IMG_3754

Setelah perjalanan Singapura – Melaka dengan bis, maka rute selanjutnya adalah Melaka – Kuala Lumpur. Dengan begini maka lengkaplah sudah perjalanan darat dari Singapura ke Kuala Lumpur. Selama di Melaka beberapa hari praktis kemana-mana juga mengandalkan bis. Untungnya sistem bis kota di Melaka diatur dengan baik dengan model bis yang mirip-mirip bis di Jepang, dengan nomor bis dan rute yang sudah jelas.

Rute Melaka – Kuala Lumpur termasuk rute jarak menengah. Total jarak tempuh adalah sekitar 113 kilometer dan jika lancar bisa ditempuh dalam 2 jam perjalanan. Karena Melaka dan Kuala Lumpur adalah tempat wisata populer di Malaysia, bis-bis di rute kedua kota tersebut tersedia dari pagi buta sampai tengah malam dan bis yang melayani rute tersebut juga sangat banyak dan beragam.

Melaka KL
Peta Rute Perjalanan Melaka – Kuala Lumpur

Melaka Sentral

Bis-bis di Melaka berpusat Melaka Sentral, terminal ini adalah terminal terpadu untuk semua bis di Melaka, baik bis antar negara bagian maupun bis kota Melaka. Letaknya memang sedikit di luar kota Melaka, sehingga jika ingin langsung ke pusat kota Melaka kita harus berganti menggunakan Bis Kota atau dengan Taksi.

Melaka Sentral adalah terminal terpadu, selain terminal juga ada pusat perbelanjaan dan oleh-oleh. Bagian dari terminal ini dibagi menjadi 2, yaitu untuk bis dalam kota dan bis antar negara bagian. Untuk bagian bis antar negara bagian, bentuknya dibuat melingkar dengan ruang tunggu ber-AC yang cukup representatif. Tiket bis tersedia di loket-loket yang ada di bagian bis antar negara bagian.

Tidak seperti di Johor Bahru, terminal Melaka Sentral ini lebih tertata dan lebih bersih, nyaris tidak ada calo tiket seperti di Johor Bahru. Penumpang tinggal menyusuri saja lokasi penjualan tiket untuk membeli tiket sesuai jadwal dan tujuan yang diinginkan. Setelah itu tinggal menuju ke ruang tunggu bis, rata-rata tiket-tiket bis di Melaka Sentral sudah sangat informatif, memuat jam keberangkatan dan peron tempat berangkat bis.

Yang enak dari Melaka Sentral adalah terminal ini beroperasi 24 jam. Jadi ketika memutuskan untuk stay di terminal ketika tiba di Melaka malam hari pun relatif aman. Beberapa kedai makanan juga beroperasi hampir 24 jam, jadi bisa menjadi tempat bersantai menanti keberangkatan. Arus penumpang di Melaka Sentral ini termasuk sangat ramai, maklum karena kota ini adalah destinasi wisata utama di Malaysia, pun lokasinya tak terlalu jauh dari Kuala Lumpur.

Tips : Saya sarankan untuk membeli tiket minimal sehari sebelum keberangkatan. Terkadang jika membeli tiket pada hari-h kita bisa kehabisan kursi, apalagi saat akhir pekan tiba. Kemudian datanglah setengah jam sebelum keberangkatan dan melapor pada petugas bis yang sudah dibeli tiketnya. Di Malaysia rata-rata waktu keberangkatan sangat disiplin sekali, tidak ada ngetem, tidak ngaret semenitpun, begitu waktunya bis akan langsung berangkat, jika penumpang tak ada, akan langsung ditinggal.

Delima SKS 

Ada banyak sekali pilihan bis ke Kuala Lumpur dari Melaka, rata-rata standar pelayanannya pun sama dan dengan harga tiket yang nyaris sama pula, paling jika ada selisih mungkin hanya 1-2 Ringgit Malaysia. Hampir setiap bis yang ada di Melaka ada rute ke Kuala Lumpur, jika ingin membeli maka tinggal lihat saja pengumuman yang ada di loket-loket tersebut, biasanya akan dituliskan nama kota dan jam keberangkatan. Jika di hari-h maka ditempel jam keberangkatan yang paling cepat yang bisa dipilih.

