20131007_162626

Disclaimer : Bukan postingan berbayar. Hanya ucapan terima kasih karena merasakan pelayanan yang bagus.

Pertama kali naik Jetstar itu 2 tahun lalu dan saya jatuh cinta pada pengalaman pertama, selanjutnya saya kemudian berkali-kali menggunakan Jetstar untuk perjalanan ke luar negeri. Saya awalnya tak sengaja membeli tiket Jetstar, kala itu saya hendak ke Singapura dan mencari perbandingan harga tiket dari maskapai-maskapai LCC yang beroperasi ke Indonesia dan ternyata Jetstar memberikan harga yang paling murah, tanpa pikir panjang saya pun segera book dan issued tiket Jetstar untuk 2 orang.

Nama Jetstar sebenarnya tak asing di Indonesia, sebelum menjadi nama maskapai, Jetstar sudah lebih dulu popular di Indonesia. Adalah Mitsubishi lewat Krama Yudha Tiga Berlian Motor yang mempopulerkan Jetstar. Di tahun 80-an akhir Jetstar adalah salah satu mobil keluarga yang sangat populer di Indonesia, dikenal tangguh dan irit, sekarang mungkin sudah jarang di jalan raya. Nah, keluarga saya dulu pernah punya mobil ini, jadilah ketika saya mendengar tentang Jetstar, pikiran saya malah teringat tentang mobil keluarga saya dulu, bukan sebuah maskapai LCC.

Ternyata Jetstar adalah maskapai LCC dari Australia yang merupakan anak perusahaan dari Qantas. Setahu saya ini  satu-satunya maskapai LCC dari Australia yang beroperasi di Indonesia. Rutenya pun tak jauh beda dengan rute yang ditawarkan Qantas, namun cakupan rutenya masih terbatas sekitar Asia-Australia saja. Vietnam, Jepang, Cina, Taiwan, Indonesia, Australis, Selandia Baru sampai Fiji.

Impresi bagus pertama tentang Jetstar adalah pelayanannya bagus, counter check in yang ramah dan cepat sampai ke petugas ruang tunggu yang simpatik. Dan keberangkatan pun tidak mengalami keterlambatan dan mungkin saya sendiri beruntung karena belum pernah kena delay saat naik Jetstar. Di Soekarno Hatta pun pilihan terminal untuk  Jetstar adalah terminal 2. Ini yang saya suka, kapan lagi naik LCC tapi rasa premium. Enaknya di terminal 2 adalah antrian dan ruang tunggu tidak sesesak di terminal 1 atau 3.

Saya masih ingat benar ketika pertama kali naik Jetstar, nomor penerbangannya adalah VF 206 dengan pesawat Airbus A320 dan dioperasikan oleh Valuair. Kala itu saya dari Cengkareng berangkat dan akan tiba di Changi adalah tengah malam. Walaupun penerbangan malam tapi ternyata pesawat jarak dekat – menengah ini penuh, ketika saya tanya-tanya banyak penumpang adalah penumpang tujuan China dan Taiwan, mereka akan singgah di Changi dan melanjutkan penerbangan keesokan harinya.

IMG_3396

IMG_3398

Di kabin saya cukup senang dengan tatanan interiornya, paduan warna abu-abu oranye khas Jetstar terasa bersih. Dan memang saya lebih suka Airbus A32o dibandingkan pesawat lain yang sejenis, mungkin ini juga yang mempengaruhi impresi saya dengan suasana kabin Jetstar. Waktu take off pun tidak mengalami keterlambatan, kapten yang sangat simpatik dan pramugari-pramugara yang sangat sigap melayani penumpang membuat saya cukup terkesan. Pramugara dan pramugari rutin berkeliling dan melayani kebutuhan penumpang, senyum tak pernah lepas dari bibir mereka.

