309002_2187803333556_6554632_n
Pelabuhan Sunda Kelapa. Akhir 2009.

Jangan sebut saya pejalan, karena sejatinya saya tukang pamer. Saya bukan orang yang zuhud dengan perjalanan dan mengambil makna dari perjalanan, saya tak lebih bagian dari kelas menengah yang sok miskin, sok ngirit, sok kere dalam berjalan-jalan. Memenuhi ekstase gengsi kelas menengah dengan melakukan perjalanan sampai membuat orang lain iri setengah mati. Makin murah makin berkelas.

Saya memang tukang pamer dalam larti sesungguhnya. Gatal rasanya jika foto-foto perjalanan tidak sesegera mungkin ditampilkan di social media. Lantas tersenyum saat ada yang meretweet, meloncat girang saat ada simbol cinta di instagram dan tertawa girang saat ada yang nyinyir atau keheranan kenapa saya terus bisa berjalan-jalan.

Di waktu lain misalnya, saya sengaja menebar berita jika ada maskapai penerbangan yang menebar promo sampai gratis. Rela begadang demi menggoret tagihan di kartu kredit untuk tiket gratis yang harganya mungkin tak lebih seharga nasi bungkus di warteg sebelah. Jika tiket sudah didapat maka saya segera posting di sosial media, saya mendapatkan tiket promo tanggal sekian, harga sekian. Bagi saya, makin murah harganya maka strata saya makin tinggi. Betapa bangganya saya mendapat tiket murah tak lebih dari ongkos makan saya di warteg sebelah.

Saya pun sering mengejek-ejek teman yang iri, dan itu mungkin membuat mereka makin iri bahkan benci. Tapi tak apa, toh saya tukang pamer, bukan pejalan. Dengan mereka iri berarti misi saya terlaksana dengan sukses berat. Bahkan saya membuat list-list tempat tujuan yang pernah saya hinggapi, sehingga suatu saat saya bisa berkata “eh, aku sudah pernah kesini lhoo..” dan membuat teman-teman atau orang lain mati kutu.

Traveling itu tak lebih dari kompetisi. Jika teman sudah sampai di suatu tempat, saya tak mau kalah. Harus mengalahkan teman itu. Bahkan saya harus selalu menjadi yang pertama dan paling cepat memposting di dunia maya. Pertama berarti juara, tercepat berarti kebanggaan sebagai pejalan.

Saya tak peduli dengan orang-orang yang kelaparan diluar sana. Yang saya pedulikan adalah bagaimana saya memotret makanan enak, eksotis dan membumbuinya dengan kata-kata bombastis seolah makanan itu hanya ada di tempat yang saya kunjungi. Saya bahkan bodo amat jika makanan itu harganya selangit, karena bagi saya makanan itu adalah sekaligus puncak kebanggaan mencapai suatu tempat.

Kegalauan saya adalah jika foto tidak ada yang me-like, twit saya tidak di retweet. Saya bisa blingsatan dan menggunakan segala cara untuk mencari perhatian. Naluri sebagai tukang pamer mengalahkan segalanya. Pokoknya semua harus tahu bahwa saya traveling, semua harus tahu kegiatan jalan-jalan saya.

Peduli setan masyarakat lokal terjebak kemiskinan, lingkungan rusak atau saya dengan sengaja menyentuh terumbu karang saat snorkling. Itu bukan tugas saya. Masyarakat miskin sudah bisa dibantu oleh Kementerian Sosial, Kementerian Pemberdayaan Daerah Tertinggal atau melalui PNPM Mandiri, lingkungan rusak itu bagian Kementerian Lingkungan Hidup dan soal terumbu karang yang rusak, ah pasti sudah ada LSM yang nanti mengatasinya. Tugas saya ya jalan-jalan saja, menikmati hidup, menikmati duit yang saya hambur-hamburkan.

Saya pasti nyinyir dengan orang lain. Jika orang menasehati saya tentang makna perjalanan, itu hanya desiran angin yang masuk telinga kanan dan sesegera mungkin keluar dari telinga kiri. Bagi saya, perjalanan adalah bagaimana saya bisa jalan-jalan dengan tiket murah, makan makanan eksotis, ke lokasi yang eksotis, foto-foto lalu pulang. Tidak ada urusan dengan makna perjalanan, yang penting adalah gengsi dan status saya naik di depan khalayak ramai dan cap pejalan melekat pada diri saya.

