saya adalah tipe orang yang perfeksionis, termasuk saat ngetrip. biasanya jauh-jauh hari sebelum ngetrip saya sudah menyiapkan segala macam yang dibutuhkan, termasuk dokumen-dokumen perjalanan yang dibutuhkan. berikut ini beberapa dokumen saat saya bawa saat ngetrip.

1. Dokumen Perjalanan

yang saya maksudkan disini adalah segala macam tiket  dari berbagai macam moda transportasi dan perizinan yang harus dibawa saat mengunjungi suatu tempat. pengurusan dokumen ini harus dilakukan jauh-jauh hari agar tidak menghambat trip. lalu pada saat trip saya pisahkan dokumen-dokumen di dalam tempat khusus dan saya taruh di tempat yang saya rahasiakan di tas saya.

2. Identitas Diri

ini penting dan harus dibawa dan jaga benar-benar jangan sampai hilang. tidak usah ditanyakan seberapa pentingnya membawa identitas diri, saya rasa semua sudah mengerti.

3. Name Tag Instansi

kebetulan instansi saya ada di seluruh Indonesia dan terdapat sistem aplikasi kepegawaian yang online di seluruh Indonesia. hal ini pernah saya terapkan ketika di Bojonegoro, saya tunjukkan nametag dan lumayan saya boleh tidur barang sebentar.

4. Name Tag Organisasi

jujur saya anggota Muhammadiyah dan lumayan aktif di kegiatan kemuhammadiyahan. karena Muhammadiyah tersebar di seluruh Indonesia dengan membawa name tag ini saya bisa sekaligus berkomunikasi dengan saudara-saudara satu organisasi.

5. Peta dan Buku Panduan

jangan sampai terlupa, walau jaman sekarang sudah jamak smartphone canggih dengan fitur GPS yang ikut-ikutan canggih tapi saya masih percaya dengan fungsi peta dan buku panduan. karena di Indonesia kadang yang tidak ada di fitur canggih tersebut justru bisa didapatkan di dokumen yang tampak sederhana seperti peta.

Nah, itu tadi adalah 5 dokumen utama yang saya bawa saat ngetrip, dokumen lain bisa sangat tentatif tergantung kebutuhan. semoga bermanfaat dan happy travelling!

 

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here