ATT_1455516544890_image_146260
Foto oleh Bina Yumanto

Setelah beberapaΒ  tahun menancapkan diri sebagai salah satu produsen kamera mirrorless papan atas, awal 2016 ini FujiFilm mengeluarkan line up kamera mirorrless FujiFilm X70 sebagai line up terbaru. Penasaran dengan kameranya, Gathot Subroto salah seorang Brand Ambassador FujiFilm Indonesia mengajak saya untuk mencoba performa kamera mirrorless FujiFilm x70 tersebut.

Kamera Mirrorless FujiFilm X70 didesain sebagai compact mirrorlesss, ukurannya kecil, bentuknya ringkas dan beratnya pun ringan. Mirrorless jenis ini melanjutkan tradisi FujiFilm untuk menelurkan compact mirrorless sekaligus menambah range varian mirrorless yang FujiFilm miliki.

Spesifikasi

Secara spesifikasi, Kamera Mirrorless FujiFilm X70 memiliki keunggulan pada sensor yang sudah menggunakan sensor APSC. Sensor ini dikenal handal dan menghasilkan gambar dengan kualitas baik dan sudah mencukupi untuk kamera mirrorless. Sensor ini ditunjang dengan kemampuan range ISO yang mencakup dari ISO 100 – 51200. Range ISO ini membuat pengguna akan lebih leluasa memotret di area bercahaya minim sekalipun.

Foto portrait dengan kamera mirrorless FujiFilm X70, tajam,
Foto portrait dengan kamera mirrorless FujiFilm X70, tajam,

Untuk lensa, Kamera Mirrorless FujiFilm X70 menggunakan lensa fix 18,5 mm F2.8. Perlu dicatat di kamera ini lensanya non interchangeable. Jadi lensanya tidak bisa diganti, namun terdapat tele converter yang ada di kamera ini yaitu 28 mm kemudian 35 mm dan 50 mm. Sehingga kamera ini memiliki cakupan pengambilan gambar yang luas.

Fitur Baru

Fitur yang menarik dari Kamera ini adalah fitur-fitur baru yang menarik. Salah satu yang baru adalah FujiFilm membenamkan kemampuan remote dengan aplikasi FujiFilm Camera Remote. Pada kamera Mirrorless FujiFilm X70 ini kemampuan remote bisa digunakan dengan menginstall aplikasi pada smartphone/tab.

Tangkapan layar penuh 22022016 184747.bmp
Courtesy Fujifilm.com

Lantas fitur lain yang akan dinanti adalah penambahan fitur film simulation Classic Chrome, melengkapi fitur Velvia dan Provia yang menjadi ciri khas kamera FujiFilm. Classic Chrome dinanti-nanti karena memberikan warna yang lembut dan teduh, layaknya menggunakan kamera film, membangkitkan nostalgi masa lalu saat memotret.

ATT_1455516544888_image_146259
Foto oleh Bina Yumanto

Kamera ini juga dilengkapi dengan panorama seperti layaknya compact mirrorless FujiFilm yang lainnya. Ubahan fitur lain yang cukup signifikan adalah penambahan kecepatan autofokus dan shutter. Penambahan ini cukup signifikan dan terasa saat dicoba, autofokusnya cepat dan nyaman.

Baca Juga : Kenapa Harus Mirrorless FujiFilm?

Selain itu ada pemasangan handgrip yang pas di tangan di bagian luar. Walaupun terlihat remeh temeh, namun membuat tangan menggenggam mantap kamera ini apalagi saat dibawa hunting foto. Karena bentuknya yang kecil handgrip ini membuat genggaman terasa nyaman.

ATT_1455516544887_image_146262
Foto oleh Bina Yumanto

Hasil Foto

Saya membawa Kamera FujiFilm X70 ini untuk memotret di kawasan Pasar Burung Pramuka. Area ini menyenangkan untuk street photography, human interest sampai cityscape. Keunggulan daerah ini adalah pencahayaan di dalam pasar yang eksotis, aktifitas para pedagang dan pembeli sampai satwa-satwa eksotis yang kadang tampak di pasar ini.

Menyusuri area Pasar Burung Pramuka dan mengambil foto dengan kamera ini membuktikan bahwa dynamic range kamera ini unggul dan warna yang tertangkap sangat dinamis. Saya puas dengan olah warna yang dihasilkan oleh kamera ini.

Baca Juga : Review FujiFilm XQ2

DSCF1012

DSCF1009

Dengan tilt LCD pada kamera ini, saya bisa leluasa mengambil sudut pengambilan foto. Mau dari bawah, ke atas atau sudut sulit sekalipun kamera ini cukup memudahkan pengambilan foto.

Oia, bagi penggemar selfie kamera ini bisa digunakan untuk selfie. Berbahagialah karena tilt LCD ini bisa dihadapkan ke depan untuk selfie, mirip tilt yang ada pada kamera mirrorless FujiFilm XA2.

