Ketika ke Ipoh bulan lalu, saya hanya mendapatkan gambaran bahwa Ipoh adalah sebuah kota tua, dulu kota ini ramai karena tambang juga kota perhentian dari Kuala Lumpur – Penang. Orang-orang Malaysia zaman dahulu jika ingin ke Penang dari Kuala Lumpur pasti berhenti istirahat sebentar di Ipoh sebelum melanjutkan perjalanan ke Penang.

Dua hal tersebut yang membuat Ipoh sekarang memiliki banyak hotel-hotel tua yang bagus, juga banyak tempat makan yang lezat. Faktanya, walaupun sekarang tambang sudah sepi, tetapi wisata di Ipoh tetap ramai. Orang-orang datang ke Ipoh untuk bernostalgia dan menikmati sajian wisata kuliner.

Namun, sedikit di luar kota Ipoh, di jajaran perbukitan kapur yang membentengi Ipoh, ada sebuah kompleks hotel yang menarik perhatian, The Haven Resort Hotel. Bagian luar kota Ipoh memang sedang berkembang, area yang dulunya perbukitan dan pertambangan kini beralih menjadi tempat wisata alam. Peralihan ini lalu didukung dengan munculnya hotel dan resort baru.

The Haven Resort ini adalah salah satu hotel paling luxury di Ipoh. Terdiri dari tiga tower dengan fasilitas bintang lima, sistem keamanan berlapis, dan layanan 24 jam yang pasti membuat nyaman para pengunjung yang datang.

Lokasinya hotel ini cukup mengagumkan. Saya harus menyusuri jalan kecil sepanjang satu kilometer dari jalan raya sebelum akhirnya berjumpa dengan pintu gerbang kompleks hotel ini yang begitu megah. Percayalah bahwa kompleks hotel ini begitu berkelas, sejak di gerbang utamanya.

Di antara bukit karst, hotel ini berdiri megah. Masih ditambah dengan danau di tengah resort yang membuat kompleks hotel ini menyatu dengan alam. Saat saya tiba pagi-pagi sekali bahkan nyaris suara burung terdengar dan kabut masih begitu pekat.

Room Tour

Saya mendapatkan kamar istimewa dengan pemandangan luar kamar adalah Kota Ipoh dari kejauhan, sementara di sisi satu lagi adalah pemandangan danau dan tebing karst di sisi belakang hotel. Di pagi-pagi hari sekali, danau dan tebing karst ini pemandangannya cukup magis dengan nuansa kabut yang masih menyublim dan enggan pergi.

Ruang yang saya tempati memiliki beberapa lapis keamanan. Ada pintu dengan kunci khusus saat memasuki lorong kamar, setelah itu dua lapis pintu sebelum masuk kamar. Inilah yang menjadi salah satu keistimewaan The Haven, soal keamanan tidak mau main-main. Sistem keamanan berlapis demi kenyamanan para pengunjung.

Saya mendapatkan suite dengan fasilitas lengkap. Yang saya dapat di suite tempat saya menginap adalah satu kamar tidur utama dan satu kamar tidur tamu, dapur, minibar, dining room, ruang bersantai dengan televisi besar, dua kamar mandi dan balkon dengan pemandangan danau. Balkon ini kelak jadi tempat favorit saya tiap pagi untuk minum kopi dan menikmati pemandangan.

Seluruh detail di kamar ini tertata rapi, pastilah standar hotel bintang lima. Kasurnya empuk, snack dan minuman yang bebas diambil dan refill tiap hari, sampai pilihan kanal tv di tv kabelnya yang berlimpah. Andaikata tidak ada acara wisata kuliner di Ipoh, saya mau bermalasan seharian di kamar hotel ini.

Di tempat tidur, saya bahkan bisa menikmati view dari jendela. Sirkulasi udaranya juga baik, pas, dengan pencahayaan udara yang maksimal. Menikmati tenang di kamar di pagi siang, juga terjamin tidur nyenyak di malam hari.

Lake Tour

Status resort ini adalah eco resort. Artinya seluruh aspek yang ada di resort ini sangat ramah dengan alam. Hal ini terlihat dari lingkungan sekitar yang masih dipertahankan seperti bentuk aslinya. Di sekeliling kompleks hotel masih terdapat hutan yang lebat dan asri, hijaunya tak dibuat-buat. Sementara danau di hotel juga masih dipertahankan, tak hanya sebagai pemanis tetapi memang untuk tetap menjaga ekosistem di sekitar resort.