Saya bangga dengan gadget mahal saya, kamera termutakhir, tas merk luar negeri, pakaian brand ternama bahkan saya pun beberapa kali mendapatkan sponsor untuk jalan-jalan gratis. Bagaimana saya tidak pamer? orang lain mengeluarkan effort maksimal, sementara saya like a boss. Tinggal duduk manis dan diservis. Enak to? Wajar kan kalo saya pamer-pamer?

By the way, jangan mengajak berdebat. Karena saya tak akan menjawab debatmu. Saya cuma mau bilang saya sudah kemana-mana dan kamu cuma diam di depan monitor dan iri sama saya. Yang iri, yang mendebat, yang mengkritik saya sebenarnya adalah tukang iri yang tak mampu jalan-jalan sendiri. Coba tunjukkan kamu sudah kemana dan sampai mana? Pastilah kalah.

Nah. Sebenarnya saya mau pamer lagi. Tapi rasanya terlalu banyak jika terus berpamer diri. Banyak sekali yang bisa saya pamerkan dan tak akan habis-habis. Pokoknya ya, baca baik-baik tulisan ini dan sudah tahu kan kalau sebenarnya saya ini tukang pamer, bukan pejalan?

Tabik.

 

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

193 KOMENTAR

  1. Dari fbnya omnduut mampir kesini.Tulisannya ngena banget.Yang jelas bikin introspeksi diri sendiri, meski masih abu-abu buat saya batasan pamer kaya gimana.Saya yakin semua orang ada usahanya untuk bisa travelling. Bahkan untuk yang gratisan sekalipun.
    Salam kenal mas 🙂

  2. isshhh…
    ketoke iki kata-kata paling jujur dari hatimu terdalam deehhh..
    hihihi

    anakku wis meh loro lo chan…kok anakmu ra metu-metu sih..
    *nglirik wetenge shinchand

  3. 😀 senyum nyinyir… Hehhe.. Fenomena akhir akhir ini…
    Termasuk saya yg kerjaannya muter2..(ups…pamer yah..:)) ) tp sayangnya muternya bukan traveling juga..:p *artikelnya bagus, salam kenal mas 🙂

  4. Hahaha. Banyak banget nih temen2 saya yang akan tersindir kalau baca ini. Saya sudah gerah dengan lifestyle pamer. Banyak yang tidak sadar dunia sedang krisis enegi dan air. Mirisss mirissss

  5. Dpt tiket promo itu rasane pancen banggaaaa tenan, mas! Banggaaaa…..!! Ternyata aku jg kls menengah yg sok kere & sok ngirit. Tos yo mas….!

  6. Izin komen bro, biar ente loncat kegirangan, makin banyak yg komen biar makin hilang galau nya biar pada tau juga dunia luar. Makin berisi makin merunduk. Jarang jalan-jalan tapi punya kamera narsis nya akut ya bro? hehehe

    Ngakak juga bro, i was here nya ga sebombastis tulisan diatas. Kirain mah emang beneran pamer

  7. Pamer tiket promo yang didapet, apalagi harga fantastis super murah, gw pikir hak dan wajar aja, justru akan memotivasi yang lain, kok bisa, gimana…. coba kalo dibandingkan yang pamer naik business class pesawat full service, ngehek yang mana coba?

      • Hahahah setuju bangeddd!! Terima kasih udah nulis apa yg selama ini aku pikirkan, herankan dan gak habis pikirkan wkwkwk.. Apalagi klo ditambah menghina2 org2 yg travel “in style” (baca: bukan kere style), katanya itu bukan travelling, itu tourist? Halah! Aneh wkwkwkwkwk. Good article mas bro!

  8. salam kenal mas, om, bro :p

    pada dasarnya tiap orang punya insting untuk menunjukkan sesuatu, makanya ada socmed, blog, dll, termasuk weblog ini hihihi 😀

    memang bedanya tipis antara pamer sama sharing. semoga tujuan saya untuk sharing ga jadi berubah ke pamer deh :))

    tiket promo = kewajiban hakiki saya mas, yang suka jalan-jalan tapi kantong seret >_<

    *peace lah*

  9. Indeed, banyak yang keblinger antara sharing dan pamer. *termasuk saya.
    Good article, dan bagus sindirannya.
    Thanks bos.

