Saya dan Fuji X-A1. Foto oleh Satya
Saya, Fuji X-A1 dan Ikan barracuda. Foto oleh Satya

Disclaimer : Bukan postingan berbayar, ditulis atas dasar kepuasan setelah mencoba dan memiliki produk ini.

Saya adalah orang yang fungsional, maksudnya adalah memilih dan/atau membeli barang sesuai fungsi. Maka ketika fungsi DSLR sebagai kamera untuk jalan-jalan saya rasa sudah tidak efektif lagi, maka saya memutuskan untuk berganti kamera. Kamera mirrorless kemudian menjadi pilihan saya.

Sebenarnya DSLR saya tidak kenapa-kenapa, namun memang seiring bergesernya gaya traveling saya menjadi light traveling maka DSLR justru menjadi beban. Membawa kamera DSLR yang besar dengan lensa-lensanya membuat saya perlu memikirkan ruang yang besar di ransel. Sementara mirrorless kemudian memenuhi kebutuhan saya, kamera kecil, kualitas gambar setara (bahkan melebihi) DSLR, dengan demikian saya tak perlu repot memasukkan kamera di tas.

Maka akhirnya saya memilih mirrorless FujiFilm X-A1 sebagai mirrorless pertama saya. Ini pun spontanitas, ceritanya di akhir Desember 2014 ada diskon besar-besaran untuk seri X-A1 ini, dari harga 7 juta rupiah menjadi 4 juta saja. Saat itu sebenarnya saya sedang menabung, namun karena diskonnya besar akhirnya tanpa pikir panjang langsung beli saja.

Sebelumnya saya memang pernah menggunakan FujiFilm X-M1 selama sehari. Diberikan oleh pihak FujiFilm untuk dicoba, saya waktu itu hunting foto di sekitar Bekasi dan sempat mereviewnya di blog ini juga. Sebenarnya saya ingin membeli FujiFilm X-M1, namun memang dompet kurang kuat oleh sebab itu saya beli adiknya saya, versi murahnya namun sama handalnya.

Yang tengah itu yang punya saya.
Yang tengah itu yang punya saya. Sumber Oketekno.com

Kenapa FujiFilm? Mungkin lingkaran pertemanan juga mempengaruhi, Gathot Subroto fotografer anutan saya menggunakan mirrorless FujiFilm. Tomy Nurseta, sahabat sekaligus kawan seangkatan semasa kuliah menggunakan FujiFilm. Pak Harris Rinaldi, senior yang olah digital fotonya ajaib juga pake FujiFilm.

Itu tadi baru di lingkaran fotografer, di lingkaran blogger ada om Ariev Rahman yang juga beli FujiFilm. Ditambah Kakak Sastri juga malah sudah lama pake FujiFilm. Sampai yang terakhir Kakak Regy yang selalu konsisten menebar racun pada saya untuk menggunakan FujiFilm.

Jika tiba-tiba lingkaran saya mendadak menggunakan FujiFilm, apa bisa dibilang itu kebetulan semata? Lagipula yang namanya saya sebut itu fotonya jago-jago semua.

Saya tanya istri, biasanya kami melalui perdebatan-perdebatan dan diskusi sebelum membeli sesuatu. Tapi ini kog langsung mengiyakan. Ternyata istri juga naksir dengan kameranya dan ingin belajar motret dengan mirrorless FujiFilm. Akhirnya FujiFilm X-A1 pun terpinang dan menjadi kamera primer saya sejak Januari 2015, menggantikan kamera DSLR sebelumnya yang saya miliki.

Coba Dulu Baru Beli

Saya sesungguhnya berterima kasih pada Pak Harris Rinaldi, dialah yang membuat saya mantap memilih Mirrorless FujiFilm X-A1. Kisahnya adalah saat saya ke Turki, saya sambat ke Pak Harris tentang tas saya yang tak lagi muat kamera DSLR. Ternyata Pak Harris malah meminjami FujiFilm X-A1 nya untuk dibawa ke Turki.

Impresi intim dengan kamera ini saya mulai di Turki. Tanpa sempat mempelajari fitur-fiturnya, kamera langsung saya bawa berangkat. Saya masih gagap dengan kamera ini, maka yang saya lakukan hanya satu hal, menyetel ke fitur otomatis dan biarkan kamera bekerja.

Rupanya kamera bekerja di luar ekspektasi, hasil fotonya melebihi apa yang saya inginkan. Kemudian saya mencoba memindah mode ke P yang sejak menggunakan DSLR adalah mode favorit saya. Di sini saya mulai bereksperimen mengubah-ubah settingan.

Nah ketika hari pertama di Turki, saya coba pakai Auto, maka hasilnya begini.

DSCF3524
Sultanahmet Square

Saya tak akan bicara teknis dan spesifikasi, itu bisa di googling atau di cari di website review kamera. Namun saya sendiri sudah cukup senang dengan hasilnya. Di hari-hari pertama memang masih beradaptasi, gambar masih blur, warna masih a la kadar dan belum bisa tune in dengan kamera.

Yang saya ingat cuma pesan Pak Harris, kalau mau motret landscape pakailah Velvia. Saya pun manut, rupanya saya yang awam FujiFilm akhirnya mengerti maksud Pak Harris, settingan film Velvia pada kamera rupanya cocok untuk landscape, saturasi dan kontras tinggi membuat foto landscape menjadi makin menyala.

Di awal 1990-an Velvia memang film keluaran FujiFilm yang kemudian menjadi laris untuk foto-foto landscape.

Maka setelah mencoba selama di Turki, sepulangnya saya memantapkan hati. Pokoknya jika ingin ganti saya akan ganti dengan Mirrorless-nya FujiFilm. Ternyata memilih kamera memang seperti memilih jodoh, sepertinya momennya pas dan akhirnya saya mendapatkan juga FujiFilm X-A1.

Siksa Kamera

Mungkin saya orang yang serampangan dengan kamera. Bisa saya bawa kemana-mana, termasuk ke tempat-tempat ekstrim. Kamera DSLR saya pernah ngadat pas di bawa ke Gua Jomblang karena lembap. Pernah juga penuh pasir dalam-dalamnya karena tak sengaja berguling-guling di pantai.

Itulah saya.

Tapi setelah membeli kamera yang saya tujukan untuk traveling, tentunya saya pun bawa traveling. Dan beberapa kali kamera ini harus dibawa ke tempat dengan kondisi yang ekstrim dan berbeda drastis.

