DSCF5816.resized
Galeri Batik Smesco

Indonesia itu negara yang kaya ya? Tak hanya alamnya, tapi budayanya. Coba kelilingi Indonesia, pasti akan bertemu dengan budaya yang berbeda-beda, produk budaya yang unik dan kaya. Ibarat etalase, Indonesia adalah etalase yang super lengkap dan kita tinggal memilihnya.

Sayangnya Indonesia yang super luas untuk dijelajahi membuat kita susah-susah gampang untuk menikmati kekayaan produk budaya Indonesia tersebut, ingin rasanya melihat produk-produk kerajinan dari berbagai daerah namun tak mau susah-susah menjelajah. Nah, saya baru tahu kalau ternyata ada tempat yang menjadi etalase untuk produk-produk kerajinan dari seluruh Indonesia di Jakarta, namanya Smesco.

Saya awalnya tidak tahu keberadaan tempat ini, dalam pikiran saya mungkin hanya seperti gedung perkantoran biasa. Namun rupanya Smesco ini isinya luar biasa, segala kekayaan kerajinan dari seluruh Indonesia tersedia.

Ditemani oleh Ibu Mirah Ayu dari Smesco, saya diantar untuk berkeliling gedung yang bentuknya unik ini, seperti bola golf. Menurut Ibu Ayu, Smesco adalah Badan Layanan Umum di bawah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, fungsinya adalah menjadi galeri atau ruang pamer untuk produk-produk UKM dari seluruh Indonesia. Buat saya pribadi, tempat ini seperti istana untuk produk kerajinan dari seluruh Indonesia.

Saya pertama kali mengunjungi galeri batik yang ada di lantai dasar. Batik-batik yang ada di sini seluruhnya adalah batik tulis dan merupakan masterpiece. Menurut Ibu Ayu, harga batik di sini lebih murah dibandingkan dengan etalase batik lain di Jakarta. Melihat kualitas kain dan goresan pada batiknya saya setuju dengan apa yang dikatakan Ibu Ayu, batik-batik yang dipajang di etalase ini adalah batik nomer satu dan dengan harga yang masih terjangkau.

Galeri Batik Smesco
Galeri Batik Smesco
Galeri Batik Smesco
Galeri Batik Smesco

Rupanya Smesco tak hanya menampilkan batik saja. Di lantai atas rupanya terdapat banyak paviliun provinsi, tidak hanya beberapa provinsi namun 33 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Di paviliun tersebut ditampilkan produk kerajinan unggulan masing-masing provinsi.

Ada rasa takjub ketika mengunjungi paviliun provinsi tersebut, koleksi-koleksi di Smesco ini luar biasa. Melintas di antara paviliun satu dengan yang lain serasa bertualang ke seluruh penjuru Indonesia.

Seperti di Paviliun Jambi, saya sempat berhenti cukup lama karena kaget ada Kopi AAA. Kopi AAA memang kopi yang sangat merakyat di Jambi, kopi yang menjadi favorit dan unggulan di Jambi. Maka tanpa pikir panjang saya membeli beberapa bungkus Kopi AAA, mumpung ada dan bisa didapat di Jakarta.

Melintas ke paviliun Kalimantan Selatan, kain sasirangan yang memikat juga menjadi andalan. Kain sasirangan yang ada di paviliun Kalimantan Selatan ini beraneka rupa dan mungkin susah-susah gampang didapatkan di luar Kalimantan Selatan dan justru di paviliun ini saya mendapatkan beberapa kain sasirangan berkualitas bagus.

Paviliun Provinsi
Paviliun Provinsi

Sepertinya perjalanan saya di Smesco ini beranjak dari barat Indonesia ke sisi timur Indonesia. Pandangan saya terhenti di paviliun Nusa Tenggara Timur, kain-kain tenun berkualitas tinggi dan bercorak indah dipajang dengan begitu anggun. Saya memang penggemar kain-kain tenun asli dari daerah dan tenun dari NTT selalu menjadi favorit saya.

Barang yang ada di paviliun provinsi ini banyak jenisnya, tidak terbatas pada kerajinan kecil saja, namun barang-barang berukuran besar seperti furnitur atau perabot rumah tangga dari UKM di propinsi pun dipajang.  Banyaknya barang tersebut menurut saya adalah kelebihan tempat ini, cakupannya bisa menjangkau seluruh barang-barang dari seluruh Indonesia.

Di Smesco saya bisa menemukan Kain Karawo dari Gorontalo, kerajinan kulit dari Garut maupun Sidoarjo, bisa menemukan ukiran Asmat dan Jepara. Sungguh lengkap koleksi di Smesco ini, lengkap dari seluruh Indonesia tersedia.

Kain kain dari NTT
Kain kain dari NTT
Kain-kain indah dari Smesco
Kain-kain indah dari Smesco

Setelah berkunjung ke area propisi dan seluruh area di Smesco saya baru sadar bahwa sesungguhnya tempat ini one stop place untuk kerajinan dari seluruh Indonesia. Tidak perlu repot-repot mencari batik, kerajinan, tas sampai produk kuliner lokal dari Indonesia, semua ada di sini.

Selain itu barang-barang yang dijual di Smesco adalah barang produksi dari produsen UKM. Minimal jika seseorang berbelanja di Smesco, maka akan turut mengembangkan UKM di daerah, mengembangkan ekonomi serta membangkitkan gairah agar UKM-UKM tersebut terus maju dan berproduksi.

Jadi, di Jakarta ini jika misalkan ingin mencari batik-batik terbaik, kain tenun yang orisinal ataupun produk kerajinan lain bisa merujuk ke Smesco. Seharian Menjelajah Nusantara di Smesco membuat saya merasa seolah telah mengelilingi Indonesia dan puas menikmati produk-produk kerajinannya. Indonesia memang kaya.

Tabik.

Smesco

Gedung SME TOWER,

Jl. Jend Gatot Subroto Kav. 94, Jakarta 12780

+62 21 27535454

Produk kerajinan sepatu kulit
Produk kerajinan sepatu kulit
Produk kerajinan, paduan kulit dan tenun
Produk kerajinan, paduan kulit dan tenun
Baju dari kain tenun
Baju dari kain tenun
Follow Efenerr on WordPress.com

10 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here