25896_1306884711141_6992222_n
Bis 3/4 jurusan Ngawi – Bojonegoro.

Sebagai seorang pejalan, saya memang lebih suka naik bis daripada moda transportasi darat yang lain. Walaupun saya bukan seorang bismania yang sering memfoto bis-bis atau berpose di depan bis, saya adalah seorang penggemar bis. Entah kenapa, saya lebih menyukai naik bis dibandingkan dengan kereta misalnya. Bagi saya naik bis itu lebih dinamis daripada naik kereta yang menyusuri jalan statis. Tidak di Indonesia tidak di negara orang, saya pasti akan mencoba moda transportasi dengan bis.

Tapi jangan dibandingkan bis di Indonesia dengan bis di luar negeri. Berbeda, secara umum memang bis di Indonesia masih belum sebagus di luar negeri. Tapi juga tidak jelek-jelek amat. Beberapa bis sudah cukup mewah dan nyaman. Saya selalu mengajak orang-orang untuk mencoba traveling dengan bis karena banyak alasan. Misalnya kenyamanan tidak kalah dengan kereta, harganya pun untuk kelas eksekutif misalnya, jauh lebih murah daripada kereta.

Nah agar teman-teman tidak penasaran dan tidak takut naik bis di Indonesia sehingga suatu saat bisa dijadikan alternatif untuk traveling, ada beberapa tips – tips yang mungkin bisa juga berguna bagi yang ingin seperti saya, traveling naik bis. Berikut beberapa diantaranya, saya rangkum dari pengalaman sendiri :

1. Tahu Jadwal Bis

Masalah utama dari mereka yang ingin traveling naik bis adalah ketidaktahuan akan jadwal bis, memang naik bis di Indonesia ini sedikit unik karena masih belum ada sistem informasi tentang jadwal dan tujuan bis ke berbagai daerah yang terintegrasi. Jika ingin mencari informasi di internet pun susah – susah gampang. Untuk lebih mengetahui tentang jadwal dan tujuan bis, salah satu web yang bisa dijadikan referensi adalah forum Bismania atau Bis Mania Kaskus. Di forum – forum tersebut terdapat banyak sekali thread yang dibagi per region lalu per perusahan otobis dari seluruh Indonesia, disitulah biasanya jadwal keberangkatan bis dicantumkan.

Namun yang paling efektif adalah sebenarnya mengetahuinya langsung di terminal dan mencari informasi sebanyak-banyak di sana. Susahnya adalah di Indonesia hampir tidak ada pusat informasi di terminal kecuali di terminal tertentu. Cara terbaik adalah dengan bertanya pada orang terminal, awak bis atau pada pedagang asongan, disini perlu keberanian dan trik negosiasi.

Sedikit perlu diketahui tentang jadwal, untuk bis – bis jarak jauh biasanya berangkat pagi dan sore hari. Seperti bis dari Jakarta ke kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jadwal pagi antara jam 06.00 sampai jam 08.00 pagi sementara jadwal sore mulai jam 15.00 sampai 20.00, makin jauh kota tujuan makin awal berangkatnya. Kemudian untuk bis tujuan ke Bandung, Tasik, Garut, Kuningan, Cirebon ada 24 jam tapi tidak di terminal, bis tersebut ngetem di Pasar Rebo seberang halte busway,  tiap 30 menit – 1 jam sekali akan berangkat bis tujuan tersebut.

2. Tahu Tujuan dan Jalur

Masalah kedua adalah banyak teman-teman pejalan yang menggerutu jika naik bis karena terjebak macet atau perjalanan yang lama, padahal sebenarnya mungkin hanya karena ketidaktahuan jalur saja. Misal jika ingin ke Jogja dari Jakarta, ada beberapa jalur yang bisa diambil, lewat Pantura – Cikampek – Cirebon – Semarang/Kendal – Jogja, lewat Cikampek – Cipularang lalu berbelok ke jalur selatan, atau gabungan keduanya, Cikampek – Cirebon – Brebes – Banyumas – Jogja. Masing-masing punya pertimbangan sendiri, Pantura sering macet di akhir pekan, jalur selatan relatif lancar tapi jalurnya memutar, sementara jalur utara-selatan akan macet di Cirebon tapi lancar setelah jalur Brebes – Banyumas.

Sebelum berangkat dengan bis lebih baik petakan dulu tujuannya dan jalur yang dilewati. Sekaligus buat alternatif-alternatif jalur yang bisa jadi dilalui. Pertimbangan itu bisa diambil untuk memutuskan naik bis mana untuk traveling dan memprediksi waktu tempuh. Agak susah-susah gampang, tapi jika nanti sudah beberapa waktu naik bis pasti akan terbiasa.

3. Tahu Nama Perusahaan Otobisnya

Selanjutnya adalah ingin naik bis apa. Banyak indikatornya, mulai dari kenyamanan, layanan, kecepatan atau tarif bis, semua tergantung selera penumpang. Tapi biasanya bis-bis yang punya nama dan kualitas pasti akan penuh penumpang.Setiap mesin bis punya karakternya masing-masing dan itu nanti yang menentukan kualitas perjalanan, kencang/tidak, nyaman/tidak. Tapi itu tidak mutlak, semua orang memiliki pilihan atas bis – nya masing – masing.

Bagi saya, jika menuju suatu tujuan yang saya lihat adalah mesin yang menempel di bis, itu untuk pertimbangan memilih perusahaan otobisnya, saya berpendapat mesin menentukan kenyamanan di perjalanan. Jika memilih, untuk jalur jarak jauh saya cenderung memilih bis yang menggendong mesin Volvo, Scania atau Mercedes. Tapi untuk jalur jarak pendek, saya memilih yang menggendong mesih Hino atau Dongfeng. Untuk jarak jauh, 3 mesin tadi menjamin kenyamanan bis, tapi untuk jalur jarak pendek, 2 mesin tadi unggul di kecepatan.

Masing-masing perusahaan otobis punya kecenderungan fanatik pada salah satu mesin tertentu. Tapi itu tidak mutlak, seperti jika ke Bandung dari Jogja/Magelang saya cenderung memilih Budiman, karena bis ini aman, tidak banyak copet dan paling pagi sampai ke Bandung. Atau jika jalur Magelang – Jakarta saya pilih Ramayana walaupun mesinnya Hino karena kenyamanan dan layanannya.

Beberapa bis yang saya referensikan untuk dicoba saat trip adalah sebagai berikut :

1. Jalur Pantura Jakarta – Semarang = Nusantara, Bejeu, Haryanto, Zentrum

2. Jalur Jakarta – Bandar Lampung = Damri Royal Class (Berangkat dari Stasiun Gambir)

3. Jalur Bandung – Priangan = Budiman, Primajasa, Karunia Bakti

4. Jalur Jakarta – Jogja = Ramayana, Sumber Alam, Rosalia Indah, Santoso, Safari Dharma Raya

5. Jalur Jogja – Surabaya = Eka, Mira, Sumber Kencono Grup (Sekarang berganti menjadi Sumber Selamat)

6. Jakarta – Solo = Raya

Dan masih banyak lagi perusahaan otobis untuk jalurnya masing-masing. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk jalur Sumatera bis-bis bagus ada di jalur Medan – Banda Aceh, di Sulawesi bis-bis bagus ada di jalur Makassar – Toraja. Ke Timur ada Gunung Harta di Bali, bis jalur ke timur dari Jawa ada sampai ke Bima dari Jakarta, dilayani oleh Safari Dharma Raya.

