Apa sih yang hal-hal prioritas yang dicari saat traveling? Pertama tentu tiket, kedua pastilah hotel. Well, tujuh atau enam tahun lalu saat perkembangan teknologi belum sepesat ini memesan hotel adalah sesuatu hal yang rumit. Zaman itu belum eranya booking hotel online, cari referensi hotel juga dari mulut ke mulut atau pengalaman sesama traveler.

Era itu era menantang, booking hotel mungkin hanya bisa lewat telepon atau go show. Mau tak mau saya harus mengikuti apa kata hotel, diskon hanya saat tertentu atau malah hanya bisa didapat jika membeli voucher tertentu.

Zaman ternyata cepat berubah, zaman sekarang para traveler bisa dengan cepat memilih hotel yang diinginkan. Review bisa didapatkan dari situs review hotel, dengan cepat bisa menentukan hotel tersebut bagus atau tidak, layak atau tidak, sesuai kantong atau tidak.

Soal booking lebih lagi, zaman sekarang adalah era booking hotel online, tanpa repot-repot tinggal tersambung dengan internet seorang traveler bisa memesan hotel di mana saja dari manapun dia berada. Era ini adalah era di mana segalanya semudah membuka aplikasi dan tersambung dengan internet.

Saya salah satu yang merasakan mudahnya, misalnya ingin traveling ke suatu tempat, saya tinggal lihat review dan booking langsung lewat web booking hotel online. Jika sudah membayar, tinggal datang ke hotelnya lalu check in.

Sistem booking hotel seperti ini pun dari waktu ke waktu terus mengalami penyempurnaan. Misalnya banyak yang menawarkan kemudahan reschedule, pembatalan hingga komplain. Jika kita tidak berkenan dengan layanan hotel misalnya, kita bisa langsung isi form ketidakpuasan dan pihak hotel bisa langsung merespon.

Dengan demikian kualitas layanan hotel pun meningkat. Percaya atau tidak setelah era online hotel-hotel justru semakin rajin menarik perhatian tamu untuk datang, banyak hotel yang mempercantik diri atau menonjolkan keunikannya masing-masing.

Lalu yang paling penting, banyak diskon bertebaran!

Sekarang ini tak perlu repot mencari voucher hotel atau membeli voucher tertentu untuk diskon hotel. Hotel-hotel banyak menawarkan diskon saat pemesanan melalui aplikasi online. Bisa sangat murah atau bahkan gratis sekalipun.

Saya bahkan pernah mendapatkan kamar di hotel bintang lima gratis tis gara-gara booking lewat aplikasi online ini. Dari sisi traveler hal ini sangat menguntungkan sekali, apalagi kalau pintar-pintar mengulik aplikasi booking hotel online, siapa tahu bisa mendapat jackpot.

Jadi bagi para backpacker sekarang enyahkan pikiran bahwa menginap harus di hostel atau menumpang. Jika era sudah maju seperti sekarang ini dan diskon-diskon bertebaran lewat aplikasi kenapa tidak menginap di hotel? Bisa jadi dengan budget backpacker tapi bisa mendapatkan kemewahan hotel bintang lima, apakah harus ditolak? Ya tidak, justru harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Maka dengan kemudahan seperti ini harusnya para traveler atau backpacker bisa semakin cerdas. Banyak tawaran hotel-hotel bagus ya harus dimanfaatkan apalagi jika harganya bisa makin miring. Anggap saja memilih hotel tersebut bagian dari perjalanan, kan enak membandingkan satu hotel dengan hotel lain.

Tidak perlu canggung atau terpaku dengan ideologi backpacker apa-apa murah, lha kalau memang bisa mendapatkan fasilitas maksimal dengan harga murah masak harus ditolak? Kan enggak.

Saya jadi ingat dulu jika ingin melakukan perjalanan harus mengemail satu per satu hotel, berharap mendapatkan diskon. Itu jika ada hotel yang menjawab emailnya, kadang sudah ditunggu lama tapi hasilnya gigit jari. Jaman sekarang? Wah gampang, tinggal menunggu web online ada diskon atau tidak, semudah scroll jari di layar sentuh gawai kita kan?

Era sekarang sudah sangat memudahkan traveler, maka kita manfaatkan. Memilih hotel murah sekarang gampang, maka kenapa tidak kita gunakan?

Tabik.

Follow Efenerr on WordPress.com

8 KOMENTAR

  1. Iya, Mas, jaman sekarang mudah sekali kalau mau pesan hotel. Dulu kalau mau ke mana-mana minta dicarikan travel agent. Sekarang bisa cari sendiri lewat hp. Lebih murah pula. Kakak saya jadi ketagihan sekarang. Kalau beliau mau jalan, pasti saya yang disuruh carikan hotel buat dia. Pesan pentingnya ada dua, “Carikan yang diskon ya, Dek! Kalau bisa hotel bintang lima.” 😆

  2. Benar sekali mas Ef… saya juga merasakan yang mas Ef rasain.
    Dulu mau keluar kota, susah banget cari referensi hotel yg sesuai budget..
    Harus nelpon satu satu buat tau rate hari H. Kadang nyeseknya pas hari H tarif berubah.
    Sekarang enak banget… mau kemana aja, bisa cek tarif hotel serta booking jauh jauuh hari dengan segala promonya..

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here