Foto2
(ki-ka) Singapore Airlines Cabin Crew; David Lau, General Manager Indonesia (GMI) Singapore Airlines; Rizki Handayani, Direktur Promosi Konvensi, Insentif, Event, dan Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Anil Kumar Nayar, Singaporean Ambassador to Indonesia; Philip Goh, Singapore Airlines’s Regional Vice President South East Asia.

Oktober lalu (25/10) saya mendapatkan undangan dari Singapore Airlines untuk hadir di acara Singapore Airlines Showcase yang diselenggarakan di Plaza Indonesia. Beberapa blogger lain juga diundang sebagai bagian dari perwakilan media, diantara yang saya kenal adalah duo Indohoy, Vira dan Mumun yang rupanya diundang juga oleh Singapore Airlines.  

Singapore Airlines yang merupakan maskapai penerbangan kebanggaan Singapura dan sudah menyabet berbagai penghargaan di dunia penerbangan kali ini meluncurkan konsep baru terbang bersama Singapore Airlines dengan lebih berkelas dan nyaman dengan merilis 3 desain baru untuk masing-masing kelas, First Class, Business Class dan Economy Class yang masing-masing akan diaplikasikan pada desain kabin pesawat Singapore Airlines.

Alasan kenapa Indonesia menjadi salah satu tempat rilis produk baru dari Singapore Airlines menurut Philip Goh adalah karena pasar Indonesia adalah pasar yang sangat potensial bagi Singapore Airlines. Selain itu Singapore Airlines ingin mendekatkan diri dengan konsumennya di Indonesia dengan memberikan tawaran layanan yang lebih berkelas.

Jujur, saya yang selama ini hampir belum pernah merasakan terbang bersama maskapai premium hanya bisa terheran-heran melihat produk baru dari Singapore Airlines ini. Mungkin ini adalah gambaran nyata dari idiom “travel like a boss”. Pantas jika Singapore Airlines layak mendapat nama besar di dunia penerbangan dengan berbagai inovasinya.

Ngomong-ngomong soal produk barunya, di First Class Singapore Airlines yang baru adalah desain keroyokan dari BMW Group DesignworksUSA. Nuansanya cokelat muda dan cokelat tua, dengan kursi berlapis kulit dan bisa disandarkan menjadi tempat tidur. Pada bagian depan terdapat televisi layar datar 24 inchi. Kelengkapannya lainnya adalah headphone, port USB dan HDMI. Benar-benar lengkap dan berkelas. Dikatakan First Class dari Singapore Airlines ini adalah  “One of the most spacious First Class products in the sky.” Memang benar-benar berkelas.

IMG_2939
First Class Seat

Sementara di Business Class yang baru adalah desainnya yang lebih simple dan futuristik. Didesain untuk memberikan kenyamanan saat perjalanan jarak jauh. Dilengkapi in flight entertainment yang lengkap, di bagian samping kursi penumpang terdapat slot untuk menyimpan laptop, headset, colokan listrik dan USB port sehingga bisa tersambung dengan perangkat elektronik yang dibawa penumpang. Oia desain kursi penumpangnya juga baru, karena didesain untuk perjalanan jauh maka faktor kenyamanan diperhitungkan dengan membuat kursi yang lebih lega dan bisa disandarkan sampai 132 derajat agar penumpang bisa tidur dengan nyaman.

Lalu bagaimana dengan Economy Class? Tenang Singapore Airlines tidak melupakannya, Economy Class turut diberikan sentuhan baru yang lebih segar untuk memuaskan penumpang. Perubahan ini adalah membenamkan in flight entertaintment tipe terbaru dan memberikan port USB sehingga penumpang bisa menambah daya baterai pada gadget yang mereka punya. Selain itu konfigurasi tempat duduknya dibuat lebih lega dan lebih luas sehingga penumpang bisa lebih nyaman dan leluasa saat duduk.

IMG_2940
in flight entertaintment first class

IMG_2944

Perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Singapore Airlines itu tadilah yang ditawarkan ke penumpang. Untuk desain-desain barunya ini memang disesuaikan dengan kebutuhan penumpang dan juga menampung masukan dari penumpang Singapore Airlines.

Masukan penumpang ini contohnya diaplikasikan pada sistem tata cahaya yang ada di bilik First Class dan Business Class. Tata cahanya didesain ulang oleh Luminator Technology Group untuk memberikan cahaya yang lebih terang namun tetap bisa dinikmati dengan nyaman oleh penumpang. Desain baru ini juga memungkinan penumpang mengatur cahaya lampu yang mereka butuhkan tanpa mengganggu penumpang lain. Perubahan-perubahan inilah yang menjadikan Singapore Airlines menjadi salah satu inovator dan yang terdepan di dunia penerbangan. Sehingga maskapai ini senantiasa menjadi maskapai kelas dunia.

Oia di acara ini juga disajikan berbagai sajian yang melambangkan ekspansi Singapore Airlines ke seluruh penjuru dunia. Diantaranya wine tasting yang didatangkan dari daerah daerah tujuan Singapore Airlines. Secara umum saya sangat mengapresiasi produk baru yang dikeluarkan oleh Singapore Airlines sambil berharap suatu saat saya bisa mencoba layanannya.

Tabik.

Referensi Tambahan :

Singapore Airlines on The Wall Street Journal

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here