Dari Melaka, bis ke Kuala Lumpur biasanya dibagi menjadi 2, yang pertama adalah bis yang menuju Terminal Bersepadu Selatan, terminal bis baru di Kuala Lumpur. Sementara yang kedua adalah bis yang menuju Puduraya, walaupun Puduraya biasanya untuk bis-bis yang menuju bagian utara Malaysia, tapi ternyata masih ada yang melayani rute ke selatan. Lihat juga tempat menginap di Kuala Lumpur, jika menginap di daerah Bukit Bintang dan sekitarnya saya sarankan lebih baik mengambil rute ke Puduraya, karena jika mengambil rute ke Terminal Bersepadu Selatan masih harus menyambung dengan kereta yang cukup lama waktu tempuhnya.

Karena standar layanan dan kualitas bis di Melaka yang nyaris sama, maka saya memilih waktu keberangkatan yang paling mula. Saya harus berada di Kuala Lumpur pagi hari, maka saya harus berangkat pagi-pagi buta dari Melaka, saat itu bis yang berangkat antara jam 5-6 pagi hanyalah Delima dan akhirnya bis itulah yang saya pilih untuk perjalanan ke Kuala Lumpur.

IMG_3755

IMG_3757

IMG_3756

Delima adalah salah satu operator bis antar negara yang sukses di rute Kuala Lumpur – Melaka – Johor Bahru – Singapura. Saya membeli tiket sehari sebelum keberangkatan, untuk rute Melaka – Kuala Lumpur tiketnya dibanderol 13, 4 Ringgit Malaysia, jika dirupiahkan mungkin sekitar 50.000-60.000 rupiah. Hampir sama dengan tiket untuk rute dengan waktu tempuh yang sama di Indonesia, seperti Jakarta-Bandung, dengan fasilitas yang lebih bagus tentunya. Untuk rute Melaka – Kuala Lumpur, bis Delima hanya menghubungkan antara Melaka Sentral dan Terminal Bersepadu Selatan, tidak ada rute ke Puduraya.

Beruntung saya mendapatkan bis yang relatif masih baru dengan kode SKS E5 300 H. SKS adalah karoseri bis terbesar di Malaysia, rakitan-rakitan bis dari SKS rata-rata memiliki model yang futuristis, dengan garis body yang ramping dan aerodinamis. SKS 5 ini adalah salah satu line up karoseri bis unggulan dari SKS yang memiliki fasilitas kelas wahid. Lampu LED/HID, audio dan video system, interior yang mewah dan sudah dipasang fitur ABS dan Air Suspension untuk kenyamanan dan keamanan saat perjalanan.

IMG_3760

IMG_3759

Tipe E5-300 H menggendong mesin Hino J08E  yang memiliki kapasitas mesin 7.684 cc, 300 ps dengan sistem 6 percepatan. Mesin ini cukup banyak dipakai di Malaysia sebagai mesin bis dan tampaknya cocok untuk bis-bis jarak menengah karena memiliki karakter cepat. Oleh SKS, produsennya bis ini dilengkapi dengan speed limiter, mesin tidak bisa digeber di atas 105 kilometer per jam, jika dilanggar maka alarm kecepatan akan otomatis berbunyi dan meminta pengemudi untuk menurunkan kecepatannya.

Bis ini memiliki konfigurasi kursi 2-2, reclining seat dan ukuran kursi yang lebih lebar daripada bis-bis di Indonesia. Di bagian atas terdapat kompartemen untuk menyimpan tas. Jarak antar kursi dibuat sangat lebar sehingga kaki bisa selonjor dengan leluasa. Untuk sisi hiburan, sepanjang perjalanan saya disajikan film – film komedi di LED TV karya P. Ramlee, aktor komedi terkenal di era 1960-an yang memiliki darah Lhokseumawe dari ayahnya. Soundsystemnya empuk, jika tidak salah instalasi audionya diisi dengan produk keluaran Kenwood, pilihan yang pas untuk kualitas audio sistem hiburan dalam bis.