Seat Nusantara Signature Class Bandung – Kudus

4. Tahu Tempat Membeli Tiket dan Tempat Berangkat

Sistem per-bis-an di Indonesia ini unik, berbeda dengan negara-negara lain. Maka penumpang harus mampu memetakan sendiri sistemnya. Tiket umumnya dijual di terminal, tapi di terminal di Indonesia, untuk 1 bis ada banyak agen yang menjual tiket. Belilah di agen resmi, karena harga di agen-agen non resmi biasanya ada selisih lebih mahal. Agen resmi untuk 1 bis hanya ada 1 di terminal, biasanya ada tulisannya besar. Maka jangan malas berkeliling di terminal sebelum membeli tiket dan jangan terpengaruh bujuk rayu calo. Di beberapa terminal seperti di Bandar Lampung, calonya ganas, jangan terlihat bingung yang jelas, sekali terlihat bingung penumpang akan disantap calo.

Beberapa perusahaan otobis besar bahkan memiliki terminal sendiri, bukan pool tapi terminal. Jika begitu itu lebih enak, langsung datang ke lokasinya. Sejauh ini yang paling bagus saya lihat adalah Budiman, mereka membuat terminal versi mereka sendiri dengan penunjuk tujuan dengan layar LED, terintegrasi dengan armada taksi mereka, kekurangannya hanya 1, kurang bersih, saya kira itu masalah umum di Indonesia. Kedua Primajasa, sudah modern sekali mirip ruang tunggu bandara, yang ketiga adalah Nusantara, dia punya tanah sendiri di Semarang, untuk tempat berangkat, dijemput dengan shuttle, ada restorannya sendiri. Sempurna.

Jika tidak di terminal tiket bis bisa di agen atau pool mereka. Masing-masing bis punya agen dan pool masing-masing. Bis-bis  malam terkenal rata-rata tidak berhenti di sembarang tempat kecuali di agen / pool, nah bis-bis yang tidak punya nama biasanya berhenti sesuka hati dan mengangkut Sarkawi, sebutan untuk penumpang gelap. Selain itu sebagai penumpang juga harus cerdas dan tahu darimana bis akan berangkat. Bis-bis tujuan tertentu berbeda-beda tempat berangkatnya. Jangan sampai salah.

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pada saya adalah sebagai berikut.

  • Kalo ke Jakarta dari Bandung lewat mana?
  • Kalo mau cepat lewat Leuwipanjang, tapi kalau mau murah tunggu saja di Gerbang tol Cileunyi atau di pinggir tol Kopo nanti ada bis yang berhenti angkut penumpang di jalan tol. 
  • Kalo ke Bandung dari Jakarta lewat mana?
  • Primajasa ada di Lebakbulus, sekarang ngetem di Sekitarannya karena Lebakbulus tutup. Atau jika bisa juga dari Kalideres ada Arimbi. Bagi yang ingin dapat kursi bisa naik dari pool Primajasa di Cililitan, bagi saya itu yang paling nyaman, tinggal naik busway turun halte BKN, nyebrang sudah sampai pool. Jika kehabisan semuanya langsung saja ke Pasar Rebo, takusah masuk ke Kampung Rambutan, ngetemnya lama. Di Pasar Rebo bus ngetem dan langsung berangkat masuk tol JORR. 
  • Kalo ke Jogja dari Jakarta lewat mana?
  • Banyak! Kalo mau bis eksekutif tempatnya di terminal Rawamangun. Kalo mau banyak pilihan bisa di Pulogadung, yang di pinggiran Jakarta-Bekasi bisa ke Pinangranti, ada juga di Lebakbulus, atau Kalideres. 
  • Kalo ke Pangandaran dari Jakarta lewat mana?
  • Paling cepat naik Budiman dari Kampung Rambutan. Naik jurusan Tasik atau Banjar, bisnya eksekutif, nyaman dan cepat. Dari Tasik/Banjar ganti lagi Budiman ke Pangandaran.

5. Nikmatilah Dinamika Perjalanannya

Naik bis itu enak, yakin! Tidak selamanya naik bis itu lama dan macet. Kalau dari Surabaya naik Sumber Kencono Grup ke Jogja kadang bisa lebih cepat dari kereta, dengan catatan penumpang banyak berdoa saja. Soal macet dan kendala lain itu dinamika perjalanan. Kereta Api juga bisa terhambat karena nunggu jalur, pesawat pun bisa lama karena delay. Setiap memakai moda transportasi apapun itu ada resikonya.

Yang saya suka dari naik bis adalah kita bisa akrab dengan penumpang dan sopir-sopirnya. Misalnya saking seringnya naik Budiman, oleh kru dan agen tiketnya saya pasti diberi tempat duduk nomer 3 dari depan, nomor favorit saya dan kru-nya sudah tahu tempat saya turun. Bis-bis sekarang sudah jauh lebih baik daripada 5-10 tahun yang lalu. Lihat saja sekarang bis-bis bagus dan bahkan mewah sudah seliweran di jalan raya. Bis-bis malam bersaing memberi pelayanan terbaik, dengan wi-fi, coffee maker di dalam bis, captain seat, LCD tv, sampai makanan yang representatif. Di beberapa bis malah ada kru perempuan seperti pramugari di pesawat terbang!

Naik kereta memang mudah tapi kereta tidak bisa berhenti di tengah jalan, harus di stasiun. Bis mengakomodasi hal itu. Jika ingin dari Jakarta ke Borobudur kenapa harus berhenti ke Jogja naik kereta dan ke Borobudur? itu memutar, lebih baik naik bis bisa turun di Palbapang, ke Borobudur tinggal 7 kilometer lagi. Lebih mudah, murah dan dekat. Tapi saya kembalikan lagi ke pembaca soal pilihan transportasi, tapi sekali-kali jangan ragu untuk naik bis, cobalah!

Post Scriptum : Jika saya tulis, dinamika tentang traveling dengan bis akan sangat banyak sekali. Saya besar di keluarga pecinta bis, 1993 pertama kali ke Jakarta naik bis, 1999 mulai naik bis sendiri ke Surabaya dan sejak 2005 sd sekarang saya selalu menggunakan bis kemana-mana, pernah di Sumatera, Bali, Nusa Tenggara sampai Sulawesi. Jika ingin bertanya-tanya soal perjalanan naik bis, silakan isi kolom komentar atau kirim email. Insya allah saya jawab sesuai yang saya ketahui. 🙂

Follow Efenerr on WordPress.com

329 KOMENTAR

  1. “Kalau dari Surabaya naik Sumber Kencono Grup ke Jogja kadang bisa lebih cepat dari kereta, dengan catatan penumpang banyak berdoa saja.”
    bener banget itu bang :D, Mira juga sama saja kok. Kalau jalur pantura Surabaya-Semarang silahkan coba Sinar Harapan 🙂

  2. mas Farchan sudah menjawab pertanyaan saya via “Pertanyaan yang sering diajukan ke saya” pada poin 1 dan 2….

