Persawahan di Praya Lombok
Persawahan di Praya Lombok

Dari langit-pun Indonesia memang berbeda. Takdir Tuhan menciptakan Indonesia dengan segala perbedaannya, karena itu juga orang-orang Indonesia menerima perbedaan dengan rasa syukur, perbedaan yang mempersatukan, perbedaan yang membuat Indonesia semakin kuat.

Di antara gunung-gunung tinggi menjulang sampai hamparan pantai nan landai, perbedaan tersebut menjelma menjadi sesuatu yang mengagumkan, perbedaan menjadi pengikat bangsa yang tiada duanya di dunia. Bangsa Indonesia belajar dan tumbuh dari perbedaan, besar karena perbedaan.

DSCF5440 (copy).resized
Panorama Ciletuh

Tidak ada bentang alam yang kaya seperti Indonesia, tidak ada negara yang juga bisa dibandingkan dengan Indonesia. Orang-orang Indonesia menikmati alam yang cantik di mana matahari merekah dengan ceria, di mana senyum ada di mana-mana di setiap penjuru Indonesia.

Panorama Jakarta
Panorama Jakarta

Dari riuh gamelan yang mengantar penari-penari Cupak Gurantang di Lombok hingga tari Cakalale di Ambon yang gagah, budaya-budaya yang berbeda namun membuat rasa bangga yang membuncah. Gerak lagu, gerak tari nan rancak adalah harmoni yang menyatukan Indonesia.

Cupak Gurantang
Cupak Gurantang

Dengan perbedaan – perbedaan itulah yang membuat orang Indonesia sangat bijak menyikapi perbedaan. Justru dari perbedaan muncul kearifan-kearifan lokal, bukan untuk membuat sama yang beda namun menghargai perbedaan. Nilai-nilai yang diwariskan turun temurun yang menjaga Indonesia tegak.

Nusantara tersusun dari mozaik perbedaan-perbedaan, bangsa ini memang harus sadar bahwa Indonesia memang beda, Indonesia berbeda dari yang lainnya dan perbedaanlah yang membentuk Indonesia.

Tabik.

PS : Untuk turut merayakan perbedaan Indonesia yang kaya, bergabunglah menjadi bagian dari Indonesia Diversity yang hadir sejak bulan Oktober lalu. Gerakan ini menggugah rasa cinta tanah air dan menyebarkan rasa memiliki terhadap kekayaan bangsa sendiri.

logoid

Web : Indonesia Diversity

Instagram : Indonesia.Diversity

Twitter : @id_diversity

Facebook : Indonesia Diversity

Google Plus : +IndonesiaDiversity

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

12 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here