IMG_3768

IMG_3769

Perjalanan dimulai ketika pagi menyingsing, sebelum perjalanan bis diinspeksi terlebih dahulu oleh teknisi dari Delima. Pengecekannya cukup lengkap mulai dari mesin, lampu-lampu sampai interior diperiksa terlebih dahulu. Setelah mendapat persetujuan boleh jalan maka pengemudi masuk ke bis dan penumpang lalu dipersilakan naik. Bis sudah siap sejak satu jam sebelum keberangkatan. Tidak ada pengumuman dari pihak operator bis dan rasanya tidak perlu karena di tiket sudah tertera jadwal keberangkatan, peron sampai kursi penumpang di bis nomer berapanya. Kru bis hanya pengemudi, tidak ada kru lain. Tidak ada kernet atau kondektur atau sopir cadangan, tiket beli di loket dan sudah diperiksa sebelum berangkat, jadi memang tidak perlu kernet atau kondektur.

Perjalanan relatif lancar dan bagi saya cukup membosankan. Bis melaju di lajur seharusnya, hanya sesekali menyalip kendaraan di depannya, tidak ada adegan saling susul diantara bis-bis di jalan tol. Saya kira memang tidak perlu karena hampir tidak ada kemacetan dan jalannya pun sangat mulus. Laju bis begitu monoton, saya memilih menonton film P. Ramlee yang diputar di bis karena melihat pemandangan pun hanya itu-itu saja. Bagi pecinta adrenaline, tidak akan bisa menikmati sajian adu cepat bis di rute ini, yang bisa dinikmati adalah kenyamanan saat perjalanan.

Mesin Hino J08E cukup halus dan transisi percepatan pun mulus sekali, tidak ada getaran atau rasa tersentak ketika perpindahan gigi. Akselerasinya cenderung perlahan, step by step, ketika mendekati kecepatan puncak, pengemudi akan mengemudikan dengan sangat konstan, bahkan kemudian sesekali menurunkan kecepatan. Pantas jika para penumpang banyak yang terlelap nyenyak saking halusnya cara pengemudi menjalankan bis ini.

IMG_3786
Bis di Terminal Bersepadu Selatan.

Pas 2 jam ketika bis sampai di Terminal Bersepadu Selatan dan bis berhenti di peron kedatangan. Terminal Bersepadu Selatan adalah terminal yang canggih, bangunannya futuristis, interiornya seperti di bandara Internasional dan memiliki jadwal bis yang akurat. Bis-bis dari dan ke seantero Malaysia berpusat di sini, memiliki area parkir bis yang sangat luas serta terkoneksi dengan 3 jalur kereta, Ampang Line, KTM Komuter dan KLIA Ekspress. Jika ingin langsung menuju Stasiun KL Sentral bisa dengan KTM Komuter atau KLIA Ekspress, sementara jika ingin menuju area Bukit Bintang bisa menggunakan Ampang Line.

Akhirnya dengan sampainya saya di Kuala Lumpur maka tuntas sudah perjalanan saya menggunakan bis dari Singapura – Kuala Lumpur. Boleh jadi sepanjang perjalanan di semenanjung Malaya ini layanan bis nya sangat nyaman, tepat waktu dan aman. Tiket pun rasanya jika dirupiahkan cukup murah, sama dengan tarif bis di Indonesia dan saya rasa naik bis bisa jadi pilihan bagi yang ingin berwisata di Malaysia.

Tabik.

PS : 

1. Catatan Sebelumnya : Singapura Melaka

2. Website Delima, bisa melakukan pembelian online lewat situs ini.

Bagi yang ingin bertanya tentang bis Melaka – KL silakan isi kolom komentar atau via email. 

Follow Efenerr on WordPress.com

232 KOMENTAR

  1. Mas,tips2 nya ok bgd …pas bgd buat aq yg mau brangkat minggu dpn dgn rute yg sama…sing-melaka-KL…mau tanya kalo bis dr melaka-KL recomended operator bis yg ke puduraya apa yah?trims before

    • Untuk ke Puduraya bisa coba Billion Express Coach, berangkat jam 8.30 pagi atau KMK StarCoach Express berangkat jam 9.30 pagi mbak amalia. 🙂

  2. Mas… q ud byk blognya.. bagus banget buat referensi… rncana mnggu dpn q mw ke sg-malaka-kl… klo dari malaka ke kl mending aq naik bis apa yah? Kebetulan aq nginapny di kl daerah petailing street? Mohon recomenny ttg naik bis ap, turun di terminal ap n budgetny? Thx

