Saya sudah hampir 2 tahun menyandang gelar sarjana, sebenarnya jika aturan memungkinkan saya ingin lekas melanjutkan studi, siapa sih yang tidak ingin melanjutkan studi? Buat saya melanjutkan studi berarti melanjutkan hidup, melanjutkan untuk memperluas wawasan.

Namun saya juga berangan-angan jika tempat studi saya nanti (S2 Insya Allah amin) bukanlah tempat yang biasa-biasa. Maksud saya bukan seperti yang lain, studi ke Eropa, Jepang, Amerika atau bahkan Australia. Saya kog malah pengin studi ke tempat-tempat yang unik dan mungkin belum banyak orang ketahui. Maksud saya kalau tempatnya unik dan asing, saya bisa studi sekaligus bisa traveling. Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui kan?

Hasil browsing-browsing di internet, saya nemu beberapa tempat unik melanjutkan studi di luar negeri yang mungkin juga bisa menjadi referensi  bagi yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri.  Lamudi, portal properti internasional untuk pasar negara berkembang, menyusun 10 rekomendasi kampus internasional dengan tempat yang unik. Tentunya tempat-tempat ini tak hanya unik, namun juga cocok untuk melanjutkan studi, berikut beberapa informasinya.

Bali, Indonesia

Kalau misal ada kesempatan S2 di dalam negeri maka pilihan saya jelas, Bali! Saya tidak ingin misalnya kuliah di Jogja yang katanya kota pelajar. Saya justru ingin lanjut studi di Universitas Udayana yang lokasinya ada di Bayung, Bali. Jelas kampus ini salah satu perguruan tinggi yang bonafid di Indonesia, dengan 11 fakultas, kampus ini memiliki konsentrasi studi di bidang bisnis, ekonomi, hukum, bahasa dan pariwisata. Beberapa konsentrasi studi tadi sesuai dengan minat saya di bidang traveling. Toh sekalian belajar saya bisa saling bertemu dengan turis dari berbagai negara atau mungkin suatu saat saya bisa belajar sambil dikelilingi pantai berpasir putih, dan angin yang sepoi-sepoi. Pilihan tempat belajar yang menarik bukan?

Karachi, Pakistan

Pakistan adalah Taliban? Bom? Jangan takut untuk sekolah di Pakistan. Konon ada kampus bagus yang terletak di Karachi, sebuah daerah yang terkenal untuk wisatanya, kampus itu bernama Institute of Business Management (IoBM).  Kampus ini cukup tersohor di Pakistan dan menitikberatkan pendidikan tentang inovasi, kepemimpinan, manajemen, dan kewirausahaan. Saya pengin sekali mencoba ke sini, selain karena Pakistan adalah negara yang asing dan menarik untuk dikunjungi saya juga bisa belajar, sambil menikmati pemandangan nan indah, atau mengunjungi Taman Nasional dan arsitektur bersejarah di sini.

Rhotia, Tanzania

Afrika! Di Rhotia, sebagai mahasiswa, Anda akan mendapat kesempatan studi yang luar biasa. Sebagai “rumah” dari taman-taman nasional dan kawasan konservasi yang cukup masyhur di dunia. Maka sembari studi akan ada kesempatan untuk mempelajari habitat satwa liar, upaya-upaya konservasi lokal sekaligus memahami budaya lokal Tanzania terbuka lebar. Di Tanzania dikatakan pemandangannya salah satu yang paling menakjubkan di bumi, tiada duanya.

Los Baños, Filipina

Duh, mungkin ini lokasi studi yang paling menenangkan, apa pasal? Karena kampusnya terletak di lereng Gunung Makiling dan dikelilingi hutan lebat kehijauan, sebuah tempat studi yang tenang sekali. Tempat itu bernama Universitas Philippines Los Baños, salah satu kampus yang cukup tersohor di Filipina. Bayangkan, kampus ini alih-alih menawarkan studi justru malah menawarkan banyak kegiatan petualangan bagi para mahasiswanya. Semisal ketika senggang belajar, mahasiswa bisa mengunjungi sumber air panas yang terletak tak jauh dari kampus. Jadinya Study More, Adventure More kan? Oia mungkin jarak yang dekat dengan Indonesia bisa dijadikan opsi untuk memilih lanjut kuliah di Los Banos.

Amman, Yordania

Buat yang ingin belajar bahasa Arab atau merasakan budaya Timur Tengah yang eksotis, Amman adalah pilihan yang tepat. Ada dua kampus yang bisa dipertimbangkan dengan reputasi bagus di Amman yaitu, Al-Ahliyya Amman University dan/atau Princess Sumaya University for Technology. Yang jelas keduanya menerima pendaftaran dari siswa luar negeri untuk berbagai program. Oia, menariknya di Amman ini adalah kotanya yang multikultur dengan sejarah yang panjang, mungkin suatu saat di kala senggang kuliah bisa menyusuri seluk-beluk kota Amman yang penuh dengan sejarah.