    #IStandForHer #NaikVespaKelilingJakarta #GGMU 😀

  3. Saya boleh nyumbang saran ya.

    Kalau mau ngebis ke Jogja dari Jakarta mending naik di Rawa Mangun, Pinang Ranti, atau Pondok Cabe (pindahan terminal Lebak Bulus). Jangan naik dari Rambutan ato Pulo Gadung, calonnya terlalu mengerikan apalagi buat yang baru naik.

    Bis-bis Jogja-Solo yang “bener” berangkat dari terminal tadi paling pol jam 5 sore. Selebihnya kalo ditawarin naik mending jangan deh. Itu bis abal-abal yang nyasar penumpang-penumpang sisa. Kalaupun terpaksa mending naik bis jurusan Kudus-an, mereka berangkat jam 7 malam, lalu turun Semarang. dari situ tinggal nyambung bis ke Jogja ato Solo

  4. UNIK! saya pernah tau ada orang yang maniak sama bis, tapi biasanya suka karena bagian2 otomotifnya. baru nemu yang begini. seru banget saya suka bacanya 🙂 sekarang tau mesti nanya ke siapa. hehehe

  5. Kalau saya ngebis, lihat tempat yang dituju dulu.
    Kalau ke tempat pesantren anak saya yang sulung di Sukoharjo, karena lebih dekat dilewati bus, saya lebih memilih naik bus.
    Tapi, kalau di Jakarta, lebih enak naik kereta/commuterline ke mana-mana, sayangnya nggak semua tempat dicapai kereta 🙁

  6. mantap, luar biasa, saya senang membaca web ini, lengkap dan sangat detail, terima kasih, salam dari tanah Mandar, Sulawesi Barat

    • Siang mas Didin, ada yang langsung yaitu Mandala jurusan Surabaya – Bandung tapi waktu tempuhnya cukup lama. Kalo saya lebih memilih begini, Surabaya – Jogja = SK/Eka/Mira, kemudian dari Jogja – Tasik ambil Budiman. 🙂

  7. Salam Numpak Bis,, 😀

    wah, pengen bisa kayak sampean Mas, bisa merasakan moda bis di beberapa wilayah Indonesia/Nusantara. Saya baru merasakan antara Bima (NTB) – Banyuwangi, Surabaya – Bima, Jogja – Surabaya, Surabaya – Probolinggo, Probolinggo – Jember, Jember – Banyuwangi, Banyuwangi – Jogja, Tasik – Jogja, selain itu ya paling pake armada medium bus. Merasakan naik bis, mungkin hampir sama rasanya naik armadanya ‘Airbus’ itu… 😀 sama-sama mulus, sama-sama ada goncangannya saat berjalan.

    Beri tips naik bis keliling Nusantara pake cara backpacker dong Mas… 😀

    • salam mas.. 🙂
      wah njenengan lebih sangar daripada saya malahan mas subi. 🙂
      kalo saya sih keliling Nusantara kuncinya cuma 1 mas, kenal dekat sama sopir bis. 🙂

    • Dira, lebih baik lewat Giwangan saja. Naik Budiman jurusan Bandung lantas turun di Cileunyi..nanti naik angkot tujuan Jatinangor dari Cileunyi.

  8. Aku baru nyimak ini webnya mas 😀
    Kebeneran mau ‘naklukin’ Jogja dari Jakarta. Bagus dan amannya naik bus apa ya dan harganya brp? Naik dimana dan jam berapa? *banyaknanya*

  9. klo dari jogja sampe ke jakarta, sorenya balik lagi memungkinkan ga mas beli tiket hari itu juga??enak nya turun di terminal apa y??

    • kalau dari jakarta memungkinkan mas…
      turun saja di terminal tujuan mas di Jakarta, bisa Pinangranti, Rawamangun, Kalideres atau Lebak Bulus.

  10. mas, kalo dari rawamangun ke jogja paling malam jam brp? soalnya pulang kerja biasanya jam 6 sore (18.00). Saya biasanya sering naik kereta kalo ke jogja, tp menjelang lebaran ini kereta sudah habis semua tiketnya. Saya mau coba naik bis, tapi terminalnya yang aman dan gak byk preman dari rawamangun kan mas?
    Matur nuwun infonya!

      • siang mas….:)

        thanks mas, atas infonya. Skalian mo nanya kira2 bis yang recomended di rawamangun yang ke jogja apa aja ya?

        Tons of thanks, mas dab!

        • siang mas. 🙂
          untuk keberangkatan di atas 18.30 setahu saya hanya dilayani Sumber Alam atau Pahala Kencana, alternatifnya mas bisa ambil bis ke arah Solo atau Semarang kemudian ganti ke Yogyakarta.

  11. para om master, tanya dong om…kalo bis jkt-semarang yang berangkat pagi ada ga ya ?….kalo ada naek darimana om,,,,tks ya

  12. Hallo mas salam kenal. Asik baca2 blogmu mas.
    Mau tanya, kl dr jogja ke jakarta ada bis yang berangkat siang gak ya? Trs yg kelas ekonomi AC apa aja ya mas busnya? Hihi maaf banyak tanya.
    Mksh mas

  13. Mas..kalau mau ke yogya naik bus bagusnya berangkat dari bandung atau surabaya?soalnya flight dari medan cuma ada jurusan bandung n surabaya.trus bagusnya naik bus apa?sekalian harganya?kalau berangkat malam hari naik bus jalannya bahaya ga?thanks atas infonya y..

    • Mbak Lily : dua-duanya bisa, tapi secara jarak tempuh lebih dekat jika lewat Surabaya.
      Jika dari Surabaya mbak bisa ambil Eka, tarifnya sekitar 60 – 70 ribu. Bis paling pagi ke Jogja berangkat jam 03.00 dan terakhir jam 02.00 pagi.
      Dan aman kog jika berangkat malam hari. Salam.

  14. Salam kenal..klo dr Jogja mo ke Garut yg aman dan nyaman naik bus apa ya klo malam..? lalu naik dr terminal mana dan turun di terminal ya..? Tarifnya kira2 brp..? Thx b4

  15. Izin memasukkan tambahan om, ada Aneka Jaya, bus asli arek Pacitan bwt trayek Surabaya-Pacitan hehehe, Btw, sumber selamat atau sugeng rahayu itu “maskapai” favorit saya juga loh klo ke solo/jogja dr sby dan sebaliknya 😀

  16. Minta info bus yang rekomen dari jakarta ke denpasar….nyaman & kenceng, hehe..
    Kira2 ada gak ya, yg super executive (seat 1 – 2) nya?

