Beberapa bulan sudah saya menggunakan kamera rilisan baru dari Fujifilm ini dan sepertinya saya harus menulis review mirrorless Fujifilm XA3 berdasarkan performa setelah saya gunakan.

Kamera ini merupakan rilisan terbaru yang melanjutkan seri sebelumnya, Fujifilm XA2. Rilis pada Agustus 2016 namun baru masuk Indonesia sekitar November 2016. Pembaharuan dari XA2 ke XA3 ini memang banyak dinanti-nanti, mengingat popularitas FujiFilm XA2 sebelumnya begitu tinggi, laris manis tanjung kimpul.

Saya memang pengikut setia seri Fujifilm seri XA sejak seri XA1 rilis. Mirrorless Fujifilm seri XA ini bagi saya kecil-kecil cabe rawit dan kamera yang ideal untuk saya. Itulah mengapa ketika seri-seri berikutnya muncul maka saya terus mengikutinya dan setia dengan seri XA, mulai dari XA1, XA 2 sampai XA3 sebagai kamera utama.

Baca Juga : Memilih Mirrorless Fujifilm

Sejatinya Fujifilm seri XA memang seri entry level, diperuntukkan bagi orang-orang yang baru belajar memotret atau ingin mencoba menggunakan mirrorless. Itulah kenapa fitur-fitur dan displaynya dibuat sederhana, supaya orang bisa dengan cepat belajar menggunakan kamera ini.

Impresi menggunakan kamera ini menyenangkan dan semoga review mirrorless Fujifilm XA3 ini bisa menjadi acuan untuk memilih kamera yang cocok untuk traveling. Berikut beberapa poin-poin review mirrorless Fujifilm XA3 yang menurut saya sangat signifikan perubahannya :

Pembaruan Sensor, 24 MP!

Sensor yang digunakan kamera Fujifilm XA3 ini masih sama menggunakan APSC, namun resolusinya ditingkatkan menjadi 24 MegaPixel. Ukuran resolusi 24 MP ini sama dengan ukuran resolusi pixel untuk Fujifilm XT2 dan XPro2, seri pro dari mirrorless Fujifilm seri X.

Ini merupakan bukti bahwa untuk kamera entry level pun FujiFilm tidak main-main. Dengan memberikan fitur yang ada di kelas tertinggi pada kamera entry level, dengan demikian pengguna Fujifilm seri XA3 bisa merasakan pengalaman menggunakan resolusi piksel yang sama dengan Fujifilm XT2 dan XPro2.

Sebelum senja

Gampangnya, dengan sensor dan resolusi baru ini gambar yang dihasilkan jauh lebih jernih dan kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan seri sebelumnya. Bayangkan, kamera entry level dengan sensor dan resolusi setara kamera pro.

Touchscreen

Fitur baru yang patut dicoba adalah touchscreen LCD. Pada mirrorless Fujifilm XA3 fitur tilt  LCD yang menjadi ciri khas seri XA dipertahankan namun dengan menambah fitur touchscreen pada LCD tersebut.

Fitur touchscreen pada XA3 sendiri bisa digunakan untuk mengakses menu yang ada pada LCD sampai berfungsi sebagai shutter untuk mengambil gambar.

Untuk soal pengambilan gambar, fitur touchscreen ini bermanfaat sekali terutama ketika menentukan titik fokus. Perlu diketahui bahwa titik fokus pada mirrorless XA3 ini bertambah menjadi 77 titik fokus dari 49 titik fokus pada Fujifilm XA2.

Layar sentuh yang ada pada kamera mirrorless FUjifilm XA3 memang sangat memudahkan saat mengambil gambar. Shutter bisa diset dengan menyentuh layar, pemilihan titik fokus juga bisa dilakukan dengan menyentuh layar, sangat gampang.

Film Simulation dan Kualitas JPEG 

Pada kamera ini Fujifilm menambahkan beberapa Film Simulation yang sebelumnya tidak ada di seri XA2, seperti Pro Neg Hi, Pro Neg Standard, Monochrome+Ye, Monochrome+R, dan Monochrome+G. Dengan opsi tersebut eksplorasi hasil foto bisa lebih maksimal. Seperti yang kita tahu, fitur Film Simulation adalah fitur yang menjadi ciri khas Fujifilm.

Selain menambah film simulation, Fujifilm juga meningkatkan kualitas hasil JPEG pada kamera ini. Jadi kualitas JPEG ini pun sudah bagus jika ingin langsung diunggah di media sosial atau keperluan lain.

