DSCF5991

Sudah cukup lama saya mencari backpack / ransel bermuatan besar di atas 40 Liter, yang memiliki front loader. Setelah beberapa lama mencari, akhirnya justru di Indonesia saya menemukannya, ransel Cozmeed Chumbhu Step X60 yang akhirnya kemudian saya jadikan ransel utama. Ternyata Cozmeed, salah satu brand outdoor lokal ini mengembangkan inovasi yang tak kalah dari merek luar negeri.

Kenapa saya mencari ransel dengan front loader? Karena alasan kepraktisan, dengan sistem front loader saya lebih mudah memasukkan dan menata barang. Memang dari ukuran tampak lebih kecil daripada top loader, dengan top loader memang bisa memuat lebih banyak barang. Namun saya mementingkan penataan barang, apalagi jika bepergian saya harus membawa alat-alat seperti laptop, kamera sehingga dengan front loader saya bisa lebih leluasa menata barang.

Karena ransel front loader jarang di pasaran lokal, Cozmeed justru membidik ceruk pasar ini dengan ransel Chumbhu Step X60 ini. Karena untuk ukuran pasar Indonesia ransel ini menarik maka akan saya ulas beberapa hal tentang backpack ini, kualitas dan fitur yang dibenamkan di ransel ini.

DSCF5959
Front Loader dan barang bawaan saya

Kapasitas

Kapasitas Cozmeed Chumbhu Step X60 ini sebenarnya adalah 60 Liter, namun dalam kondisi normal backpack ini kapasitasnya adalah 40 Liter namun expandable sampai dengan 60 Liter. Artinya untuk kapasitas backpack ini sangat fleksibel dengan kapasitas maksimal sampai dengan 60 Liter.

Jadi Cozmeed Chumbhu Step X60 ini menawarkan fleksibilitas, jika bawaan sedikit maka bisa disetting untuk 40 Liter namun jika bawaan lebih banyak maka justru bisa dikembangkan sampai maksimal ke kapasitas 60 Liter. Ini adalah keunggulan backpack ini, jika traveling singkat cukup dengan kapasitas 40 Liter namun jika membutuhkan ruang lebih bisa dikembangkan menjadi 60 Liter.

Pengaturan kapasitas ada di bagian atas, di mana ruang untuk mengembangkan atau mengecilkan ransel sudah tersedia. Jika ingin kapasitas besar tinggal dikembangkan, jika cukup dengan kapasitas minimal maka biarkan tetap terlipat, mudah dan cepat.

DSCF5968
Bagian yang expandable di bagian atas dan lubang untuk air minum/camelback.

Back System

Bagi saya salah satu elemen untuk memilih ransel adalah back system-nya, bagaimana bentuk dan kinerjanya, apakah mampu menopang beban dan nyaman di punggung. Karena ransel yang baik akan membuat penggunannya nyaman, bukan sekadar sebagai tempat barang-barang selama di perjalanan.

Back System di Cozmeed Chumbhu X60 tebal dengan rongga udara di bagian tengah. Desain seperti ini adalah desain yang mementingkan sisi ergonomis punggung. Ketika dipakai, benar-benar pas di punggung dan berat terdistribusi dengan merata sehingga tidak membebani salah satu sisi punggung.

Rongga pada back system tidak dibuat sedikit melengkung namun tanpa mengorbankan kapasitas. Rongga ini menolong karena udara bebas mengalir lewat celah-celahnya, ketika saya berpeluh dan membawa beban berat, udara mengalir lewat rongga-rongga, adem.

Sistem tali pada ranselnya simple dan terintegrasi dengan back system-nya. Sehingga bisa direnggangkan atau dikencangkan dengan mudah. Jahitannya pun kuat dan kukuh. Untuk produksi lokal, Cozmeed sudah bagus dalam segi kekuatan jahitan.

DSCF5966
Back System

Detail dan Desain

Soal detail, ransel ini salah satu yang terbaik buatan lokal. Material yang bagus, jahitan yang halus dan kokoh serta warna yang menarik, kombinasi merah-hitam.

Selain soal front loader, ransel ini memiliki banyak kantong, kantong bagian atas, ukurannya kecil bisa untuk menyimpan barang-barang kecil. Sementara di bagian bawah terdapat kantong untuk rain cover atau jas hujan.

Kemudian ada kantong besar di bagian front loader, ukurannya paling besar dari seluruh sistem kantong di ransel ini. Biasanya saya gunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting atau alat-alat mandi.

DSCF5962
Detail Chumbhu Step

Desain talinya juga ringkas dan memudahkan, seperti ketika mengencangkan atau melonggarkan posisi tas. Strap di pinggang juga panjang, mengakomodasi bagi yang berperut besar seperti saya, terdapat kantong kecil di strap pinggang, bisa digunakan untuk menyimpan pernik kecil tapi penting seperti gunting atau korek api.

