September sudah lewat, akhir tahun mendekat dan saat liburan sudah merapat. Akhir tahun dari dulu kala memang jadi waktu untuk berburu liburan. Saya sendiri biasa ambil liburan juga di akhir tahun, bahkan seperti tradisi saja karena biasanya waktu liburnya cukup lama.

Tahun ini karena di Australia waktu liburnya lebih lama, saya juga sudah merencanakan liburan akhir tahun. Australia akhir tahun itu sedang panas-panasnya, hawanya menggantang, jadinya lebih baik cari ke tempat yang lebih dingin ataupun kalau panas ya tidak panas-panas amat.

Tidak enaknya ambil libur pas libur natal adalah banyaknya animo masyarakat untuk berlibur. Jadi biasanya banyak orang juga yang ingin liburan. Konsekuensinya ya ongkos liburan jadi tambah lebih mahal, bisa jadi malah naik dua kali lipat dari harga normalnya.

Nah, untuk menghindari hal-hal begitu, lebih baik simak beberapa tips berikut, siapa tahu bisa jadi senjata untuk menikmati libur natal di akhir tahun nanti.

  1. Planning tanggal dengan tepat

Libur panjang natal biasanya menyambung dengan tahun baru. Tanggalnya pun akan menjadi panjang sekali. Tradisi libur akhir tahun ini sepertinya ada di hampir seluruh dunia. Untuk memilih tanggal dengan tepat, perlu juga memperdiksi perilaku para wisatawan, kapan2-kapan saja kira-kira para wisatawan akan mengambil tangggal. Saran terbaik dari saya adalah ambillah tanggal H-2 atau H-3 untuk berangkat dan pulang sekalian setelah tahun baru. Memilih tanggal tersebut akan membebaskan diri dari antrian panjang para wisatawan

2. Pilih Tempat

Jangan salah pilih tempat liburan lho ya. Perayaan natal selalu dilakukan dengan gembira ria. Di belahan bumi utara saat libur natal itu pas dengan musim dingin, jadi orang-orang akan main salju. Sebaliknya di belahan bumi selatan justru sedang panas-panasnya kareana masuk musim panas. Namun, kalau malas traveling jauh, bisa traveling pulang ke rumah atau yang dekat-dekat saja, misal kalau saya ya cuma liburan dekat-dekat ke Jogja, impulsif saja cari hotel di Jogja dekat malioboro dan sekitarnya, jalan-jalan, jajan, itung-itung sekalian pulang kampung.

3. Bung-nabung

Ya kalau memang sudah ada rencana liburan natal, siapkan budgetnya ya karena pasti akan membengkan. Libur natal itu sudah identik dengan penuhnya penginapan, macetnya jalan raya dan tertundanya penerbangan, kesemuanya butuh biaya lebih mahal bukan? Di hari natal biasanya harga-harga tiket akan naik semuanya. Saran saya, bagi yang ingin melakukan liburan saat natal maka lebih baik sisihkan uang lebih banyak agar nanti tidak timbul masalah.

4 Intip promo

Ini sambungan tips sebelumnya, jika tips sebelum gunanya untuk menabung maka tips ini adalah dengan berburu promo yang kadang menawarkan destinasi ajaib dengan harga sangat murah. Untuk intip promo bisa via web atau aplikasi gawai, dari situ bisa cek pricing untuk tiket pesawat juga akomodasinya, nanti tinggal pesan satu demi satu. Bagi yang tidak mau ribet, bisa cek di aplikasi Traveloka untuk mengakses harga hotel sekaligus tiket pesawat sekaligus. Promo bundling libur natal ini rupanya tak terbatas di Indonesia semata, jika menggunakan Traveloka maka akan lebih bisa berwisata semakin jauh ke negara Asean seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina. Bundling paket hotel di Traveloka ini jaminan lebih murah  dibandingkan jika memesan secara parsial.

5. Ingat Pekerjaan!

ini bisa jadi justru hal menhyebalkan, masa mau senang-senang tapi justru dibebani kerjaan. Ternyata bukan begitu maksudnya, tetapi jika ada kerjaan belum selesai maka lebh baik kerjakan semua jadi ketika liburan sudah tak ada beban lagi. Akhir tahun, mulai awal desember dan pusatnya saat natal memang justru saat sibuk-suknya perusahaan untuk membuat laporan akhir tahun. Jadi ya saat mau ajukan cuti pas cuti ya pastikan saja bahwa tidak ad kelinggatan, pas liburan jadi sudah namaste liburannya.

Itu dia lima tips libur natal, saran saya sih kalau udah baca tips ini, jangan lupa segera berburu tiket libur natal atau jika tidak ya bakal keskip.

Tabik.

Follow Efenerr on WordPress.com

6 KOMENTAR

  1. Kaya orang pada umumnya, yang paling susah tahapan menabung.. Tapi buat ngantisipasi harga tiket/hotel yang mahal pas peak season bagusnya beli dari jauh-jauh hari kali ya mas?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here