Sumber foto : Pinterest

Nyaris tak ada wisatawan yang tak ke Gili Trawangan saat ke Lombok, pulau ini semacam destinasi wajib kunjung sejak berpuluh tahun lalu. Gili Trawangan secara geografis adalah merupakan salah satu dari beberapa gili cantik lainnya, yaitu Gili Air dan Gili Meno.

Mau tak mau saya pun ikut mengunjungi Gili Trawangan. Pulau ini bagi saya memang menyenangkan, memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, kondisi alam yang masih natural dan jauh dari hiruk-pikuk kendaraan bermotor, siapa yang tak mau ke sini?

Kalau pernah ke Gili Trawangan, meskipun pulau ini kecil tapi fasilitas yang terdapat di Gili Trawangan terbilang sangat lengkap. Soal akomodasi di Gili Trawangan jangan khawatir, ada banyak sekali hotel di Gili Trawangan yang bisa dipilih, misalnyaย  di sini. Beberapa di antara hotel yang ada di Gili Trawangan adalah hotel-hotel yang cantik, seperti Hotel Ombak Sunset, Hotel Villa Ombak, Paradesa Villa, dan beberapa lainnya.

Di Gili Trawangan yang santai, ada hal-hal asyik yang bisa dilakukan, mengeksplorasi Gili Trawangan juga bisa dipadu dengan berbagai kegiatan seru, seperti beberapa hal berikut:

1. Berenang

dan perairan di Gili Trawangan memang menyenangkan. Pantai yang mengelilingi Gili Trawangan ini terbilang bersih dan jernih. Aroma laut yang menggoda harus dinikmati selama stay di Gili Trawangan.

Ada banyak spot berenang di sepanjang pantai, saya dan wisatawan pun bebas-bebas saja berenang di sekitar pantai. Airnya tenang dan sangat mudah berenang di sini. Namun ingat, ada batas aman berenang yang sudah ditandai. Saran saya sih, jangan melampaui batas itu demi keselamatan diri sendiri.

Soal peralatan renang jangan khawatir, di Gili Trawangan banyak persewaan alat renang. Jadi tak perlu repot-repot bawa sendiri.

2. Olahraga Air

Selain berenang, saya biasanya juga bermain olahraga air di Gili Trawangan. Ada banyak jenisnya seperti water skiing, paddle board, surfing, banana boat, dan sebagainya. Namun ingat, paket olahraga air di Gili Trawangan ini sedikit mahal, jadi harus merogoh kocek sedikit lebih dalam jika ingin mencoba keseruannya.

3. Snorkeling

Snorkeling ibarat menu wajib di Gili Trawangan, kondisi bawah laut yang Gli Trawangan yang masih relatif bagus membuat perairan di sekitar Gili Trawangan menjadi spot favorit untuk snorkeling.

Kalau ingin snorkeling di sini, ada banyak sekali paket snorkeling yang ditawarkan oleh operator di pulau. Biasanya paket ini akan membawa wisatawan berkeliling tiga gili lalu berhenti untuk snorkeling di beberapa titik.

Paket snorkeling ini biasanya seharian dan mendapatkan fasilitas makan siang dan snack. Jadi wisatawan yang ingin snorkeling tidak perlu repot-repot, tinggal daftar paket dan bisa snorkeling sepuasnya.

4. Diving

Nah kalau yang pengin lebih adventure, bisa mencoba diving di Gili Trawangan. Tapi ya ingat, sebelumnya harus memiliki license diving, mengingat resikonya lebih besar. Saya tidak menyarankan pemula untuk ikut paket ini sih, lebih baik ambil license dulu.

Bagi pemula, mungkin bisa mengambil paket Discovery Scuba Diving yang disediakan oleh beberapa operator diving. Paket ini sudah termasuk latihan diving selama dua jam sebelum masuk ke dalam air dan menikmati keindahan alam bawah laut Gili Trawangan.

5. Sepedaan

Gili Trawangan bisa dibilang pulau penuh sepeda. Karena kendaraan bermotor dilarang di sini, maka sepedalah yang jadi alternatifnya.

Bagi saya, begitu tiba di Gili Trawangan yang langsung saya lakukan ya biasanya sewa sepeda. Garis pantai Gili Trawangan itu total 7,5 km saja. Jadi Gili Trawangan rupanya masih bisa dikelilingi dalam waktu yang tidak terlalu lama dengan sepeda.

6. Naik Cidomo

Cidomo adalah kearifan lokal di Gili Trawangan, dokar ini hanya tersedia di pulau ini. Seperti sepeda, Cidomo ada di Gili Trawangan karena tidak ada kendaraan bermotor di pulau ini.

Begitu tiba di Gili, ada banyak sais Cidomo yang menanti. Jika mau, wisatawan bisa menyewa cidomo untuk menjelajahi seluruh bagian Gili Trawangan. Cidomo bisa juga digunakan untuk membawa koper atau peralatan berat yang dibawa oleh wisatawan menuju hotel di Gili Trawangan. Namun ingat, tawar menawarlah sebelum memutuskan untuk menyewa Cidomo.

Sumber foto : Cheap Fast Boat To Gili & Lombok

7. Naik Kuda Keliling Pulau

Ini pelengkap Cidomo dan mulai laris akhir-akhir ini. Ada beberapa penyewaan kuda di Gili Trawangan dan wisatawan bisa menikmati berkeliling pulau dengan kuda. Menyenangkan.

Sumber foto : Home is where your bag is

8. Nonton Film di Pinggir Pantai

Ini aktivitas yang bagi saya cukup menarik. Bagi seorang moviegoers seperti saya, menonton film adalah kewajiban. Yang beda di sini adalah nonton film sambal menikmati desir pantai dan alam terbuka, sensasinya jelas berbeda dengan nonton di Bioskop.

Sumber : style frontier

Beberapa hotel menyediakan arena nonton film ini, namun jika tidak maka bisa menyambangi cafรฉ-cafรฉ di pinggir pantai yang juga menyediakan tempat bersantai seperti ini.

Nah itu tadi beberapa hal-hal yang menyenangkan di Gli Trawangan. Mau ke sana? Sepertinya sudah menjadi hal wajib kalau ke Lombok. Sekarang ini ke Gili Trawangan makin mudah dan cepat, bisa lewat Lombok bisa lewat Bali.

Jadi, jangan lupakan mampir ke Gili Trawangan ya.

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

44 KOMENTAR

  1. Hmmm.. Dua kali ke Lombok malah belum ke Gili Trawangan. Tunas bangsa macam apa saya ini ?

    Dari semua itu, paling seru kayanya naik kuda keliling pulau dan berenang ya. Hehe.

  2. Sepedaan, berenang, melihat sunrise & sunset itu yang sudah pasti dilakukan kalau di tempat ini.
    Saya jadi ingat, dulu di salah satu pulau Karimunjawa ada kendaraan seperti naik Cidomo tapi pakainya Sapi. nggak tahu sekarang masih ada atau tidak, saya lihat waktu tahun 2001.

  3. Kalo buat saya sih yang paling menyenangkan adalah bengong di pantai, sengaja nyari yang sepi. Senja di sisi barat menikmati matahari terbenam di balik Gunung Agung di Bali. Pagi melihat matahari terbit di balik Gunung Rinjani di Lombok dari sisi timur.

  4. hahaha… asyik banget tu nonton film bareng di pinggir pantai.. Juli mau Lombok, pasti akan singgah di GILI T walau nggak akan snorkeling…

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here