apa yang lebih mengasyikkan daripada menikmati sunrise di sebuah pulau yang terpencil. duduk-duduk malas di dermaga sembari mendirikan tripod dan menanti matahari tenggelam di horison. saya menemukan hal – hal mengasyikkan ini di Pulau Kadidiri, Kep. Togean, Sulawesi Tengah. saya berani bertaruh bahwa yang mendengar kata Togean pasti akan mengernyitkan dahi sembari bertanya-tanya dimana lokasinya.

Kep. Togean masuk dalam Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah. lokasi persisnya ada di Teluk Tomini, lautan antara Sulawesi Tengah dan Gorontalo. jaraknya 4 jam perjalanan laut dari Ampana, Sulawesi Tengah atau 6 jam dari Gorontalo.

This slideshow requires JavaScript.

Kepulauan ini terdiam dan tenggelam daripada publikasi Raja Ampat di Papua. tapi ini justru hal bagus, karena akan membuat alam yang indah bak surga disana terjaga. jika yang sudah pernah ke Phi phi Island, seperti teman seperjalanan saya. saya sarankan segera lupakan Phi phi Island, kenapa? karena Togean keindahannya berkali lipat dari Phi phi Island, dengan koral dan lautan biru yang sangat masif.

untuk turis domestik, Kepulauan ini bukan destinasi favorit. padahal dari daftar buku tamu yang ada di Kadidiri semuanya tamu luar negeri. jadi saya beri tahu, keindahan disini luar biasa. kunjungilah Togean.

Follow Efenerr on WordPress.com

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here