96a01cf9463960101b086df0bc48b83e9c189f57
© Bridestory / Terra logical

Dokumentasi pernikahan menjadi hal dan prioritas utama saat pernikahan. Siapa sih yang tidak ingin momen-momen sakral nan penting diabadikan?

Untuk dokumentasi, semua pasti menginginkan foto  wedding  yang sesempurna mungkin. Apalagi di jaman sekarang, soal menentukan foto wedding itu gampang sekali. Tinggal mengakses internet dan mencari via situs pernikahan dan di situlah akan tersedia banyak sekali pilihan vendor pernikahan termasuk tentunya vendor foto wedding.

Sekarang ini memang menjamur penyedia jasa fotografi pernikahan, mulai yang murah sampai yang super mahal. Dunia fotografi pernikahan pun berkembang begitu pesat, termasuk juga menyediakan videography pernikahan dalam paket jasa mereka. Supaya kemudian tidak bingung untuk memilih vendor foto pernikahan maka dari sekian banyak kriteria dan calon fotografer untuk pernikahan maka calon manten-lah yang harus selektif memilih fotografernya kelak.

Supaya tidak bingung, calon manten harus jeli menentukan fotografer seperti apa yang akan disewa jasanya. Ada beberapa kriteria yang sebenarnya bisa dipilih supaya bisa menghasilkan foto wedding yang bagus dan kekal diingat.

da1feccf0deed1428ea59197040f9efbaf1dacc7
© Bridestory / Terralogical

Yang pertama adalah perhatikan rekam jejak si fotografer, bagaimana hubungan dengan klien-kliennya, bagaimana reputasinya. Dalam dunia kreatif termasuk fotografi, reputasi menentukan segalanya. Jam terbang menjadi penentu kualitas hasil.

Kemudian yang kedua adalah lihat konsep yang ditawarkan. Fotografi pernikahan bukan hanya  soal memfoto kedua mempelai dan keluarganya, tapi seharusnya juga bisa merekam momen-momen penting, suasana keceriaan dan nuansa pernikahan.

Sekarang ini pun sudah banyak sekali fotografer wedding yang mengemas pernikahan dengan nuansa yang menarik dan menjadi sebuah cerita, alih-alih hanya memfoto pengantin di pelaminan beserta keluarganya.

Ketiga adalah pastikan bahwa vendor foto wedding tersebut memiliki gear yang bagus, semisal lighting yang mumpuni, kamera yang mumpuni. Karena dengan gear tersebut tentunya akan mampu merekam setiap detail mulai dari si pengantin, tamu, mimik muka para hadirin, tempat pernikahan, ornamen sampai detail-detail kecil lainnya.

Jika tiga poin-poin terakhir tadi sudah terpenuhi maka yang terakhir adalah pikirkan juga tentang budget. Jika pasangan yang akan menikah budgetnya besar maka sebenarnya soal foto wedding tak akan menjadi masalah, namun jika yang terjadi sebaliknya maka perlu dipikirkan ulang soal budget.

Jangan sampai hanya sekadar untuk foto wedding namun malah merusak keseluruhan budget pernikahan. Pilihlah yang terbaik sesuai budget, pasti ada yang kualitas bagus dan sesuai budget pernikahan.

© Bridestory / Cappio Photography
© Bridestory / Cappio Photography

Saya sendiri memiliki kisah tersendiri untuk foto wedding ini. Adalah sahabat yang juga saya anggap kakak, yang memotret pada saat resepsi di Bandung.

Saat hari pernikahan, sungguh saya bahagia sekali difoto oleh sahabat sendiri. Secara konsep, foto-foto hasil pernikahan kami yang sahabat kami potret bagus sekali. Kami berdua begitu mengagumi hasil foto-fotonya.

Maka bisa ditebak, hasil foto-foto pernikahan kami berbeda dari foto pernikahan kebanyakan, konseptual serta bagi kami berdua foto-fotonya menjadi kenangan yang indah dan tak terlupakan sepanjang usia. Kami bahagia dengan hasil foto-fotonya.

IMG_BS_27873_1411626698
© Bridestory / Cappio Photography

Memang gampang-gampang susah memilih fotografi. Jika ingin mengabadikan momen terbaik tersebut lebih baik memang harus di tangan yang terbaik pula. Referensi bisa dengan mudah didapatkan di internet lewat situs-situs pernikahan, forum-forum fotografi.

Namun supaya lebih jelas sesuai keinginan, saya menyarankan calon pengantin untuk bertemu dan mendiskusikan langsung konsep fotografi kepada fotografer. Hal ini penting supaya fotografer mengerti kemauan calon mempelai berdua, di lain pihak si fotografer akan segera membayangkan konsep tersebut.

Berikutnya adalah berikan ruang pada fotografer untuk beraksi. Terkadang ada ego bahwa kita berhak mengatur-ngatur fotografer wedding, padahal merekalah yang sebenarnya tahu sudut-sudut pengambilan gambar yang terbaik yang bisa diambil. Maka bebaskan fotografer berkarya dan pasangan tinggal menanti fragmen-fragmen terbaik dari momen-momen yang terjadi di acara pernikahan.

Foto wedding sekarang sudah menjadi hal wajib, dokumentasi bahkan kenangan dari pernikahan itulah yang abadi. Maka jangan salah pilih dan selamat menentukan fotografer untuk mendapatkan foto wedding yang terbaik.

Tabik.

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here