  10. Siiip.. jalan-jalanlah selagi bisa, pamerlah selagi mampu, tp jgn kebablasan kalek ya om.. Great article, om buat reminder.. *kasijempol*

  11. mas bantu aku, bikin postingan apa aja kek biar di denger pemerintah, buat kasih subsidi KAI khususon KA.Matarmaja. aku hanya ingin pulang kampung dengan senyum bahagia. kelak aku gak bakal penah iri dengki dengan para pejalan bayaran seperti kalian. sungguh. aku hanya akan bilang : cieeeee… traveller. cieeee… kalo bisa tuch nyaingin Lonle planet. cieee…

  12. kena banget mas… yg iri2 nya haha… tp klo yg pamernya sy g hahaha… soalnya saya menikmati stiap sensi jalan2nya…
    GREAAT ARTICELL MASS ^^

  13. Ah sayang banget, waktu saya keliling dunia blm ada FB/Instagram/Twitter…so nggak bisa pamer deh 😀 Kalau skrg pamernya gak oke-lah, soale foto2nya dulu blm pakek jilbab en gak bs pamer hunting tiket murah krn sukanya kalau terbang naik penerbangan yg full service…hehehe.*Gini lebih pamer kali yak? ;-p
    Tulisannya suka banget deh, Mas 🙂

  14. you got me, dude! duh ngena banget, yah walaupun belum sepamer itu sih di bidang pejalan dan emang belum banyak yang bisa di pamerin tapi emang kadang niat “pamer” itu selalu ada :’)

  15. Aduh…untung saya belum separah seperti yang digambarkan pada tulisan di atas. Jadi malu.

    Kadang ada masa yang mana saya masih berbuat seperti itu walaupun sering heran dengan orang-orang yang berbuat seperti itu terus-menerus tiada hentinya.

    Semoga kita bisa terus lebih baik. Aaamiin.

  16. Duh, apa cuma ane di sini yg kopolosan ya.. gak pernah kepikiran bagi2 foto & cerita kayak gitu itu buat pamer, tapi beberapa waktu lalu ada temen yg ngatain ane pamer dg hobi kayak gitu.. ane kan sedih jadinya.. apa mungkin fenomena orang2 jaman sekarang yg seperti di tulis di atas yg bikin temen ane negative thinking gitu ya..?@#$#%$^
    *prihatin*

  17. Muahaha..
    Mas Efenerr, aku enggak iri kok. Aku sama kayak mas, bangga dengan traveling dan share foto2, update makanan2, dsb, dsb. Wkwkwk, bercanda.

    Anyway, bagus mas. Sebenere emang sih, gak ada esensinya yang lebih penting dari hanya sekedar mau pamer. Saya juga sering nulis yang beginian mas, pake sindiran. Hewhew.

  18. Hehehe… story of my life…
    Cuma yg selalu gw pamerin traveling yg di Indonesia aja, dan selalu berdasarkan best time bukan berdasarkan tiket promo atau hari libur 🙂 Bukan karena sombong, tapi ga mau buang2 uang cuma buat tinggal dipenginapan atau sdh kesana tapi ga bisa kemana2 gara2 cuaca buruk, dan biaya yg dikeluarkan (konon jln2 di Indonesia itu mahal) sangat sepadan dengan yg didapatkan, Indonesia cantik banget!

  19. Jadi galau, mau ikutan pamer nggak ya? Ntar gak lucuk dong kalo gak pamer…rugi nggak bikin iri….:D,
    Nice work !

  20. Mas, artikel yang menarik, cuma gw mau nanggepin masalah pamer dan iri. Pamer adalah aksi, iri adalah reaksi. Tapi keduanya ngga selalu pasangan aksi-reaksi. Contoh medsos/blog, meskipun niatnya dokumentasi/catper untuk kenangan di masa depan, pembaca yg iri bisa nanggepin jadi pamer. Intinya jangan pamer, karena pamer = riya, juga jangan iri, karena iri dekat sama suudzon. Kontrol yang paling baik ya selalu khusnudzon, mau ai orang itu pamer apa ngga, woles aja. Sorry panjang, tapi gw ngga setuju sama beberapa poin di artikel Mas.

