DSCF5853.resized

Sebagai outdoor gear freak, kadang berburu alat outdoor yang unik dan rare itu menyenangkan. Mendengar merk-merk yang asing di Indonesia itu membuka mata bahwa di luar sana alat outdoor itu melimpah ruah. Seperti ketika saya jatuh cinta dengan Fjallraven, merek Swedia yang saya kenal sekira 5-6 tahun ini adalah merk outdoor gear favorit saya.

Fjallraven adalah salah satu brand klasik, mulai produksi tahun 1960 di Swedia dan sekarang menjadi salah satu brand outdoor ternama di Skandinavia dan Eropa. Soal desain, Fjallraven mempertahankan desiain yang klasik, minimalis namun fungsional.

Tangkapan layar penuh 23102015 105249.bmp
Koleksi Jaket Fjallraven

Merek Fjallraven secara resmi belum masuk di Indonesia, padahal di negara tetangga seperti Singapura atau Thailand, merek ini bertebaran di mana-mana. Karenanya di lapak-lapak outdoor online baik barang baru maupun bekas, Fjallraven selalu laris bak kacang goreng dan dihargai tinggi.

Satu koleksi yang saya suka dari Fjallraven, ransel seri Kanken. Ransel ini sebenarnya adalah produk paling legendaris dari Fjallraven, pertama kali keluar di tahun 1970-an sebagai ransel anak sekolah, desainnya yang klasik akhirnya disukai banyak orang.

Kanken kemudian menjadi legenda produk Fjallraven hingga sekarang.

2015_0510_17541700

Saya mendapatkan Fjallraven Kanken dari Mang Boughil, salah seorang seller alat outdoor terkenal di jagad maya dengan bendera Langit Gelap Enterprise. Beruntung Mamang Boughil masih ada satu stok Kanken yang akhirnya saya booking dan beli.

Kejutan tak berhenti di sini, rupanya Fjallraven yang saya beli adalah edisi khusus, berwarna putih dengan tag Save The Arctic Fox. Ransel ini adalah edisi khusus, di mana setiap 10 Euro dari harga ransel akan didonasikan untuk upaya penyelematan rubah kutub.

Fjallraven memang salah satu perusahaan yang concern terhadap rubah kutub, memiliki gerakan untuk menyelamatkan rubah kutub. Sesuai namanya, Fjallraven yang artinya rubah gunung.

2015_0510_17492400
Bagian dalam Fjallraven Kanken

Lupakan teknologi seperti backsystem ataupun desain futuristis. Fjallraven Kanken memiliki teknologi seperti ketika diluncurkan pada tahun 1978, klasik. Karena awalnya dibuat untuk anak-anak sekolah, kapasitas ransel ini tidak besar, hanya 16 Liter. Cocok untuk digunakan sebagai daypack saat jalan-jalan.

Bentuknya sederhana, persegi. Warnanya putih susu, sesuai warna rubah kutub. Kompartemen dalam ransel terbagi menjadi 2 bagian, kompartemen utama dan kompartemen kecil di sisi punggung untuk tempat laptop ataupun gadget.

2015_0510_17480200

Pada bagian luarnya terdapat kantong utama di bagian luar, pada sisi atas kantont terdapat signature “Save The Arctic Fox” sebagai penanda ransel seri khusus ini. Pada sisi kiri dan kanan terdapat kantong sebagai tempat minum ataupun peruntukannya untuk wadah barang-barang kecil lainnya.

Untuk dipakai bekerja atau hangout pun tampilannya cantik. Ransel ini saya beli untuk istri, olehnya ransel Kanken ini dibawa bekerja, membawa laptop atau buku-buku, dipakai hangout bersama teman-temannya, pernah juga dibawa traveling. Ringkas dan multiguna.

2015_0510_17581700
Detail Fjallraven

Walaupun mini teknologi mutakhir, tapi kekuatan ransel ini tak boleh diremehkan. Jahitannya benar-benar kukuh, ditambah dengan detail jahitannya yang rapi.

Bahan ransel ini dari Vinylon-F, kain sintetis yang awalnya dikembangkan di Korea Utara. Pilihan Vinylon ini tepat karena kainnya kuat, kukuh juga anti air. Dengan mutu jahitan yang rapi dan bahan yang bagus maka tak heran ransel ini menjadi produk unggulan Fjallraven selama bertahun-tahun.

Detail Fjallraven terdapat di beberapa bagian, pada kepala resleting dengan logo dan tulisan Fjallraven. Kemudian pada kancing baja yang ada pada strap ransel. Ini salah satu yang membedakan Fjallraven dengan produk lainnya, detail ranselnyanya artsy dan minimalis.

2015_0510_17532600
Detail Fjallraven

Soal kekuatan, Fjallraven memikirkan baik-baik kekuatan ransel ini. Walaupun memang didesain untuk daypack dan hanya bervolume 16 Liter, namun tas ini didesain sanggup membawa beban yang cukup berat.

Kunci kekuatannya ada pada dua titik kancing penguat, masing-masing diletakkan pada ujung strap tas bagian atas dan juga bagian bawah. Jadi untuk menahan beban berat, selain jahitan silang yang saling menindih, juga diberikan kancing pengikat yang dipantek mati pada ransel, ini membuat Fjallraven Kanken sebenarnya didesain mampu menahan beban berat.

2015_0510_17525300
Kancing penguat
2015_0510_17522000
Kancing penguat

Hal terakhir kenapa harus menjadikan Fjallraven Kanken sebagai salah satu ransel yang dimiliki selain soal desain juga karena ransel ini multifungsi. Range penggunaannya sangat luas, diciptakan sebagai tas sekolah, bisa digunakan untuk traveling, bisa juga dipakai untuk bekerja atau tetap bergaya jika dipadupadankan dengan fashion minimalis.

Ransel ini cantik dan tangguh.

2015_0510_12292300

2015_0510_12322100

2015_0510_12305700

Istri saya menggunakan ransel ini sebagai ransel utamanya, dia memuji saya karena bisa memilihkan ransel yang cantik dan sesuai seleranya. Ya, saya sudah jatuh cinta dengan produk-produk Fjallraven dan saya yakin istri saya pun pasti suka dengan desainnya.

Lihatlah bagaimana istri saya menggunakan ransel ini dalam berbagai bentuk, memperlihatkan bagaimana multifungsinya ransel ini.

Fjallraven Kanken memang sungguh-sungguh ransel yang legendaris.

Tabik.

Fjallraven Kanken bisa dibeli di :

Boughil / Langit Gelap Enterprise.

Twitter : @Boughil / @LangitEnt

Facebook : Langit Gelap Enterprise

Jl. Srimahi No.33

Bandung, Indonesia

0852-7759-8304

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

30 KOMENTAR

  1. gue jg udah beli nih 1 kanken.. mahal jg ya.. hahaha.. kurang lbh aja sih ikonik nya kaya si Jansport superbreak.. hehehe

  2. Kak produk tas kankennya ada yang kw ga ya? Kalo mau beli tas kanken ini gimana caranya ngebedain sama yg kw atau palsu gitu??

  3. Permisi kang numpang nanya. Untuk warna nya hanya putih susu saja atau ada warna lain? Saya juga memiliki tas fjallraven kanken warna merah oranye save the arctic fox series. Hanya ingin klarifikasi tentang keasliannya. Boleh dibantu untuk cara membedakan asli atau palsu nya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here