DSCF7561.resized

Support Your Local Brand!

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang ragam outdoor gear lokal dan sekarang ini produk outdoor gear semakin banyak dan variatif. Produk-produk yang dihasilkan pun macam-macam, mulai dari alas kaki hingga hammock.

Fireandfire salah satunya, brand yang berada di bawah Fire Outdoors Indonesia ini sudah rilis sekitar setahun ini dan memproduksi jaket. Dalam jangka beberapa waktu belakangan ini Fireandfire Jacket semakin banyak memproduksi jaket dan terus mengembangkan inovasi untuk produk-produk barunya.

Karena saya penasaran dengan fitur yang ada pada Fireandfire Jacket, saya akhirnya menggunakan salah satu jaketnya. Seri jaket yang saya gunakan adalah seri Prototype, salah satu edisi awal dari Fireandfire Jacket dan termasuk yang paling populer.

Jaket seri Prototype ini diperuntukkan untuk suhu dingin, setiap detailnya dibuat dengan rapi sesuai peruntukannya. Dari tampilan luarnya sudah menampakkan peruntukan jaketnya, tebal dan juga sangat tertutup.

DSCF7554.resized

Desain dan Material

Hal pertama yang dilihat adalah desain. Fireandfire mendesain jaket ini seperti jaket-jaket mutakhir produksi luar negeri, minimalis dan light. Paduan warnanya kontras namun pas, jaket saya berwarna cokelat tua dengan paduan hijau muda, mirip warna gemerlap fluorescent.

Menurut produsennya material luar jaket Fireandfire ini menggunakan Goretex Fabric. Materialnya memang tidak seluruhnya lisensi Goretex, namun material ini adalah material yang sama dengan rilisan jaket dengan teknologi Goretex.

DSCF7551.resized

Material ini menjamin jaketnya tahan air dan juga tahan udara dingin. Dua unsur inilah yang membuat jaket ini setidaknya mampu dibawa ke tempat dengan cuaca ekstrim atau dengan suhu yang amat dingin.

Jaket ini juga sudah dilengkapi sealย yang menyeluruh ke seluruh bagian jaketnya. Ini penting untuk membuat udara tidak menembus sela-sela jaket. Seal menjadi penting apabila jaket memang difungsikan untuk tahan udara dingin. Jika ada jaket tanpa seal atau yang seal-nya rusak maka udara dingin akan merasuk dan meningkatkan resiko terkena hipotermia bagi pemakai jaket.

Seal saja tidak cukup, karena jaket juga didesain tahan air, resleting/zippernya pun menyesuaikan dengan fungsinya. Zipper yang digunakan adalah YKK Aquaguard. Sistem resleting anti air yang dikembangkan oleh YKK, dengan zipper ini dijamin air tidak akan menembus bagian dalam jaket karena terdapat seal sebagai proteksi pada resleting.

Inner dari jaket ini saya rasa juga cukup memadai untuk menangkal hawa dingin. Bagian dalam jaket ini mirip polar dan ada 3 lapis dari bagian luar sampai inner.

Namun dengan inner yang tebal apakah tidak akan panas? Fireandfire sepertinya sudah melakukan riset yang cukup baik. Aliran udara sudah diperhitungkan benar, selain itu Fireandfire menjamin jaketnya Breathable, artinya udara panas atau uap dari dalam jaket akan dialirkan keluar. Ini membuat pemakai jaket ini tidak cepat gerah karena panas dengan mudah mengalir keluar.

DSCF7560.resized

Detail

Saya suka dengan detail jaketnya, pertama dari pemilihan saku. Saku di bagian dada ada 2, masing-masing kanan dan kiri, semuanya dilengkapi seal pada resletingnya. Pemilihan lokasi ini tepat dan bisa digunakan untuk meletakkan gadget berada di tempat yang terlindungi. Saku utama ada 2 buah, di sisi pinggang kanan dan kiri. Ukurannya cukup besar dan nyaman ketika tangan dimasukkan.

