DSCF6571
Layar Jernih  sAAMOLED.

Barangkali salah satu pertimbangan memilih smartphone adalah soal layar. Jaman di mana layar sentuh menjadi sangat dominan, maka smartphone pun mulai dilengkapi dengan layar sentuh dengan teknologi termutakhir. Tak jarang layar sentuh menjadi salah satu item yang diunggulkan oleh produsen smartphone.

Saya pun ketika memilih Samsung Galaxy J5 menjadikan layar sentuhnya sebagai item yang dijadikan pertimbangan. Samsung sejak dulu memang mengembangkan layar sentuh yang tak hanya terang tapi juga nyaman di mata dan teknologi itulah yang dibenamkan pada setiap smartphone rilisan Samsung.

Tentunya, Samsung Galaxy J5 pun termasuk salah satunya, smartphone ini dipasangkan dengan layar sentuh sAMOLED, layar yang memang sudah dari tahun ke tahun dikembangkan Samsung sendiri. Dan beruntung pula Samsung Galaxy J5 dua juta-an ini sudah dilengkapi dengan layar sentuh sAMOLED yang mewah ini. Menarik!

Tampilan Layar sAMOLED di ruangan gelap.
Tampilan Terang Layar sAMOLED di ruangan remang

Apa sih menariknya sAMOLED?

Layar ini sebenarnya pengembangan dari AMOLED, bisa dibilang versi advance-nya yang dikembangkan oleh Samsung. Karaktreristik disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, di mana pengguna ingin memiliki layar sentuh jernih, tipis dan responsif. Atas analisa kebutuhan pengguna tersebut kemudian lahirlah layar sAMOLED tersebut.

Bagi saya yang memakai kacamata minus, layar sAMOLED adalah layar yang ramah terhadap mata, tajam dalam detail warna namun terangnya tidak menyilaukan. Desain layar sentuh ini memang didesain untuk ramah terhadap mata pengguna, sehingga ketika berlama-lama menatap layar, mata tidak akan merasa lelah.

Layar sAMOLED ini juga responsif saat digunakan di luar ruangan. Biasanya layar smartphone akan cenderung backlight di luar ruangan, namun sAMOLED ini mampu memberikan pantulan cahaya yang rata sehingga tidak perlu memicingkan mata saat menggunakan smartphone ini jika di luar ruangan. Jika masih kurang terang, terdapat mode pengaturan outdoor untuk mengatur gelap-terang layar saat digunakan di luar ruangan.

DSCF6563
Saat dihadapkan langsung dengan matahari, layar tetap terlihat.

 

Menu pengaturan gelap-terang layar.
Menu pengaturan gelap-terang layar.

Keuunggula layar sentuh sAMOLED ini juga ada pada kalibrasi warna pada saat proses foto. Biasanya kalibrasi warna pada smartphone ini bermasalah jika dipindah ke layar komputer, atau sebaliknya. Masalah ini muncul karena perbedaan tone warna di layar smartphone dengan layar komputer.

Namun dengan layar sAMOLED ini tidak ada masalah kalibrasi warna, terang dan tone warnanya sama antara yang di smartphone dan layar komputer. Saya mencoba untuk membandingkan kalibrasi tampilan pada layar smartphone ini dengan beberapa platform layar komputer, mulai dari PC sampai Laptop. Ternyata tidak ada ketimpangan perbedaan pada setiap layar yang dikalibrasikan.

Hal ini merupakan keunggulan, terutama ketika berfoto dengan smartphone ini. Sehingga hasil foto termasuk hasil olah digital tidak ada masalah ketika berpindah antara smartphone dan komputer, demikian juga sebaliknya.

Satu hal yang terakhir yang bsia jadi catatan adalah tone warna yang keluar dari layar sAMOLED ini adalah warna-warna alami. Jadi bukan warna artifisial yang terlalu cerah atau terlalu gelap. Ini juga menjadi keunggulan apabila ingin bermain olah digital dengan foto di smartphone ini.

DSCF6556
Jepret dengan Samsung Galaxy J5

So far saya puas dengan smartphone ini, setelah sebelumnya secara performa kameranya yang mumpuni, sekarang dengan teknologi layar yang mutakhir. Kapan lagi ada smartphone dua jutaan dengan layar sentuh mewah?

Tabik.

Keterangan lebih lanjut tentang kecanggihan fitur pada Samsung Galaxy J5, bisa dilihat di kanal berikut :

Link Official Samsung Galaxy J5

Twitter:  @samsung_ID

Instagram:  @samsung_id

Facebook:  Samsung Mobile Indonesia

Disponsori oleh Samsung Indonesia – #tunJukkanmomenmu

Samsung(black)

Follow Efenerr on WordPress.com

6 KOMENTAR

  1. Akhir akhir ini banyak blogger yang ngereview hp ini buat kontes kayaknya ya. Aku nggak terlalu baca, cuma baca banget punya sampean aja soalnya lebih jelas. Haha. Kaget sih pas baca harganya 2 jetian.. Kirain di atas 4 :p

  2. mw tanya om, hp saya j5 tp lupa mw ngebalikin warna asli.y ehh malah warna kebalik ini yg muncul,
    mw ngebalikinnya gmna ya boss ??

  3. Min maaf mau tanya. Layar di hp samsung j5 itu aslinya emang agak kuning gitu ya kalau liatnya sejajar dengan mata? Tapi kalau agak dinaikin atau dimiringkan bisa putih banget. Soalnya hp saya samsung j5 2015 itu kalau sejajar sama mata itu warnanya agak kekuningan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here