dscf4013

Jalan-jalan untuk ke Jepang untuk yang kesekian kalinya saya memutuskan menjelajah area Kansa dan karena seluruh itinerary saya hanya berada di area Kansai saja maka saya harus memilih moda transportasi yang terhemat untuk area Kansai. Oleh sebab itu saya memutuskan menggunakan JR Kansai Wide Area Pass.

Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa jika ke Jepang memang lebih mudah dan murah jika menggunakan kartu pass untuk kereta, tapi banyak yang belum paham bahwa kartu pass untuk kereta/bis di Jepang itu jumlahnya banyak sekali dan salah satunya JR Kansai Wide Area Pass ini.

Lalu apa itu JR Kansai Wide Area Pass?

Ini adalah pass yang dikeluarkan oleh JR West, jaringan JR yang mengelola area Kansai dan bisa mengcover area Kansai dan beberapa area sekitarnya.

Untuk lebih lengkapnya area yang dicover oleh JR Kansai Wide Area Pass ini ada di peta berikut.

kansai_wide_map
Cakupan area JR Kansai Wide Area Pass

Pass ini berbeda dengan Kansai Pass yang areanya lebih kecil dan lebih murah. JR Kansai Wide Area Pass ini cocok digunakan bagi para traveler yang ingin menjelajah Kansai lebih jauh dan bisa mengantar sampai pelosok-pelosok Kansai.

Apakah Pass ini bisa digunakan di Tokyo?

Tentu tidak, JR Kansai Wide Area Pass tidak bisa digunakan di Tokyo.  Tokyo sendiri masuk dalam wilayah kerja JR-East, sehingga berbeda cakupannya. JR Kansai Wide Area Pass ini hanya melayani area Kansai dan sekitarnya.

Untuk ingin lebih tahu mana-mana saja yang dimaksud Kansai, bisa cek link wikipedia

Cakupan JR Kansai Wide Area Pass

Jika melihat di peta, sebenarnya cakupannya lebih luas lagi karena seluruh kereta lokal yang ada di wilayah yang ada di peta tersebut tercover oleh pass ini. Lebih lengkapnya bisa cek keterangan berikut.

tangkapan-layar-penuh-04102016-173030-bmp

Jadi apabila menggunakan JR Kansai Wide Area Pass ini saya bisa menggunakan seluruh kereta mulai dari kereta lokal sampai Shinkansen di area Kansai. Kecuali kereta yang ada di dalam daftar pengecualian.

Shinkansen Osaka - Himeji
Shinkansen Osaka – Himeji

Gimana caranya?

Untuk menggunakan JR Kansai Wide Area Pass caranya mudah, tinggal beli pass-nya dan tinggal digunakan di seluruh area Kansai dan sekitarnya.

Ada beberapa cara untuk membeli pass ini, pertama melalui travel agen yang berafiliasi dengan JR West, kedua reservasi online dan yang terakhir adalah pembelian langsung di loket JR West.

Namun saya menyarankan untuk reservasi online saja, itu juga yang saya lakukan ketika membeli pass ini.

tangkapan-layar-penuh-04102016-171624-bmp
Harga tiket JR Kansai Wide Pass

Kenapa saya menyarankan booking online, karena dengan booking online harganya lebih murah dan yang kedua ketersediaan passnya dijamin. Harga pass ini memang lebih murah apabila dibeli lewat online.

Caranya mudah, tinggal menuju link pemesanan JR West ini. Isi data diri dan nanti akan mendapatkan email konfirmasi pemesanan.

Setelah mendarat di Jepang, bisa langsung menuju ke kantor JR West yang ada di Kansai International Airport, Stasiun Osaka, Stasiun Kyoto dan Stasiun Shin-Osaka. Menunjukkan email konfirmasi pemesanan JR Kansai Wide Area Pass ini dan paspor, setelah itu silakan lakukan pembayaran baik cash maupun dengan kartu kredit.

