2015_0516_11511100

Memang salah satu kesibukan saat awal berumah tangga adalah perihal mengisi rumah. Kali ini istri saya mengajak saya untuk belanja alat makan. Perabot rumah tangga memang puji syukur sudah hampir terisi semua, namun memang untuk alat makan kami belum memiliki semua. Istri mengatakan ada sentra alat makan murah Jembatan Lima, konon di Jakarta di sanalah yang paling murah, maka kami pun segera meluncur ke sana.

Soal alat makan di rumah kami memang tidak hendak membeli yang muluk-muluk, malah istri menginginkan aroma vintage untuk alat makannya. Ia ingin alat makan kami serba jadul, seperti piring, mug dan cangkir seng, mirip piring dan mug di era tahun 70-80 an. Katanya supaya kami berdua tetap mengingat masa lalu dengan lebih syahdu saat bersantap.

Menuju Jembatan Lima sangat mudah, karena rumah kami di Bintaro maka kami tinggal menuju Tanah Abang dengan Commuter Line dan disambung dengan angkot M10 jurusan Tanah Abang – Jembatan Lima. Dari rumah sampai Jembatan Lima mungkin hanya sejam, lebih efektif dengan moda angkutan umum jika ke Jembatan Lima daripada kami harus bermobil atau bermotor.

2015_0516_11540000

Mencari Alat Makan Murah 

Jangan bayangkan sentra alat makan Jembatan lima terkonsentrasi seperti Pasar Tanah Abang atau Thamrin City. Yang ada di Jembatan Lima adalah deretan kios-kios yang berjajar sepanjang jalan dari Pasar Jembatan Lima sampai ruas jalan persis sebelum jembatan.

Sepanjang jalan itulah sentra alat makan murah Jembatan Lima. Alat makan bergelantungan di kios-kios sampai dipasang sekadarnya hingga trotoar. Ragamnya melimpah dan sebenarnya di sinipun tak melulu alat makan, ada banyak perabot rumah lainnya terutama dari plastik dan melamin yang juga dijajakan.

Sebutlah namanya dan di sini ada, mulai dari alat masak untuk restoran dan katering, ada. Perabot rumah tangga dari plastik, ada. Perabot rumah dari stainless steel, ada. Alat makan beragam rupa dari plastik, kaca, kayu, logam, stainless, kain dan sebagainya, ada. Semuanya ada.

2015_0516_11513900

Satu hal pasti, berbelanja di alat makan makan murah Jembatan Lima tidak seperti di mall. Pembeli harus teliti dan bertanya satu-satu kios yang menjual alat makan, membandingkan satu toko dengan yang lain dan jangan terburu-buru. Musababnya adalah tidak semua kios menjual barang satuan, ada toko yang hanya menjual grosiran atau partai besar. Biasanya toko-toko ini akan dipenuhi para pembeli yang akan menjualnya di tempat lain.

Jika ingin mencari alat makan murah di Jembatan Lima memang harus satu per satu mendatangi kiosnya. Sekaligus untuk melihat barang yang tersedia, melihat kualitasnya sekaligus modelnya.

Untuk soal kualitas relatif, ada yang bagus ada yang jelek. Barang-barang di Jembatan Lima mulai dari yang kualitas rendah sampai tinggi ada semua, jadi jika memutuskan berbelanja di sini enaknya adalah bisa menyesuaikan budget. Pun bisa tawar-menawar, jika beruntung bisa mendapatkan barang dengan harga yang sungguh murah.

2015_0516_12013600

Barang yang ada di sana rata-rata barang baru, walaupun ada yang bilang barang bekas bongkaran restoran atau tempat makan. Namun ketika saya berbelanja, saya mendapatkan barang baru, sama sekali bukan barang bekas. Ada baiknya jika memang ragu-ragu, lihat barangnya, amati dan pastikan ke penjual apakah ini barang baru atau bukan.