Jika bangun di pagi hari di hotel ini, ciutan burung-burung di sekeliling hutan terdengar begitu nyaring. Beberapa kali juga terbang rendah menggoda genit para pengunjung. Saya yang memang terbiasa bangun pagi lalu penasaran, ingin menikmati nuansa pagi hari di sekeliling danau.

 

Danau ini ada di tengah antara resort dan tebing. Di tengah danau menjulang batu besar yang umurnya sudah ratusan ribu tahun lamanya. Danaunya jernih, dengan air yang begitu tenang. Kadang kalau pagi, permukaan airnya berselimut kabut yang begitu tipis. Saya bisa bilang bahwa salah satu keistimewaan resort ini adalah adanya danau ini.

Tidak semua resort memiliki danau di tengah kompleksnya, juga keinginan untuk melestarikan lingkungan sekitar. Sebaliknya The Haven Resort mempertahankan danau juga membangun area di sekitar danau, menjaga dengan baik keberadaan danau ini.

 

Di sekeliling danau dibangun jogging track, pengunjung bisa berolahraga dengan berkeliling danau. Tracknya pun tak landai, melainkan mengikuti kontur yang ada. Di bagian tertentu konturnya cukup naik turun karena mengikuti dinding tebing karst yang ada di sisi belakang resort.

Bersisian dengan danau dibangun juga kolam renang. Persis pada sisi kolam renang tersebut dibuat kaca untuk membatasi kolam renang dengan danaunya, jadilah kolam renang infinity dengan view danau.

Setiap harinya ada petugas khusus yang merawat danau ini. Mereka membersihkan danau  dari sampah, memastikan tak ada pengunjung yang memancing ikan di danau, juga mengukur kualitas air di danau. Semua ini dilakukan untuk menjaga keberlangsungan danau di tengah kompleks resort ini. Dengan perawatan maksimal, tentunya keberlangsungan danau ini akan terus terjaga.

Overall, berkeliling di danau ini cocoknya dilakukan di pagi hari saat suasana masih sepi, burung-burung masih bercuitan juga kabut masih menggelayut.

Facility Tour

Sebenarnya apa saja sih fasilitas di hotel ini? Well, sebagai hotel bintang lima tentunya fasilitas yang ditawarkan memiliki standar tinggi. Kalau mau dihitung fasilitasnya ada banyak sekali, mulai dari penjemputan tamu sampai parkir khusus juga ada. Namun, setidaknya ada dua fasilitas yang saya benar-benar menikmatinya berulang kali.

Pertama adalah kolam renang. Ukuran kolam renang di resort ini cukup luas dan lokasinya bersisian dengan danau. Ada pemisahan kolam renang dewasa dan anak, bagi dewasa ada semacam ruang menjorok di kolam renang yang berbatasan langsung dengan danau. Di titik inilah orang-orang senang berfoto, karena seolah berenang di dua permukaan yang berbeda.

Kedua adalah fitness centre. Lokasinya terpisah dengan resort, di bangunan yang menjadi satu dengan restoran. Fitness with a view kalau kata saya karena lokasinya benar-benar menghadap ke danau. Jadi berolahraga bisa makin tenang dan syahdu dengan pemandangan danau yang memukau.

Satu lagi yang menjadi keunggulan hotel ini adalah kulinernya. Ipoh memang terkenal sebagai salah satu bagian Malaysia yang menjaga benar warisan kulinernya. Begitupun juga hotel ini turut menjaga warisan kuliner Ipoh dengan menyajikan sarapan yang menyesuaikan selera lokal.

Sarapan di The Haven Resort Hotel ini yang disajikan adalah makanan peranakan dengan beragam menunya. Namun, bagi yang ingin makanan western juga telah disediakan beragam pilihan sebagai opsi lain. Bagi saya sendiri, pilihan menyajikan makanan peranakan adalah pilihan menarik, karena tak hanya sebagai gimmick, pilihan kuliner peranakan adalah sajian utamanya.

Kesimpulannya adalah, jika ingin menikmati Ipoh dengan tenang, menikmati kuliner enak, istirahat yang berkualitas, maka hotel ini adalah pilihan tepat. Lokasinya yang berada di tengah lingkungan hijau, tenang, udara bagus adalah faktor utama yang membuat The Haven Resort adalah pilihan tepat untuk menginap saat berkunjung ke Ipoh.

The Haven Resort 

Jalan Haven (Persiaran Lembah Perpaduan)

Ipoh, Perak, Malaysia

Follow Efenerr on WordPress.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here