Selain akan mendapatkan pass, pengguna JR Kansai Wide Area Pass akan mendapatkan kartu diskon yang bisa digunakan di berbagai tempat yang bekerja sama dengan JR. Saking banyaknya saya sampai lupa, di tempat-tempat tersebut bisa mendapatkan diskon dengan menunjukkan JR Kansai Wide Area Pass ketika bertransaksi.

Perlu diingat masa berlaku JR Kansai Wide Area pass hanya 5 hari, jadi silakan cermat saat membuat itinerary dan menggunakan pass ini.

Setelah mendapatkan pass ini maka di stasiun saya tinggal memasukkan pass di gate electronic, begitu juga saat keluar. Gampang kan?

Kemana saja dengan Pass ini?

Saat saya menggunakan JR Kansai Wide Area Pass ini memang saya sudah merancang itinerary untuk mengelilingi area Kansai dan sudah saya perhitungkan bahwa mayoritas destinasi bisa dijangkau dengan pass ini dan hanya beberapa destinasi yang tidak tercover pass ini.

Enaknya pass ini adalah hampir seluruh wilayah populer sekitar Kansai bisa dijangkau, mau ke Kobe, Wakayama, Himeji, Iga Ueno, semua bisa dijangkau dengan pass ini. Pulang pergi ke Bandara juga nyaman dengan pass ini.

Shinkansen di Stasiun Himeji
Shinkansen di Stasiun Himeji

Hampir seluruh kereta bisa digunakan, sepanjang kereta tersebut adalah jaringan JR. Bahkan saya bisa menggunakan Shinkansen sepanjang area Kansai, itu berarti saya bisa menggunakan Shinkansen untuk ke Kyoto-Osaka bolak-balik sepuasnya selama lima hari.

Yang jelas, setiba di Kansai International Airport saya segera menuju kantor JR untuk mendapatkan JR Kansai Wide Area Pass yang sudah saya reservasi sebelumnya. Begitu mendapatkannya saya segera menggunakan JR Kansai Wide Area Pass ini untuk menuju hotel.

Pertama, saya bisa menggunakan Haruka, kereta bandara super nyaman yang melayani rute Kansai International Airport, Osaka dan berakhir di Kyoto. Kereta ini yang paling cepat dari bandara dan jika ingin langsung ke Kyoto, kereta ini adalah pilihan terbaik.

Kedua, saya menggunakan Shinkansen untuk menuju Himeji. Di Himeji lokasi berhentinya hanya satu kilometer dari Kastil Himeji yang dikatakan kastil terindah di Jepang. Begitu keluar dari Stasiun, saya bisa langsung melihat gagahnya Kastil Himeji.

Uniknya adalah di Himeji kita bisa berhenti sejenak untuk menikmati Shinkansen yang melintas. Stasiun Himeji ini menjadi favorit para pecinta Shinkansen karena stasiun ini dilewati Shinkansen yang melintas dengan kecepatan ratusan kilometer.

Setiap harinya banyak sekali fotografer yang nongkrong di peron Stasiun Himeji demi bisa memotret Shinkansen yang melintas sangat cepat.

Naik kereta lokal sepuasnya, baik di Osaka maupun Kyoto saya bisa berkeliling kota dengan kereta lokal. Beberapa objek di Osaka dan Kyoto memang hanya bisa dijangkau dengan kereta lokal seperti Universal Studio.

Kereta Lokal
Kereta Lokal

Saya menggunakan rapid service untuk ke Wakayama dan Nara. Dua kota ini dekat sekali dengan Osaka, kurang dari satu jam dengan rapid service. Rapid service ini biasanya menghubungkan antar kota yang saling berdekatan dan lebih cepat daripada kereta local.

Catatan : JR Kansai Wide Area Pass hanya berlaku untuk unreserved ticket. Jadi lebih baik naik di gerbong khusus unreserved seat, jika bangku kosong maka silakan duduk, jika tidak ada bangku kosong maka harus berdiri sepanjang perjalanan.

Saran dan Kesimpulan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan JR Kansai Wide Area Pass ini. Pastikan bahwa area jelajahnya memang hanya di area Kansai saja dan tidak melebar ke area Kanto, Tohoku atau sampai Hokkaido.

