image

Selamat Pagi dari Flores

Di Pulau yang dikatakan sebagai Pulau Bunga ini, saya selama seminggu ini menjelajah jalanan Flores dengan Daihatsu Terios untuk meliput lomba balap sepeda Internasional, Tour de Flores 2016. Lomba ini merupakan yang pertama kali diadakan di Flores, atlet balap sepeda dari 28 negara adu tanding menaklukkan Pulau Flores dari ujung ke ujung.

Lomba berlangsung semarak di panasnya Flores, masyarakat antusias melihat para atlet balap sepeda adu cepat. Lomba yang dimulai dari ujung timur Flores, Larantuka hingga ujung baratnya, Labuan Bajo, berhasil menarik atensi masyarakat Flores.

image image

Jalanan Flores diakui oleh pembalap dan ofisial dari UCI memang menantang, dengan tanjakan dan turunan serta tikungan yang ekstrim. Menurut mereka ini adalah trek balap sepeda paling menantang di Indonesia.

Namun mereka memuji trek yang indah dengan paduan pemandangan pantai dan bukit-bukit juga jalanan yang mulus. Persiapan dari pemerintah daerah memang patut dipuji, pengamanan yang ketat di mana setiap rentang satu kilometer dijaga oleh Polisi juga persiapan infrastruktur jalan yang terawat sekali.

image

image

Total jarak yang ditempuh para pembalap lebih dari 700 kilometer dengan etape yang dibagi dari Larantuka – Maumere, Maumere – Ende, Ende – Ruteng dan berakhir dari Ruteng ke Labuan Bajo. Setiap hari para pembalap harus menghabiskan satu etape.

Banyak hal yang menarik, banyak juga peserta yang tidak berhasil melanjutkan medan karena berbagai hal. Dari 120-an peserta di etape pertama, hanya tinggal 80-an peserta di etape ketiga.

image

Beberapa pembalap juga mengalami cedera, ada yang karena kecelakaan atau kelelahan. Di penginapan yang memang menjadi satu penginapan dengan para pembalap terlihat bagaimana wajah-wajah para pembalap yang penuh semangat hingga yang kelelahan.

Menariknya adalah melihat antusiasme masyarakat di Flores menanggapi lomba balap sepeda ini. Di sepanjang jalan tak pernah putus para masyarakat memberikan dukungan, ada yang sekedar menunggu ada yang menyajikan tari-tarian tradisional sebagai penyemangat para atlet yang berlomba.

image

Saya merasa beruntung bisa mengikuti etape demi etape di Tour de Flores ini. Merasakan bagaimana adrenalin menggeliat mengikuti liukan para pembalap yang menaklukkan jalanan Flores yang menantang.

Untuk penyelenggaraan pertama, Tour de Flores 2016 cukup berhasil. Semoga bisa berlanjut ke depan dan menjadi even yang membanggakan Indonesia di dunia Internasional.

Tabik.

Tulisan dalam rangka penjelajahan Terios 7 Wonders edisi Flores dan Tour de Flores bersama Daihatsu Indonesia.

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

30 KOMENTAR

  1. “Menurut mereka ini adalah trek balap sepeda paling menantang di Indonesia.
    Namun mereka memuji trek yang indah dengan paduan pemandangan pantai dan bukit-bukit juga jalanan yang mulus.”

    Naik mobil aja berasa banget jalannya naik turun meliuk2. Apalagi kalo naik sepeda, pasti lebih berasa lagi. Tapi salut jalan-jalan utama penghubung antar kota nya udah beraspal dan mulus. Jalan yang di desanya juga ga jelek-jelek banget.
    ditunggu lanjutannya! 🙂

  2. Wah.. Selain kak efenerr siapa lagi nih blogger yg ikutan gelaran Daihatsu..?
    Kayaknya tahun2 kemarin bloggernya rame… N pakai kontes blog sebelumnya. Tahun ini kayanya enggak ya..? Cmiiw

  3. Wah. Ternyata mau liat Tour de Flores! Beruntung kali! Sempet ke Larantuka juga ngga, Mas?

    O iya, itu 700 km pake sepeda sakti juga ya.. 4 etape berarti 4 hari ya? Start dari jam berapa mereka, Mas? Seru!:D

  4. Bisa bayangin beratnya gimana mengayuh pedal sepedah ketika tanjakan…inget naik motor dari Labuan bajo ke Ruteng aja motor udah ngadat2.

    Gimana tim dari Indonesia mas? Apa masih bertahan?
    Ditunggu liputan selanjutnya.

  5. Pernah sekali naik sepeda yang harganya di atas 100juta aja udah kaget rasanya. Liat sepeda ini kok harganya bisa buat beli rumah banyak lagi hahahhahaha. Dulu orang-orang tahunya tour de singkarak, sekarang sudah dari barat – timur ada semua. Benar-benar rute yang menantang, tapi sangat tepat untuk mempromosikan keindahan Indonesia.

  6. waaah rutenya mantap :D.. tanjakannya udh kebayang tuh capeknya gmn kalo utk pemula kayak aku .. tapi bangga bacanya, indonesia jd tempat tur balap sepeda international gini 🙂 Btw mas, juaranya jadi siapa?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here