dscf4790

Apa produk budaya yang menarik dari Jepang? Manga. Dan apa jadinya jika manga dikolaborasikan dengan sarana transportasi? Jadilah Shinkansen 500 Type EVA Project. Sebuah Shinkansen yang telah disulap begitu rupa bertema manga Neon Genesis Evangelion.

Saya tahu ada Shinkansen ini ketika mengurus JR Kansai Wide Area Pass. Karena Shinkansen 500 Type EVA Project ini juga dioperasikan oleh JR West. Jadi sekalian saja saya mengatur itinerary untuk merasakan kereta cepat ini.

dscf4780

Neon Genesis Evangelion sendiri merupakan manga yang populer di Jepang. Dengan genre semi mecha manga dan bercerita tentang perang manusia versus alien, manga ini meraih banyak fans di Jepang.

Karena saking populernya manga ini dan bertepatan dengan peringatan 20 tahun Neon Genesis Evangelion maka JR West meluncurkan Shinkansen 500 Type EVA Project sebagai perayaan ke-20 manga ini terbit.

Jadwal dan Tiket

Kereta ini hanya beroperasi sehari sekali bolak-balik. Perjalanan dimulai dari Stasiun Hakata jam 6.36 dan tiba di Stasiun Shin-Osaka jam 11.14. Kemudian kereta akan berangkat dari Shin-Osaka jam 11.32 dan tiba di Hakata 16.07.

Tidak setiap hari kereta cepat ini beroperasi, pada tanggal-tanggal tertentu kereta ini berhenti beroperasi dan diganti dengan Shinkansen reguler.

Jadwal lengkap Shinkansen 500 Type EVA Project bisa diakses di sini.

screen-shot-2016-12-06-at-8-46-46-pm

Saya naik kereta cepat ini dengan tujuan Himeji. sesuai dengan coverage kartu pass yang saya miliki. Karena saya menggunakan JR Kansai Wide Area Pass saya tinggal melenggang masuk ke Shinkansen ini. Apabila tidak menggunakan kartu pass maka harus membeli tiket Shinkansen di loket stasiun Shin-Osaka terlebih dahulu.

Interior

Kereta cepat ini berwarna ungu, mirip dengan warna EVA yang ada pada manga Neon Genesis Evangelion. Livery kereta cepat ini dibuat semirip mungkin dengan karakter di manga tersebut.

dscf4799
Interior gerbong 2
dscf4803
Detail pada lantai
dscf4806
Kondisi gerbong

Nuansa manga juga muncul di dalam gerbong. Mulai dari pintu, lorong gerbong sampai kursinya. Setiap detailnya mengagumkan sekali, elemen-elemen manga ada pada setiap detail di dalam gerbong.

Seperti Shinkansen lainnya, Shinkansen 500 Type EVA Project ini memiliki 2 jenis seat. Non reserved seat dan reserved seat. Karena saya menggunakan kartu pass maka saya hanya bisa duduk di bagian non reserved seat. Beruntung saat saya naik gerbong non reserved seat kosong jadi saya bisa duduk.

Gerbong Eksibisi

Lalu apa menariknya kereta ini?

Hal yang paling menarik dari rangkaian Shinkansen 500 Type EVA Project ada di gerbong pertama. Gerbong ini dijadikan sebagai gerbong eksibisi yang berisi diorama-diorama dari Neon Genesis Evangelion.

Diorama EVA
Diorama EVA

Ada beberapa diorama, salah satunya adalah diorama stasiun kereta dengan EVA yang berukuran besar di dalamnya. Selain diorama terdapat juga photo spot untuk berfoto di gerbong ini.

Konsep gerbong eksibisi ini mirip dengan museum kecil yang berisi dengan hal-hal terkait Neon Genesis Evangelion.

Namun untuk masuk di gerbong ini antriannya panjang, akan ada petugas yang mengatur para pengunjung yang akan masuk ke gerbong eksibisi ini. Ya karena memang gerbong ini daya tarik utama mengikuti perjalanan kereta ini.

Antri di gerbong 1 untuk mencoba simulator
Antri di gerbong 1 untuk mencoba simulator

Kejutan di gerbong ini adalah ada simulator kokpit EVA di gerbong eksibisi. Di kokpit ini penumpang kereta bisa mencoba bermain game real simulation Neon Genesis Evangelion.

Antrian di permainan simulasi ini panjang, saya sendiri tidak sempat mencoba simulator ini dan memilih untuk berjalan-jalan di sepanjang gerbong kereta cepat ini.

dscf4822
Simulator Kokpit EVA
Simulator Kokpit EVA
Simulator Kokpit EVA
Simulator Kokpit EVA
Simulator Kokpit EVA

Kesan Perjalanan

Soal layanan sebenarnya tak ada bedanya Shinkansen ini dengan yang lainnya, hanya saja memang soal interior dan tema Neon Genesis Evangelion inilah yang membuat pengalaman naik Shinkansen 500 Type EVA Project ini berbeda.

Dari Shin-Osaka ke Himeji rasanya hanya sekejap, hanya setengah jam waktu tempuhnya. Batas pass saya juga hanya bisa sampai Himeji saja, namun demikian pengalaman setengah jam di Shinkansen 500 Type EVA Project ini benar-benar menyenangkan.

Sebenarnya ada banyak kereta bertema manga di Jepang, dari Shinkansen sampai kereta biasa. Namun jika sedang berada di area Osaka dan sekitarnya, cobalah naik Shinkansen 500 Type EVA Project ini, jarak dekat tak masalah, yang penting adalah pengalaman menikmati Shinkansen bernuansa manga.

Tabik.

8 KOMENTAR

  1. kalo ttg manganya aku ga mudeng mas.. tapi aku tertarik naik keretanyaa ^o^… kebetulan ntr memang bakal bbrp hr di osaka, aku mau masukin ke list naik kereta ini ah :D.. mana ungu lagiii, warna fav banget 😀

TINGGALKAN KOMENTAR