Perkara menginap memang penting di perjalanan. Dalam budgeting, penginapan adalah budget yang saya pikirkan setelah ongkos perjalanan. Saya punya prinsip, memilih antara tidur enak atau makan enak. Artinya kalau kita tidur enak, dalam artian hotelnya rada mahalan dikit, berarti budget untuk makan dan hal-hal lainnya dikurangi. Tapi sebaliknya, jika makan enak, berarti budget hotel yang diirit-irit.

Nah soal irit-mengirit ini ada banyak caranya, saya beberkan di sini caranya, hasil pengalaman berkali-kali memesan penginapan. Kuncinya satu, ada banyak cara, jangan bergantung pada satu cara, cobalah beberapa cara untuk mendapatkan penginapan sesuai yang diinginkan.

Hubungi Langsung

Ini cara paling sederhana, coba hubungi langsung hotel. Bisa lewat telepon bisa lewat telepon. Tak usah malu-malu, langsung saja to the point tanya rate dan diskon, tanya juga opsi lain seperti tambahan fasilitas.

Cara ini biasanya saya pakai kalau saya ingin datang ke daerah yang sebelumnya belum pernah saya kunjungi. Dengan cara begini saya mengukur kredibilitas penginapan, jika responnya bagus dipastikan layanannya bagus.

Namun, jika bertemu dengan hotel yang responnya lambat, sudah tinggalkan saja. Cari hotel lain dan tak perlu membuang waktu untuk menghubungi hotel yang layanan pada calon kostumernya lambat.

Datang Langsung ke Hotelnya

Cara ini bisa juga dipakai, datang langsung ke hotel, tanya availability dan tawar menawar langsung. Kesannya tradisional tapi justru manjur untuk mendapat tiket murah lho. Kuncinya adalah muka tebal saat tawar menawar. Lihat-lihat juga waktunya, misalnya saat weekend tentu rate akan lebih mahal dibanding weekday, tapi jika ada satu atau dua kamar masih sisa di weekend langsung tawar saja. Biasanya hotel akan menerima tawaran yang penting kamar laku.

Saya pernah melakukannya saat di Turki, dua kali saya menginap di hotel yang saya datangi langsung ke hotelnya. Saya datang di jam satu dini hari, langsung masuk dan hanya dikenakan rate satu malam. Yang kedua saya datang jam 10 malam, datang langsung dan membayar untuk kamar standar malah diupgrade kamarnya tanpa perlu membayar lebih.

Cuma kalau pakai metode ini harus pintar-pintar nego dan komunikasi. Jika sukses biasanya ratenya miring banget lho, apalagi kalau bisa ngomong ke manajernya langsung.

Promo Kartu Kredit

Pernah melakukan pengecekan promo kartu kredit? Biasanya datang dengan bill tagihan atau di website. Coba cek-cek hotel-hotel mana yang memberikan promo lewat kartu kredit, biasanya ratenya bisa turun 10-30 persen.

Bahkan juga bisa gratis! Caranya dengan menukarkan poin kartu kredit dengan gratis menginap. Tentunya lihat dulu provider dan promo kartu kreditnya ya, serta jangka waktu promonya karena biasanya ada syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Jadi kartu kredit jangan hanya digunakan untuk belanja, coba juga fitur lainnya. Jangan-jangan sebenarnya poinnya sudah menumpuk dan sayang kan kalau ga digunakan?

Promo Maskapai

Kalau di pesawat suka baca-baca inflight magazine ga? Kalau engga suka, coba sesekali sempatkan baca. Biasanya ada halaman untuk promo dengan partner maskapai. Bentuknya banyak, ada diskon dengan menunjukkan boarding pass atau kartu keanggotaan maskapai. Atau bisa juga promo dengan poin/miles kartu keanggotaan maskapai.  Coba lain kali baca inflight magazine dan temukan promo-promo menarik hasil partnership maskapai dengan hotel.

Promo maskapai bisa juga dicek melalui newsletter yang dikirim via email. Jadi silakan coba langganan newsletter biasanya ada tawaran promo melalui newsletter. Kalau sudah dapat, bandingkan satu sama lain untuk memutuskan hotel mana yang akan dipilih, tentunya yang paling murah dong ya.