Di lengan kiri terdapat kantong kecil. Buat saya ini fungsional sekali, saya bisa meletakkan barang-barang kecil yang biasa saya bawa seperti notebook ataupun pensil. Bahkan ketika saya coba masukkan handphone, ukuran kantong tersebut masih bisa memuat satu handphone.

DSCF7555.resized

Jahitannya juga rapi jali, lipatan antar jahitan juga presisi. Kualitas sablonnya juga bagus, tebal dan warnanya terang. Signature Fireandfire pada sisi kiri cukup terlihat.

Karena jaket ini digunakan untuk suhu dingin maka fiturnya pun menyesuaikan. Terdapat hoodie di bagian kepala, penutup kepala ini lapisannya sama dengan lapisan pada jaketnya. So far, untuk jaket yang bisa mengakomodasi cuaca ekstrim dan suhu dingin, jaket ini memuaskan.

DSCF7557.resized

Ujicoba

Untuk membuktikan ketangguhan dan kualitas jaket ini, saya menggunakannya untuk bekerja dan membawanya langsung saat traveling. Di lingkungan yang panas dan lembap seperti Jakarta, jaket ini saya tes untuk merasakan apakah fitur breathable yang diklaim berfungsi atau tidak. Rupanya lumayan bagus, ketika dipakai di Jakarta jaket ini tidak cepat membuat panas dan berkeringat.

Lantas berikutnya saya membawa jaket ini untuk mencoba suhu dingin di Malang. Innernya memang menangkal udara dingin. Lapisan yang ada Fireandfire Jacket memang sudah diperhitungkan untuk nyaman digunakan di suhu dingin.

Setelah melihat fitur dan kualitas pada jaket rilisan Fire Outdoors Indonesia yang saya pakai, saya yakin brand ini bisa menjadi salah satu brand outdoor lokal dengan kualitas bagus di masa mendatang. Namun demikian harus disertai dengan riset dan pengembangan produk yang konsisten, demi perbaikan mutu produk di masa mendatang.

DSCF7556.resized

Fireandfire Jacket membuktikan bahwa produk lokal pun mampu melahirkan desain yang tak kalah dengan band global. Jangan salah, walaupun brand ini lahir di Sukabumi namun impiannya melampaui puncak-puncak gunung tertinggi di dunia.

Satu lagi yang membuat salut adalah konsistennya Fire Outdoors untuk meningkatkan kualitas produk dengan mencobanya di daerah ekstrim. Seperti ketika FireandFire Jacket menjadi sponsor untuk ekspedisi pendakian ke Cartenz Pyramid.

Tentu ekspedisi seperti bisa menjadi ajang FireandFire untuk membuktikan sebagus apa produk jaketnya.

12179904_1516264215365392_1182408175_n

Dengan berbagai fitur dan kualitas yang jelas, saya menyarankan untuk mencoba menggunakan produk ini. Saya yakin jika ingin mencari produk jaket lokal yang bagus, Fireandfire Jacket ini bisa jadi opsi yang pas.

Support Your Local Brands!

Tabik.

NB :

Untuk order bisa menghubungi :

FireandFire Jacket / Fire Outdoors Indonesia

Facebook : FireandFire

Telepon, SMS dan WA +628128 8925 789

Bbm : 59D0FCE1

Follow Efenerr on WordPress.com

4 KOMENTAR

  1. Wuaahhhhh pas aku mw beli jaket winter utk traveling brktnya, mas malah posting ini…^o^.. Jd trtarik dtg k tokonya.. Brarti utk menahan suhu sktr -20 tahanlah ya mas. Tmpat yg mw aku dtgin kurleb segitu pas winter. Btw mrk ada jual jaket yg modelnya rada feminin dikit ga ya :D?

  2. Produk bikinan dalam negeri yg sempet menghebohkan jagad KASKUS OANC , sayang saya belum sempet nyobain karena pas mau beli eh udah gak produksi lagi ๐Ÿ™ Gak tau lagi kalau sekarang ya.. coba deh ane kontak di FB-nya..

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here