  17. nyuwun sewu om,
    mau tanya kalo dr semarang ke jakarta yg berangkat pagi ada gak ya?
    kok aku nemuin cuma brangkat malem terus ya,
    matur suwun,

  18. Chan, kalau mau oper2 bis, dari jakarta ke semarang, transitnya kota mana aja? semisal butuh ke semarang berangkat pagi/siang dari jakarta?

  19. aslkm..mas klo bus jogja- bandung nyampe malangbong (garut) jam berapa??tarifnya berapa??
    soalnya mau turun disana..klo bisa kirim email bus mana aja??
    (takut kepagian turunya) min 4 pagi-5 lah hehe…

    • Waalaykumsalam wr.wb.
      Kalau naik jurusan Bandung yang lewat selatan pasti lewat Malangbong baik itu bis Budiman, Kramat Djati atau Pahala Kencana.
      Sampai Malangbong rata-rata jam 4 pagi.

  20. mas saya mau nanya bus bejeu dari kalideres ke semarang ada ga?
    brngktnya jam brp dan harga tiketnya brp mas? makasih

  21. Ass… ka saya mau tanya kalau naik bis dari surabaya ke tasikmalaya bis apa ya yg murah,nyaman, dan cepat? Terimakasih sebelumnya

    • waalaykumsalam.
      kalau bis yang langsung hanya ada Mandala.
      tapi jika ingin lebih nyaman lebih baik dari Surabaya – Jogja naik Eka. (berangkat pagi dari Surabaya), dilanjutkan Jogja – Tasikmalaya dengan Budiman (berangkat sore dari Jogja)

  22. mas minta referensi dong.. aku mo ke garut nih dr Surabaya,, mending naek bis paan ya.. aku rada parno naik bis sih,, makanya slama ini naek kereta terus.. tapi gara” baca artikel ini jd pengen nyoba nih skali” ngrasain sensasi naek bis hehe.. tnx before

    • ini versi saya.
      Surabaya – Jogja : Sumber Kencono/Eka (berangkat jam 6 pagi)
      Jogja – Bandung : Budiman (berangkat jam 4 sore)

      Nanti turun di Nagrek atau Rancaekek kemudian berganti angkutan Elf ke Garut.

  23. Salam kenal mas,begitu baca tips dari sampeyan ini beneran keren & membantu banget mas, matur suwun 🙂
    Btw saya ikutan tanya ya, hehehe.
    Klo dari Surabaya-Jatinangor yang paling nyaman naik Kramat Djati apa Pahala Kencana ya? Apa tergantung armadanya?

    Trims mas 😀

    • Sore Mas Ario.

      Kalau SBY – Jatinangor saya prefer Kramat Djati mas. 🙂
      Sebenarnya Pahala Kencana dan Kramat Djati sama-sama bagus, ini hanya soal selera pribadi saja mas.

      Salam

  24. Selamat pagi mas master busmaniac kula nuwun. Tanya mas kalau ke jakarta dari surabaya yang recomended plus harganya pas dikantong ank kuliahan gimana?

  25. >>Jika ingin dari Jakarta ke Borobudur kenapa harus berhenti ke Jogja naik kereta dan ke Borobudur? itu memutar, lebih baik naik bis bisa turun di Palbapang, ke Borobudur tinggal 7 kilometer lagi. Lebih mudah, murah dan dekat.<<

    Tertarik banget.. boleh tahu..

    1. Dari Jakarta naik bis apa & ada dimana? ada no.telp perusahaan bisnya?
    2. jadwal keberangkatan jam berapa? nyampai Borobudur jam berpa?
    3. 7 kilometer ke Borobudur = jalan kaki? berapa lama?
    4. Harga terakhir berapa?
    5. Kalau rute pulangnya gimana?

    thanks sebelumnya. 🙂

    • 1. Jakarta ke Magelang naik Ramayana, Santoso, Handoyo atau Safari Dharma Raya.
      2. Dari Jakarta jam 16.00 sampai Magelang jam 05.00
      3. Ada bis atau naik ojek.
      4. Ini harga apa?
      5. Rute pulang sama, bisa dari terminal Magelang ke Jakarta.

  26. Maaf mas numpang tanya, kalo mau ke solo brgkt pagi dr jkt msh ada ga ya? Kalopun ngeteng naik apa dr mana mas? Drdl saya slalu naik rosin se dr pool di cikokol kebon nanas krn saya tgl di karawaci. Tp pngn rasain naik efisiensi dr cilacap atau pwkt gpp walau cm smpe jogja bs nyambung lg. Makasi mas…

  27. Mas, saya mau nanya..
    saya ma teman2 mau ke Jogya dari Jakarta. klaw boleh tau Naiknya di mana,..? Harga Tiketnya berpa? trus jam berangkatnya kapan ?

    Terima kasih.
    #Maaf baru pertama kali 🙂

  28. Mas saya mau tanya kalo dari jakarta mau ke jogja naik bis apa yang cepat nyaman dan tidak mahal. Saya mau ke malioboronya buat tahun baruan.
    Saya dari kalibata jaksel harus keterminal apa dan kisaran hrga berapa makasi mas:)

    • Mas jika dari Kalibata bisa ke Rawamangun. 🙂
      Naik Ramayana, Kramat Djati, Santoso, Pahala Kencana atau Rosalia Indah untuk ke Jogja.
      Paling cepat sampai Jogja biasanya Santoso.

  29. mas saya mw ikutan nimbrung, seru skali bacanya 😀
    saya punya rncana mw backpackeran ke bandung tgl 30 ini, nah nyari tiket kreta tinggal yg mahal smua, yg murh uda pda ludes. maunya aik bus pahal kencana, trnyata jdwal kberangkatan sore smua, sdngkan sya mash harus kerja smpek jam5. rncana saya hbis magrib brngkat dri bungurasih ke solo dng SK, mungkin smpe solo skiyar jam12 mlm. nah dri solo ada ga ya bus yg lngsung ke bandung dini hari gitu? klo ga ada, ada bus alternatif lain ga misal ke purwokerto dlu atau gmn, saya coba cari alternatif lain ga pernh nemu, smua pda via pahala kencana atau kramat djati jdi ga oper2 bus. hehee maaf banyak tanya, terima kasih banyak 🙂

  30. Mas, mau tanya.. sekarang harga tiket ke jogja berapa ya untuk berangkat dari rawamangun untuk sabtu minggu besok..

    terus kira-kira macet nggak ya dan berapa lama biasanya perjalanan jakarta-jogja?

    btw, boleh minta no whatsappnya? hehe

    makasi mas sebelumnya

    • Pagi mbak!
      Kalau naik Ramayana Eksekutif dari Rawamangun ke Jogja tiketnya 205 ribu.
      Kalau macet tidaknya tidak bisa diprediksi, sebagai gambaran kalau kondisi normal. Jakarta – Jogja itu 10-12 jam perjalanan. Tapi libur natal kemaren saya sampai 24 jam karena macet dimana-mana. 🙂
      Nomor saya : 085643720358

  31. Met Siang, mas..maaf ..nuwun sewu, mas mau tanya:
    1. klo dari Rawamangun, Jakarta ke Bungurasih, Surabaya apakah bisa ngeteng dulu ngga ke Semarang/Kudus? biar lebih murah gitu,mas…n biar lebih cepat..saran mas bagaimana sbaiknya..
    2. Hrga yg pling murah dri Jakarta ke Semarang/Kudus dan dri Semarang/Kudus ke Surabaya brapa n naik bis apa aja?
    3. Cara menyiasati agar ktika sampai di Semarang/Kudus ngga nunggu trlalu lama utk ke Bungurasihnya dri Jakarta sbaiknya jam brapa? Tiket bsa lgsg beli di dlam Rawamngun pas hri H, mas?
    Nuwun sewu ya,mas…mohon ptunjuk..soalnya cma ada uang pas 400rbu utk bolak-balik Jakarta-Surabaya-Jakarta..matur suwun sanget,mas… 🙂

    • Selamat Pagi Mas Kemal.

