DSCF7109

Magelang seolah tak berhenti menebar pesona, kali ini ada tempat wisata yang sedang menjadi tren baru di Magelang, wisata hutan pinus. Saya pertama kali ngeh ada tempat wisata ini dari foto-foto Instagram Simon Onggo, setelah bertanya akhirnya saya segera meluncur ke hutan pinus yang rupanya dinamai Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan.

Lokasinya berada di Kaponan, Pakis, yang merupakan kecmatan paling ujung di Magelang dan berada di lereng Merbabu. Tentunya hawa dingin langsung menyergap begitu saya sampai di lokasi Top Selfie Pinusan Kragilan. Wisata ini masih baru, sebulanan ini baru jadi tren karena banyak yang posting di facebook dan instagram, hutan pinus yang menjadi perbincangan lokal di Magelang.

Pengunjung terus mengalir ketika saya datang, pasti mereka sama penasarannya dengan saya, penasaran dengan hutan pinus ini. Tiket masuk hanya Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil, tidak ada pungutan lain selain tiket itu tadi.

DSCF7148

Hutan pinus ini terletak di lereng bukit, tidak tampak dari pinggir jalan raya. Pengunjung harus mengikuti jalanan beton sempit menuju hutan pinus. Lantas setelah merayapi bukit, kita akan tiba di lereng yang terlindungi bukit dan di sinilah lokasi Top Selfie Pinusan Kragilan berada. Sejauh mata memandang memang hanya ada pinus, hutan ini tersembunyi sampai lokasi wisata ini kemudian dipopulerkan.

Dinamai Top Selfie karena memang banyak yang berfoto selfie di tempat ini. Turunan curam menuju tempat parkir memang menjadi spot selfie paling populer, mulai selfie dengan tongsis dan hape sekadarnya sampai selfie serius dengan kamera DSLR, orang-orang datang dan ber-selfie dengan rupa-rupa gaya mereka.

Selfie dulu karena di sini namanya Top Selfie kan?
Selfie dulu karena di sini namanya Top Selfie kan?

Hutan Pinus ini memang indah, teduh saat siang, tenang semilir angin, cocok untuk yang ingin bersantai dari penat. Bagi penghobi foto, bisa mengeskplorasi hutan pinus ini yang belum semua terjelajahi, dijamin akan menemukan titik foto bagus di tempat ini.

Ada beberapa bagian hutan pinus yang dibangun seperti tempat parkir motor dan mobil, beberapa warung dan juga dek yang dipasang di pohon pinus. Untuk mengeksplorasi tempat ini sudah ada jalan setapak menuju bagian dalam hutan pinus. Sekilas hutan ini tampak kecil, tapi setelah dijelajahi rupanya luas juga dan melelahkan.

Jika ingin bertualang bisa menuruni lereng hutan pinus dan menuju Sungai Selo Tumpang. Ketika saya turun ke sungai rupanya debit airnya sedang kering karena musim kemarau. Pemandangan ketika menuruni lereng sangat magis, pinusnya merunduk teduh, menyapa hangat pengunjung yang datang.

Hutan Spot Foto

Sesuai namanya, Top Selfie Pinusan Kragilan memang tempat yang diperuntukkan untuk berfoto.ย  Mayoritas berfoto selfie, tapi jika dijelajahi tempat ini bagaikan taman bermain raksasa untuk para penghobi foto.

Coba bayangkan jika kabut masih turun tempat ini bisa menjadi tempat foto pre wedding yang magis. Para pencari cahaya juga bisa mengambil foto dari cahya mentari yang menerobos daun dan pohon pinus nan tinggi.

DSCF7160

DSCF7116

Saya mengkhayal seandainya dikembangkan tempat ini bisa menjadi tempat untuk hunting foto, mulai dari foto landscape, foto pre wedding, foto perpisahan kelas, foto iklan dan macam-macam. Setidaknya dari apa yang ada seperti kontur, hutan pinus dan panorama alam yang disediakan, tempat ini menjanjikan untuk menjadi salah satu tempat berburu foto.

Bisa juga tempat ini jadi syuting video, kalau melihat ambience di sini, cocok untuk syuting video a la band post rock, atau video timelapse memanfaatkan Ray of Light, hembusan angin sampai kabut yang di pagi hari masih memeluk tempat ini. Perlu waktu untuk mengembangkan tempat ini, namun setidaknya melihat animo besar mereka yang berfoto maka Top Selfie Pakisan Kragilan bisa menjadi hutan khusus untuk foto-foto di Magelang.