Fitur Aplikasi Traveloka

Zaman now zaman aplikasi, semua-muanya menggunakan aplikasi. Saya juga menggunakannya karena mau tak mau aplikasi memudahkan mencari hotel murah. Contohnya begini, saya akhir Desember ini ada acara di Palembang, nah ingin cari hotel murah bisa pakai fitur aplikasi pemesanan hotel Traveloka.

Caranya gampang, Traveloka sudah menyediakan fitur Best Price Watch di apps khusus untuk pemesanan hotel. Intinya adalah fitur ini bisa menjadi asisten pribadi untuk mengupdate harga hotel yang berubah-ubah, jadi ketika harga termurah muncul, apps akan member notifikasi dan kita bisa pilih untuk booking.

Nah, kalau mau mencoba aplikasi ini caranya mudah, intinya adalah aplikasi akan secara otomatis merekam pencarian hotel. Karena saya mau ke Palembang, maka saya cari hotel di Palembang, lalu setelah cek-cek hotelnya saya cek lagi di “Recently Viewed”. Setelah masuk ke halaman recently viewed, saya bisa melihat list hotel yang baru saja dikunjungi lalu setelah itu klik “Watch” dan saya akan mendapat notifikasi saat terjadi perubahan harga. Jadi ketika ada harga termurah bisa langsung saya eksekusi.

Gampang, kan?

Datang ke Hotel Baru

Nah, kalau pengin rate murah coba datang ke hotel yang baru buka atau sedang soft launching. Biasanya hotel begini pasti member opening rate yang gila-gilaan untuk promosi. Jadi bisa booking di hotel itu.

Cuma memang kalau hotel baru terkadang fasilitasnya belum lengkap benar, jadi harap maklum jika belum maksimal layanannya. Toh yang penting dapat diskon dan menginap dengan harga murah.

Itu tadi beberapa tips untuk mendapatkan tiket murah. Ada juga beberapa tips lain yang bisa dicoba misalnya dengan memantau tiket di tanggal-tanggal tertentu juga bisa. Tiket murah itu tricky, bisa didapatkan asalkan tahu caranya.

Jadi kalau yang ingin mendapatkan tiket murah saat traveling, bisa dicoba ya tips-tips dari saya.

Tabik.

Follow Efenerr on WordPress.com

24 KOMENTAR

  1. Bener banget tipsnya! Cara terbaik adalah tanya/ datang langsung ke hotelnya. Terutama saat low season hotel pasti banting harga buat direct guest atau walking guest, bisa sampai 50%. Via OTA(Online Travel Agent) sih diskon dikiiit doang, soalnya tetap mesti bayar fee ke OTA.

    Tambahan juga kak, hotel – hotel sekarang juga mau kok terima sistem barter, barter free room dengan promo di medsos atau konten. Tinggal pede mempromosikan diri via email ke pihak marketing/ reservasi.

  2. Baru sekali yg dtg lgs ke hotelnya.. Pas di Istanbul. Ini cara yg sebisa mungkin aku ga pake sih, krn berarti perencanaan travelingku blm matang hahaha :p. Krn biasanya aku slalu arrange apapun yg berkaitan dgn jalan2, dari jauh2 hari. So far masih puas pake traveloka krn aku kumpulin poinnya, dan lumayan kan kalo udh bnyk bisa dijadiin potongan utk pembelian yg lain :). Kmrn aku ke laos, bisa dibilang hotel di vang viengbya gratis krn bayar pake poin 🙂

  3. Wah belum berani saya klo harus tawar2an sama hotel luar negeri, maklum masih backpacker pemula hahaha 😀

    Klo untuk book hotel luar negeri, website/aplikasi apa yang sering promo ya mas? Terutama untuk pemesanan yang beberapa bulan sebelumnya

    Dulu sering pakai Agoda sih. Sempet denger2 ada beberapa website yang lebih murah/sering ngasih promo, tapi saya lupa namanya :p

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here