IMG-20160114-WA0082

Bom yang meledak siang tadi di Sarinah cukup mengagetkan, sebaran beritanya cepat sekali menembus batas, di media sosial, di media massa, di televisi, di radio, di obrolan, hampir di semua kanal komunikasi masyarakat. Dalam hitungan menit, seluruh Indonesia tahu, seluruh Dunia tahu.

Teror terjadi, ketakutan merebak, berita simpang siur, foto-foto entah benar atau tidak tersebar cepat bagai virus. Dalam dunia yang serba cepat, informasi membanjir bak air bah tanpa bisa memilah benar/salah.

Sebagai masyarakat biasa, apa ada yang bisa kita laukan untuk Jakarta? Ada! Ayo bersama-sama membuatΒ  dan menunjukkan bahwa Jakarta baik-baik saja.

Mari dengan kepala dingin tidak perlu membagi foto-foto korban, tahan diri memberikan berita tidak diri. Kabari keluarga terdakat, beri dukungan positif kepada teman-teman agar tetap tenang, jauhi lokasi, pastikan diri aman, Jakarta akan baik-baik saja.

Karena kitalah, karena semua penghuni Jakarta-lah yang akan membawa Jakarta dalam ketenangan. Dalam potongan berita, kita bisa melihat bagaiman Polisi bergerak cepat, bagaimana TNI memulihkan keadaan, mari menyokong kerja aparat dengan turut mendinginkan suasana.

Segera, Jakarta akan baik-baik saja, saya yakin itu dan semuanya pasti akan berdoa untuk tujuan itu. Duka ini mari jadikan pengingat agar kita tetap bersatu, tetap bersama, tetap tegak sebagai sebuah bangsa yang utuh.

IMG-20160114-WA0080

Tindakan teror adalah tindakan jahat, namun jangan turut membalas dengan tindakan jahat. Mata dibalas Mata akan membuat orang menjadi buta, demikian kata Gandhi.

Tunjukkan bahwa kita tetap bergerak, tetap maju tetap positif.

Sesaat, Indonesia akan dianggap berbahaya, pasti akan ada reaksi travel warning, lumrah.

Maka jawab dengan menunjukkan support bahwa Indonesia aman, terus sebarkan kisah-kisah positif tentang Indonesia. Jangan merasa kalah dengan berita bahwa Indonesia berbahaya, tunjukkan bahwa Jakarta baik-baik saja.

Sesaat, mungkin ketakutan akan merebak, tapi mari ajak dengan senyuman dan tunjukkan Indonesia akan baik-baik saja. Mari tunjukkan sikap positif, tunjukkan bahwa keadaan akan pulih dengan segera.

Jangan berhenti karena kejadian ini, mari terus maju bersama-sama. Tetap waspada, saling menjaga, minimal menjaga diri sendiri dan keluarga. Saling mengingatkan satu sama lain.

Mari bergerak, buat Jakarta kembali ceria.

Lakukan apapun itu, sharing berita positif, sharing foto positif, membuat gerakan positif. Jika tidak bisa berbuat sesuatu, mari berdoa supaya keadaan segara menjadi baik, karena doa pun sebuah perbuatan untuk mengubah sesuatu.

Terus bersikap positif, karena itu yang akan menyokong Jakarta.

Karena di tangan kita semua, Jakarta akan kembali baik-baik saja, doaku, doamu, doa kita semua Jakarta akan pulih dengan segera.

Tabik.

Credit Foto : Slamet Rianto / Maslamet Studio.

 

Follow Efenerr on WordPress.com

32 KOMENTAR

  1. Seinget saya, tulisan Mas Farchan soal ini udah muncul di Facebook saya jauh sebelum orang2 posting #KamiTidakTakut. Keren, Mas. Tulisan yang membangkitkan optimisme. Awalnya, saya ragu kampanye optimisme ini bisa ngefek begitu cepet. Ternyata, wow! Proficiat! Masy kita kompak banget!

    Tapi ada sedikit rasa kecewa ketika saya liat meme-meme foto kejadian 14/1 kemarin lalu lalang di media sosial. Tujuannya ya mungkin bagus, membangun optimisme masy Indonesia, warga Jakarta khususnya. Tapi, foto2 itu kan diambil sama wartawan (fotografer) yang menantang maut untuk bertugas di sana. Kita ga pake rompi antipeluru. Senjata kami pun kamera atau microphone. Kecewa, walau saya percaya ga ada niat untuk jadiin tragedi ini sebagai lelucon.

    Sekedar berbagi ^^

    • Ya Mas, masyarakat kita sebenarnya masyarakat yang optimis. Ada effort untuk bangkit. πŸ˜‰

      Ya mas, soal meme saya juga tidak setuju. Makanya saya abaikan saja meme-meme yang beredar Mas.

  2. walo awalnya aku smpet ragu apa Jakarta bakal lama balik ke normalnya, tp ternyata memang aparat kita hebat semua :).. cuma dlm hitungan jam, korbanpun ga terlalu bnyk.. dan reaksi masyarakat sndiri yg bnyk membuat hastag #KamiTidakTakut, lumayan bikin optimis kalo Jakarta akan lgs pulih

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here