Sapporo Mt. Moiwa 6
Sapporo

Dari Cirebon, Pekalongan, Magelang, Bantul, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Bima, Dompu, Lombok, Bali, Sapporo, Pandeglang, Korea Selatan, Yogya. Kira-kira begitulah rekam jejak empat bulan sejak FujiFilm X-A1 ini saya beli. Minggu depan pun rencananya akan saya bawa camping ke Bandung dan jika tidak ada halangan setelahnya akan saya bawa melayang di ketinggian dengan bermain paralayang di Puncak.

Ternyata Mirrorless FujiFilm X-A1 bandel, cukup tangguh dibawa mblusak-mblusuk. Saya pun membawanya tidak dengan membawa tas kamera khusus. Biasanya cuma blas-blus di tas selempang saya. Terkadang cuma dikalungkan di leher. Body-nya cukup kukuh, walaupun saya khawatir dengan lensanya. Mengingat lensa Pak Harris sudah retak di sisinya.

Kelebihan dan Kekurangan

Fitur paling menyenangkan dari kamera ini adalah Wi-Fi. Dengan demikian saya bisa langsung share di social media atau untuk kebutuhan artikel blog tanpa perlu repot memindahkan ke komputer atau laptop. Ukurannya pun langsung terkompresi jadi saya tak perlu repot-repot resize.

Memang jika di blog saya hanya butuh resolusi 1024 x 683. Jadi transfer lewat Wi-Fi yang ditanamkan di kamera ke ponsel sudah mencukupi untuk saya. Waktu transfernya file fotonya pun lumayan cepat dari kamera ke Smartphone.

Sementara untuk media cetak pun tidak ada masalah. Saya memberikan beberapa hasil foto ini untuk tulisan di media cetak dan tidak ada masalah ketika dicetak dalam halaman majalah maupun koran.

Kemudian kelebihan yang kedua yang jelas adalah ketajaman warnanya. Memang benar-benar hidup warna yang dikeluarkan. Saya dulu yang mengagumi warna dari DSLR andalan saya pun dibuat takjub dengan ketajaman warna yang diolah kamera saya. Entah sepertinya memang sudah langsung klik dengan hasil warnanya.

Ketika saya publish pertama kali foto-foto Fuji Film X-A1 di blog hasil perjalanan ke Sumbawa, beberapa teman memang mengakui ketajaman warnanya. Sepertinya memang tidak salah pilih, apa yang diberikan oleh kamera ini sejauh ini memenuhi ekspektasi saya.

Sunset di Sumbawa Barat, pertama kali kamera ini dibawa jalan-jalan jauh
Sunset di Sumbawa Barat, pertama kali kamera ini dibawa jalan-jalan jauh

Ada kelebihan tentunya ada kekurangan. Beberapa kekurangan kamera ini juga saya rasakan. Salah satunya adalah respon autofokus yang lambat. Beberapa kali saya melewatkan momen karena lambatnya autofokus ini. Terlebih lagi jika memotret makro atau jarak dekat, saya harus banyak sabar atau langsung men-set ke manual fokus.

Saya belum menemukan cara untuk mengatasi lambatnya autofokus ini atau memang karena ketidakmampuan saya dengan kamera ini?

Lantas tiadanya viewfinder juga sedikit mengurangi kenikmatan memotret. Memang seri FujiFilm X-A1 ini tidak dilengkapi viewfinder, akibatnya terkadang ada distorsi-distorsi antara objek yang ingin saya foto dengan yang tampak di LCD. Walaupun tertolong dengan Swivel untuk mengambil gambar dengan sudut rendah namun tanpa viewfinder saya sedikit kesulitan.

Mungkin ini sebenarnya tidak bisa dikatakan kekurangan. Karena versi murah jadi memang tidak ditanamkanlah viewfinder. Jadi saya sepertinya memang harus menabung dan upgrade kamera jika ingin membeli yang ada viewfindernya.

Begitu bukan?

Coba dan Beli

Saya melihat pasar Mirrorless FujiFilm lebih didominasi oleh orang-orang yang sudah paham kamera. Mungkin karena mereka sudah tahu benar bagaimana kualitas kamera produksi FujiFilm. Namun demikian, sepertinya FujiFilm juga melakukan penetrasi pasar untuk anak muda.

Memang mirrorless keluaran FujiFilm sebenarnya cocok untuk anak muda, desainnya vintage, handy pun kualitasnya bagus. Jika ingin membelinya mungkin bisa mencobanya terlebih dahulu. Di Jakarta, FujiFilm memiliki gerai di Grand Indonesia, deretan sebelum Gramedia.

Disitulah pengunjung bisa mencoba, berkonsultasi dan memilih ingin membeli kamera FujiFilm yang seri apa. Omong-omong di sini juga sering sekali mendapatkan diskon.

After sales service-nya juga bagus. Di gerai Grand Indonesia ini sering diadakan pula workshop fotografi untuk pemakai FujiFilm. Jadi selain membeli kamera, FujiFilm Indonesia juga memberikan kesempatan untuk belajar memotret dengan kamera keluaran FujiFilm.

Kelas workshopnya pun lengkap, mulai dari dasar-dasar pengenalan kamera, teknis fotografi seperti komposisi atau belajar genre fotografi seperti travel fotografi misalnya. Saya jadi merasa bersyukur punya kamera FujiFilm, selain dapat murah juga ada kesempatan untuk upgrade ilmu fotografi, saya bersama istri sempat dua kali mengikuti kelas FujiFilm ini.

Dengan berbagai fitur yang ditanamkan di FujiFilm X-A1 ini saya merekomendasikan kamera ini untuk Travel Blogger. Cocok dibawa tualang dan ringan dipegang. Jika sedang memutuskan membeli kamera apa atau sedang bingung, silakan coba saja di gerainya, jika cocok mungkin kita bisa saling toss kameranya.

Tabik.

Beberapa Galeri Mirrorless FujiFilm X-A1 saya

Pantai Cemara, Bantul
Pantai Cemara, Bantul
Persawahan di Praya Lombok
Persawahan di Praya Lombok
Landscape Sapporo
Landscape Sapporo
Segarra, Bali
Segarra, Bali
Pantai Lakey, Dompu
Pantai Lakey, Dompu
Follow Efenerr on WordPress.com

522 KOMENTAR

  1. Kalau dari sudut traveling, mirrorless memang menang di ukurannya yang ringkas. Jadi nggak perlu menyiapkan ruang banyak untuk kamera.

    Autofokus yang lambat bisa jadi juga dipengaruhi oleh lensa, bukaan diafragma, dan ukuran sensor Mirrorless yang kecil. Mungkin bisa dites, apakah autofokus tetap lambat ketika memotret obyek di terik matahari dengan bukaan diafragma kecil (f/2.8 – f/5.6) dan titik fokus di tengah frame.