SOOC – Classic Chrome

Selain dua fitur tadi saya merasa warna-warna yang muncul di FujiFilm XA3 sudah sangat instagrammable. Dibandingkan dengan seri sebelumnya saat diunggah di instagram warna-warna yang ada di Fujifilm XA3 dengan settingan tertentu sudah bisa langsung diunggah / SOOC tanpa perlu tambahan filter-filter atau edit dengan aplikasi lainnya.

SOOC – Velvia
SOOC – Velvia
SOOC – Velvia

Selfie Mode

Saat rilis dengan berbagai warna body yang cantik sepertinya target market untuk kamera ini adalah perempuan. Namun selain soal warna body, ada satu fitur yang akan disukai oleh perempuan, selfie mode.

Jadi begini, selain soal tilt LCD dan touchscreen, untuk selfie Fujifilm XA3 sudah membenamkan fitur eye detection dan potrait enhancer. Secara otomatis jika LCD masuk ke selfie mode, autofokus kamera akan langsung mendeteksi dan memfokuskan pada mata, lalu potrait enchancer akan mengubah pengaturan cahaya pada wajah menjadi lebih cerah.

Dengan touchscreen LCD selfie juga lebih enak karena bisa langsung menyentuh layar sebagai shutter, tanpa perlu repot-repot memencet tombol shutter lagi.

Compactness

Satu yang saya suka dari Fujifilm XA3 adalah bentuknya yang ringkas. Sama juga halnya dengan seri XA yang saya pilih karena bentuknya yang ringkas dan enteng. Fujifilm XA3 bodynya lebih enteng daripada FujiFilm XA3, namun selain soal body, ada hal-hal yang membuat Fujifilm XA3 lebih compact.

Slot HDMI dan charger

Pertama adalah soal pengisi dayanya. Jika dulu pengisi dayanya adalah pengisi daya konvensional, di mana saya harus melepas baterai dari kamera, maka sekarang Fujifilm XA3 diganti dengan pengisi daya yang terkoneksi langsung ke kamera. Perubahan ini juga membuat saya tak perlu repot saat kehabisan daya baterai saat memotret, saya bisa menyambungkan langsung ke powerbank.

Lalu yang kedua, dari Fujifilm XA3 lebih ringan dibandingkan FujiFilm XA2. Ada sedikit perubahan bentuk yang menjadi lebih ergonomis. Lebih nyaman saat digenggam. Sementara itu hanya ada sedikit perubahan pada tombol dan menu, bagi pengguna seri XA2 pasti akan langsung bisa beradaptasi dengan kamera ini.

Electronic Shutter

Ini fitur favorit saya di kamera ini, apalagi saat ini saya sedang gandrung-gandrungnya dengan Street Photography. Dengan Electronic Shutter saya bisa memfoto dengan senyap dan cepat. Selain itu Electronic Shutter juga bisa digunakan untuk memotret malam hari atau yang membutuhkan tripod dan minim goyangan.

Secara umum Electronic Shutternya cepat dan responsif, kemampuannya mampu merekam gambar sampai batas maksimal kecepatan shutternya adalah 1/32000s. Jadi dengan demikian saya bisa merekam gambar dengan leluasa, mulai dari yang butuh speed cepat sampai lambat.

Senja tiba

Sekali lagi, fitur ini sangat memudahkan. Bagi yang ingin merasakan klasiknya shutter mekanik tinggal setting di bagian shutter setting, bisa disetting mekanik saja, atau dua-duanya.

Testimoni Setelah Penggunaan

Apa sih yang saya dapat setelah menggunakan kamera ini? Berikut beberapa highlight pribadi terkait review mirrorless Fujifilm XA3.

Pertama, selama beberapa bulan menggunakan kamera ini untuk foto-foto baik portrait, street photography, food maupun landscape memang terasa benar peningkatan performanya. Dengan daleman yang sama dengan XT2 dan XPro2 proses memotret menjadi lebih mudah dan cepat, perlu diakui hal yang paling saya suka dari kamera ini adalah peningkatan autofokus yang menjadi lebih cepat dan titik fokus yang bertambah.

Bagi saya dua hal ini yang sangat penting bagi saya. Dengan peningkatan pada dua hal tadi, saya bisa memotret lebih banyak hal dan bereksplorasi lebih dari sisi teknik, gaya dan angle foto.

Landscape – dengan lensa 16-50.

Kedua, jika suka memotret makanan, makro atau mencari bokeh, mirrorless Fujifilm XA3 dengan lensa bawaannya XC 16-50 ini cukup memadai. Karena kecenderungan memotret makanan adalah memotret dari jarak dekat, mirrorless Fujifilm XA3 memiliki kemampuan untuk tetap fokus sampai jarak 7 cm dari objek. Peningkatan fitur ini membantu sekali bagi yang hobi memotret makanan atau makro. Hal yang tidak didapatkan dari seri sebelumnya.

