Panorama_vliegtuig_klm

Apa maskapai komersil tertua yang masih bertahan sampai sekarang? Jawabannya KLM. Berdiri sejak 1919, nama KLM tetap harum di dunia Internasional dan terus mengangkasa menjangkau ujung-ujung dunia. KLM pula yang pertama menghubungkan Indonesia dengan dunia luar lewat udara.

Tidak mudah mempertahankan sebuah maskapai tetap bertahan sampai sekarang. Sudah hampir seabad usia KLM dan masih terus akan bertambah seiring bertambah pula jangkauannya ke seluruh dunia. Apa rahasia KLM bisa bertahan dengan kurun waktu selama ini?

Kuncinya adalah terus menerus melakukan inovasi. Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang terus berinovasi dan berkembang mengikuti zaman. Dan itulah yang KLM lakukan, banyak inovasi yang ditelurkan KLM, mulai dari pelayanan, logo sampai yang cukup menuai pujian adalah penggunaan biofuel bagi pesawat-pesawat KLM. Inovasi inilah yang menjadi kunci KLM bertahan di dunia penerbangan selama hampir 100 tahun lamanya.

Lalu apa inovasi terbaru dari KLM?

Inovasi terbaru yang diberikan KLM adalah mengutamakan penumpang dengan memberi kemudahan untuk melakukan akses pada KLM, sehingga penumpang menjadi lebih mudah untuk mendapatkan layanan. Di era digital sekarang ini tentunya kemudahan-kemudahan ini adalah kunci untuk merebut hati penumpang agar menjadi pelanggan setia KLM.

Omong-omong soal inovasi ini, yang baru adalah KLM meluncurkan mobile application. Ini adalah langkah strategis yang bagus sekali, karena di era sekarang ini, masyarakat lebih dekat dengan gadget/smartphone mereka dan melakukan segala sesuatunya lewat gadget/smartphone. Dengan meluncurkan mobile application ini KLM ingin mendekatkan diri dengan penumpangnya

Tentang mobile application ini, ternyata setelah googling sana-sani, saya menemukan video yang sangat lucu dan menarik tentang efektifitas mobile application dari KLM ini, berikut videonya :

[yframe url=’http://www.youtube.com/watch?v=-6h_KOo3ZWU’]

Video ini sangat tepat menggambarkan bagaimana masyarakat sekarang memang sudah menganggap gadget/smartphone sebagai bagian yang tak terpisahkan dari hidup mereka. Sehingga sebisa mungkin mereka mengurus segala seusatunya lewat gadget/smartphone.

Video tadi ternyata juga merupakan sebuah hasil dari tantangan crowdsourcing yang dilakukan KLM terutama di Asia. Hal ini dilakukan untuk menangkap aspirasi masyarakat tentang kebutuhan dari mobile application dan layanan online KLM. Feedback – nya, KLM menerima banyak sekali video kreatif dan lucu, namun tetap dalam satu pesan yang sama : Bahwa sekarang semua bisa mengatur perjalanan KLM dari  gadget/smartphone masing-masing. Hal ini berarti bahwa terbang dengan KLM semua bisa diatur dalam satu genggaman tangan.

Menarik bukan apa yang dilakukan oleh KLM? Bagi anda yang memang pecinta perjalanan, segeralah mengunduh  mobile application KLM dan rasakanlah terbang dengan salah satu maskapai komersial tertua di dunia.

Tabik.

Foto dari Wikipedia.

Note : Bagi pengguna iOs seperti saya, Mobile App KLM bisa didapatkan di iTunes dengan gratis. Screen Shoot Mobile App dari KLM seperti terlihat pada gambar dibawah.

Tangkapan layar penuh 08122013 00517.bmp

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here