  2. Bener banget. Kemaren naik gunung bawa DSLR oalaaah ribet banget. Apalagi buat candid susaaah, momennya cepat berlalu. Saat di Sumbawa pengen moto sapi dan kerbau yang nyebrang jalan sembarangan laah baru ambil kamera si sapinya udah jauh ke pinggir 🙂

    • Jangan jangan Tambora mbak Lita? 😀
      Enaknya pake Mirrorless itu fleksibilitas mbak, jeprat jepret enteng. Dibawa naik gunung juga ndak jadi beban.

  3. Mantap reviewnya.. Nampaknya aku jatuh hati pada kamera ini.. Kebetulan aku ingin ganti kamera yg gak ribet ketika dibawa travelling.. Maklum aku agak gaptek shg perlu kamera yg gak ribet..

  4. Sensornya udah APSC, mungil lagi. Ah jadi nyesel kenapa harus milih DSLR, tapi ga terlalu nyesel juga sih soalnya yg dipake uang hadiah lomba.
    Bakal hijrah ke mirrorrless, soalnya kayak tampilan kamera rangefinder gitu.

  5. mas bagaimana dengan daya tahan battery-nya?
    kebetulan saya sudah punya 2 kamera pocket fujifilm, dan keduanya saya kecewa dengan daya tahan battery-nya yang cepat sekali habis

    terima kasih

    • Halo mas Idham, sejauh ini jika dipakai untuk hunting sehari rasanya cukup. Selama tidak dalam posisi on terus-menerus. Biasanya jika saya pakai sehari, indikator batere masih menunjukkan satu bar.

      Salam

  6. wah keren juga x a1. sejauh ini hanya pernah nyoba xe1, kbtulan punya 1 aja. fujix dimensinya keren banget. salam

  7. Wah jadi pengen liat2 mirrorless fuji jadinya. Rencana mo beli mirrorless tp nmpk mo ke Nex 7 haha. G udah punya X10 sejak 2011 tapi pengen upgrade biar bisa ke Wildlife photography. Fuji emang keren buat dokumentasi dan Landscape pastinya sih 😉

  8. wah ciamik mas, saya juga mau hijrah ke mirorrless dari DSLR,
    tapi masih nabung dan baca review dulu,
    anyway XA1 dari beberapa teman dan coba-coba sebentar, autofokusnya
    tergolong lambat, namun sesuai pepatah jadul : ada harga ada rupa… 🙂

    • Mas Percha. Terima kasih sudah mampir dan salam kenal. 🙂

      Ya mas, saya pun mengakui jika Autofokusnya lambat. Dan terkadang membuat saya miss beberapa momen. Memang benar sih, ada harga ada rupa.
      Sedang nabung untuk upgrade. 😀

  9. Mas, kalo Fujifilm xm1 dibandingkan dengan a1 gimana mas? Agak nanggung sebenarnya kalo A1, walaupun harus nabung lebih lama lagi 😀

  10. I use XT1, Agree banget fujifilm mirrorless do a great job :), tapi kalo dari gw pribadi mungkin lebih : mirrorless much better than DSLR *tanpa merk*, karena semacam sony, samsung, dan olympus pun juga udah ok dibandingkan DSLR sekarang2 ini :), sebelumnya gw pake 7D + tripod + 3 lenses etc2 dan kalo traveling minimal bawa 2 tas, with xt1 gw bawa 1 tas doang sekarang travel kemana2 . btw , you use upgrade your xa1 to xa2 bro *cheers .

    nice blog bro 🙂 boleh mampir ke rubenkristianto.com , gw juga ngebahas why mirrorless better than DSLR :D:D have a nice day

    • Oui Ruben! Thanks sudah mampir, blogmu luar biasa..keren dan simple..foto-fotonya juara. 🙂

      Betul, sekarang sudah lebih simple bawa Mirrorless, biar tidak repot dan gampang jalan kemana-mana. Waduh, belum apa-apa sudah langsung upgrade. 🙂

  11. Mantep emang Fuji Film ini, saya pake X-M1. Kebeneran ada diskon gede juga kemaren pas hari belanja online wekekek. Tapi rasanya kurang puas ngga bisa dibawa nyemplung dalam air ya mas hehehe

  12. Toss, saya juga pengguna X-A1 yang puas mas :D, boleh rekomendasi tripod yg cocok dan murah ga mas, pengen coba belajar long exposure nih

  13. Mau nanya ombro. Sy rencana mau beralih dr dslr ke mirrorless. Tp masih binggung Antara Fujifilm XM1, Fujifilm XA2 dan Samsung NX300, mana yang lebih bagus sy uda baca beberpa blog msh aja bingung.. Sy pgen yg hasil fotonya tajam dan natural. Cukup main dimode yg tersedia di kamera uda puas dg hasil foto..Mhon bantuanya ombro?? Terima kasih sebelumnya

  14. Bang, kalau dibanding X-A2 bagaimana kira-kira?
    Lagi considering beli… pertanyaannya: apa harus beli yang versi lebih baru ya? Atau X-A1 aja udah OK..?

  15. Mas mau tanya kamera xm1nya itu pake dengan lensa apa?? Kalo body xm1 dengan lensanya xf 35mm apakah sudah cukup bagus untuk gambar yg dihasilkan nanti? Ato cukup dengan lensa biasa aja. Mohon infonya 🙂

    • Lensa bawaannya 16-50 mm mas. 😉

      Kalau pake lensa tsb pasti bagus nanti Pak Megah, kalau lensa fix menurut saya sudah bagus..Namun jika ingin lebih bagus memang kudu ganti-ganti lensa.

  16. lalu aku kesasar ke sini gitu gara-gara postinganmu dan pengen ganti kamera. racun tenan ik. smpet mikir ke sony juga karena dari dulu pakai sony juga buat pocketnya.
    nah, kalau tentang lensa, lebih mahal sony atau fuji?