Moto makanan

Ketiga, karena saya suka membawa membawa kamera ini untuk traveling dan pergi ke tempat-tempat ekstrim, kamera ini bandel dan ringan. Dengan 2 atau 3 lensa saya bisa bepergian dengan membawa kamera ini tanpa perlu repot dengan beban yang terlalu berat. Daya tahan juga bandel sekali, saya sudah membawa kamera ini hujan-hujanan, jatuh, pantai, gunung, sampai saya bawa overland. Tidak ada masalah sama sekali.

Keempat, firmware baru sangat responsif, juga cocok dengan hampir semua lensa yang ada di lini lensa Fujifilm. Sampai saat ini saya sudah mencoba Fujifilm XA3 ini dengan lensa 16-50, 18-55, 10-24, 35 f2, 18 f2, 23 f1.4 dan hampir semuanya tidak ada masalah.

Masjid Raya Pontianak dengan lensa 10-24

Saran

Kamera ini sangat pas untuk yang mencari kamera mirrorless entry level namun dengan kualitas  bagus. Bagi yang ingin mencoba fitur-fitur dan warna khas Fujifilm, kamera ini cocok untuk dipinang. Apalagi buat para food photographer, beauty blogger, kamera ini sudah mengakomodasi kebutuhan fotografi makanan, selfie, hingga portrait.

Saya juga selalu bilang bagi saya pribadi Fujifilm XA3 ini sudah memenuhi kebutuhan fotografi saya untuk traveling, untuk blog sampai untuk kebutuhan komersial. Selain itu faktor slim dan compactnya kamera ini menjadi favorit saya kenapa sebagai seorang travel blogger saya masih bertahan menggunakan seri XA dan tak beralih ke seri lainnya.

So, jika memiliki budget di bawah 10 juta, sejauh ini mirrorless keluaran Fujifilm ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Tabik.

Spesifikasi lengkap : Fujifilm XA3

Follow Efenerr on WordPress.com

375 KOMENTAR

  1. Ini godaan bangeettt. Mana mendekati tgl bonus tahunan keluar lagi wkwkwkwkkw… Kyknya bakal aku beli mas :D. Kebetulan lg nyari mirrorless yg bgs. Fujifilm memang udh inceranku drdulu

  2. Aku juga pengguna Fujifilm, mas. Masih setia pakai seri X-M1 dengan lensa fix 35 mm f.2. Puas banget pakai Fuji, enak buat dipakai traveling terutama?. Seri X-A3 ini warna body nya cakep-cakep banget! Sukaaaa.

  3. hallo mas.. mau tanya, saya masih newbie.. bisa kasih saran pilih sony a6000 atau xa3 ini? kegunaan saya untuk foto produk dan selfie2, lebih rekomendasi yg mana ya? makasi..

  4. halo mas mau tanya kalo untuk pelindung lensanya mirrorlessnya fuji x-a3, perlu atau ga sih yaaa? Pemula nih:(( dan pas beli itu ditawarin gitu, harganya kisaran 300rb an.. solusinya dong mas:( makasih yaaaa

  5. Saya pernah pakai (pinjam punya teman ) yang baru beli, dan memang menggiurkan sekali. Pengen beli, sekarang lagi nyicil nabung 😀

    Oya mas, sepertinya pada kalimat “Compactness – Fujifilm XA3 bodynya lebih enteng daripada FujiFilm XA3” mungkin typo mau bilang XA2 🙂

  6. mas kalau untuk toy photography yang pengen bokeh bagus.
    Mending ini atau XT 10 ?
    Ada rekomendasi lensa?
    Makasih

  7. mas untuk hasil foto lebih bagus xa3 atau xa2 ?
    apa benar xa3 tampilan foto pada lcd nya beda saat udah dipindahin ke pc?

  8. Mas mau tanya untuk perbandingan tone x-a2 dan x-a3 gmn ya, soalnya liat d review tone hasil foto mode auto nya beda

  9. Mas…pertanyaannya melenceng…lebih baik mana lensa 35 mm 1.4 atau 35mm 1.2 ya….saya lihat di kulit kok flawles para instagrammer menggunakan lensa ini ??….tp u travelling apa cocok ya karena tll bokeh shg pemandangan belakangnya malah ngeblur,kamera saya XT10…makasih mas maaf saya pemula banget

  10. untuk kamera yang tidak berviewfinder gini pas moto keadaan terik ganggu apa tidak mas ? maksudnya seperti layar kamera jadi tersorot matahari jadi susah pas pengambilan gambar ?