  21. wah seru banget ya mas…pengalaman yang luar biasa, gak semua orang bisa seperti mas.. teruskan. Kenali Negerimu Cintai Negerimu. Salam Pariwisata

  22. udah pernah ke iceland sob??
    mampir ke studio sigur ros. ngebir bareng di studio?
    hehe gue udah!! dan dengan bangga GUE PAMER!!!
    lagian orang mo jalan kemana aja juga terserah mereka sih
    toh duit sendiri juga yg dipake bukan duit elo :p
    btw karena mereka tau gue datang jauh2 dari indonesia sangat sangat sangat dihargai di sana!! hehehe
    dan mereka malah senang kalo kita pamer foto tentang tempat mereka.
    karena angle foto2 nya visitor itu BEDA sama orang lokal yg tiap hari disana hehe

    sare deui ah..

  23. “Saya Tukang Pamer, Bukan Pejalan”
    walaupun beda tipis aja,, kalo ente nulis pejalan, maka saya “peLari”, travelling runner. Tukang ikut event2 Lari di dalam maupun di negeri orang sambil sekalian bisa wisata kaya ente juga mas.
    Tapi tulisan ini cukup mewakiLi juga apa yg saya rasakan saat berhadapan dengan lingkungan sekitar.. dan tulisan ini juga bisa jadi tambahan referensi jawaban bagi saya kalo masih ada yg nanya,, “PNS koq kerjanya jalan ehh Lari2 melulu”.. Lah emang apa yg salah dgn PNS yg suka travelling??? bisa menyisihkan waktu buat travelling + olahraga di tengah2 kesibukan rutinitas PNS itu merupakan sebuah kebanggaan dan prestasi tersendiri yg dirasakan oleh para “travelling PNS” lainnya.
    Terima kasih tulisannya, Senior! Me Likey 🙂

    • halo mas. 🙂
      salam kenal sesama fiskus..
      betul, asalkan seimbang dan bertanggung jawab saya kira tidak masalah.
      thanks anyway sudah menyempatkan diri kesini.

  24. Baguss tulisanmu dik, yang semakin memprihatinkan fenomena ini bukan hanya pada kaum muda, ortu seusia saya fb mereka pun isinya terkena virus pamer, huh makananlah difoto, sdg di bandara difoto, sdg belanja di mall difoto dan semua diposting,halahh. Gawat dunia ini, wis kewut masih pada pamer, elus dada sajalah. Terima kasih, nulis terus ya dik.

  25. pamer… hmmmmm… iya kali..
    tapi pamer kalian memotivasi koq…

    membuatku bermimpi dan berupaya menggapai keindahan yang kalian__ “para traveler”__ alami itu..

  26. Ali said, “Zuhud is not to ‘not own anything in this world,’ zuhud is nothing in this world owns you.” Tuhan tidak melarang jika kita mau kaya raya, memiliki banyak harta, asal benda itu tidak memiliki kita. Kita mampu meyakini diri sendiri “I’m the boss, I’m controlling you, not the other way around” pada semua harta milik kita tersebut. Sepertinya, kira-kira maksud Ali; letakkan harta di dalam genggaman tangan, jangan letakkan di dalam hati.

    *ngambil wudhu*

  27. eh pas mampir lagi.. (padahal yo sering mampir).. sering2 aja pamer Bro.. iso nggo rujukan maneh.. hihihihihii.. yang jelas, suwun, sampeyan termasuk manusia langka yang menginspirasiku mulai menulis, meski belum taraf pamer kaya sampeyan..

  28. otak saya berpikir keras baca postingan ini, saya mikir apa yang dipikirkan masnya pas nulis ini pasti ada maksud positifnya, nice post respect 😀

  29. bro, izin share di medsos ya.. bagus bener ini tulisannya.. apakah ini juga termasuk kehendak untuk ‘menguasai’ orang lain melalui jalan pamer? 😀
    keren keren.. kena banget ini..wkwkwk

  30. Njir.. kadang iya kadang tidak,. hahaha,. tapi banyak juga iya nya sih,.. wkkwwk
    tapi gw berusaha untuk tidak seperti itu insyaalloh 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here