Foto-foto a la Instagram
Foto-foto a la Instagram
DSCF7193
Foto-foto a la Instagram
DSCF7127
Foto-foto a la Instagram

ย Warga Berdaya

Top Selfie Pakisan Kragilan baru populer sebulan ini dan baru mulai dikembangkan sejak dua bulan silam. Siapakah di balik kepopuleran tempat ini? Masyarakat, warga Kragilan-lah yang mengembangkan, mempromosikan dan mengelola tempat ini.

Warga Kragilan kemudian membuat struktur organisasi pengelola. Mereka yang termasuk pengelola mengenakan seragam biru hitam dan berbagi tugas, mulai dari mengatur jalan, menjaga loket masuk, menjaga tempat parkir sampai menjadi pemandu yang tersebar di area Top Selfie Pakisan Kragilan.

Saya salut dengan semangat warga ini, pemasukan yang didapatkan dari loket masuk akan masuk ke kas dusun kemudian bagi hasil dengan warga yang turut mengelola tempat ini. Garis organisasinya tampak jelas di lapangan, ada koordinatornya, ada penanggungjawabnya dan semuanya bekerja dengan tugasnya masing-masing.

Warga mengatur pengunjung yang datang dan menarik tiket masuk
Warga mengatur pengunjung yang datang dan menarik tiket masuk

Nama Top Selfie juga masyarakat yang mencetuskan. Mereka menganggap namanya unik dan menjual, maka jadilah nama tersebut digunakan sebagai nama hutan pinus ini.

Apa yang dilakukan oleh Warga Kragilan adalah konsep cerah pengelolaan pariwisata oleh masyarakat. Di mana masyarakat melihat potensi yang dimiliki daerahnya, memiliki kemauan untukย  mengembangkan daerahnya sendiri. Mengelola mulai dari loket masuk sampai kebersihan sampah, semua oleh warga, berdikari demi daerah sendiri.

Daya dan upaya warga ini perlu didukung. Maka datanglah ke Top Selfie Pakisan Kragilan, dengan kita datang minimal kita sudah memberikan sesuatu untuk warga. Dengan mempromosikan maka warga akan senang, upaya mereka akan dikenal.

Di masa yang akan datang, seiring populernya tempat ini. Semoga warga akan mengelolanya dengan benar, membangun infrastruktur yang lebih memadai, memberikan alokasi dana untuk kebersihan dan upaya untuk menjaga alam di sekitar tempat ini supaya pengelolaan pariwisata yang mereka lakukan bisa berlanjut di masa yang akan datang. Semoga warga semakin berdaya dan belajar pengelolaan pariwisata dengan lebih baik lagi.

DSCF7112

Lokasi

Lokasi tempat wisata ini ada di Desa Kaponan, Pakis, Magelang. Nah, jika ingin menuju hutan pinus Top Selfie Pakisan Kragilan maka bisa menempuh tiga alternatif jalur.

1. Jalur Muntilan/Blabak โ€“ Ketep. Dari Ketep mengambil jalur ke arah Kopeng, kira-kira 4 kilometer dari Ketep di sebelah kiri jalan akan terlihat spanduk Top Selfie Pakisan Kragilan.

2. Jalur Kopeng. Dari Kopeng ikuti jalur ke arah Ketep, Top Selfie akan ada di kanan jalan setelah memasuki daerah Kaponan

3. Jalur Candimulyo. Dari arah Candimulyo menuju Kaponan, setelah bertemu pertigaan jalur Kopeng-Ketep ambil ke kiri/ke arah Kopeng. Top Selfie Pakisan Kragilan akan ada di kiri jalan.

 

Jalur menuju Top Selfie Pakisan Kragilan
Jalur menuju Top Selfie Pakisan Kragilan

Estimasi waktu tempuh dari Magelang sekitar satu jam perjalanan dengan motor dan satu setengah jam perjalanan dengan mobil. Saya menyarankan lebih baik menggunakan motor jika ke sana, jalur menuju Ketep sedikit rusak di jalur Blabak-Sawangan, pun jalur di dalam hutan pinus sempit dan susah untuk mobil berpapasan, lokasi parkir mobil pun terbatas.