    • heuheu. 🙂

      mbak kalau Sony, sebaiknya beli yang full frame sekalian, (seri A7).
      tapi kalau mid-range-nya enak Fuji untuk motret, Sony unggul untuk ngambil video mbak.
      harga lensa-nya 11-12, bisa seharga kamera-nya. 😀

  17. Hi kak.. mau tanya kalau untuk low light seperti di cafe2 apa fuji sudah bgs tanpa flash? Lalu untuk outdoor malam apakah bgs jg? Kecenderungan aku sih untuk foto jalan2 sih yg ada orgnya jg gitu.. lg consider untuk beli xa2 atau panasonic gf7 nih.. lalu 1 lg pertnyaan sepertinya fujifilm warnanya agak pucat dibandingkan merk panasonic dan sony bnr tidak ya? Thanks sebelumnya

  18. Hmmm.. Pas banget, FujiFilm masuk dalam wishlist saya.. Tapi kok, tambah banyak baca, tambah bingung ya, DSLR mau pilih yang mana, kalo mirrorless yang mana.. Ahahahha

  19. Mantap jepretannya gan, boleh minta file gambar aslinya gak?
    pengen tau hasil murninya. maklum masih pemula. 😀
    email saya. “[email protected]

  20. Nyesel mas Sin baru nemu blog mu. Langsung tak bookmark. Salam dr juniormu ini, salam juga buat istri dr temen sebelah kos dulu.

    Baru mau jual sepaket DSLR buat ke mirorless sedang nyari review nemu blogmu. Tulisannya apik. Btw sekarang kameramu Fuji apa?

  21. Hai mas, membantu sekali reviewnya. Lagi berencana beri mirrorless nih, tapi masih bingung antara Samsung NX3300 dan Fuji X-A1 ini. Speknya samsung oke punya & Megapixelnya lebih gede dari fuji nih. Keperluannya untuk foto sehari2 aja sih. Bisa kasih saran buat saya gak mas? hehee thank you in advance.

    • Sebenarnya megapixel tidak bisa dijadikan ukuran Mbak Dessy. 🙂

      Kalau ada dana lebih mending pilih X-M1 Mbak. Tapi kalau antara Samsung dan Fuji lebih baik Fuji saja, karena Fuji memang produksi utamanya adalah Kamera, berbeda dengan Samsung.

  22. salam kenal mas,,saya pemula di dunia photography,,masih bingung mau beli dslr nikon d3300 atau fujifilm xa2,
    untuk pemula seperti saya,,bagusnya pilih yg mana ya mas diantara 2 kamera tersebut?mohon rekomendasinya mas

  23. Misi mas…maap ganggu…mau tanya imi kalo mirrorless fuji buat foto produk yang full color recomendednya apa yah?? Yang hasil fotonya jelas…trims ya mas…mohon bantu..

  24. halo bang Efenerr,,,saya rencana mau beli kamera Fujifilm hs55exr…mending mana bang,,,sama kamera DSLR yg harganya 5 jutaan,misal yg merk Nikon atau Canon.mohon pencerahan nya bang,karna saya masi gelap ttg dunia pemotretan,,,..mauliate bang sebelumnya,,,,

    • beda tipe kamera dan ga bisa dikomparasikan lae. 🙂
      karena yang fuji prosumer dan perbandingannya dslr.

      Kembali ke kebutuhan saja lae, lae butuhnya untuk apa?

      • ya butuhnya buat foto2 saat jalan2,pesta keluarga,atau even2 penting klo pas ada saya bang,,,kata penjual kamera yg satu ambil aja kamera prosumer,kata penjual kamera yg lain nya,,ntar nyesel ambil prosumer,ambil DSLR aja skalian,misalnya spt canon eos 1200d…waduh,,,tambah pusing bang,,,hehehehehe,,,

  25. Fotonya keren-keren mas.
    Oh iya spek x-m1 lebih bagus dari x-a2 ya? X-m1 uda dilengkapi fitur wifi juga belum ya mas? Soalnya sukak bingung liat harga di toko online kok x-a2 lebih mahal dari x-m1.

  26. Saya desember 2014 juga beli X-A1 dan bukannya emang harga normalnya segitu ya? Saya beli juga 4juta kok hehehe.

    Terus saya ganti ke X-A2, X-A1 aja menurut saya udah bagus banget, ini X-A2 lebih bagus lagi >.<

    Banyak sih yg bilang X-M1 lebih bagus dari X-A2, tapi yg screennya bisa diflip cuma X-A2 huahahaha *alasan*

    http://www.sweetlikeapeach.com

  27. hello mas, mau tanya. saya pake fuji xt-10. dr camera nya hasilnya bagus, tp pas dikirim ke kamera jd berkurang kualitasnya. knp ya, ap ada yg harus di setting ? thanks

  28. Halo kak, mau minta sarannya.
    Klu untuk foto2 produk kira2 fujifilm tipe apa yah?
    Lebih Cendrung ke oudtdoor juga.
    Terima kasih sebelumnya…

  29. Soare Mas effner saya baru beli nih Fuji X-A2 kebetulan ada promo beli fuji bonus 1lensa plus tripod lumayan…nah kebetulan saya ambil pic bisa di kasih comment maklum masih newbe…..thanks

  30. Mas mau tanya aku lg bingung mau beli kamera fuji yg bagus untuk foto produk& traveling bagus yg mana ya? Pengenya yg XT10 tp lg ada promo gede buat XE2 jd galau hehe mohon bantuanya makasih^^

  31. Halo kak. Thanks reviewnya. Aku masih pemula nih kak. Bingung mau beli yg mana. Aku sukanya foto2 gituu trus view dibelakang tuh kelihatan semua. Serasa pake fish eye gitu kak. Tp jg bwt foto yg lain2 sih. Msh mikir2 mau beli dslr atau x-a2 nya fuji

  32. Ulasan yang lengkap dan menggoda. Dan yang membuat aku tertarik dengan kamera satu ini selain memang kualitas gambarnya adalah, dimensinya yang ringkas, penampilannya yang vintage, dan hasilnya yang film-look.

    Aku tertarik dengan ini ” kalau mau motret landscape pakailah Velvia” ,,, berarti mode-mode yang ditanam di kamera ini disesuaikan dengan jenis-jenis film Fuji yang pernah beredar ya Chan?

    Suka dengan hasil-hasil jepretanmu di bagian gallery. Cool!

  33. Halo mas, baru banget plg abs liat kamera fuji xa2. Sebenernya saya niatnya sony a5100. Mana lagi ada cashback 1,5 jt di sony ;p. Tp kok sy coba2 tadi hasil foto lbh bagus fuji xa2 ya. Jadi galau banget nih mas efener. Sy cuma jatoh hati di 2 itu aja sih krn 22nya bisa selfie kamera kan :)). Tp saya galau banget deh sony a5100 sama fuji Xa2. Mnurut mas efener yg mana nih yg hrs sy ambil untuk kualitas yg lbh bagus? Sy pemula sih cuma buat foto2 aja pas travelling sama foto2 hasil makeup krn aku suka makeup in org. Jadi pgen hasil foto yg detail gitu . Infonya nih yaaa mas efener ditungggu

      • lensa fix tuh yg begimana modelnya ka??? hadeeh ketauan banget ya amateurnya ;))). sy sih rencanannya kl jd ambil xa2 ya mau ambil lensa bawaannya aja itu yg 16-50mm. oh iya kak 1 lagi nih utk video kualitas Fuji udah oke belom sih kak buat vlogging2 kl lagi travelling sm nge record proses makeup gitu… masih galau aja nih gara2 megapixelnya sony hahaha. ditunggu lagi ya balesannya mas efenerrr ….

