantik.

Andi berkata bahwa setiap produk Mada dibuat dengan sangat hati-hati. Tingkat presisinya sangat akurat serta riset yang berulang, untuk memastikan daya tahan produknya. Maklum tas kamera memang seharusnya bukan tas yang sembarang, tas ini haruslah sesuai dengan fungsinya, melindungi kamera.

Di sisi lain, Andi juga berusaha untuk membuat tas-tas kulit produksi Mada 1432 memiliki kekhasan, memiliki kualitas. Itulah mengapa Andi berusaha agar tas produksi Mada memiliki desain yang berbeda dan khas.

DSC_8889
Signature Mada 1432

Material kulit yang dipilih adalah kulit asli yang dipilih dengan hati-hati. Saat mengunjungi workshopnya saya kagum dengan cara pengolahan kulitnya yang begitu teliti dan presisi. Setiap desain didesain dengan begitu cermat.

Maka saya bisa melihat bagaimana jahitan pada kulitnya begitu halus. Garis jahitannya pun sangat rapi menembus kulit tanpa koyakan, tanpa cacat. Demikian pula dengan Mada Domiplan yang saya pilih, begitu halus dan rapi dalam setiap detail jahitannya.

????????????????????????????????????
detail pada kait dan tali

Mada Dompiplan adalah slingbag dengan desain vintage yang sederhana. Bentuknya kotak saja, tanpa aksen yang berlebihan. Memiliki satu kantong utama, satu kantong kecil di bagian depan dan kantong di belakang.

Mengingat kamera sekarang yang ukurannya semakin kecil dan kegemaran mengambil berburu foto street, Mada Domiplan ini sudah pas sebagai tas kamera. Kecil namun mampu memuat kamera yang saya bawa.

Mada Domiplan memang didesain untuk para street fotografer jelas Andi. Seorang street photographer tidak terlalu banyak membawa kamera dan lensa-lensa. Selain itu seorang street photographer juga tidak perlu mencolok dengan tas besar, Mada Domiplan ini memenuhi seluruh kebutuhan seorang street photographer.

Bawaan saya yang masuk di Mada Domiplan
Bawaan saya yang masuk di Mada Domiplan

Kompartemen utama tas ini mampu memuat dua kamera mirrorless dan dua lensa. Saya pernah mencoba juga memuat satu kamera mirrorless dan satu kamera DSLR dengan dua lensa.

Dari sisi keamanan tas ini memiliki dua resleting pada kompartemen utama, sehingga jika ingin membuka tas ini dua resleting ini harus dibuka bersamaan. Pada ujung resleting diletakkan pengait sebagai pengaman tambahan, hal ini mencegah tangan usil untuk mengambil barang dari tas.

Di kompartemen utama diletakkan beberapa busa yang fleksibel diubah-ubah posisinya. Bisa sebagai pelindung bagian bawah tas atau sebagai sekat di kompartemen untuk memisahkan kamera satu dengan yang lainnya.

Pada bagian dalam kompartemen utama terdapat juga kantong kecil. Bagi saya kantong tersebut saya gunakan untuk memuat memory card, card reader atau barang-barang kecil lainnya.

pengait pada ujung resleting sebagai pengaman
pengait pada ujung resleting sebagai pengaman

Dari sisi desain, kekuatan dan keamanan, Mada Domiplan ini sudah bagus sekali. Lantas bagaimana soal kenyamanannya? Saya lalu mencoba untuk membawa tas ini traveling ke Singapura selama empat hari.

Tas ini nyaman, pada bagian tali terdapat pelindung bahu yang bisa digeser. Fungsinya untuk melindungi bahu dari gesekan tali tas yang cenderung keras. Pelindung ini empuk dan memang sesuai fungsinya, menyamankan bahu.

Selama saya bawa tas ini berjalan kaki ke sana ke mari di Singapura saya enteng saja membawanya. Tinggal atur saja panjang tali tas ini, sesuai kenyamanan. Saya nyaman jalan-jalan, kamera dan lensa saya pun aman di dalam Mada Domiplan.

DSCF9876

DSCF9527

Setelah saya gunakan, overall tas ini memang sangat nyaman untuk dipakai. Slingbag Mada Domiplan sekarang menjadi tas kamera utama saya, bawaan yang tidak banyak dan kepraktisan membuat saya nyaman menggunakan tas ini.

Andi berkata, tas ini memang menjadi produk paling laris dari Mada. Saya tak heran, dengan bentuk dan desain yang vintage tas ini memang memikat banyak orang. Kualitas kulit dan materialnya juga memikat para pembeli.

Bagi yang ingin melihat workshop Mada, bisa main-main ke Bintaro. Asyiknya adalah tak hanya produk-produk yang sudah ada seperti Domiplan ini, Andi juga menerima order untuk tas kamera custom dengan bahan kulit atau kanvas. Aksesoris kamera pun banyak, seperti strap kulit dengan berbagai desain.

So, untuk tas kamera kulit produk dalam negeri dengan desain bagus, Mada 1432 adalah jawabannya.

Tabik.

Untuk order silakan menuju link Mada 1432 Leather Bag berikut :

+62811985240

Facebook Page Mada 1432

Website Mada 1432

Atau bisa membeli melalui dealer Mada 1432 berikut :

10308259_470793789721411_905539834560960468_n

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

28 KOMENTAR

  1. Bintaro di mananya mas? Dkt2 snappy itu kah? Aku punya sling bag jg tp rasanya kegedean. Pgn yg agak kecilan. 1 mirrorless, lensa 1 ato 2

  2. yg punya mu itu yg 900 rb ya mas??? Ga terlalu mahal, krn aku pernah liat di lazada tas kamera 2 jt an -__-. lgs males belinya.. lagi nyari juga nih mas.. kmrn sempet beli, model ransel, tapi sekat2 di dalamnya itu ga kokoh gitu loh.. mlenyat mlenyot kalo dimasukin kameraku.. ya udh aku stop pake deh.. Cakep nih yg mada… 😉

  3. make tas ini nggk terlalu kentara ya mas isinya kamera. soalnya kata temen2 (apalagi di jakarta) tas merk low*pro sudah familiar dikalangan maling..he..

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here