Accra, Ghana

Ghana ini salah satu negara yang ingin saya kunjungi, termasuk salah satu negara yang  memiliki salah satu sistem pendidikan tinggi terbaik di Afrika. Di Ghana ada Universitas Ghana, yang adalah perguruan tinggi tertua di negara ini. Andai misalkan ingin melanjutkan studi, beberapa pilihan yang ditawarkan adalah ilmu lingkungan dan keuangan, komunikasi dan hubungan internasional, serta lain sebagainya. Maka jika bisa berkuliah di sini, mungkin bisa jadi pilihan yang unik karena Accra dikenal dengan panorama kotanya yang begitu menarik.

Eldoret, Kenya

Kenya ini terkenal dengan wisata safarinya, sudah mendunia, jelas asyik dan seru. Wisatawan akan di bawa menyusuri alam liar, dengan binatang-binatang yang santai berlalu lalang di alam lepas/ Tapi rupanya, Kenya lebih sekadar itu. Ada universitas bagus yang membuka kelas untuk mahasiswa internasional, yaitu Moi University di Eldoret, Kenya Barat. Di universitas ini juga selain bisa mempelajari bahasa Swahili juga bisa mempelajari tentang bisnis dan ekonomi, hukum dan kedokteran. Oia bagi yang belum ada gambaran tentang Eldoret. Coba bayangkan sebentar, Eldoret adalah pusat perkotaan di sebelah selatan Cherangani Hills, dekat dengan Sungai Sosiani. Kota ini adalah salah satu kota dengan pertumbuhan ekonomi yang  bagus dan terus meningkat  di Kenya. Untuk ukuran Kenya, Eldoret memiliki akses transportasi umum yang cukup nyaman untuk mahasiswa dari luar negeri.

Puebla, Meksiko

Latin! Mau tidak jika belajar di tempat paling bersejarah di dunia? Di Puebla? Sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, rasanya tak rugi merasakan satu atau dua semester belajar di jantung Puebla. Kota ini kaya dengan arsitektur yang menakjubkan dari masa lampau. Kota ini diihiasi gedung-gedung bersejarah dan kaya akan sejarah, beberapa bangunan bersejarah yang terkenal adalah bangunan kolonial Spanyol dan Katedral Puebla. Oia omong-omong soal tempat kuliahnya ada, Universidad Popular Autónoma del Estado de Puebla (UPAEP) dengan beberapa pilihan studi seperti farmasi, humaniora, ilmu pengetahuan, bisnis dan teknik. Bahasa pengantar kuliahnya diajarkan dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Jadi tak perlu khawatir, justru malah bisa belajar Bahasa Spanyol ketika berada di sana.

Moka, Mauritius

Mungkin tidak pernah terlintas di kepalasebelumnya untuk pergi studi ke Mauritius, padahal negara ini salah satu yang paling cantik di dunia dengan pulau-pulau molek di tengah Samudera.  Konon di Mauritius ada kampus kampus terbaik di negara ini, yaitu Universitas Mauritius. Kampus ini terletak di Distrik Moka, perguruan tertinggi ini adalah yang tertua di Maurutius dengan jumlah mahasiswa yang terbesar di Mauritius. Keuntungan lain belajar di sini adalah fasilitas transportasi bebas biaya, layanan kesehatan gratis, dan biaya hidup yang sangat rendah bagi para mahasiswa internasional. Makanya banyak mahasiswa dari negara lain yang kuliah di sini, selain soal itu tadi soal belajar di tengah-tengah kepulauan paling eksotis di dunia tentunya tak bisa dilewatkan bukan?

Ifrane, Maroko

Maroko, mungkin pilihan yang ideal untuk studi di luar negeri. Selain mudah diakses, negeri ini menyajikan pertunjukan budaya yang menarik, arsitektur yang menakjubkan dan kesempatan berpetualang, pun dekat dengan Eropa, tinggal menyeberang sudah sampai. Di Maroko ada pilihan untuk melanjutkan studi di Ifrane, sebuah lokasi yang terkenal sebagai resor ski di kawasan pegunungan Atlas, Maroko. Di Ifrane ada Al Akhawayn University, perguruan tinggi yang memokuskan diri pada kurikulum seni, termasuk kursus humaniora dan ilmu sosial, bisnis, sains dan engineering. Konon lokasi Al Akhawayn University ini dikelilingi dengan pemandangan yang menakjubkan, jadi selain belajar, mahasiswa juga bisa melancong untuk menghilangkan kebosasan. Misalnya, jalan-jalan ke Fez, berski, atau menjelajah “spring lake” setempat.

Nah itu tadi 10 pilihan kuliah di luar negeri yang cukup unik. Menarik kan? Melihat daftar di atas saya jadi gregetan ingin segera bisa melanjutkan studi di luar negeri. Ah!

Tabik

Follow Efenerr on WordPress.com

4 KOMENTAR

  1. bener bener unik banget ya lokasi kampusnya, negara yang jarang didengar menjadi tujuan studi 😀 tapi dari segi kualitas, apakah tidak kalah dengan yang lain? atau masih lebih baik ke negara tujuan studi utama?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here