  11. mas untuk Xa3 dengan Xt-10 bagus mana ya?? saya soalnya pemula cuman untuk punya kamera biar langsung punya yang bagus mas

  12. Selamat siang Bang Farchan Noor Rachman, Seminggu lalu saya beli kamera Fuji Xa3, tpi setelah saya bandingkan hasil fotonya lebih bagusan Fuji Xa2 dibanding Fuji Xa3, hasil foto Xa3 hampir sama kamera DSLR kontras nya terlalu tinggi, kira kira cara mengatasinya gmana pak ?

    Saya telah baca di artikel sebelah agar menurunkan saturation dan kontrasnya, dimana tempat settingnya ya bang?saya ga bisa menemukannya

    Thanks

  13. Halo kak, makasih banget artikel nya sgt bermanfaat. jadi pgn buru2 beli xa-3 hehe tapi utk harga sekitar 8 ini, sudah dapat lensa 35mm kah? modelnya fix lens juga ya?

  14. Saya pengguna xa3 juga bang, tidak ada kendala kecuali urusan saturasi dan kontras yg tinggi, namun masih bisa diakali dengan editing. Pernah nyoba lensa fish eye bang ? Kira-kira lensa apa yg recommended? Apa bisa meike 8mm masuk ke xa3 ?

  15. Mau tanya bang, aku baru beli body only Fujifilm XA3 tapi bingung mau beli lensa nya yg mana? Hehe sy cr lensa yg bisa ngblur/bokeh maksimal bgtu itu lensa tipe brp ? Dan msh bgus gk klo dipsang UV Filter .
    Thnks.

    Klo perlu buat grup diline/wa biar saling sharing bang hehe

  16. Terima kasih Mas reviewnya, membantu sekali
    Tapi saat kmrn mau beli xa3 malah dibilang kalo banyak noise nya, jadi lebih disarankan xa2, memang benar begitu kah?
    Noise itu mksdnya dalam hal yg gimana sih kalo di foto?

  17. Mas Efneerr.. makasih reviewnya membantu sekali dalam memutuskan beli kamera baru, kebetulan saya blogger, suka motret beauty products, ootd, food juga. Awalnya pengen beli fuji second aja yang murah terus mending invest di lensa yang f 1,4 atau 1.2 biar bokeh ala ala . Tapi abis baca review ini kayaknya mending sekalian beli XA 3 baru trus beli lensanya kapan kapan lagi kali ya kalau ada uang lagii … haha. Beneran worth it kah tanpa beli lensa lagi ? (biar ga boros dan jebol dompetnya) hehehe.

  18. Mas mau tanya untuk xa3 ini bsa tdk di remote control melalui app fujifilm camera remote kalau seri xa2 kmrn hanya bsa digunakam untuk transfer foto saja

  19. Mas mau tanya, selama ini saya pakai kamera Canon 7D tapi interest banget sama tone warnanya fuji jadi kepengen beli. Tapi saya masih ragu antara FUJI X20 sama FUJI XA3, Saya cari yang ringkas buat travelling karena kamera Canon saya gede dan lensanya berat. Kayanya Fuji XA3 lebih mudah pengoperasiannya ya? Tapi utk kualitas gambar dkk mending mana Mas?

    Thank you

  20. Mas, mending beli xa3 atau lsg upgrade ke x-t20 ya, okelah kalau x-t20 memang kamera dgn viewfinder dan autofokus yg lbh banyak dibandingkan xa3. Tp kalau dari kualitas hasil photo bagaimana antara xa3 dan x-t20?

  21. Mas, thanks atas review-nya yang lengkap 🙂
    Mau tanya, lensa kit 16-50 mm kira2 untuk foto outfit ala streetstyle blogger gitu udah cukup blur belum ya background-nya?

  22. Mas sincan
    Ak beli fuji X-A10,trus kl ak liat hasil foto2 di display kamera muncul tulisan “read eror”. Trus kl dibuka di aplikasi app camera remote/laptop bisa kliatan hasil fotonya.
    Trus ada juga yg kalo dibuka di app camera remote cmn muncul tanda tanya tok.dibuka dilaptop yo ga iso.
    Itu knp ya mas?