    • Halo Reni. Terima kasih sudah mampir. 🙂
      Dari Malaka bisa ngikutin saya naik Delima. Lantas dari Terminal Bersepadu Selatan / TBS naik KTM Komuter / KLIA Transit saja sampai KL Sentral. Setelah itu ambil Kelana Jaya Line turun di Stasiun Pasar Seni dan lanjut jalan sampai Petaling.
      Atau
      Dari TBS bisa naik LRT Sri Petaling Line dari TBS nanti langsung turun di Stasiun Masjid Jamek dan tinggal jalan ke Petaling.
      Untuk budget, bis Melaka – KL : RM 10 dan untuk kereta sampai Petaling kira-kira RM 3.

  3. Hai mas

    Pas banget ini ada info tentang bus ke melaka. Aku mau Tanya boleh?
    1. Kalo Dr KLIA adakah bus yg menuju melaka langsung? Atau sy harus ke pudu or kl sentral dulu.soalnya sampe klia jam 1 mlm. Pengen ngejar yg jam 2 pagi berangkat ke melaka. Apakah ada?
    2. Untuk di melaka nya sendiri mobilisasi nya menggunakan bus apa yah untuk ke tempat wisata.

    Tks

    • hai mas Holis. 🙂

      1. ada mas yang langsung ke Melaka. kalau pagi ada dari jam 5.
      2. banyak mas. 🙂 tapi untuk ke Old Town mas bisa pake bis no.17.

  4. Mas..busnya ke KL pagi sekali..jam 5-6..kalau saya mau beli tiket bus yg sepagi itu bagaimana cara ke Melaka Sentral sepagi itu dari jonker street ya? Karena saya dengar public bus mereka baru beroperasi jam 7 pagi kan? Terima kasih

  5. Mas mau tanya nih
    klo transportasi dari KL ke Malaka bagusnya naek apa ya?
    dan kalau boleh tanya dari penang ke KL naek apa bagusnya kalau tahu .
    thanks

  6. Pak, tolong tanya jika saya dari terminal pudu raya ke malaka apakah ada bus yang langsung ke melaka sentral? jika ada apakah busnya banyak?
    mohon informasinya

    Terima kasih

    • halo mas frengky.
      tidak ada setahu saya mas..mas frengky bisa menggunakan LRT yang ada di sebelah stasiun Pudu Raya untuk ke Terminal Bersepadu Selatan baru kemudian bertolak ke Malaka.

  7. Hai mas, mau nanya nich, transportasi di kota malaka sendiri Ada apa ya mas selain taksi, apa bus kota Ada seperti kaya penang? Soalnya mau menginap di bukan daerah jongker… Saya cari infonya kok hanya taksi ya mas alat transportasi kotanya? Makasih yah mas…

      • Mksh mas informasinya… Mas nanya lagi nich, sedikit nyimpang dari blog ini, kalau saya dateng dari Singapore n 2 hari ingin explore SIN dulu tapi nginep di Johor Bahru (krn Niat mau ambil SIN tourist pass 2 day) repot n Gpp ga sich bolak balik dalam 2 hari? Selain mau ngajak anak ke legoland juga ngehemat biaya hotel mas? N jam sibuk pagi imigrasi SIN ke JB atau sebaliknya yang harus di hindari jam brp ya mas? Nuhunnnn pisan mas penjelasannya…

        • Baik Mbak Lery. 🙂
          Nah kalau di JB penginapan memang lebih murah, tapi memang nanti agak sedikit repot bolak-balik SG – JB nya. 🙂
          Jarak tempuh SG – JB itu sekitar 1 jam. Oia dan jam sibuknya antara jam 8 pagi dan jam 5-7 sore..

          Selamat liburan mbak. 🙂

  8. Nambah sorry….. Karena selanjutnya kami akan melanjutkan perjalanan ke malaka dariJB lalu ke KL dan kembali ke jakarta dari KL. ….. Ceritanya sich cuti seminggu melakukan perjalanan ini. In shaa Allah.

