disclaimer : mungkin setelah ini anda menganggap saya sombong, idealis, atau apalah..itu terserah pembaca…saya hanya menulis apa yang saya rasakan saja. kalau mau diskusi silahkan…

hari ini saya meluangkan waktu belanja oleh-oleh, tidak banyak dan hanya beberapa untuk kolega dan orang-orang terdekat saja. tapi bicara soal oleh-oleh itu, saya selalu ada pertanyaan yang menggelitik “apakah oleh-oleh itu wajib?”. jawabannya bisa relatif, tapi kalau ditanya orang seperti saya, ya saya jawab tidak.

saya sekarang cenderung apatis jika ditanya soal oleh-oleh, masalahnya adalah hampir setiap minggu bepergian dan hampir setiap minggu ditodong oleh-oleh. saat pergi dilepas dengan kata-kata “jangan lupa oleh-olehnya ya” dan pas pulang sudah disambut dengan “mana oleh-olehnya?”.

lama-lama saya cenderung diam saja, kadang saya merasa capek ditanya oleh-oleh. masalahnya adalah intensitas saya pergi itu rutin sekali dan bahkan kalau ada orang lain pergi, saya juga ga pernah minta oleh-oleh. kadang saya merasa tidak adil kalau saya yang dimintai oleh-oleh terus dan saya tidak dapat oleh-oleh.

tapi…

saya memang jarang sekali minta oleh-oleh pada orang yang bepergian. saya biasanya cuma titip doa dan cerita serta foto-foto perjalanannya saja sudah merupakan oleh-oleh. saya cuma bisa bilang, kasihan. orang mau bepergian, liburan, senang-senang kog malah dibebani dengan urusan titip menitip atau berburu oleh-oleh.

ya kalo yang jalan-jalan itu Bakrie atau familynya Bakrie, silahkan kalau minta oleh-oleh sebanyak-banyaknya, pesawat bisa beli, bagasi mau 2 ton juga pasti dibayar. tapi kalau yang bepergian itu seseorang yang bermodel paket hemat, maka oleh-oleh bisa jadi adalah momok. mulai dari anggaran biaya, ongkos bagasi, ongkos kirim ke tempat penitip oleh-oleh kalo jauh, etc. mungkin si peminta oleh-oleh senang dapat oleh-oleh..tapi seyogyanya dia juga harus berpikir bahwa mencari oleh-oleh itu repot.

kenapa saya jarang meminta oleh-oleh? karena sungkan, karena saya tahu beratnya melakukan perjalanan dan saya tahu bebannya, spare biaya dan sebagainya. tapi apakah saya tidak membeli oleh-oleh? tentu saya membeli, untuk keluarga, sahabat, teman-teman terdekat dan beberapa kolega.

tapi orang Indonesia itu orang yang susah bilang tidak. hmm. susah memang. tapi sekali lagi, saya sekarang cuma bisa bilang, seseorang yang melancong itu ingin senang-senang, jangan dipersusah. yang jalan-jalan itu walaupun dia keliatan senang-senang, dia menderita lho. menderita pas nabung, menderita pas pulang trip kehabisan duit, menderita di tempat tujuan. berikanlah space waktu untuk senang-senang tanpa harus menanggung beban.

kecuali memang anda sudah dijanjikan, sudah nitip, sudah deal, dan semacamnya maka silahkan tagih oleh-olehnya. lha kadang saya bingung banget, jujur dan di dalam hati langsung ada suara-suara jahat “lha situ siapanya saya? ga pernah nyapa kog tiba-tiba nongol minta oleh-oleh..”

tabik.

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

23 KOMENTAR

  1. Aduh menggelitik,krn kmrn saya nitip,hehe,tp setuju bgt sama tulisan ini
    kmrn juga gara2 itu hbs bnyk,gara2 mau pergi diam2 eh mlh ketahuan kaper dan diomongin di forum,jd ya mau gak mau,

  2. Aku setuju Chan. Aku malah jarang sekali beli oleh-oleh. Dan kalau ditanya oleh-oleh cuek aja. Udah kebal. Dan orang-orang yg nanya juga kayaknya udah capek nanya tuh. :p

  3. kalo saya biasanya cuma buat basa-basi aja mas sembari melepas sebelum perjalanan. dikasih alhamdulillah, gak dikasih ya gapapa. saya dosa gak ya? 😐

  4. saya pasti bilang, saya bawain deh, kalau ada space kosong di ransel ya, *sambil ngeliatin tas ransel yang udah penuh kaga bisa di isi lagi ahahahah 😀

  5. Iya, betapa stressnya aku ketika ditodong oleh-oleh oleh keluarga besar. Minta beliinya pun gak nanggung-nanggung, barang dan merek tertentu. Sesuatu yang dalam keseharian pun gak bakal aku beli bahkan untuk kebutuhan sendiri. *piuuuhh*

  6. gua punya pengalaman (mungkin) bodoh tentang oleh2, jaman bpc pertama sempat ke jogja krn sayang teman belanjalah oleh2 padahal perjalanan masih panjang ke semarang dan karimunjawa. kisah selanjutnta sudah bisa ditebak, keberatan bawa oleh2 meski pakai ransel besar dan badan aku besar.

    sampai di kantor pas bagi2 oleh2 ada temen nyeletuk gini, aduh kok oleh2 cuma gantungan kunci kenapa ngga batik aja, kan dari jogja. dan aku langsung merenung… “sakitnya tuh di sini kak….”

    sejak saat itu berjanji ngga akan beli oleh2 untuk teman kalau keluarga sih , orang tua ngga selalu suka dibelikan oleh2 jadi aman :D.

  7. Pas naik Rinjani, teman saya minta dititipin kaos dan gantungan kunci gambar TNGR, saya jawab “Yee enak banget gak ikut susah2 muncak tapi pakai kaos rinjani” haha, ya memang hanya bercanda. Tapi alhamdulillah teman2 paham karena selalu saya terbuka sejak awal, budgeting traveling saya tidak ada yang menyentuh soal oleh2, murni buat makan dan transportasi 😀

    • Betul!
      Ada baiknya kita memang terbuka dan to the point soal oleh-oleh ini.
      Mungkin awalnya akan janggal tapi lama-lama teman-teman pasti akan memaklumi.

  8. Setuju kak chan. Tp untungnya skrg udh ga ada lg yg rengek minta oleh2, krn dr dulu selalu menjawab “gw ke air terjun, mau daon kering?” Atau “males” dan “berat” jd andalan.
    Skrg org2 yg baru kenal dan tiba2 minta oleh2 saya jawab “buka aja blog gw, disitu ada cerita n foto2 perjalanan, anggep aja itu oleh2, novel dari lokasi”

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here