      Bisa sekali. Tapi kalau dari Rawamangun adanya bis Eksekutif, kalau mau irit ke Semarang lebih baik naik dari Pulogadung atau Pondok Cabe / eks Lebak Bulus dan ambol yang ekonomi. Untuk ke Surabaya dari Semarang bisa naik bis seperti Indonesia. Bis ke Surabaya 24 jam kog, jadi mau berapapun sampai Semarang seharusnya tidak masalah.

  32. Ass mas.. saya berencana utk backpacker..dgn bis yg berangkat pagi hari. Pertama mau ke
    Cirebon,Saya tinggal di daerah pondok gede..sebaiknya naik dr terminal yg mana ya? lalu dr cirebon rencananya mau keSemarang pagi hari.
    Setelah itu saya mau pergi ke Sarangan. Bisa tolong adviesnya mas?..terma kasih sebelumnya.

    • Halo Mbak Wiwik!
      Jika ingin ke Cirebon bisa naik dari Kampung Rambutan mbak. Bisnya hampir 24 jam.
      Sementara jika ingin ke Semarang ada bis Semarang-Cirebon atau Semarang-Kudus, yang enak Nusantara bisnya Mbak.
      Kalau Sarangan ini Sarangan mana ya?

      • Ass mas.. setelah dr semarang, saya mau ke madiun, tp berhenti dulu disarangan tawangmangu. Mau liat pemandangan danaunya. Setelah itu melanjutkan perjalanan ko solo. Bisa kasih tips /info bisnya mas?…terima kasih.

        • Sore Mbak Wiwik
          Jika dari Solo mbak bisa naik bis jurusan Tawangmangu. Dari Tawangmangu mbak naik omprengan ke Sarangan, omprengannya semacam L300 Mbak. Tarifnya sekitar 12000 kalau ndak salah.

  33. Assalamualaikum mas
    Mau nanya, kalo dri cirebon ke jogja apa ada bis yg pagi atau siang? Soalnya saya dri jogja ke cirebon rencananya naik kereta, dri cirebon ke jogja baru naik bis. Trus kira kira bisnya namanya apa ya mas? Dan biayanya berapa?
    Matur nuwun mas 🙂
    Balesnya lewat email saya aja ya mas

    • Kalau pagi atau siang saya kurang tahu mas. Mungkin kalau pagi/siang, mas bisa ke Semarang dulu kalau ke Jogja.
      Kalau bis yang rute Jogja – Cirebon setahu saya adanya Citra Adi Lancar tapi nuwun sewu saya kurang ngeh harga tiketnya. 🙂

  34. mas mau tanya.. mas kok hafal rute dan harga tiket bus…? he..he..he..
    mau kondangan ke sumedang nih.. dari surabaya.. yang paling cepet harusnya lewat utara ya..? atau mendingan via yogya dulu..? rencana awal sih purabaya-cirebon lalu lanjut ke sumedang.. whot du yu ting mas..? ada yang lebih menarik..? nuwun..

    • karena terbiasa saja mas. 🙂
      1. kalau dari Purabaya – Cirebon mas bisa naik bis Surabaya – Semarang, berganti dengan Semarang – Bandung. nanti minta turun di Sumedang.
      2. kalau dari Jogja. mas naik Surabaya – Jogja, Jogja – Bandung. minta turun di Cileunyi kemudian nyambung dengan Elf atau angkot ke Sumedang.
      atau ada bis langsung Surabaya-Bandung tapi saya tidak merekomendasikan untuk mas karena kurang nyaman. Kalau saya lebih memilih opsi jalur kedua karena lebih terhindar dari resiko macet.

      Salam

  35. selamat siang mas, mau tanya kalau dari bandung (cileunyi) kalau ke rawamangun gimana cara nya ya?
    terima kasih

    • Naik Primajasa jurusan Tasik/Garut – Jakarta yang berhenti di Cileunyi.
      Nanti turun pool Primajasa Cililitan, setelah itu naik Transjakarta ke Rawamangun.

  36. Mas aq mau tanya neh. Rencana bulan depan aq mau ke jogja dan candi borobudur..
    nah kalo dari Bogor bagusnya saya naik his apa yach dan saya harus turun diterminal apa dijogja untuk menuju candi boro budur

  37. assalamu’alaikum mas broo….
    mohon arahan mas…. aku tanggal 4 feb nanti mau ke puncak, cipayung, tepatnya di grand hotel cempaka ada acara diklat kepala sekolah. aku ga tau jalan mas…. kira2 kalau dari jatibarang indramayu pagi hari menuju ke cipayung- puncak pake bis apa? berapa tiketnya? atau pake kereta api?
    ada yang langsung ga? atau ngeteng?
    matur nuwun mas atas jawabannya…ditunggu mas… 🙂

  38. Mas, boleh minta info nya, rencana mau ke pangandaran dari Jabodetabek. Nah boleh tau solusinya naik bis apa yg nyama. Trims

  39. mas mau tanya kalo dari banyuwangi / surabaya ke jakarta enak dan nyaman nya naek bus apa ya yg recomend ?? soal nya denger gosip manajemen lorena lagi bermasalah gitu

  40. mas, kalo dari giwangan ke cicaheum nyampenya dibandung kira2 jam berapa ya naik budiman? skrg harga tiketnya berapa?
    makasih.