Koordinat di GPS atau Google Maps : 7 27′ 39.4″ S, 110 23′ 08.6″ E

Tabik.

Seluruh foto diambil dengan Fuji Film XQ-2

Istri Selfie a la ala model
Istri Selfie a la ala model
Istri Selfie a la ala model
Istri Selfie a la ala model

Follow Efenerr on WordPress.com

136 KOMENTAR

  1. Wah Kaponan, Pakis! Jadi inget tahun 2010 pernah nyepeda dari Jogja sampai Pakis. Lebih tepatnya di Kajangkoso dink. Kalau nggak salah ingat Kaponan masih ke atas lagi arah ke Ketep. Pas malem atau pagi itu menghembuskan udara keluar asapnya, hahaha. Semoga lokasi ini bisa memberdayakan warga setempat ya dan semoga wisatawan nggak kapok kemari karena tanjakan kemari lumayan terjal, hehehe.

  2. “1. Jalur Muntilan/Blabak โ€“ Ketep. Dari Ketep mengambil jalur ke arah Kopeng, kira-kira 4 kilometer dari Kopeng di sebelah kiri jalan akan terlihat spanduk Top Selfie Pakisan Kragilan. ”

    mas, maksudnya, 4 kilometer dari Ketep kan ya?

  3. Woooowwww…. istimewa, hutan adalah tempat favorit saya dalam menjelajah, kerennn, bismillah saya ingin mengunjunginya juga, secara bisa menjadi inspirasi untuk setiap daerahnya, inspirasi sekaligus inovasi untuk semua wisata. tempat wisata itu tak hanya dikota saja, hutan pun bisa dijadikan sahabat untuk menikmati setiap detik waktu bergaul bersama alam yang bebas… ๐Ÿ™‚

    Salam Bahagia untuk kak Efenerr…

  4. aih lucuu ya namanya top selfie, emang mengundang pengen selfie ya mas.. bagus- bagus fotonya.. semoga kelak bisa mengunjungi top selfie buat selfie.. hidup selfie.. ๐Ÿ˜€

  5. Barusan ngirim komen trus katanya error ๐Ÿ™ semoga kali ini gak error ya. hahaha

    Wah aku baru tau kalo di Magelang ada kawasan pohon pinus seperti ini. Setelah ada sosmed jadi lebih mudah ya mempromosikan suatu daerah. Liat foto2nya jadi mau ikutan selfie juga!! ๐Ÿ™‚

  6. Kak, itu istrimu kan memang model, tho. Model fotografi suaminya, hehe…

    Btw, ini tempatnya kereen bgt, spoiler foto2nya edun.

  7. Sedikit cerita ya kak . kragilan memang dulu belom seramai itu ,dulu masih sepi hanya ada orang yang lewat sambil bawa rumput , ceritanya sih saya sama teman saya mau hunting* cari tempat . pertamanya saya nyasar ke kuburan dekat itu yg buat selfi .terua saya berbqlik arah tiba tiba berhenti melihat pemandangan di sekitar itu .dengan iseng saya ambil foto .dan ternyata foto nya sangat menarik .setelah itu di upload di fb .tiba tiba sekaran menjadi ramai .

  8. Keren…selfienya! Ternyata di Indonesia memang banyak hutan pinus seperti ini ya… Ada kan ya, bukan hanya di Magelang, hutan pinus seperti ini juga ada di Bandung yaitu bukit Moko dan di Bogor yaitu Gunung Pancar…. di kaki gunung Ciremai pun saya pernah masuk ke hutan yang seperti ini juga, tapi vegetasinya lebih variatif, jadi tidak bisa dibilang hutan pinus semua sih ya…

  9. Foto-foto di postingan ini mengingatkanku pada Persami jaman SMP di hutan pinus Kaliangkrik yang kini sudah berubah jadi ladang jagung…

    Semoga kragilan ini tetap lestari & menjadi pemasok oksigen bagi warga di lerengnya… Magelang.

  10. menarik ada hutan pinus yang ditata apik dan dijadikan destinasi wisata. penampakannya mirip hutan-hutan galau di film twilight. hahaha. nanti pas mudik, nyempetin kesana ah, kayanya syahdu buat ngadem .. ๐Ÿ™‚

    nice post, chan ..