Sesuai cakupan pass ini yang hanya melayani area Kansai saja, maka cek ulang itinerary apakah tempat yang dikunjungi tercover oleh jaringan JR West ini.

Kereta Lokal, mirip KRL Jabodetabek
Kereta Lokal, mirip KRL Jabodetabek

Saya bisa menghemat banyak sekali pengeluaran untuk transportasi selama di Kansai dengan menggunakan pass ini, bolak-balik Osaka-Kyoto juga makin mudah karena saya bisa menggunakan Shinkansen yang hanya butuh waktu 15 menit dari Osaka ke Kyoto dan/atau sebaliknya.

Jadi dengan pass ini, traveler yang sudah menggunakan pass bisa stay di salah satu kota baik di Osaka/Kyoto lalu bolak-balik ke kota lainnya dengan cepat menggunakan pass ini.

Perlu diingat di Jepang banyak sekali pass untuk kereta, hampir seluruh operator kereta di Jepang memiliki pass dengan masing-masing variasinya. Namun untuk pass yang mencakup Kansai, menggunakan JR Kansai Wide Area Pass bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Tabik.

Follow Efenerr on WordPress.com

32 KOMENTAR

  1. ya Allah mas ef, keren banget dah, memang traveler sejati, perencanannya buat saya sempurna, kalau saya yang pergi apa gak bingung itu ngurus ini itu sendiri, sampai tau begitu detail dengan JR kansai ini

  2. Berlakunya sampai 5 hari. Dari sini kita dapat melihat bagaimana majunya transportasi umun di Jepang. Dengan segala kemudahannya, orang asna dan traveler dibuat lebih mudah ketika ingin menjelajah kota di sana.

  3. tp ini hanya utk kansai area ya mas… berarti sbnrnya beda ama JR Pass, kalo itu bisa kemana aja di jepang? Soalnya feb aku ke jepang, rencana yg aku beli JR Pass, krn memang mau jelajah dr tokyo, osaka, takayama, hiroshima dan kota2 lainnya.. memang hrs pake JR Pass kalo gt kan yaa?

  4. Tulisannya bermanfaat sekali mas, kebetulan bulan depan saya dan suami berencana travelling ke daerah Kansai (osaka, kyoto, nara) selama 5 hari. Berarti jauh lbh hemat dan tepat kalo beli kansai wide area pass ya?
    Sudah termasuk shinkansen dan kereta haruka dari dan ke Kansai airport.
    Kalau boleh tanya, objek wisata Kansai mana saja yg bisa ditempuh dg transportasi yg dicover pass ini? Terima kasih.

  5. Informasinya bermanfaat sekali mas, kebetulan bulan depan saya dan suami berencana travelling ke daerah Kansai (osaka, kyoto, nara) selama 5 hari. Berarti jauh lbh hemat dan tepat kalo beli kansai wide area pass ya?
    Sudah termasuk shinkansen dan kereta haruka dari dan ke Kansai airport.
    Kalau boleh tanya, objek wisata Kansai mana saja yg bisa ditempuh dg transportasi yg dicover pass ini? Terima kasih.

  6. mas betul ngak nih, klo kita beli kansai wide area pass yang 5 hari selain di gunakan antar kota, kansai wide pass itu juga bisa gunakan kereta lokalnya (subway line) ? ex midosuji line, tanimachi line, etc

  7. “Osaka-Kyoto juga makin mudah karena saya bisa menggunakan Shinkansen yang hanya butuh waktu 15 menit dari Osaka ke Kyoto”

    Mas dari info yang saya baca shinkansen cuma antara osaka-okayama sanyo shinkansen (termasuk disini juga dilampirkan petanya) konfirmasi aja apakah bisa dari osaka-kyoto pakai shinkansen juga? Atau pakai rapid yang disebutkan 15 menit?

  8. Mas mo nanya kalau 7 hari di daerah Kansai, 2 harinya bagaimana ya? Beli tiket ketengan atau bagaimana….terima kasih

  9. Mas mau tanya bisa minta rekomen beli dmna ya KANSAI WIDE AREA PASS nya?? saya mau ke osaka bulan september bsok. thx ya mas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here