OLYMPUS DIGITAL CAMERA
foto oleh Badai DIsgiovery

Setelah beberapa waktu lalu saya datang ke acara Smesco, minggu kemarin saya kembali datang lagi ke acara Smesco yang bertajuk Smesco Netizen Vaganza. Acara ini digelar 2 hari berturut-turut tanggal 26-27 September.

Berbeda dengan acara sebelumnya, acara kali ini mengundang banyak netizen dan aktivis internet untuk datang. Acara menarik yang benar-benar ingin saya kunjungi saat acara Smesco Netizen Vaganza ini adalah workshop menulis yang dibawakan oleh Agustinus Wibowo, serta workshop yang diampu oleh Sascha Stevenson salah satu youtuber paling populer di Indonesia.

Ketika saya tiba, gedung Smesco sudah semarak dengan para netizen yang hadir, halaman depan Smesco disulap menjadi panggung untuk para penampil. Kemudian deretan kuliner lokal yang akan memanjakan lidah para pengunjung. Selain itu juga terdapat banyak sekali foodtruck  dengan beragam sajian kuliner yang bisa dipilih pengunjung seperti burger, mie sampai barbeque stick. Rupanya memang acara ini ramai dan riuh sekali.

Karena tujuan saya adalah mengikuti workshop, maka saya segera menuju lokasi workshop. Pertama saya mengikuti workshop travel writing oleh Agustinus Wibowo, salah satu penulis perjalanan yang menjadi favorit saya. Ketika tiba di lokasi, peserta workshop sudah memenuhi ruangan,  pastinya seluruh peserta workshop ingin menyimak engan baik ilmu penulisan yang diberikan oleh Gus Weng, panggilan dari Agustinus Wibowo, seorang travel writer yang sering berkelana ke negara-negara yang susah dijangkau.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
foto oleh Badai DIsgiovery

Gus Weng memiliki ciri khas dalam pemaparannya, setiap pemaparan yang disajikan disertai dengan contoh tulisannya. Semacam bedah karya, Gus Weng akan memberikan contoh karya yang baik dalam penulisan itu seperti apa. Selain itu, Gus Weng juga akan memberikan contoh karya yang salah atau lemah, sehingga peserta workshop bisa menandai karya mana yang bagus dan memperbaiki karya yang masih keliru.

Peserta juga diajak menikmati perjalanan yang Gus Weng lalui dengan sajian visual tentang perjalanannya. Gus Weng juga menjelaskan tentang bagaimana mengambil foto-foto perjalanan disajikan pada pembaca untuk memperkuat cerita serta menceritakan juga tentang kisah-kisah menarik di balik foto-foto yang diambil dalam perjalanannya.

Bagi saya kredit khusus bagi Smesco yang telah menyelenggarakan acara ini. Sungguh sebuah workshop yang menggugah dan memberikan banyak insight tentang penulisan perjalanan.

Selanjutnya saya berangkat mengikuti workshop kedua yang berisikan tentang materi vlog atau video blog dari Sascha Stevenson. Sascha yang beberapa tahun terakhir telah tinggal di Indonesia secara rutin mengunggah video blog di youtube dan akhirnya menjadi sangat populer.

Sascha membuka workshop dengan cerita pengalamannya kenapa dirinya sampai membuat video blog saat di Indonesia. Menurutnya Indonesia sangat menarik karena memiliki banyak cerita dan menurut Sascha dalam cerita videonya, Sascha selalu berangkat dari observasi sosial yang dilakukan.

Bagi orang yang awam video, saya menyimak benar bagaimana pemaparan Sascha yang disampaikan dalam bahasa Indonesia mix bahasa Inggris. Konsisten adalah kunci berikutnya, Sascha menekankan agar dalam berkarya harus mencoba untuk konsisten dan terus memperbaiki diri. Hal tersebut lambat laun akan membuat video blog akan makin dikenal dan tentu kualitas karya akan membaik seiring waktu.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
foto oleh Badai DIsgiovery

Dalam satu hari penuh, Smesco Netizen Vaganza ini ternyata memberikan acara yang menarik dan banyak pelajaran yang saya dapatkan dari workshop Agustinus Wibowo dan Sascha Stevenson ini. Smesco Netizen Vaganza ternyata merupakan acara yang bagus dan mendidik sekaligus memberikan warna bagi para netizen di Indonesia.

Harapannya adalah agar Smesco selain sebagai gerai kerajinan dari Indonesia juga kelak menjadi pusat kreatif anak muda di Indonesia, dimulai dari Smesco Netizen Vaganza sebagai awalnya.

Tabik.

Smesco senantiasa mendukung produk-produk lokal, dengan gerai kerajinan dari seluruh Nusantara semangat Smesco adalah untuk memberdayakan produk lokal. Untuk turut mengajak netizen menggunakan produk lokal, Smesco mengadakan lomba blog dengan tema “Local Brand Lebih Keren”. 

Untuk info lebih lanjut bisa disimak di website Smesco Indonesia atau pantau terus twitter @smescoindonesia.

SK-LOMBA-BLOG-1024x724

Follow Efenerr on WordPress.com

14 KOMENTAR

  1. baca-baca tulisan teman lain tetang netizen vaganza ini sih lebih tertarik sama workshop v-lognya si sascha. Soalnya Lagi kepikiran memperkaya isi blog dengan konten video 😀

  2. Sepertinya acaranya menarik ya. Itu koq ada Maluku Utara? saya kira di Maluku padahal seingat saya Smesco di Jakarta. Ternyata memang jakarta setelah saya klik link lainnya 🙂

  3. Sebagai travel writer wannabe (wanabe terus ngga sukses2), workshop dr Agustinus Wibowo di smesco kmren emg kece bgt materinya. Mencerahkan 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here