  23. Mas, mo tanya settingan / mode apa ya, klo mau pake yg autofokus nya itu (msh awam pake fujixa3).

  24. Mas, untuk kit lens fuji XA-3 kira-kira perlu pake filter yang merk fuji ga ya? Saya search harganya kisaran 700 ke atas. Ada rekomendasi merk lain kah? Terima kasih 🙂

  25. Gan? Cara kasih efect filter warna felfia itu gmn? Caranya gmn? Bantu dong gan. Tekan mana kemana gtu hehe

  26. mas, mau tanya untuk pemula menggunakan xa3 apakah udah bagus? Lalu apakah untuk pemula disarankan untuk membeli lensa yg lain atau menggunakan lensa bawaan dulu? trims

  27. Mas, tolong nanya.. saya pake xa3, mau nambah lensa kecil, ringan yang cocok buat travel & daily apa ya?
    Mending xf 27mm atau xf 18mm?
    Thankyou ?

  28. saya mau nanya mas, kenapa ya xa3 saya tidak bisa connect ke hp. pas di connect-in selalu waiting di aplikasi hpnya dan di kamera sambungan tidak ditemukan terus.

  29. Mas,saya baru pake Xa3 tiap kali aku jepret dan gak aku timer kok muncul angka jalan mundur ya,mksih infonya membantu sekali

  30. mas, aq baru punya juga X-A3 (amatir banged) setelah menimbang sekian lama sampe puyeng dan akhirnya memang hasilnya tepat banget pilihan Fujifilm X-A3.
    Mas Klo di

  31. Mas mau tanya, kamera xa3 saya jatuh dr ketinggian +- 1 meter. Tp saat jatuh kameranya kebungkus kain kerudung pasmina saya. Jd gak langsung kamera, tp kainnya lumayan tipis. Jatuhnya ke aspal. Krn saya baca rivew mas yg kameranya udh dibawa kesegala kondisi termasuk di bawa jatoh, untuk kasus saya ini termasuk parah gak mas jatohnya dibandingkan kamera mas yg jatoh? Dan kira kira akan mempengaruhi apa jika kamera fuji ini jatuh? Terimakasih yah

  32. Hallo bang, aku baru beli fuji xa3, perlu batrai tambahan atau ga ya biar USB ga nyolok terus, antisipasi si biar kamera awettt..

  33. Keren makasih kak buat reviewnya ini sangat bermanfaat buat saya dan buat yang lain , jadi pengen beli mirrorless fujifilm kyaaa √

  34. Gan saya ada kendala
    Camera nya tidak bisa fokus
    Pdhl smlm bisa tp skrng tau2 sprti itu
    Saya touch2 fokus gk bisa, saya rubah manual dan auto jg gk bisa
    Udh saya reset default gk bisa
    Ini apa nya yaaa
    Msh awam ane

  35. Mas xa3 ini klo video agak kurang ya? Kok tiap kali saya mau video autofocus nya lambat bgt
    Malahan pas saya arahin produk ke depan kamera pada saat video
    Fokus nya ga bergerak
    Malah fokusin ke wajah saya bukan produknya

    Mgkn bisa bantu settingan pada xa3 nya? Thanks

  36. mas ef, mau minta pendapat kalau xa3 amankah langsung charge ke kameranya? apa biar lebih aman pakai charger baterai external, tapi emang ada charger baterai external untuk xa3?

    thank you mas

  37. Mas Farchan, saya seorang food blogger, mau beralih ke mirrorless, sebelumnya pake Canon 600D lensa 50mm terus, nah kalo lensnaya XA3 ini apakah mumpuni untuk membuat bokeh pada makanan? dan kalau di ruangan yang redup banget apakah kalau ngedeein ISO-nya tidak muncul bintik2?

    makasi lho mas masukannya..pengen banget sih belinXA3

  38. Mas mau nanya nih, xa3 tuh fokusnya bisa manual nggak? Terus iso nya bisa diatur sendiri nggak? Hehe makasih

  39. maap mau tanya kalau charge baterai itu berapa lama ya? saya lihat dipanduan klo baterai penuh itu lampu kuning saat cas jd mati?

  40. Mas farchan mau nanya ,xa3 sya kok tombol pintasnya ngak bisa di gunakan ya ,setiap di tekan ke white balance muncul tanda kuning gambar kamera ON ,klau tombol menunya bisa!!~???tolong di bantu ya

  41. Hi mas mau tanya, aku masih pemula dan mau beli camera, kalau masalah kebutuhan sih netral, buat foto street andscape potrait, untuk vlog, sama foto food. Kira2 xa3 ini cocok nggak ya? Atau mungkin ada rekomendasi lain? Makasih ?