        • Megapixel tidak berpengaruh kalau penggunannya bukan untuk cetak besar.

          Nah kalau lensa fix itu lensa yang tidak ada zoomnya gampangnya, detailnya bagus dan hasilnya halus..

  34. Mas saya mau beli kamera Fuji tapi bingung antara XA-2 atau XM-1 karena budget saya tdk terlalu besar

    Lalu, apakah flash merk canon jg bisa dipakai dengan kamera mirrorless fuji?

    Pertanyaan yg terakhir, menurut mas Effener kalau mau beli tambahan lensa, lbh baik beli apa?

    Terima kasih

    • XA2 saja Flo.
      Untuk flash belum pernah coba dengan flash Canon jadi tidak bisa memberi pendapat, coba beli fuji saja atau third party yang kompatible untuk fuji.
      Kalau lensa tergantung kebutuhan, saya sih pakai lensa fix. 🙂

  35. Mas Effener, saya newbie mau move on ke kamera mirrorless.. antara fujifilm X-m1, x-a1, dengan x-a2 mas milih yang mana..?? dan alasannya apa..?? terima kasih..

  36. iseng iseng cari fujifilm xa2 malah nyasar ke blog mas ini. Ngeracun banget, jd pengen beliii. Oiya, itu foto foto di atas uda diedit atau masi asli dr kameranya ya mas? Kalau xa2 harga barunya berapaanya mas?

  37. Mas Efenerr, saya newbie mau coba mirrorless nih, masih bingung antara xm1 atau xa2.. Awalnya paksa baca2 comment udah mau beli xm1 sesuai rekomendasi mas Efenerr, tapi kok akhir2 rekomendasinya beralih ke xa2.. Mohon pencerahannya.. Makasih..

  38. sayang sekali tahun kemarin kelewatan :(, sekarang diskonnya XA 2 kurang menarik. Review ini sukses bikin saya kepikiran melepas kamera sekarang (mirrorless juga). Tone warnanya fuji memang menarik dicoba, apalagi kemarin baru lihat temen istri baru pasang hasil XA2 di path. Barangkali mau dilepas chan, saya siap menampung 😀

  39. mas saya bingung ni, bagusan xe-2 atau xa-2? bedanya apa sih?-_- terus kalo dibandingin lagi buat beli baru mending xe-2 atau xm2?

  40. halo mas!
    emang nih bener kata komen-komen di atas racuuuun hahaha. mas, saya ini asliiiik pemula soal kamera. dari dulu emang tertarik banget sama fuji. nah sekarang alhamdulillah udah ngumpulin niat dan doku buat beli kamera mirrorless. kegunaannya sih untuk travelling foto-foto alam, kuliner, ootd (outfit of the day), objek2 menarik di indoor hehhe. aku baca sana sini makin aja galau pilih yg mana. x-m1/x-a1/x-a2? kindly need your advice. terima kasiiiih 🙂

  41. Mas sy bingung pengen beli xm1 atau slr kayak canon atau nikon gitu ya, soalnya kata temen dengan hrga xm1 yg segitu bisa nambah sedikit lagi trus dapat nikon yg profesional, sedangkan katanya makai nikon agak rumit, sy gunainnya cuma utk foto foto biasa aja, bagusan mana mas ? Bingung bgt

    • Sebenarnya kembalikan ke penggunaannya saja untuk apa. 🙂 Saya dulu pakai DSLR profesional juga, namun ketika ternyata Mirrorless sudah mencukupi kebutuhan, saya pindah ke Mirrorless.

  42. Halo mas!
    Saya mau tanya nih. Kalo mau ambil gambar yg objeknya bergerak cepat mendingan pake mirrorless atau DSLR ya? Trus kalo mirrorless fokusnya bisa diatur manual ga?
    Terima kasih banyak mas 😀

  43. Mas rekomendasikan toko kamera online yg terjamin dong, soalnya di daerah sy fujifilm nggak lengkap, jadi mau beli pun susah

  44. Mas xm1 itu lensanya nggak bisa gonta ganti ya ?
    Trus kalau misalnya lensa bawaan rusak, nggak ada yg jual lensanya doang ? Apa mesti beli sm kameranya juga ?

  45. mas mau Tanya, X-A2 / X-E2 / X-M2 perbedaannya dimana, dan kelebihannya masing masing apa?
    dan apa semua camera fuji autofocusnya memang lambat atau tergantung serinya ya? thanks before 😉

  46. utk Fujifilm seri X, pilihan lensa Fix harga murah apa aja ya?

    trs fuji XA-2 kan sensor nya bkn X-trans, apa dibanding XM1 ga jauh beda hasil fotonya?

  47. Mas kalau A1, A2 sama M1 sekarang harganya berapa ? kalau budget 5 Jt, dapet salah satu gak. Lagi galau nih. mohon pencerahannya.

  48. hai ka, saya kan pemula soal kamera-kamera begini ka, saya ingin berahli dari dslr ke mirrorless ka. saya kemarin sempat ke toko kamera untuk bertanya harga fujifilm x-a2 dan mas-mas tokonya malah bilang kenapa enggak canon eos m3? karena canon dan nikon itu takada duanya lalu canon m3 lebih diatas dari fujifilm x-a2. menurut kakak bagaimana? apakah memang benar begitu adanya? jujur saya tak mengerti perbedaan yang dimaksud mas mas tokonya, hehe. lebih baik canon eos m3 atau fujifilm x-a2 ka? terimakasih:)

  49. Salam kenal, Mas Farchan. Saya pengguna baru XM-1 karena keracunan salah satu blogger juga yang make Fuji hehe. Mau tanya, Mas Farchan, saya lagi pengen ganti lensa. Nyarinya sih fix 50mm. Lensa fuji untuk saya agak sedikit mahal. Ada gak sih lensa merk lain untuk kamera fuji serie X ini, mas? Kalau ada pake adapter apa? Makasih sebelumnya, Mas Farchan.