Selayaknya maskapai LCC, lini hiburan di pesawat ini ditiadakan, bahkan sisipan in flight magazine pun tak ada. Mungkin memang ini kebijakan Jetstar untuk memangkas biaya perjalanan.  Tapi bagi saya kala itu toh tak masalah, karena penerbangan malam saya tak terlalu membutuhkan hiburan di perjalanan, yang saya butuhkan hanyalah tidur di perjalanan. Sampai ketika landing pun perjalanan sangat menyenangkan, pesawat mendarat dengan mulus di Changi dan ketika keluar pesawat saya tak lupa mengucap terima kasih pada pramugari – pramugara Jetstar atas penerbangan yang mulus dan nyaman.

Kesan keramahan dan kenyamanan terbang bersama Jetstar tadi membuat saya menjadikan Jetstar pilihan utama untuk LCC yang beroperasi di Indonesia. Jujur kadang saya sering impulsif membuka situs Jetstar dan jika ada tanggal dan harga yang cocok saya akan langsung ambil tiketnya. Mungkin yang perlu menjadi catatan adalah karena saking banyaknya koneksi antar rute, terkadang untuk satu rute bisa berbeda-beda lokasi transitnya dan justru akan membuat perjalanan semakin panjang.

IMG_3400

Saya kira Jetstar sebagai LCC mungkin pasarnya masih sangat terbatas karena banyak yang belum tahu dengan maskapai ini. Bagi saya ini semacam keuntungan karena tidak perlu repot-repot rebutan saat booking tiket, kemudian entah kenapa rasanya promo maskapai ini terkesan tidak heboh, jarang sekali ada iklan promo maskapai ini, jadi ini membuat saya leluasa memesan tiket. Kemudian yang membuat saya memilih Jetstar adalah range harganya yang murah, kadang jika membeli mendadak dan dibandingkan dengan LCC lain harga tiketnya jatuhnya lebih murah, untuk tiket reguler non-promo pun Jetstar harganya sering lebih murah dibandingkan tiket reguler LCC lain.

Tangkapan layar penuh 06022014 115410.bmp
Contoh Tiket Promo Jetstar

Untuk yang ingin mencoba nuansa baru saran saya sih cobalah untuk memilih Jetstar sebagai LCC. Kadang perang harga yang tidak sehat antar 2 LCC penguasa pasar justru membuat harga seolah menjadi monopoli dan justru Jetstar ini muncul di tengah-tengah dengan harga yang murah dan kenyamanan di penerbangan, sepertinya layak untuk menjadi pilihan mulai sekarang.

Tabik.

1. Sumber Gambar

2. Daftar Seluruh Penerbangan Jetstar dan Nomor Pesawat

3. Situs Jetstar

Follow Efenerr on WordPress.com

57 KOMENTAR

  1. VF 206 kok registrasi pesawat sih? Bukannya itu nomor penerbangan ya? Kalo nomor registrasi bukannya PK-xxx untuk maskapai indonesia?

  2. Om mau nanya.jetstar itu pake tambahan biaya juga kah?biasa apa aja mas?masi bingung pke websitenya. Maklum gak bisa bahasa inggris.biasa jetstar ini ada friday frenzy ya.promo pembelian di hari jumat.dikirim melalui imel.lumayan murah2.cuma ya itu bingung cara bukingnya. Tengkyu om.

    • jetstar yang tertera di web itu basic fare..nanti tambah tax dan lain-lain.
      langsung masuk ke webnya aja, mudah kog bookingnya. webnya termasuk yang user friendly.

  3. Terima kasih, mas untuk sharing pengalamannya. Kebetulan bln ini saya pertama kali naik jetstar ke Singapore. Boleh tanya informasi mengenai terminal kedatangan jetstar di Changi dimana, mas?
    Terima kasih 🙂

  4. haloow mas salam kenal .
    saya juga suka dengan jetstar walaupun baru pertama kali naik dengan rute pendek Singapura – Kuala Lumpur . betul sekali yg dikatakan mas , naik jetstar itu LCC rasa premium . bagaimana tidak , soalnya LCC dimalaysia kebanyakan stopnya di LCCT sedangkan jetstar di KLIA yg notabane markas pesawat full service. dari segi pelayanan dan service in flight semua bagus dan pramugarinya cekatan . sewaktu sy membawa bayi . petugas berkali kali menghampiri kami sebelum take off memastikan sabuk pengaman tambahan terpasang dengan baik . Landing maskapai ini juga menurut saya sangat baik “Mulus” … hehhehee..