  42. Mas mau tanya apakah xa3 sudah bisa memakai trigger mau coba untuk strobist infonya yg bisa cmn xa2 yg bisa pakai trigger untuk connect ke flash

  43. Mas farchan… butuh pencerahan nih, saya orang awam yg kepengen punya kamera mirrorless. setelah ngeliat banyak review, saya tertarik sama fujifilm, kepengen XA-3 karna liar artikel masnyaa, tp budget cukup di XA-10. menurut mas kualitas XA-10 ini gimana ya mas? mohon pencerahannya… makasih

  44. Mas aku kan orgnya gaptek tp pengen hasil fotonya kaya yg bloger” dan instagram yg cantik”, trus aku ditawarin pengen kado XA3 atau XT20 trus aku bingung mau pilih mana,, soalnya aku dulu punya canon D60 aja g pernah dipake krn g bisa make..

  45. Kepincut sama artikel mas, akhirnya aku beli. Tapi aku benar2 awan, bingung juga nyetingnya. Sebagai orang baru, harus apa dulu yg aju seting mas? Syukron….

  46. Kepincut sama artikel mas alhamdulillah kebeki juga, Sebagai org awam bingung juga ngoperasikannya. Spa dulu yg harus aku seting? Syukron…

  47. Tertarik sama artikel mas alhamdulillah kebeli juga ni kamera. Sebagai org awam kebingungan harus apa dulu yg aku setting? Syukron…

  48. Alhamdulillah sudah di tangan kamera ini, sebagai orang awam masih bingung dalam menyeting secara manualnya. Harus dari mana dulu ya mas? Baca buku petunjuknya malah bingung…….! Syukron!

  49. Hello Mas Farchan.. buat pemula lebih baik tipe XA atau XT ya? maunya sih yang simple and ringan dibawa di tas perempuan juga dengan kisaran harga di bawah 9 juta.. pls advise

  50. Mas, aku mau minta saran. XA3ku jatuh dan flashnya tidak otomatis keluar klo ditekan tombolnya. Pas aku cek, bodynya aga sedikit berubah. Huhuhu kira2 aku harus ngapain ya mas? Klo untuk benerin bodynya doang bisa kah?

  51. Mas farchan,kebetulan br hunting nih,Saya sering Bantu Istri sy unt foto hasil rias pengantinnya, lensa apa yg cocok unt sy gunakan ,apacukup pakai lensa kitnya saja agar hasilnya maksimal,terkadang ga berani pakai flash.krn ganggu fotografer lainnya.tp sering jdnya malah noise.XA3 ok.kah Buat kebutuhan sy.

  52. Menurut mas Camera XA3 klau buat photograpy gmna? Apakah secara kualitas masih di atas canon 750,800D, apa malah sebalik nya, kualitas nya lbh rendah
    Galau ni mas, mau beli yang mana wkwkwkw
    Basic nya saya suka foto foto

  53. terima kasih review dan pencerahannya ..
    mau tanya untuk foto konser/pangung dengan banyak lampu sorot, setting yang paling gampang pake pengaturan (fitur) yang mana?
    terima kasih

  54. koh.. aq mau tanya fuji xa3 aq lagi ada masalah.. pas motret hasilnya kok tida masuk memori yah.. padahal udah diganti2 memori tetep ajj belum bisa

  55. Salam kenal, terima kasih reviewnya , ngebantu banget tapi saya lagi binggung antara fuji XA3 ini atau pannasonic lumix GF9, yang lebih bagus untuk fotografi makanan dan travel yang mana ya? Trims

  56. Mas efenerr, aku minta pencerahannya. Aku pakai xt10 tapi belakangan ini aku butuh rotation monitornya buat travel vlog gitu. Aku galau mau hijrah xt10 ke xa3. Menurut mas worth ga ya kalo hijrah ke xa3?

  57. Hallo mas, blh tny kalo utk pemula yg ga ngerti mirrorless, aku lg bingung mau beli antara xa-10 atau xa-3, harganya lumayan beda 2,5jtan. Kalo hanya utk sekali2 pakai pas travelling dan untuk foto2 biasa aja, apakah xa-10 sdh cukup yah mas? apa perbedaan plg besar antara xa-10 sama xa-3 selain MP yg lbh besar yah mas? Dulu aku pake Canon D500, tapi karena berat, uda dijual dan mau beli penggantinya di mirrorless. Mohon petunjuknya mas. Oh yah Sony sama Fuji ini bagusan mana yah mas utk budget 5 – 7jtan? Thx 🙂

  58. Om mau tanya. Br minang xa3 gara-gara baca baca web ini. Seneng lihat tonenya. Lensa fix untuk portrait dengan range 1jt yg bagus apaan ya om ?

  59. Mas,saya masih ragu ni.saya liat youtube perbandingan fujifilm xa3 dgn canon g7x,nah di xa3 kalo malam dia kyk low light gitu mas.bagusnya saya beli yang mana ya?