Selain itu di samping kanan kiri terdapat kantong yang ukurannya cukup besar, bisa digunakan untuk menyimpan minum atau yang lainnya. Lantas tali-tali di bagian belakang ransel bisa divariasikan apabila dibutuhkan.

DSCF5967
Sistem tali pada Cozmeed Chumbhu Step

Easy Use

Satu yang paling suka dari tas ini adalah gampang dipakai. Selain soal kepraktisan karena sistem front loader saya dapat lebih mudah menjangkau isi ransel, jika ingin mengambil barang-barang penting tinggal digeser ke samping lalu membuka cover dan mengambil barang. Tidak serepot ransel kebanyakan di mana saya harus menurunkan ransel, membuka cover atas lalu mencari barang yang akan diambil.

Karena fleksibilitas ransel ini, saya bisa menggunakannya untuk daypack, jika dipakai daypack saya menyetelnya ke kapasitas 40 Liter dan mengeluarkan sebagian barang. Sementara saat pulang jika bawaan bertambah karena oleh-oleh dan sebagainya, saya mengubahnya ke kapasitas 60 Liter, simple dan mudah.

chumbu step

Satu lagi yang paling saya sukai dari ransel ini adalah cabin size, untuk ransel berukuran 60 Liter, desain dan bentuk ransel Chumbhu Step X60 ini tidak intimidatif. Saya tidak perlu repot-repot mengakali ransel supaya masuk kabin, saya tinggal melenggang masuk ke pesawat dan meletakkan ransel.

Buat saya cabin size ini penting karena saya hingga saat ini belum percaya dengan handling bagasi di pesawat dalam negeri sekaligus keamanannya. Sehingga sebisa mungkin saya bawa ransel dan menyimpannya di kabin.

???????????????????????????????
Walaupun 60 Liter tapi masuk kabin

Setelah beberapa kali menggunakan ransel Cozmeed Chumbhu Step X60 ini saya merasa ransel ini cocok untuk saya, kembali saya membuktikan bahwa produksi dalam negeri tangguh dan sama kualitasnya dengan produksi luar negeri. Untuk ransel dengan front loader, sebagai produk lokal, ransel Cozmeed Chumbhu X60 merupakan pilihan tepat.

Bicara soal harga, untuk ukuran 60 Liter harganya tergolong murah, Rp 699.000,00. Dengan kualitas setara produk luar negeri, tangguh, nyaman dan dengan dengan desain yang apik. Jika ada produk dalam negeri dengan kualitas sebagus ini saya tak ragu-ragu untuk memakainya, sekaligus mendukung produk dalam negeri. Jika bukan kita sendiri, siapa lagi?

Ada pengguna produk Cozmeed juga? Mari Share.

Tabik

NB :

Untuk update produk Cozmeed terbaru, silakan menuju :

Twitter : @Cozmeeder

Web : Cozmeed

Online Shop : Cozmeed Shop

* Chumbu adalah nama sebuah desa di Tibet dan berada pada ketinggian 4871 mdpl

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

20 KOMENTAR

  1. terima kasih reviewnya. baru mau beli gear pertama, jadi dr kemarin survey ke beberapa tempat. sempat naksir tas ini, tapi dibandinh tas2 pilihan saya yang lain, memang lebih mahal. setelah lihat beberapa review, kayaknya chumbu step ini memang pilihan terbaik saat ini. makasih ya mas chan.

  2. Salam kenal senior di kampus dan suami dari teman seangkatan saya, hehe.. Gara-gara reviu maschan ini, aku nyari2 ke toko adventurer di rawamangun dan cartenz kuningan tapi gak ada mas 🙁 .. Sebenernya yg jenis ini masih diproduksi atau ngga ya? kalo gk salah sih di websitenya cozmeed juga gak ada.. Padahal ngiler nih, pertama karena front load nya, kedua karena merk lokal 😀 , ketiga karena bisa 40 bisa 60, keempat karena modelnya.. Mas dulu belinya dimana?
    Atau ada rekomendasi lain gak mas? Max di 50 liter aja, kecuali bisa dipilih 2 mode kaya cozmeed x60 ini. thanks mas..

  3. saya tertarik dengan carrier ini mas, tapi berhubung lingkar perut saya yang agak besar saya pernah membaca katanya waist-belt atau sabuk pada Cozmeed Chumbu Step X60 itu pendek apakah betul? apakah cukup nyaman jika dipakai dengan kapasitas penuh?

  4. Untuk kenyamanan strap bahu bagaimana,mas? Saya pakai ransel tentara. Waduh,tiap kali travelling itu dan sampai di destinasi bahu saya pasti nyut2xan.

  5. Type ini masih di produksi gak ya Mas? Soalnya agak susah juga nih…. Dan juga selain kelebihannya, saya naksir karena anti mainstream. Jarang ada yg punya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here