  41. malam mas saya mau ke pangandaran nih senin depan baik nya naik bis apa ya murah tp nyaman hehe dan keberangkatan bis nya kalau mas tau boleh mohon di infokan mas.. dr kemarin saya searching di google ada bis gapuriang rahayu mas.. nyaman ga ya bis itu?mohon bantu jawab mas nya:)

  42. malam mas saya mau
    ke pangandaran nih
    senin depan baik nya
    naik bis apa ya murah
    tp nyaman hehe dan
    keberangkatan bis nya
    kalau mas tau boleh
    mohon di infokan
    mas.. dr kemarin saya
    searching di google
    ada bis gapuriang
    rahayu mas.. nyaman
    ga ya bis itu?mohon
    bantu jawab mas
    nya:)

  43. aku juga suka naik biiisss, meski sekarang lebih suka naik kereta sih hahaha.
    kalo naik bis, bisa cobain bis Surabaya-Bojonegoro lah. lebih ekstrem dari Sumber Kencono menurutku 😀
    kalo SK atau Mira sih masih bisa tidur meskipun ngebut, soalnya yakin sopirnya “professional”
    kalo bis Surabaya-Bojonegoro aku takut soalnya ngawur 😐

  44. assalamulaikum mas,saya bulan ini isnyallah mau ke Jogja dari surabya, yang sampai saat ini saya tidak berhenti berpikir.
    1.lebih nyaman bis / kereta ?
    2.lebih aman bis / kereta ?
    3.lebih murah mana ?

    ps:bisa minta kontak mas efener,kirim ke email saya saja oktinastuzi[at]gmail.com.
    makasih mas

  45. mau nanya nih bang, kalo dari surabaya menuju jakarta referensi naik bis yang cepat tapi juga nyaman dan bisa dibeli di terminal enaknya naik apa ya ? dan estmasi waktu serta biaya juga bagaimana ?

    • Mbak bisa naik Budiman jurusan Bandung turun di Cileunyi. Setelah itu naik elf ke Sumedang.

      Atau

      Mbak dari Jogja ke Semarang dulu, naik bis Nusantara jurusan Bandung dan turun di Sumedang.

  46. Mas ef, numpang tanya, led ini aq n kel, rencana u pulkam ke padang naik bis, ini yg pertama, bawa 2 anak 1ortu. Enaknya naik apa ya n bisnya yg enggak nambah penumpang di jln. Di tgu loh infonya. Thks sblmnya

  47. mas, nyuwun tulung informasi nggih…
    saya dg 1 anak mau ke cirebon tgl 2/4/15 (kehabisan tiket sepur) mau nyoba naek bis…pengennya yg executive ato super deh biar nyaman…ada nggak ya mas yg berangkat dari terminal rawamangun
    ada yg berangkat malem?…maklum ktr di gatsu fingerprint jam 17 pas
    nama bis, tiket beli-nya dimana, di cirebon masuk kota ato enggak ya mas?
    maklum newbie banget dlm hal per-bis-an
    matur nuwun mas

  48. Halo mas, mau tanya kalo dari jakarta ke dieng wonosobo itu bagusnya naik bus apa dan dari mana yah yang langsung masuk toll dan gak pake muter muter ke terminal lain dulu. Tks

  49. assalamu’alaikum mas broo….

    Saya dari kuala lumpur,perancangan akan travel dari dari jakarta ke lombok dengan bis..mohon mas jadualkan nama bas,terminal,harga tiket,masa perjalanan…kerana saya akan travel pada bulan juni..masa lebaran..terima kasih ya,

    A. jakarta ke yogjakrta

    B. Yogjakarta ke Malang

    C.Malang ke bali

    D. Bali ke Lombok

    E. Lombok ke Sorabaya

    • Hai! 🙂
      Wah saat lebaran ya? Kalau saat lebaran harga tiket naik 2 kali lipat karena tuslah lebaran dan biasanya harus pesan jauh-jauh hari karena penuh. Tapi berikut ini untuk nama bas, terminal dsb – nya :

      1. Jakarta – Yogyakarta : Nama bas : Ramayana, dari Terminal Rawamangun jam 15.30 WIB. Tiket 220.000 Rupiah
      2. Yogyakarta – Malang : Nama bas : Rosalia Indah, dari Terminal Giwangan atau Pool Rosalia Indah jam 08.30, 13.00, 19.00 WIB . Tiket 100.000 Rupiah atau Yogyakarta – Surabaya : nama bas : Eka, Mira, Sugeng Rahayu, setiap 1 jam, tiket 70.000. Baru lanjut Surabaya – Malang bis apa saja.
      3. Malang – Bali : Nama Bas : Gunung Harta dari Terminal Malang, tiket : 200.000, berangkat sore
      4. Bali – Lombok : Denpasar – Padang Bai = sekitar 20.000,00. Padang Bai – Ferry to Lombok. Tidak ada bis dari Bali ke Lombok.
      5. Lombok – Surabaya : Bisa ikut bis Jakarta – Bima seperti Safari Dharma Raya.

  50. Haloo
    Mau tanya, kalau dari bandung mau ke surabaya baiknya pake apa ya? Taukah jadwal keberangkatannya? Lama perjalanannya kira2 berapa jam ya? Makasih banyaak

  51. mas lebih murah mana dari surabaya ke jakarta naik bis pake cara pindah bus atau langsung sub-jkt? kalo lebih murah oper bis, harus turun dimana aja?

  52. Om firstime nih, kira2 enakny naik apa ke tasik kalo sore dr jakarta? Posisi ku daerah fatmawati, plg krja jm 5. Besok niat ny mau k tasik naik bus dr lebak bulus ada gak ya?

  53. ass. maaf sebelumnya numpang nanya
    saya tinggal di depok , nah saya mau ke terminal giwangan jogja , kira” ada bis apa aja klo dari depok ?
    oh iya kelas nya super eksekutif
    makasih sebelumnya

  54. Mas, mau nanya nih, sy belum prnh baik bus sendiri. Sekarang pgn nyoba naik bus dr surabaya ke bali, beli tiketnya dmn ya mas? Bus apa yg ber-AC tp murah dan aman? Trs jam keberangkatan jam brp dan di mana? Hehe bener2 buta soal naik bus. Tolong bls ke email sy, makasih

  55. assalamualaikum
    mau tanya bis dari cikampek ke cirebon yg bebas ngetem ada? ane pulang kerja jam 5 sore, kalo bisa sampe cepatnya karena ada keperluan
    mohon penjelasannya, terima kasih

  56. mas kalo dari arah timur, Jember mau ke Tangerang naik bus apa y yg nyaman dan aman karna q bwa blita dan tnpa laki2. kira2 kisaran berapa tiketnya, tks

  57. Mas saya mau naik gunung ke rinjani lombok mohon info kalo naik bis ke lombok dari pulo gadung ada ngak ya yang langsung selain naik safari darma raya kan ke bali dulu nih ada yang lanhsung lombok ga mas

    • Kalau dari Jakarta ada Safari Dharma Raya jurusan Sumbawa. Bisa langsung turun di Lombok. Untuk jadwal dan tarifnya coba tanya di pool Kebayoran.