Kisaran Harga

Soal kisaran harga relatif, kembali ke mekanisme kualitas barang tadi. Satu yang perlu dicatat adalah jika untuk barang grosiran harganya pasti lebih miring namun ya harus membeli dalam partai besar. Namun jangan khawatir, harga satuan pun lebih murah daripada di toko lainnya atau mall. Penjual pun biasanya akan memberikan diskon jika barang yang dibeli cukup banyak.

Menurut saya harga barang-barang di sini murah dan sungguh terjangkau. Beberapa set alat makan yang kami angkut ke rumah antara lain, piring seng yang saya beli itu selusinnya 50.000 rupiah. Murah tidak? Jika dihitung per bijinya kena 5.000 rupiah.

Kemudian kami membeli mangkok mie ayam bergambar jago, kami beli karena tampak vintage dan legendaris, harganya 65.000 rupiah. Sebagai pengganti gelas kami berbelanja mug seng kecil yang harga setengah lusinnya 42.000 rupiah. Lantas satu lusin sendok dan garpu aluminium hanya 40.000 rupiah.

Selain itu kami mencoba bertanya harga barang-barang lain, termos plastik hanya 55.000 rupiah yang merek bagus. Mug bintik-bintik hijau besar seharga 20-ribuan. Mangkok kaca berukuran besar untuk sayur-pun hanya seharga 25.000 rupiah, benar-benar sungguh murah, lantas mungkin bisa dijadikan persiapan lebaran, toples-toples kaca besar pun hanya dihargai dua-puluhan ribu.

Di Jembatan Lima kami mendatangi toko Panca Utama, pemiliknya babah-babah yang ramah, mukanya tidak pernah lepas tersenyum dan duduk di balik kasir yang jadi singgasananya. Masuk tokonya bak masuk gudang, barangnya tersebar di mana-mana, barang display sekaligus barang stok menjadi satu.

Untungnya di toko ini, pekerjanya cekatan sekali. Sebut barang, lalu pekerja akan mencarikan, begitu dapat maka akan sekaligus dibungkuskan dengan rapi jali. Kami beruntung setelah mencari, akhirnya bisa menemukan toko ini.

Sepanjang pengamatan kami, toko ini spesialis alat makan dan alat dapur. Saking banyaknya saya tak sanggup menyebutkan jenis barang yang dijualnya, pokoknya ada semua. Dari piring seng murah sampai piring kristal mewah ada semua, dari sodet sampai blender juga ada, pokoknya segala macam barang pecah belah ada semua..

Berjalan-jalan di Jembatan Lima memberikan saya perspektif baru. Mencari barang murah di Jakarta itu sebenarnya mudah selama sudah tahu spot-spotnya. Selain itu berburu alat makan murah Jembatan Lima adalah pengalaman menyenangkan, siapa yang tahu di tempat ini ada harta karun berupa alat makan murah nan vintage.

So, buat tuan dan nyonya, handai taulan sekalian yang mencari alat makan murah, Jembatan Lima adalah tempat yang tepat. Sempatkanlah ke sana.

Tabik.

Toko Panca Utama

Jl. KH Moh Mansyur No.220, Jembatan Lima

021 6395533

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

166 KOMENTAR

  1. Itu yang dicari, yang murah tapi bagus barangnya. Kapan-kapan ke Jembatan Lima deh. Tapi ada juga lo yang biasa saya pakai , seperti produk dari Onyx selain terjangkau juga aman untuk kesehatan.

  2. Saya butuh info untuk peralatan table manner antaranya diner knife, diner fork dll,dan juga container plastik 1000ml untuk makanan. Thanks !

  3. Kalau mau beli peralatan makan dan masak dari melamin onyx atau keramik putih untuk cafe/restoran di jembatan lima ada?

  4. Promosi Toko panca Utama kenapa foto di Toko fang fang. Saya hafal betul itu foto karyawannya. Karena saya dalam sebulan Bisa bbrp Kali kesana. Tapi sekarang sy tinggal telpon Dan transfer. Barang diambil gojek. Beres deh ga perlu capek2 kesana

  5. Perlengkapan Restaurant, Cafe dan Hotel?

    Dapat kontak ke
    PT Optima Kreasi Utama | Ruko Office The Central 88 Unit 815 | Jln. Trambesi blok D3, Jakarta 14410 – Indonesia
    Tel. +62 21 2937 8811. Fax. +62 21 2937 8812

  6. Mohon info. Saya ingin memulai usaha pecah belah di lLampung. Mw tanya perkiraan modal awal untuk usaha ini berapa ya. ?