  60. Salam kenal, saya baru beli XA3, sudah coba semua setting untuk menhidupkan flash pk forced flashing juga tapi kok ngak hidup2. Terkadang bisa hidup sekali begitu dicoba lagi ngak hidup lagi. Mohon pencerahan hrs gimana ya settingannya biar bisa pake flash. Terima kasih sebelumnya

  61. Mas beda Xa3dan Xe2 apa ya ? Kalo dr segi harga menurut saya harga nya gak jauh beda. Minta sarannya ya mas. Makasih sebelumnya

  62. Bisa di pakai mic external gak bos???
    Soalnya aku sering buat video…
    Kalau makek mic internal… Ya gtu noise bnyak bngt???

  63. Mas mau tanya dong. Saya ada fujifilm XA3. Tapi saya masih belum terlalu fasih & paham gunainnya.
    Terutama waktu foto wefie / rame2 dgn mode selfie (layar di balik ke arah kita), nah setiap foto ramean, pasti fokusnya cuma ke wajah yg megang kamera itu / didepan, dan temen2 samping kanan kiri / belakang saya itu agak blur. Itu gimana ya mas biar bisa fokus ke kita semua gitu ?
    Settingnya gimana ? Mohon bantuan & bimbingannya mas. Trims

  64. Mas ijin bertanya. Saya beneran orang awam masalah kamera maupun photography. Saya pecinta travelling dan suka iseng bikin cover2 lagu gtu, lebih baik saya beli kamera mirrorless apa ya yg bisa buat vlog, foto2 buat instagram, dan cover2 video gitu? Mending fuji xa3 atau canon eos m3? Soalnya denger2 kalo mau video bagus pake eso m3 kalo foto bagus pake fuji xa3, tp kalo minim bisa dapet dua2nya bagus yg mana? Btw budget saya under 9 juta. Jadi mungkin kalo beli cuma pake lensa kitnya aja. Terimakasih mas

  65. Mas mau nanya, saya mau beli kamera di bukalapuk, trus nemu xa-3 body only dijual 3,7 katanya itu new condition langsung dari pabrikny. Apakah menurut mas aman ya barangnya secara murah bgt? Soalnya toko nya terpercaya udh banyak pelanggannya. Makasih mas

  66. mas, mau nanya nih, XT20 kan lebih mahal dan bagus daripada XA3. Tapi kalo buat food, selfie, n traveling gitu mending pilih yang mana ya? yang sesuai dengan kebutuhan saya gitu. soalnya bingung, pengen beli XT20 tapi ntar speknya terlalu tinggi, kalo mau beli XA3 takut gak memumpuni gitu

  67. Mas tanya dong,
    Untuk fuji a-x3 dengan cannon m100 kan hampir sama, kira-kira kalau digunakan untuk traveling dan malam hari lebih cocok yang mana ya?

  68. Can, butuh saran untuk lensa untuk xa3, yang harga dibawah 5juta, kebutuhan untuk foto orang yang lagi beraktifitas harian non olah raga, apa ya?

  69. Mas sinchan, kl dr lensa tamron ke body fuji pake adapter apa ya??
    Eos to fx apa tam to fx??

    Lensa tamronnya kmrn bt di canon eos 7d.

  70. Hallo.
    Mas sdh pernah coba xa3 pakai lensa lain?
    Yg hrs pakai sambungan adapter.
    Sy mau coba lensa tamron 18-200mm sy ke body fuji.
    Kira2 ada rekomendasi toko yg jual adapter untuk ini ga ya 🙂
    Makasih.

  71. Hola mas Efenerr.. Kenalkan nama saya Nidya
    Mau nanya, untuk keperluan food photography dan foto produk, kira2 tripod apa yg bagus utk kamera fuji xa3?
    Dan belinya mending di mana?
    Sblmnya abis survey2 naksir manfrotto yg aluminium tipenya lupa.
    Dan apakah kudu sekalian sama ball headnya?
    Mohon pencerahannya
    Sblmnya terimakasi yaaa utk sharingnya. Makin cumangeett buat nabung beli xa 3 (pengen hijrah dari dslr pinjeman) ?

  72. Ka mau tanya, saya baru beli xa 3 sekitar 10hari.
    Ko tombol display/back & tombol yang mau ke bawah tidak bisa difungsikan.
    Gimana ya cara mengatasinya ?