  58. Haloo Mas, mau tanya dong, bus yang berangkat malam sekitar jam 7 ato jam 8 malam ke jogja ada ga Mas? Bus apa ya mas? ada no kontak dan poolnya dmn Mas?

    terima kasih, akan sangat membantu.. hehe

  59. Salam BisMan om,
    Numpang tanya om,
    Dr jakarta ke jogja, naik dari rawamangun gimana bos,?
    Soal kenaikan harga tiket mau lebaran sampek berapa ya,?
    Sy mau nyoba back packer ini, hehehe,

  60. Pagi mas! Mau nanya nih, kalo dr Kuningan ke Garut naik bis apa yA?
    Harga tiketnya berapa, & jadwal nya jam berapaa?
    Saya ingin ke garut daerah leuwigoong(kalo tau) hehe
    Makasih mas sebelumnya

  61. mas ini saya mau tanya kl pasmudik begini naik bis estafet paling nyaman ke surabaya dari jakarta lewat semarang ya? bettul tidak, dan tolong info biaya tiket normalnya JKT-SMARANG dan SMARANG-SBY berapa ??? biar saya tau perkiraan selisih harga jika lewat calo biasanya menawarkan
    matur suwuun mas

  62. Pagi mas.. q mo nanya kalau dari jogja ke cirebon.
    1. Naiknya diterminal mana dan bus apa ?
    2. Jadwalnya jam berapa aja?
    2. Berapa lama waktu tempuh nya?
    3. Tarifnya berapa?
    Pulangnya aku mau naik kereta dari cirebon ke jogja
    #Pertanyaanya sama

  63. Siang mas, mau tanya dong. Ini rencana aku mau ke rumah pacar sekaligus mau silaturahmi sm camer nyoba ngetripnya by bus hehe. Posisiku sekarang lagi di Kediri ini mas. Tolong kasih tau rutenya ya mas hehe.
    1. Haruskah ke terminal Purabaya Surabaya dulu baru cari bis jurusan Bojonegoro?
    2. Kalau iya, naik bis jurusan Surabaya-Bojonegoro apa?
    3. Setelah itu turun di terminal mana?
    4. Tarifnya kira-kira berapa setelah lebaran ini?
    5. Jadwalnya berangkat jam berapa aja?

    Note:
    Tolong kasih tau rute perjalanan pulangnya juga ya mas dari Bojonegoro-Surabaya hehe. Pertanyaannya sama kya yg diatas.

    Thank you mas, tolong dibalas maaf merepotkan hehe.

  64. Assalamualaikum mas, mau tanya kalo dari cirebon ke semarang naik bus apa ya naik nya dari mana terus kira kira harga tiket nya berapa toling info nya ya makasih sebelum nya

  65. Halo mas, mau nanya kalo naik bis dari bandung ke semarang yang paling nyaman dan aman naik apa? keberangkatannya jam berapa? tarifnya berapa? makasih sebelumnya mas

  66. Salam kenal mas
    Maaf mas mw tnya ni.
    Daya dari depok.mw ke yogya /salatiga jg gpp.tapi bisanya berangkat jam 8 malm.klo dari rambutan ada ga.yg 1 kali naek bus.
    Makasih atas infonya

  67. Halo mas, numpang tanya kalo dr Mataram ke Bima, naiknya bis apa ya? Tau jadwal keberangkatannya? Terima kasih sebelummya 🙂

  68. haloo, mau tanya kalau dari bandung ke surabaya yang bisa naik bis apa & berangkat jam berapa dimana? hehe maaf banyak nanya.. firstimer niih 😀

  69. Alhmdlh ktm pakarny bus,, Mas,, mw tny dong,, dh bbrpa hr ini sy bngung mw k semarang yg masuk ke kotany bus ap ya dr jkt,,, krn nyari info kbnyakan trn diluar kota semarang pdhl sy ingin trn dkt stn.tawang yg notebene dlm kota,, , smoga bs membantu,, oiya 1 lagi ,, bus yg paling mlm ga pduli ekon ato exe,, yg pnting paling mlm,, krn sy krj,, thx sblm n ssdahny

  70. siang mas, mau tanya kalau bis dari jakarta ke tasik, saya tinggal di cibubur

    1. Naiknya diterminal mana dan bus apa ?
    2. Jadwalnya jam berapa aja?
    2. Berapa lama waktu tempuh nya?
    3. Tarifnya berapa?
    Thank you mas

  71. permisi om mau nanya,,klo bis dari jakarta jurusan bobotsari paling malem berangkat jam berapa yaa? dan dari terminal apa?
    makasih sebelumnya om

  72. Slm knl mas, saya rencana mau ke boyolali, saya berangkat dari alam sutra sekitar jam 8.30 malam. Mohon pencerahan harus naik bus apa dan dimana? Kalau harus ngeteng saya start naik bus apa dan dari mana, trmksh. Saya bisa ke rambutan atau pasar rebo naik agramas atau mayasari

  73. Mas, saya mau tanya. bis yang nyaman dan aman dari Bali ke Bandung apa ya? terus jadwal dan harganya gmn mas? saya rencana besok pulang dari Bali ke Bandung dengan 3 koper besar mas.saya hanya tau bis P. kencana tapi setelah Saya baca review bus P. Kencana ko kurang bagus ya komentar dari penggunanya? mungkin mas bisa share tipsnya. makasi mas

  74. Halo mas.. Sy tinggal di Semarang.
    Mulai Januari 2016 sy dinas di Jakarta selama 3 bln. Sabtu stgh hari minggunya libur. Maunya tiap 2 minggu sy plg ke semarang.
    Minta saran: bis sabtu siang dari jkt ke smg apa ya? Yg paling murah, non ac gpp, oper2 juga gpp.. 😉
    Dan bis minggu malam dari Smg ke Jkt apa ya? (sama, yg plg murah, non ac gpp). Prediksi sampai jkt max jam 5 pagi.
    Tq mas…

  75. Rencananya saya mau pulang kampung besok dari Jakarta ke kediri….tp saya mau beli tiketnya besok.apa bisa?ada saran bus apa dan dari terminal mana?

  76. mas mau tanya donk….saya dari jakarta mau ke jogja…udh beli tiket bus ramayana…menurut pengalaman mas bus ramayana aman dan nyaman tidak?lalu turun nya dijombor atau giwangan?

    • Ramayana nyaman banget Mbak. 🙂 langganan saya. Ke Jogjanya mau ke mana? Kalau mau ke Malioboro enak turun Jombor, kalau mau ke Kraton enak turun Giwangan.

  77. Mas salam ngeblong

    Saya rencana pulang dri batam ke semarang
    Tapi saya emg niat pengen ngebiz. Via jakarta

    So saya dari bandara soeta naik damri turun ke terminal mana buat smrg

    Kira2 smpe jkrta jam 11/12 siang

    Pgn naik bejeu – shantika – haryanto

    Recomend yg mana..makasih

      • Mantaapp mass…jawabannya cepat akurat…….rekomen mana mas buat mencicipi fasilitas mereka……oya lupa damrinya no brpa mas atau gmn sistem naik nya

        Gasssssss

  78. Salam kenal mas.. saya mau
    1. Bus Jogja bandung apa saja
    2. Pembayarannya di loket atau di atas bus *spy menghindari calo
    3. Lama perjalanan
    Makasih…

  79. Om Efenerr,

    Hai. Mohon bantuan infonya dong, ejke cewek nih bingung mau dari Jakarta jum’at malam besok tujuan ke Jogja, tapi KA yg malam udah habis sementara tiket pesawat mahal. Pengen naik bis, tapi baru bisa pulang kantor jam 17. Kemana ejke bisa dapetin bisnya, Oom? Makasih ya Oom 🙂 salam

    • Kalau jam 5 ke atas agak susah. Paling logis ke Rawamangun ambil bis ke Semarang, paling malam berangkat jam 19.30. Sampai semarang jam 5 pagi, setelah itu cari bis ke Jogja.

