dscf8830

Aplikasi apa yang digunakan saat traveling? Mungkin 2-3 tahun lalu saya pakai banyak aplikasi, mulai dari map, translator, organizer, rate currency sampai browser, semua dipakai sendiri-sendiri sesuai kebutuhan. Tapi sekarang semua itu bisa dibuat mudah dengan satu aplikasi, saat ini saya cukup menggunakan Google App untuk traveling.

Google App mungkin sekarang menjadi solusi cerdas, ibarat seluruh aplikasi dirangkum menjadi satu aplikasi yang sangat powerful. Aplikasi ini tidak muncul sembarangan, Google App lahir karena melihat kebutuhan pengguna yang menjadikan Google sebagai senjata andalan saat traveling.

Sebenarnya saya mulai menggunakan Google App ini kira-kira setahun lalu. Saat itu di versi android terbaru, Google App sudah terintegrasi dengan sistem operasi tersebut. Muncul di halaman utama dan bahkan bisa menggunakan perintah suara apabila kita mengucapkan “Ok Google”.

dscf8838

Namun kala itu saya belum menggunakan Google App untuk traveling, saya menggunakan aplikasi tersebut untuk organizer, reminder dan news aggregator sesuai dengan preferensi yang saya masukkan.

Untuk tiga fungsi itu saja Google App sudah sangat powerful, aplikasi ini mampu mengelompokkan berita-berita yang saya sukai, membaca email dan memberi tanda apabila ada jadwal yang harus saya kerjakan sampai menyuguhkan berita-berita yang saya inginkan.

Kekuatan Google App untuk membaca preferensi pengguna itulah yang membuat aplikasi ini sangat berguna di mata saya. Tak heran ketika digunakan untuk traveling aplikasi ini mampu menjadi aplikasi andalan.

dscf8832
Bersama Koko Hartadi dan Wira saat acara Google App di Jogja

Saya tetap menginstall aplikasi ini ketika saya beralih smartphone dari android ke ios. Walaupun memang jika menggunakan ios, aplikasi ini tidak terintegrasi dengan sistem operasi namun fitur dan fungsi aplikasi ini tetap powerful.

Ketika saya mencoba Google App untuk traveling ke Jogja bersama Koko Hartadi dan Wira aplikasi ini menunjukkan kehandalannya.

Tiba di Jogja dan saya ingin mencari referensi wisata di Jogjakarta saya tinggal membuka aplikasi Google App dan menggunakan panduan wisata dengan keyword “Wisata Jogjakarta”. Maka dengan sekejap, Google App langsung mencarikan destinasi-destinasi wisata di Jogjakarta.

ggggggg

Shortlist tersebut sudah lengkap, mulai dari referensi tempat yang jika diklik bisa langsung tersambung ke Google Map untuk petunjuk arah. Sampai ke referensi blog destinasi-destinasi wisata terbaik di Jogjakarta.

Dengan Google App saya tak perlu menggunakan browser lagi. Cukup dengan menggunakan Google App dan command suara, saya sudah langsung mendapatkan hasil pencarian yang saya inginkan. Mudah bukan?

Kegunaan kedua, saya menggunakan aplikasi ini untuk mencari referensi tempat makan. Saya terpikir angkringan, maka saya menggunakan perintah suara dengan keyword “angkringan dan resto di Kaliurang”

ggg

Maka di hasil pencarian saya langsung menemukan restoran De Kendhil Resto & Angkringan di hasil pencarian utama.

Apakah tempat ini memang mendapatkan rekomendasi yang bagus? Gampang, saya tinggal cek di hasil pencarian lalu membaca review-review yang muncul. Ternyata dari sistem listing Google restoran ini mendapat skor 4 dari skala 5. Skor yang bagus dan kenapa tidak saya ke sana?

De Kendhil
De Kendhil
dscf8881
Bertiga di De Kendhil

Untuk menuju ke sana saya tinggal menggunakan Google App untuk mencari rute ke tempat tersebut, secara otomatis Google App akan terkoneksi ke Google Map dan saya tinggal mengikuti rute ke De Kendhil Resto & Angkringan.

Jadi dengan satu aplikasi saya bisa melakukan tiga tugas sekaligus, mencari referensi tempat, melihat rekomendasi dan terakhir mencari rute ke tempat tersebut. Semuanya hanya dengan menggunakan Google App saja.

Google App ini oleh Google kemudian dikembangkan sebagai aplikasi yang bisa berfungsi sebagai personal assistant.

Ketika hendak pulang dari Jogja, Google App sudah memberikan reminder tentang waktu terbang saya dari Adisucipto. Kemudian Google App yang membaca data dari email Google saya juga memunculkan data tiket untuk penerbangan saya. Satu aplikasi yang membuat hidup makin praktis.

Saya kemudian mencoba memperluas jangkauan penggunaan aplikasi ini. Mengecek cuaca misal, dari Google App saya bisa langsung terkoneksi dengan Google Weather, saya langsung tahu prediksi cuaca di tempat yang ingin saya kunjungi.

dscf8858

Mengecek rate currency dengan cepat juga bisa dilakukan. Ini sangat berguna ketika traveling ke luar negeri, begitu saya ketik “nilai tukar rupiah dengan dollar”, maka saya bisa langsung mendapat breakdown nilai tukar lewat Google App.

Pengalaman menggunakan Google App untuk traveling ternyata begitu memuaskan. Jika penggunaannya diperluas lagi, Google App ini bisa sangat memudahkan, misalnya untuk mencari tiket pesawat atau hotel misalnya.

Sungguh saya puas menggunakan Google App ini dan kemudian sudah menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi utama untuk traveling. So, silakan gunakan Google App dan terkejutlah dengan fitur-fitur yang akan membuat travelingmu lebih seru.

Tabik.

 Ujicoba foto Google App dilakukan di Jogja dengan tagar #SelaluTauJog

7 KOMENTAR

  1. hahha..aku kalau google maps itu andalan bgt pas traveling. nyari2 tempat makan atau yg ratenya gede. yg oke google belum makek malah, padahal kan bisa bahasa Indonesia yah g kayak siri wkwkkw

  2. Yg aku sebel ya, kenapa tiap kali aku ngomong tanya sesuatu, selalu aja salah diartikan ama si mbah google ini ;p… mw pake bhs inggris kek, bhs indonesia kek… apa segitu ga jelasnya artikulasiku kalo ngomong yak ;p..

TINGGALKAN KOMENTAR