  5. mau nanya dong, saya sudah memesan tiket jetstar medan-singapore dengan menggunakan kartu kredit teman, tapi teman saya tidak ikut dalam perjalanan, apakah waktu check in bisa bermasalah?? apa teman saya harus ikut untuk menunjukkan kartu kredit nya saat check in??

  6. Mas, saya berencana liburan ke singapore bersama suami. Tapi kami berdua tidak punya kartu kredit. Saya berencana pakai kartu kredit adik saya. Apakah adik saya harus ikut juga utk menunjukkan kartu kreditnya? jika tidak ikut, apakah akan bermasalah saat check in? Thx atas infonya

  7. Satu lagi,seragamnya bagus,name tag pramugari/a nya diberi nama dan bendera negara asal mereka. Cuma saya pernah naik Jetstar ex ValuairValuair(VF),pesawatnya jadul,sound systemnya merepet.
    Oh ya,kalau nunggu di lounge premier harus inisiatif lihat jam, resepsionisnya gak akan ngasih tahu boarding time. Mereka maunya ngasih tau buat penumpang Singapore Airlines, Garuda Indonesia, dan maskapai premium/full board lainnya. Kayak diskriminasi memang,meski tetap boleh masuk dan makan minum sepuasnya meski naik Jetstar/Lion/Tiger dan sejenisnyasejenisnya.

  8. Mas, mau nanya skrg jetstar sdh termasuk airport tax atau belum ya ? Soalnya ad pengumuman mulai tgl 1maret 2015 kmrin slruh maskapai sdh trmasuk airport tax..

  9. mas proses check in bagasi gmn, lama n antri panjang gak ya?
    cos sy takut dateng nya telat, kl tiba di bandaranya 2 jam sebelum boarding time cukup ga ya ^^

  10. Hai..salam kenal….
    Saya juga baru mau akan mencoba Jet Star Maret nanti. Saya dari semarang, hanya ada waktu 2 jam saja untuk perpindahan antar terminal hingga check in, berarti cukup ya. Karena khawatir seandainya pesawatnya justru delay dari Semarangnya.

  11. Saya bulan mie tanggal 7 mie 2016..menggunakan maskapai jetstar nih, untuk terminal ada di terminal 2 apa yah kalo di soetta?

  12. Mas, tiket jetstar dr Singapore ke Palembang itu sudah masuk airport tax kan y? Jd gak perlu bayar apa-apa lagi kan y? Sy rencana terbang dr Singapore ke Palembang bulan mei 2016.

  13. kak, aku mau ke SG dan mau booking tiket LCC via traveloka. Rencana pake jetstar krn hrganya pas d kantong. Tapi krn ini pertama kali terbang ke LN jadi masih ragu dan bingung apa aja yang harus di perhatikan soal tiket pesawat dan penerbangan gtu biar gak ribet dan gak ada masalah gtu nantinya pas di bandara. Gimana ya kak mhon sarannya. mksh.

  14. Maaf mau tanya mas, kalo pemesanan tiket via web jetstar tujuan singapore pembayaran nya apakah hanya menggunakan kartu kredit mas? Apakah ada cara lain selain kartu kredit? Semisal transfer / debit. Soalnya ga punya kartu kredit.

    Terima kasih mas atas jawabannya

  15. Halo salam kenal, saya ada penerbangan dengan jetstar maret nanti. Mau tnya untuk pembelian tiket web jetstar itu blm termasuk airport tax di soeta ya? kalau dari changi apakah sudah termasuk airport tax -nya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here