  50. Halo. Ulasannya bagus. Tapi bikin pening, tadinya mau Sony a5100, tapi teman2 pada ngeracuni Fujifilm Xa2. Menurut, Mas? Tks sebelumnya

  51. Makasih reviewnya bermanfaat sekali 😀
    Oh iya, mau nanya yg soal autofokus lambat di xa1 apakah di xa2 sudah ada perubahan (mjd tidak lambat) atau sm sj?
    Lalu kalau mw beli mirrorless second/bekas, apa sj yg perlu diperhatikan apa sj apakah ada batasan shutter count (SC) nya juga sprti d DSLR?
    Mohon Jawaban atas kedua2nya mas… Thanks..

  52. Mas fujifilm xa2 musti pakai lensa apa biar hasilnya lebih mantep?lensa standarnya 16-50mm hasilnya kurang ngebrul backgroundnya. Kira2 kalo lensa 55mm f1.4 bisa lebih ngeblur gk?

  53. makasih mas sudah memberikan pencerahan, selama ini saya masih ragu untuk membeli, jadi mantab deh skrg untuk beli Fuji,…oyah foto yang diposting tanpa edit atau sudah diedit mas?…mksh sebelumnya

  54. Aku pengguna xm1 mas, lensa asli xm1 itu nggak bisa blkgnya blur kalau moto jarak jauh yaa, klu deket baru bisa blur blkgnya, jadi aku mesti beli lensa apaa ya yg bisa buat blur belakang saat mmfoto jarak jauh ?

  55. Halo Mas aku mau tanya, kira kira untuk kualitas dan auto fokus bagusan: Fuji XA 2, Fuji XT-10, Sony A6000, Canon g7x?
    Dan aku juga mau tanya , untuk mirrorless untuk perekaman video apakah auto fokus gerak sendiri ketika objek atau benda mendekati lensa?Seperti Canon g7x. Terimakasih sebelumnya.

  56. Hallo mas saya mau nanya kalo nikon1 J5, sony a5100 sama fuji a-2 mending mana ya ? Buat foto sehari aja yg murah dan bagus soalnya masih awam mas hehe

  57. saya masih pemula bgt nih, mau tanya bagus mana utk kamera antara Xa 2 atau eos m3? kemudian utk kamera xa2 apa bisa masuk lensa keluaran canon ya??

  58. Halo mau ngeblur cantik di belakangnya u x2 pk lensa fuji kol mahal ya ada rekomendasi lensa merk lain kira2 harganya brapa mas?.makasih

  59. Mas, tolong recommend kamera untuk selfie dong and aku jg suka suka capture candid gitu dan jg bagus untuk ngevideo dan hasilnya fotonya terlihat tajam..
    Camera Fujifilm xa1 / fujiflm xa2 / Canon g7x / Lumix GF7 ? Atau mas ada rekomendas kamera yg lain?

  60. Hallo mas farchan, sya newbie sya tertarik untuk membeli fujifilm x-m1 tapi klo sekarang mungkin sudah jarang ditemui, jadi sya beralih ke x-a2 atau a6000. Kalau secara overall lebih bagus mana ya mas ? untuk kebutuhan sehari hari dan video recording sama foto landscapes sesekali. Terima kasih.

  61. Salam fuji mas..
    Wah kebetulan sya jg pengguna fuji xa1 nih..dulu pake 60d..krna sering travel jadi beralih..ane pilih xa1 krna hasilnya cukup mumpuni dah tidak terlalu signifikan berbeda dgn hasil seri diatasnya dalam penglihatan sya..hehe
    Bbrapa rekan blng xa1 punya warna yg sedikit ciamik ketimbang seri2 diatasnya..utk sekedar pegangan traveling dgn hasil yg layaknya pro..xa1 sangat bisa diandalkan..
    Dan saat ni ttp setia di kit 16-50mm krna blm ada kebutuhan yg mengharuskan beralih lensa..hehe..

    Salam terfujilah..

  62. Mas kalo xa2 dan canon eos m2 bagusan mana ya? Soalnya td iseng nanya ke konter biasa malah ngeracunin canon eos m2 hahhaa. Makasih mas, blognya gunaaa bgtttt(y)

  63. Mas paling lengkap fiturnya apa smpe skrg ini yg update apa xt10? Sy pengen foto2 nya bagus2 kira2 yg updatr skrg apa ya . Thanks infonya

  64. Mas untuk pindahkan foto dari kamera ke hp pake wifi di xa2 itu install app apa ya? Soalnya sy cek d webnya fujifilm itu adnya cm app untuk pindahin foto dr kamera ke komputter.

  65. Thankyou saran nya maaass, kalo saya hrs milih salah satu mendingan pilih XA2 atau X70 ya…. Penggunaan lebih ke hunting2 indoor & untuk video blog (vlog) sih, menurut masnya gimana ya? 🙁

  66. salam mas, mampir ke artikel ini, suami lagi nyari soal Mirror Less karena alasan yang sama agak repot bawa DSLR kalau menggunung, berat soalnya hehe, dan ternyata memang banyak orang yang sudah beralih ke kamera mirrorless

  67. Saking selalunya Melihat… koment om,bro.. n tante.. terbeli juga ni xt10… bener2 racun ni puji.. oh terpujilah

  68. halo kak, aku pemula nih. Bingung mau pilih g7x apa fuji xa2? Cuma untuk foto2 pas jalan2, trus makanan2, acara2 gitu aja sih kak

  69. ka, mau nanya nih, kira-kira fujifilm XA2 itu untuk keadaan malam itu hasil fotonya bakal terang apa gimana ya ka? soalnya kan ada tuh kamera yang foto malem hasilnya gak terang gitu ka, terimakasih

  70. Ka saya mau tanya, mending xa2 atau xe2? Dan beda nya disebelah mana? Lalu kl untuk bikin video dan selfie2 gt bagusan pake yg mana? Makasih 😉

  71. halo Mas, berhubung saya awam tapi suka fotogrfi dan traveling (meskipun gak begitu paham dengan jenis kameranya haha) mending mana ya Mas, XA-2, XE-2, atau XE-2s. Bingung banged soalnya karena yang XA-2 ringan, bisa selfie, dan memang bentuk lebih menarik, kalau XE-2/2s lebih berat, kokoh, dan memang secara quality lebih bagus. hmm jadi lebih cocok yang mana ya Mas? Makasi Mas 🙂

  72. Halo Mas, Maaf Mas mending mana ya? XA-2, XE-2, XE-2S. Secara saya memang tidak begitu paham dengan perkameraan haha tapi suka foto-foto dan saya hobi traveling dan foto makanan juga (tapi bukan tipe orang yang rajin fotografi alias mood-mod-an kalau pakai kamera haha) cuma saya suka dengan kamera yang hasil fotonya bagus dan smooth. Kalau XA-2 memang ringan, menarik, dan bisa selfie, tapi XE-2/2s sangat kokoh dan saya dengar juga qualitynya sangat bagus. hmm kira kira untuk saya cocok yang mana ya Mas. Thank’s a lot Mas 🙂

  73. Lagi cari cari referensi untuk beli mirrorless, eh kesasar ke blog ny mas farchan. Jadi ikut keracunan jg. 😁
    Thanks mas artikelnya, sangat membantu.

