Magelang, daerah yang dulu pernah menjadi pusat Imperium Mataram memiliki peninggalan artefak berupa candi-candi dan situs-situs lain yang tersebar hampir di seluruh wilayah Magelang. Mulai dari “Selogriyo di Windusari sampai ke Asu Sengi, atau dari Ngawen sampai Gunung Wukir.

Tersebarnya candi-candi tersebut menandakan dulu keluasan pusat imperium Mataram memang mencakup seluruh wilayah Magelang. Dan walaupun sudah banyak candi – candi yang dipugar dan menjadi objek kunjungan, tetapi masih banyak juga candi yang tersembunyi dan belum tergali.

Untuk itulah komunitas pelestari sejarah “Kota Toea Magelang” menyelenggarakan jelajah situs-situs candi di daerah Secang, Magelang pada 25 November 2012 kemarin. Penjelajahan ini bertujuan untuk mencari, mempelajari artefak-artefak peninggalan Imperium Mataram yang tersebar di kawasan Secang dan sekitarnya.

Menarik sekali mengingat, di kawasan Secang yang selama ini dikenal dengan Patal-nya (Perusahaan Benang) ternyata menyimpan berbagai artefak bersejarah. Dan dari aktivitas penjelajahan tersebut, panitia menyediakan e-book yang bisa diunduh secara cuma-cuma dengan harapan khalayak akan mengetahui banyak tentang peninggalan kerajaan Mataram yang tersebar di Magelang.

Oia, komunitas “Kota Toea Magelang” secara berkala sering mengadakan kegiatan penjelajahan bersifat kesejarahan di Magelang. Untuk lebih jelasnya bisa intip halaman facebooknya Kota Toea Magelang.

Kemudian untuk kontak resminya bisa menghubungi :

087832626269 (Bagus Priyana) / www.kotatoeamagelang.wordpress.com / [email protected]

credit photo : Kota Toea Magelang.

E-book nya :

Link Downloadnya : Jelajah Candi Secang.

 

 

Follow Efenerr on WordPress.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here