Akhir-akhir ini dunia penerbangan Indonesia gonjang-ganjing. Lonjakan harga tiket domestik yang tiba-tiba membuat masyarakat resah. Belum usai lonjakan harga tiket, disusul pula pengenaan tarif bagasi pada maskapai berbudget rendah untuk tujuan domestik. Mau tak mau rentetan kebijakan ini membuat publik bertanya-tanya? Ada apakah di balik ini semua.

Efek kenaikan ini tentu berimbas pada dunia traveling baik, terutama dari para wisatawan yang selama ini menggantungkan diri pada moda transportasi udara. Luasnya wilayah Indonesia memang mau tak mau membuat konektivitas antar wilayah mau tak mau bergantung pada pesawat terbang.

Dengan gejolak harga tiket seperti ini tentunya wisatawan akan berhitung ulang untuk melakukan perjalanan dengan pesawat. Imbas kenaikan harga tiket ini sebenarnya sudah terasa, banyak penerbangan yang dibatalkan karena kosongnya pesawat. Tingkat keterisian pesawat berkurang drastis, sebuah hal yang logis.

Melihat kondisi ini sebenarnya ada beberapa siasat yang bisa dilakukan. Jika memang opsi transportasi hanya pesawat maka harus banyak-banyak akal untuk bisa membeli tiket pesawat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati kenaikan tiket pesawat.

Menunggu Diskon

Senaik-naiknya harga tiket pesawat, maskapai pasti akan memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu, contohnya saat Travel Fair. Nah, jika kesempatan ini muncul maka jangan sia-siakan. Manfaatkan diskon ini sebanyak mungkin. Dengan kenaikan tiket seperti sekarang ini, diskon harga tiket adalah oase yang membuat harga tiket pesawat menjadi terjangkau.

Soal diskon ini bukan monopoli maskapai saja. Biasanya online travel agent juga memberikan diskon gila-gilaan. Cara dapatnya cuma satu, install saja aplikasi online travel agent, lalu pantengin satu per satu harga yang diskon. Begitu ada harga terendah bisa langsung booking.

Pilih Hari dan Tanggal Sepi

Sudah rahasia umum bahwa saat hari libur nasional dan akhir pekan, harga tiket akan lebih mahal. Karenanya belilah tiket untuk perjalanan di hari kerja, harga tiketnya biasanya akan sedikit lebih murah.

Hindari juga tanggal-tanggal libur panjang atau libur sekolah. Dua tanggal itulah yang membuat permintaan tiket tinggi dan membuat harga tiket pesawat melonjak. Ini prinsip ekonomi sederhana, saat permintaan tinggi maka penawaran otomatis akan tinggi.

Bepergian Efisien Tanpa Bagasi

Semenjak pengenaan bagasi pesawat pada maskapai berbudget rendah, maka sudah seharusnya ketika bepergian tak perlu repot-repot bawa barang bawaan. Bawalah barang bawaan seringkas mungkin agar tak memberatkan dan masuk seluruhnya ke kabin pesawat. Ingat dengan mekanisme bagasi berbayar seperti sekarang ini maka makin banyak bawaan akan semakin mahal biaya bagasinya. Ini berujung pada mahalnya harga tiket secara langsung.

Selain itu membiasakan bepergian tanpa bagasi bisa membuat traveling menjadi lebih ringkas dan efisien.

Memilih Kelas Pada Tiket

Setiap maskapai memiliki kelas berbeda-beda pada sistem pertiketan pesawat. Kelas-kelas ini memiliki perbedaannya sendiri-sendiri. Perbedaan kelas ini bisa terwujud dari perbedaan fasilitas mulai nomor seat, bisa juga perbedaan layanan seperti fleksibilitas pindah tanggal penerbangan.

Jika ingin murah tentunya pilihlah tiket paling rendah dan tak usah tergiur beragam fasilitas yang tersedia di kelas yang lebih tinggi. Cukup beli kelas yang kelasnya paling rendah, dengan demikian bisa dapat tiket yang paling murah.

Ingat-ingat juga benefit yang didapatkan antar kelas. Biasanya kelas yang lebih tinggi benefitnya lebih banyak seperti kemudahan untuk reschedule, kebebasan memilih kursi sesuai keinginan. Namun, benefit itu sebanding dengan harga. Makin banyak benefit ya makin mahal.

Alternatif Non Pesawat

Ini opsi terakhir apabila tiket pesawat memang sudah benar-benar tak terjangkau. Gantilah moda perjalanan dengan moda lain, boleh mobil, bus juga kapal laut.

Jangan menggantungkan pada satu moda transportasi saja, jika ada yang lebih murah kenapa tidak? Meskipun konsekuensinya waktu tempuhnya jadi lebih lama. Ingat, setiap opsi ada plus minus masing-masing.

Itu tadi lima cara yang bisa diterapkan saat tiket pesawat domestik naik drastis. Dengan cara tersebut dan pengaturan budget yang rapi, wisatawan tetap bisa menikmati terbang ke destinasi domestik sesuai keinginan.

Tetapi jika memang semua cara tersebut tidak berhasil dan tiket tetap berasa mahal, berarti ya tunda saja liburannya dan tak usah dipaksakan. Segala sesuatu yang memaksakan itu ujungnya pasti tak baik.

Tabik.

Follow Efenerr on WordPress.com

8 KOMENTAR

  1. Kalau ada keperluan mendadak memang perlu keruk saku agak dalam gegara tiket mahal ini.
    Sedih liat harga tiket meroket. Yang anehnya tiket dalam negeri lebih mahal daripada tiket ke luar negeri.

  2. Aku juga jadi salah satu orang yang terdampak mahalnya harga tiket domestik ini.
    Kalo aku sih merubah rute liburan. Kalo pengennya liburan ke dalam negeri, aku pindah ke rute luar negeri aja. Tiketnya lebih murah, biaya hidupnya hampir sama.
    Sambil berharap ada kebijakan ulang tentang harga tiket domestik ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here