  11. Nama tempatnya unik, salut dengan yang memberi nama pertama kali.
    Dari penjelasannya mas farhan, masyarakat sekitar sudah terdidik betul dalam mengelola tempat wisata ini, padahal masih baru. karena kebanyakan tempat, warganya cuma tau pungutan liar atau pengunjung yang datang kurang mengerti kebersihan.

    • Betul Mas Akbar. ๐Ÿ˜€
      Saya cuma punya harap semoga masyarakat konsisten untuk mengembangkannya, sehingga tetap terawat rapi dan semakin cantik.

  12. wiiiih asyik banget kayaknya, Kak! dan nggak cuma foto instagram dan twitter, ada banyak orang yg pasang profile picture path di hutan pinus itu! instagramgenik banget, ya ^^

    Sila baca posting terbaru blog #senjamoktika -> Menujuh Kalimantan http://wp.me/p39Fhn-pH #Terios7Wonders

  13. Iya ya Bang, tempatnya memang instagram-able. Cantik! Senang ya kalau masyarakat bisa bekerja sama mengembangkan dan mengelola satu objek wisata. Ndak melulu bergantung sama Dinas Pariwisata Daerah. Jadi pengen kesana. Romantis tempatnya. Salam untuk Ka Putri yang cuantikkkkeeeee tenan di blogpost ini :*

  14. Nyuwunsewu.. Mas nek pakai mobil bisa masuk menelusuri hutane ga mas, yg jalan beton tsb. Trus nek bisa masuk bisa sekalian keluar dari lokasi atau muter balik n keluar lewat area/gapuro masuk? Atau mobil kudu parkir di area/gapuro masuk n kita jalan kaki? Maklum, aku wong Magelang nanging blas rung tau tekan kene mas.. Hehehe

  15. berarti kalo dari ketep lurus ajaa nihh mas,,, ??kan sbelum sampai ketep ada petunjuk arah ke.ketep pas kalo lurus,, kalo ke.kanan kan k.boyolali tuh,, truss lwatnya kemanaa tuh mas,,,

    tempat wisatanya cantik bnget,, ak pengen kesanaa..

  16. Mau tanya, apa boleh bangun tenda (tidak menginap) skdar piknik bersama keluarga dhutan pinus ini? Ataukah ada perijinan tertentu? Terimakasih

  17. lokasinya dekat dengan desa saya di kecamatan candimulyo, tapi belum pernah ke situ karena baru tahu ada tempat seperti itu setelah merantau ke jakarta. moga suatu saat bisa ke sana.

  18. Mas jalannya aman nggak ya? Mo pake agya matic takutnya gak kuat kalo jlnnya nanjak bgt.. Mksh infonya membantu skali

  19. Kalo pake mobil dari arah Salatiga, enaknya lewat mana ya gan? Trus lokasi disana bisa dilewati mobil eggk? Soalnya aq liat komentar, jalan dihutan pinus kecil..tx before

  20. Kalo pake mobil dr sala3 enaknya lewat mana ya gan? Trus kalo dah disana katane jalannya kecil ya? Klo papasan mobil bisa ga? Trims before.

  21. Cuma mau cerita aja: Padahal sudah dari tahun lalu saya baca postingan ini, tapi baru kemarin saya bisa main kesini. hehehe

    Salam kenal mas farchan, do’a kan saya bisa jadi travel blogger seperti sampeyan. hehehe

  22. Salam hangat dari kantor camat pakis utk seluruh pengunjung top selfie .
    Perlu kami luruskan letak administrasi obyek wisata tp selfie kragilan.
    Top selfie kragilan berlokasi di dusun kragilan desa pogalan kecamatan pakis kabupaten magelang. Perlu kami luruskan karena di wilayah kecamatan pakis ada desa kragilan.
    Sekali lagi terima kasih dan apresiasi untuk seluruh pengunjung dan pengelola. Tetap semangat

  23. banyak banget wisata alam di daerah magelang dan sekitarnya. Yang satunya belum didatengi ada lagi yang baru, yang baru belum didatengi, ehh ada lagi yg baru.

  24. Kepopulerannya berawal dari kelompok mahasiswa yang sedang KKN disana :). Ikut bangga, telah mempopulerkan dan sekarang menjadi pemasukan untuk desa.

  25. saya baru kemarin datang kesana tempanya bagus. tapi saya datangnya pas lebaran jadi agak memgeluarkan banyak uang karna setiam tempat wisata di tarik 5000 /orang bahkan duduk di hanmok ,

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here