  73. mas budget nya berapa ya ? kurleb nya berapa mas? trus kalau soal lensa, itu kan exclude ya, kalau kita mau tambah lensa, baiknya lensa yg spt apa? (pemula mas, jadi masih belajar n baca2 dlu)

    nuhun mas

  74. mas budget nya berapa ya ? kurleb nya berapa mas? trus kalau soal lensa, itu kan exclude ya, kalau kita mau tambah lensa, baiknya lensa yg spt apa? (pemula mas, jadi masih belajar n baca2 dlu)..

    nuhun mas

  75. Gan to long nih saya kemakan iklan saya kira meke bisa cocok dengan fuji xa3 saya teryata tidak bisa soalya diameter xa3 58 dan lensa meke 49, kira2 baikya menggunakan adapter APA yah gan? ? makasih

  76. mad tolong tanya. untuk xa3 dan a6000 bagus mana ya. untuk ketajaman gambar nya krn pemula banget & ini first camera yg mau sya beli.
    mohon pencerahannya

  77. mas tolong tanya. untuk xa3 dan a6000 bagus mana ya. untuk ketajaman gambar nya krn pemula banget & ini first camera yg mau sya beli. untuk traveling, foto makanan & selfie (maklum cewek kan suka selfie2 cantik ?)
    mohon pencerahannya
    makasih mas

  78. mas nanyaaaa….settingan xa3 buat slow motion itu ada ngga sih?ato slow motion itu sebenernya ya harus edit dari pc?

  79. mas cara ngilangin noise audionya fuji film gimana ya?soalnya tiap saya abis bikin video kaya ketara bgt noise audionya..jadi kaya kresek kresek gitu ;(

  80. Hallo mas, sy awam baru beli xa3, mohon pencetahannya. utk mode pemotretan kok ada beberapa yg gak fungsi ya, spt mode adv., mode sport. Terus saat putar knop mode pemotretan juga gak pas, misal mode-nya di-set ke P, yg terbaca di lcd malah SR. Itu kenapa mas?

  81. Hallo mas, sy awam baru beli xa3, mohon pencetahannya. utk mode pemotretan kok ada beberapa yg gak fungsi ya, spt mode adv., mode sport. Terus saat putar knop mode pemotretan juga gak pas, misal mode-nya di-set ke P, yg terbaca di lcd malah SR. Itu kenapa mas?

  82. Mas, sy mo bli xa3, lbh baik bli nya di showroom fujifilm ato di toko” kamera ? karena harganya lumayan beda jauh

  83. Hallooo, saya mau tnya. Saya baru aja beli kamera xa3, yg jd pertnyaan saya tiap saya mau foto selfie, kok gambar dilayar nya kebalik ya ? Mohon pencerahannya ya thx

  84. Halo salam kenal mas, artikelnya sangat bermanfaat. Sy br beli XA3, pas lg buka lensa, sensor kameranya dipegang sm anak sy pake jari telunjuknya sehingga kyk ada minyak/keringat yg nempel disensornya.. nah kira2 klo dibersihkan/dilap aman ga ya mas? Dibersihkannya pake apa ya? Makasih mas

  85. Mas ini klo butuh kamera buat jalan” yg warnanya tajem bgt dan jernih lebih mateb ke XA3, XA5 ato XA10 ya? Saya bingung nih mo beli yg mana.

  86. Halo mas, mau nanya nih.
    1. Kamera xa3 waktu saya setting mode manual, kenapa layarnya jadi gelap ya?
    2. Gimana cara setting fokus pakai tombol foto? Yg pincet separuh tombol dl itu mas.
    Mohon bantuannya

  87. Weww keren bngt ya dari penjelasan nya ?
    Tapi mas boleh minta saran gak
    Untuk pemula yg masih abu abu gini soal kamera
    Cocok nya pakai yg mana ya ? Sy lebih senang fotoin org dan pemandangan

  88. maaf om, mau tnya waktu ada lepas lensa pd kamera fujifilm xa10 sya,trus ktika di pasang ulang lensa nya kok ga bisa motret sama recording om ya, mohon pencerahannya,tks?

  89. Hai mas, saya baru dapat kamera ini kemudia saya bingungg karena ketika sy gunakan untuk selfie, layarnya tidak auto rotate. Ini bagaimana ya mas cara setnya? Terimakasih.

  90. Halo mas, mau nanya, fuji XA3 saya mau saya bikin ngevlog dan mau saya tambahin mic external. Mic yg compatible buat XA3 apa ya? Soalnya dy kan gada jack audio gitu

  91. saya mau tanya kenapa setiap saya merekam video hanya bisa 15 menit saja?setelahnya rekaman akan berhenti sendiri (bisa di rekam lagi asal harus mencet tombol lagi)

  92. Mas mantab baik hati hampir semua comment di balas ……mudah2n di balas kebaikannya.
    Sekalian sy mau tanya sy ni pemula pakai xa3 pingin ganti lensa untuk foto bokeh saat acara indoor, baik nya pake lensa apa dan murah 🙂

    Terima kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here