  74. Hallo mas saya mau nanya deh, emang fujifilm ngadain diskon besar pas akhir tahun aja ya?atau kapan lagi kira2 mas? Trus itu setiap store fujifilm atau di tempat tertentu aja? Makasihh 😉

  75. halo mas, kalo pendapat pribadi mas, a1 upgrade ke a2 apa ke m1 ??
    buat di pake ngambil gambar landscape nih mas
    *btw, hasil foto landscape nya mantep, jadi pengen berguru :))

  76. Halo mas, saya lg kepengen beli kamera fujifilm cuma masih bingung pilih yg mana.. Kalo utk foto seperti di cafe dan keseharian + bisa utk travelling lebih baik pilih yg mana ya mas? Xm1, xa1 atau xa2? Heheh terimakasih mas..

  77. kang kalo boleh tau buat yang price to performance oke antara xa1, xa2, xm1 gimana yaa?
    kebutuhan buat foto lanscape aja nih budget sekitaran ketiga kamera itu

  78. Wah mas makasih reviewnya. Btw saya suka fotografi, tapi cenderung mood-moodan dan pakai kamera untuk foto pas jalan2 (makro dan landscape) dan kadang2 foto makanan. X-A2 cocok gak ya mas? X-A2 apakah ada wi-finya juga? Lagi mempersiapkan diri utk nabung nih hehe

  79. Halo bang saya mau nanya, untuk pemula pengguna cewek, hobi traveling, mendingan X-A2 atau X-70 ya bang? Terimakasih

  80. halo bang, salam kenal
    blognya langsung ngracun..saya pemula yg mau beli X-A2..pilih yg standar kit lens 16-50 atau duble kit 16-50 dan 50-230 harganya beda 1 jt aja..dbanding beli terpisah 50-230 dngn harga 2,3 jt? pertanyaan selanjutnnya, menurut abang 50-230 dbanding 18-55 bagus mana bang? 18-55 opsi lain jika saya beli yg single kit 16-50..makasi sebelumnya

  81. Bang gimana sih cara kirim video dari xa2 ke android?
    soalnya dari pertama beli sampe sekarang ga bisa bisa kirim video 😭
    Atau ada aplikasi khusus?

  82. Tadinya mau memantapkan pilihan pada XA2, tapi tambah lama tambah ragu karna sensornya bukan X-trans padahal suka tone khas fuji. Saat ini sih lagi ngelirik X-E2. tapi untuk kriteria: sering foto indoor, bokeh maksimal, foto makro, dan noise minim.
    Menurut mas, fuji mana yang paling mendekati ya?
    Terimakasih sebelumnya

  83. Tadinya mau memantapkan pilihan pada XA2, tapi tambah lama tambah ragu karna sensornya bukan X-trans padahal suka tone khas fuji. Saat ini sih lagi ngelirik X-E2. tapi untuk kriteria : sering foto indoor, bokeh mantep, foto makro, dan noisenya minim.
    Menurut mas, fuji mana yang paling mendekati ya?
    Terimakasih sebelumnya

    • Padahal sensor tidak mempengaruhi warna. 🙂 A2 pun produksi warnanya sudah khas fuji mantap.
      Soal bokeh mantap dan foto makro itu soal pilihan lensa, bukan body kamera. Jadi mau pake body apapun asal lensanya cocok pasti hasil gambarnya sesuai yang diinginkan. 🙂
      Anyway budget berapa?

  84. yuhuuu mas…mas nanya donk, XT10 atau XE2 atau cukup XA2 saja mas? kebutuhannya hanya utk foto2 cantik saja 😀
    makasih mas

  85. Maksudnya ada wifi itu gimana ya, jadi semacam bluetooth gitu ya om. Aku kepingin beli, lg review gak ngerti sm masalah wifi😂

  86. halo mas, lg bingung antara fuji xa2 sma lumix gf8.. kebutuhan buat selfie, foto ootd, sma traveling., bagusnya apa ya?

  87. Halo mas. Terimakasih atas tulisannya. Bagus, bahasanya sederhana jadi bisa “dicerna” oleh orang awam kayak saya.
    Mending XT-10 atau xa2 ya mas ? Saya hobbby foto pantai, pemandangan pokoknya semua terkait alam. Ditunggu balasannya, Terimakasih

  88. Siang kak noor.
    Lg cari kamera mirorless nih. Kebutuhannya buat foto produk fashion dan travelling kak. Sarannya type apa ya kak ?

  89. Mas mau tanya ada budget nih sekitaran 14jt,ambil xt1 body (lensa punya canon) atau xt10 aja tapi lengkap sama kit nya?

    • 14 juta kalau saya lebih memilih XT10.
      Pertimbangannya adalah XT1 sudah akan keluar versi XT2, kemudian kalibrasi lensa Canon (DSLR?) Ke Fuji dan perlunya adapter justru akan lebih merepotkan Mas. 🙂

  90. Mas, aku nya pemula nih mau cobak belajar. Bagus mana ya … XT10 kit Xc16-50mm atau ambil XT10 body only + XF 18-55mm atau ambil XE-2s ??? Penggunaan nya buat traveling, foto barang dagangan , & buat sehari2 .. Mohon bantuan nya ya mas

  91. Maaf kak numpang tanya… saya selama ini pakai pocket kodak, mau beralih ke Fuji atau Nikon. Nungguin Nikon seri DL belum keluar , mau pakai DSLR perawatannya tergolong susah karena kameranya biasa dipakai buat travelling dan nggak butuh yang jos2 amat. Pilihan saya buat saat ini ada di Fuji XA2 dan Nikon J5. Lebih baik saya beli yang mana ya kak? Budgetnya 8-9 jt 🙂

    Terima kasih banyak kak Farchan!

  92. Halo kak, maaf mau numpang bertanya… saya awalnya pakai pocket kamera lalu sekarang mau beralih ke yang lebih ‘canggih’ ceritanya, tapi nggak mau pakai DSLR karena nggak butuh yang jos2 amat. Pilihan saya ada di Fuji XA2 dan Nikon J5, lebih baik yang mana ya kalau menurut kakak? Terima kasih kak 🙂

  93. mas, saya mau ganti xa2 ke x70 krn untuk daily lumayan berat.
    tapi apakah worth it saya ganti ke x70 ya mas? karena kalau saya liat secara feature lebih ok x70. memang tipe kamera yang berbeda, tapi menurut mas secara garis besar lebih unggul mana?