DSCF1059
Selfie dengan Kamera Mirrorless FujiFilm X70

Dimensi dan bentuk kamera ini cocok jika pengguna menyukai street photography. Enteng dibawa dan tidak intimidatif. Selain soal fitur-fitur tambahannya, saya suka lensa yang ada di kamera ini menghasilkan gambar yang tajam. Olah warnanya pun lebih lembut dan mengalami perbaikan dibandingkan mirrorless seri sebelum-sebelumnya.

Saya menebak, riset sebelum mengeluarkan kamera ini pasti melibatkan user. Kamera ini sangat user friendly dan mampu menjawab kebutuhan usernya dengan fitur-fitur yang ada di kamera ini.

Warna yang lembut dan kaya
Warna yang lembut dan kaya
Landscape
Landscape
Detail
Detail

Jika mencari kamera mirrorless yang ringan dan mudah bisa dibawa sehari-hari, hunting ringan, snapshot street photography, portrait sampai landscape, sepertinya kamera mirrorless FujiFilm X70 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tabik.

Spesifikasi lengkap : Fujifilm.com

84 KOMENTAR

  1. fujifilm emang kamera idola.. dulu saya pake x10 yang mengalihkan pandangan saya dari dslr.. hingga akhirnya kemarin cari kamera mungil juga xt10.. semoga ndak khilaf untuk membeli x70, sebagai pengganti x10. hehe πŸ˜€

  2. aku nyesel kmrn itu beli pocketnya nikon… ga gitu bgs hasilnya… efek beli online gini nih mas, jd ga bs tau hasil fotonya sblm beli…

    soalnya kalo utk foto2 makanan, aku males pake dslr ;p.. ga oke bgt motret makanan pake kamera gede gitu ;p makanya mirrorless yg kecil butuh bgt..

  3. Mas..ak kan berencana beli camera fujifilm nih, budget ny antara xa2 lah ya..tp gara2 review mas ini jadi makin bingung, klopun tipe ny beda, mas mending lebih nyaranin beli Xa2 atau X70 ini mas? Mohon pencerahan ny ya mas..galau ny gak kelar2 soalny hahaha

  4. Kalo buat hunting2 gitu mas atau traveling lbh nyaman pake yg mana?? :3 .. maap mas banyak nnya soalnya saya bingung mau pilih fuji xa2 atau x70 sekalian kasih rekomen dong soalnya saya juga suka traveling :3

  5. Kalau untuk capture orang/momen yang bergerak contoh seperti aktifitas anak/bayi gimana mas ? apakah cukup bagus ?

  6. Ka, mau nanya lagi nih sebelum fix membeli fujifilm XA2 takut menyesal karna gak sesuai sama yg saya inginkan. Jd gini. Saya kan mayoritas kek selfie gtu ka, nah kalo buat vlog kan juga kadang dari pagi-malam gtu. Kalo misalkan xa2 ini kalo di indoor atau tempat yg cahayanya agak redup itu masih jelas apa tidak ya ka? apa emang harus di atur dulu ka? Soalnya setau saya (kayaknya) ada kamera yang klo di indoor atau cahayanya kurang jd gelap atau tdk jelas gtu ka, terimakasih.

  7. saya orangnya ga mau ribet, soal kepraktisan jadi pertimbangan banget, termasuk membawa kamera, enaknya pocket kamera ga ribet bawanya ya, cocoknya ke street fotografi tapi semua genre juga bisa sih, asal gimana yang pakenya aja,hihihihi….

    salam kenal mas, sy termasuk penyuka pocket kamera, nice review πŸ™‚

  8. Mas Efenerr, klo X-A2 dgn lensa upgrade ke XF 35mm F2 WR dengan X70 atau seri X lainnya dgn lensa standard, apakah X-A2 ini hasilnya bisa lbh baik dr kakak2nya itu? Sama mau tanya wifi X-A2 praktis ga utk trf ke HP? Soalnya yg sy baca X-A2 msh pake Fuji Application App, sedangkan yg skrg sdh yg Remote Control..

    Terima kasih.

    • Mas Jo, soal lensa itu soal kebutuhan saja kok. πŸ™‚ Kalau nyaman dengan lensa tersebut tentunya hasilnya akan lebih baik.

      Untuk transfer wifi sekarang semua sudah pake Fuji Remote App. Tinggal donlod di Playstore atau AppStore

  9. Bang..kalo x70 untuk foto hasil2 make up bagusan mana dengan xa3 (dg lensa standar)
    Krn utk di upload ke medsos terutama IG, rekomen yang mna bang kl untuk khusus foto hasil make up yg akan dshare buat promosi dan terlihat bagus ketika diupload..x70 atau xa3 atau mgkn ad yg lbh baik selain keduanya, terima kasih bang

  10. Mas, numpang tanya (lagi) dongs. Mending x70 atau canon eos m3 ya buat traveling? Saya lebih suka foto landscape gitu. Dulu sempet pakai Olympus epl, tp kerasa kurang puas sama hasilnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here