  7. Mas mau tanya, jual piring kaleng, mangkok kaleng gk? Saya lagi butuh bngt piring2 jadul, kira2 disitu jual gk?

  8. mau tanya. piringnya bisa beli setengah lusinan gak? dan toko nya ini kalau dari PAsar tanah abang blok F kearah mana ya? mohon petunjuknya yaaaa…

  9. mantappp info nya pak, saya jg seneng ke jembatan lima trus k asemka.. dan sekarang lagi cari gelas2 seng.. jdi tercerahkan..

  10. sy justru fokus ke agan yg nulis,smw prtanyaan yg masuk di respons.thx referensi ny om.ntar mw coba skalian “diving” ke toko ny buat beli peralatan angkringan dgn konsep vintage

  11. Sale Perlengkapan Restaurant sisa Project.
    Barang dari Italy dan English.
    Bermerek.
    Discount hingga 90%.
    Terbuka untuk umum hingga 18 Agustus 2016.

    Dengan senang hati mengundang untuk berkunjung ke Showroom kami

    Ruko Office The Central 88 Unit 815
    Jln. Trambesi blok D3, Jakarta 14410 – Indonesia
    Office: +62 21 2937 8811

    Dekat seberang PRJ
    Posisi pada Google Maps :
    https://goo.gl/maps/39jT2G83LBt
    Selain gelas, juga terdapat Piring, cutlery dan perlengkapan resto serta cafe lainnya.

    • dari stasiun kota, keluar gate yg ke kiri, nyebrang jalan, naik Kopaja 86, turuh di jembatan 5, cuma 5 menit dari stasiun Kota.

  12. kalo termometer dapur yang biasanya dipake dipanci ada?? abis di tokopedia ga ada, kalo mau nyari masa pesen website di luar negeri, liat ga mas termometer dapur disana?

  13. Maaf mas, ikut tanya juga. Kalau cetakan nasi bentuk bentuk / cetakan bento ada nggak ya?
    Lagi nyari yang jual grosir

  14. Mas mau tanya, kalau sabtu buka jam berapa? Minggu buka ga ?

    Terus saya dari stasiun kebayoran, itu jalurnya lewat mana ia ?

    Makasih

  15. Mas mau tanya kalo set prasmanan untuk prasmanan nikahan / sekelas prasmanan hotel mungkin, banyak pilihannya gk ya dsana? Trims

  16. Kami sangat2 berterima kasih kepada Pak Farchan Noor Rachman yg sudah memberikan review yg terbaik untuk kami selaku owner dari Toko Panca Utama… Jika belanja ke toko kami, pasti kami berikan diskon yg terbaik.. 🙂

    Untuk yg ingin menghubungi Toko Panca Utama
    Bisa langsung WA atau Telpon ke saya (Fast Response)

    ANTON (PANCA UTAMA)
    082218185656
    Jl. K.H.Moh Mansyur no. 220
    Jembatan Lima
    Menjual barang2 Pecah Belah, Peralatan Dapur, Catering, Cafe dan Restaurant

  17. Saya baca reviewnya sudah sangan jelas dan membantu sekali..
    Sy jg membaca pertanyaan2nya sungguh menghibur ky lg baca komik lucu, apa lg yg nanya modal ?✌?

    Terima kasih infonya sangan bermanfaat ??

  18. Saya baru mau mulai jualan online perabotan unik , seperti barang² merk Golden Sunkist & sejenisnya,kira² di toko ini ada ga?
    Jadwal buka hari apa az & jam berapa az?

  19. Nama Toko di penjelasan adalah Toko Panca Utama sedangkan di foto tertera Toko Setia.. Yang bener yang mana gan? Atau itu adalah toko yang sama?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here