  94. Wah pas banged ada blog traveller fuji…mas kalao utk foto2 night misal foto bintang milkyway apa fuji xa2 sudah mampu belum ya suwun

  95. Mas, mau tanya. Saya rencana mau beli kamera mirrorless. Antara Fuji XA-2 dan Sony A5100, budgetnya range segituan. Saya pemula, suka traveling dan foto landscape. Lebih baik pilih yang mana ya mas? Dan alasannya? Saya lebih tertarik Fuji, tapi mupeng sama touchscreen-nya. Sebenernya touchscreen itu penting gak sih mas?

  96. Mas, saya jadi bingung nih antara Fuji XA2 atau Sony 5100. Kebutuhannya buat foto travelling (foto gedung2, alam, panorama, gak noise saat dipake buat malam hari), foto candid anak saya (masih toddler) dan maunya yang ringkas pake mode auto aja udah bagus hasilnya 😀 Maklum nyubi nih mas jadinya cari yang gampang-gampang saja gak usah pake ganti lensa atau ganti mode :-p.
    Terus yang gampang dipake buat selfie dan gampang ditransfer ke HP buat diupload 😀
    Mohon sarannya ya Mas 😉

    Makasih

  97. salam, great review gan
    mau nanya untuk foto “Sunset di Sumbawa Barat, pertama kali kamera ini dibawa jalan-jalan jauh” apakah memakai proses editing lanjut via handphone/pc? terima kasih. salam jepret

  98. Halo mas, untuk skrg Fujifilm XE1 msh worth ga? Mengingat xe1 trmasuk keluaran lama. Untuk xe1, xm1, xa2 lebih prefer kemana? Mksh mas

  99. Halo kak, mau tanya, saya pake xa 2, trus ceritanya mau video, tapi kok gak stabil ya fokus nya? Mungkin ada saran gimana biar fokus? hehe. thanks kak

  100. Halo kak, mau tanya, saya pengguna xa 2. terus ceritanya mau video. tapi kok fokusnya gak stabil ya? itu kira2 kenapa ya? mohon sarannya. thanks kak

  101. Halo kak. Mau tanya, saya pengguna xa 2, trus ceritanya ma video. tapi kok fokusnya gak stabil ya? mohon sarannya kak. Kali aja tau hehe. thanks

  102. Mas sya bingung antara XA-1 atau XA-2 itu kekurangan dn klebihannya dmna??? Enak yg mana ya mas?
    Makasi lo blog nya ngebantu banget mas 👍👍

  103. Mas Terima Kasih Banyak nih, Jadi Gak Tahan Pengen Beli Fujifilm .. Rekomended Fujufilm untuk pendaki yg seri mirrorless type apa ya mas ..? karena saya sering mendaki gunung ..terima kasih ..

  104. Mas sy tergila gila ama lensa 23 mm f1.4 tapi pas mo beli keluarlah 23 mm f 2..dgn selisih harga 3 jt an barunya..klo diliat dr harga si emang mngkn beda kelas ya..yg dtanyakan, keduanya itu hasil fotonya beda jauh gak si? Mending 23 mm f 1,4 2nd ato 23 mm f 2 baru..

  105. salam.. mas sy pake XA2 mau beli lensa fix fujinon mahal bgt, klo lensa fix merk lain bisa kan tinggal tambahin adapternya, untuk kualitas gambar bagusan mana mas antara lensa fujinon dengan lensa lain+adapter dengan F sama, vocal Range sama dll sama. ?
    menurut mas saya pake Xa2 mending upgrade body apa Lensnya.?? terima kasih

  106. Untuk performa xa1 buat kondisi minim cahaya gmn ya? Apa byk noise? Saya rencana mau nyoba yg xa3, harusnya kualitas lebih bagus ya dari sebelum2nya?

  107. Mas mau tanya, saya bandingin hasil foto fuji xa2 sm canon eos M10. Kok bgusan canon m10 ya? Tdinya mau beli xa2 jdi ragu krn liat hasilnya. Sebenernya bagusan mana ya? Terima kasih.

  108. Mas fujifilm xt10 ada yg garansi resmi dan distributor.. Lebik ambil yg mana? Btw distributor ko lebih murah.. Bedanya apa ya?

  109. Bang mau tanya. Kalau fujifilm mirrorless yang xa2 itu harus beli lensa lagi apa pake lensa kit aja udah cukup?
    Trus kalau foto diatas pake lensa apa ya bang?

  110. Mas mau tanya donk, apa memang di kamera mirrorless fujifilm hasilnya kurang bagus untuk ambil video di malam hari atau cahaya yang kurang ya? soalnya saya punya xt 10 tapi kalo malam buat ambil video jelek, kalah sama handphone kualitasnya. Apa saya salah di settingannya ya? terima kasih

  111. Mas kalau buat foto2 travelling dan selfie mending Canon Eos M3 atau X-A2 ?? bingung karena keduanya punya plus minus tapi saya nggak pakar kamera:(

  112. Halo mas sy newbi saya bru beli kamera fujifilm
    Xa3 tp koq tiap gbr yg sy ambil sll blur yah apalagi pda objek brgerak sma sx blur kira2 ad settingan spya dy gk blur soalx katanya baca2 reviewnya xa3 fokusx cpt dlm objek brgerak mkanya beli kamera ini..mohon pncerahanx…hehehehe

  113. saya galau pengen beli XA3 atau sony a6000, kalau mas jadi saya mau ngambil yang mana?
    kenapa milih xa3?
    kenapa milih sony a6000?
    dari segi warna jepretan bagusan mana ya mas?
    sorry banyak nanya, masih newbie..
    hehe

    thanks

  114. Mas saya pemula. Budget saya hanya 7-8jt. Kira2 Camera apa yg sesuai dan sekiranya bagus. Kemarin saya ada lihat Sony A5100, jika dibandingkan dengan Canon M10 bagusan mana ya??

  115. Mas,
    Minta pendapat, prefer Fujifilm XA3 atau Sony a5100?
    Saya masih pemula, ingin menggunakan utk foto dan video (cinematic & vloging)
    Thanks

  116. Mas mohon saran klo fujifilm XA-3 dengan Sony A-6000 bagus mana? penggunaan untuk travelling. Makasih sebelumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here