  80. mas..kalo dri jogja sampe jakarta lebak bulus biasanya berapa jam ya??
    klo pas weekend gini biasanya berapa jam makasih

  81. Salam mas
    Sy mau brangkat ke surabaya, posisi di kreo ciledug.
    Sy bingung milih bis, antara rosalia yg nyaman, safari dharma yg lumayan deket, sama gunung harta yg menurut kabar bagus. Klo rosalia lewat jalur utara sih sy g ragu lg, tp syngnya dia lewat solo.
    Nah, sy mohon pencerahan, sy harus pilih yg mana dlm hal kenyamanan tp g lama jg di perjalanan, hehehe..
    Atau mungkin ad bis lain yg belom sy tau..
    Makasih sebelumnya…

  82. Mas mau tanya, kalau mau ke garut dari jogja naik bus apa, atau turun di terninal mana yang paling dekat ke garut, sy sdh searching kok kayax ngga ada ya bus jog garut, tujuan kita mau ke papandayan dan sekitarx. Mohon infox. Mksh

  83. Min mau info juga masukannya dong, aku masih pemula untuk berpergian jauh pake bis gini. klo dari tangerang selatan ke bandung selain dari kali deres untuk prima jasa ada dimna lagi yah? Biar aman, nyaman, dan sebagainya.

  84. Gan saya mau pulang k aceh ne ntar tgl 2 bln 7 klau naik bus aceh lewat kalideres bsa kgak gan uda gtu jam brpa aja keberangkatanya

  85. tulisannya bermanfaat mas,

    klo dri bogor ke indramayu tlong kasitau bis apa yg nyaman & naik d mana ? turun di mana yg aman gk bnyk preman/calo ? sekalian transport menuju daerah sukra-sumuradem yaa mas….

  86. Mas saya mau nanya bus yang dari jakarta ke jogja, reccomended mas apa ? Rosin apa safari dharma raya .

    Binggung mau ngambil se yang mana !!!
    Makasih

  87. Kapok naik bis eksekutif gunung harta sby-denpasar 1 juli 2016 , kcopetan hp plus dompet. Pencopet turun sblm masuk terminal ubung. Hati2 untuk pengguna bis malam eksekutif ternyata bis eksekutif juga rawan copet, naif jika berpikiran seperti saya bahwa bis malam eksekutif dgn tarif mahal aman dr copet. Berhati-hatilah saat naik bis malam karena saat kita tidur pencopet leluasa utk mengambil barang bawaan kita.

  88. Kalo dari cirebon ke balaraja naik bus apa bang ? ada ngga bus yg dari cirebon langsung berhenti dibalaraja ..

  89. trimakasih info sebelumnya.
    pak mohon infonya dari bandara soetta ke indramayu. alur perjalanan darat dan kendaraan yg digunakan. rencana ke kec.sukra indrmyu.
    infonya sangat membantu

  90. Sore mas, mau tanya..
    Saya dari jember, mau ke bojonegoro.
    Jalur mana saja yg akan saya lalui.
    Start dari tawang alun jember.
    Trims mas..

  91. maaf mau tanya, Kalau dari yogya ke bandung ada bis yang sekitar jam 10′ maleman gak ? klu ada bis apa dari terminal mana ? terima kasih.. ^^

  92. Pagi mas, izin mau tanya..boleh minta rekomendasi bus Super eksekutif Jakarta – Malang yang paling bagus (menurut mas) dan ada gak ya agen bus tersebut di Depok, karena saya berdomisili di Depok, matursuwun sangat.

  93. Mas mw konsultasi dong..
    Saya rencana 23 desember mw mudik ke kampung ayah dipurwokerto..
    Nah saya mau naik bus dari terminal rawamangun krn lokasi terdekat dr saya. Dan sudah lama sekali saya tidak naik bis.

    Yg saya tanya rekomendasi apa yg dikasih om untuk bis tujuan purwokerto.. Bujed menengah ya om hehe kisaran 100-150. Syukur2 dpt eksekutif

    Dulu sering naik sinar jaya yg eksekutif Rp 87.000 tp itu dulu.

    Bagus jg klo om kasih list pilihan bus buat jd perbandingan..

    Makasih ya om

  94. mas minta sarannya boleh ya!!!
    saya berasal dari bandar lampung…nanti tanggal 10 des ini mau ke garut yang mau saya tanyakan dari pelabuhan merak ke garut baiknya bagaimana dan jam berapa ya?
    (baru kali ini sih) biar enak ngatur waktunya…
    terima kasih

  95. Mas…
    Baru pertama ni mau pake bus jarak jauh, mohon sarannya bus executive Jakarta-Malang apa saja. Yang recomended? Kalau dari terminal Lebak bulus menuju ke Univ.Brawijaya

  96. Mas mau tanya,
    Kalo dari Garut mau ke Bojonegoro baiknya naik Bus apa ya yg nyaman & aman soalnya baru 1 kali

  97. Tanya dong Mas,
    Klo bus untuk Bandung-Magelang setau saya ada Kramat Djati, Pahala Kencana, Budiman, Bandung Express…
    Bisa minta rekomendasinya n kekurangan kelebihan dari armada2 itu g Mas?
    Terima kasih~

  98. Wow saya saja Baru kenal dengan komunitas penggemar bis indonesia tahun 2011 an
    Wah udh jalan banyak nih ya…
    Tambahan dikit dari saya…
    -terkadang kalau mau naik bis udah tau jadwal dari barat sama timur nya Kenapa?biar dapet yg dijamin enak apalagi skrng artis,
    -yg point itu bener banget kadang jarak jauh udh cari tiket duluan biar dpt kursi depan hehe..
    Btw kalau dibilang bis dengan kereta skrng milih bis..knp?karena yaaa bis skrng gk kayak dulu sih udh bagus banget lah sekarang fasilitas nya…
    Kekurangan yaa cuma itu aja lama nya perjalanan tapi kalau bus nya nyaman juga gk bakal dirasa hehe
    Oh ya mas skrng fenomena bus Chassis panjang mulai menjamur dimana2 body baru tetep berinovasi teruss menerus…
    Salam roda enam juga hehe
    Eh iya skrng lebih dari 6 sih hehe…apakah tertarik dengan chassis baru?MB OC500RF 2542 sampai Scania K410 Ib opticruise?monggo dicoba ?

  99. Kami bakal Check-in at Konko Hostel (Jl. Kebon Sirih No.03/03, RT.9J RT/RW.7, Kb. Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340)

    Dari sana ingin ke Bogor bagaimana?

    * Stesen terdekat dengan Konko Hostel

    Terima kasih,

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here