  9. permisi mas mau tanya. andaikan bis dari Melaka ke KL habis, ada alternatif lain ga ya? saya jalan dari SIN ke KL, tapi pengen mampir dulu sebentar ke Melaka. Dari SIN niatnya berangkat malam, nyampe Melaka pagi, trus siangnya baru lanjut ke KL. mohon penjelasannya mas. makasiiiiihh 😀

  10. another information , jika bus bawak laju over 100/kmj.. kotak hitam akan berbunyi to alert driver supaya drive below 100kmj.. so naik bus mmg labih safe.. ~ from malaysia

  11. Membantu sekali infonya..mas mo tanya, klo di malaka recomended daerah rame dmn? Penginapannya? Tempat belanja Dan tempat wisatanya? Thx info nya

    • kalau di Melaka yang ramai di daerah Oudstad dan Jonker. Belanja bisa disitu atau di Dataran Merdeka. 🙂

      penginapan jika ingin yang enak silakan cari di daerah Jonker kak Sherly.

    • sore mas frengky. kalau menurut pengalaman pribadi saya lebih cepat dengan LRT mas. kalau naik bis saya masih terhambat macet di KL.
      terima kasih sudah meninggalkan komentar.

  12. Mas aku mau nanya nih
    1 klo dari changi ke jb ada gak busnya?
    2 klo dari terminal bersepadu selatan mau keliling kl seharian enaknya naik apa ya mas?? Mlmnya mau balik ke sin soalnya
    Tlg infonya yaa 🙂

  13. Mas mau tanya, untuk ke melaka sentral dari jonker street, untuk naik bus jam 5-6 pagi, enakkan naik apa ya ? klo untuk taxi apa ada yg bisa di contact sebelumnya ?
    masih bingung mau naik bis jam berapa , inginnya sampai di KL jam 10 pagi. tapi bingung menuju ke Melaka Sentralnya pagi2 bagaimana.. hehhe
    terima kasih

    • Pagi Malia!

      Waktu itu saya dapat taksi dari guesthouse, jam 4 sudah dijemput.
      Jarak tempuh Malaka – KL 2 jam kog, jadi tidak apa-apa berangkat sedikit siang.
      Kalaupun ndak ada taksi, di depan Tamingsari banyak nongkrong taksi 24 jam, baik yang pake argo maupun tidak. Salam.

  14. Mas mau nanya nih saya dari langkawi smp klia2 jam 8 malam, ada gak bis langsung dari klia2 ke malaka? Klo ada mau websitenya dong, makasih.

  15. ka mu nanya kalau dari terminal bersepadu ke kawasan KL sentral brpa jam perjalanan naik apa dan berapa ringgit ? tiket on the spot juga ?
    makasih

  16. 1 lagi ka ,, hhe kalau aku mau take the bus sore dari malaka central bearti kira-kira smpe mlm d terminal bersepadu itu akses buat k KL central ny 24 hour jg ga ?
    makasih

  17. Halo Mas Salam kenal yah.. Senang bgt ketemu cttn ini .. Mas ini per tams kali kami sekeluarga ke KL.. Mas Mahon info dong saya rencana ke Malaka..tepatnya didekat daerah rumah sakit mahkota.. Dari bandara KL sy menggunakan bus apa yah..Dan dimana sy bs membeli ticket bus ya… (Saya via garuda ). Makasih byk Mas.

    • selamat pagi mbak.
      dari KLIA mbak naik KLIA Express nanti turun di TBS.
      di TBS mbak langsung saja masuk ke area tiket. nanti langsung pilih saja bis ke Malaka, apa saja bisa mbak karena bis ke Malaka jumlahnya sangat banyak. 🙂

  18. Salam kenal mas, mau tanya kalau dari jonker malaca ke bukit bintang,
    – Sebaiknya naik bus apa sebaiknya trans atau delima ?
    – Terus rutenya gimana ada yg pudu dan tbs.
    – Berhubung saya ajak keluarga gitu rute dan bis mana yang lebih nyaman ?
    – Ampang Line itu turun dimananya mas supaya sampai bukit bintang ?
    Thx mas. maaf banyak nanya ya..

    • Malam Mas. Saya coba jawab ya.
      1. Bus bisa apa saja mas. Untuk rute KL – Malaka busnya nyaman kog untuk keluarga.
      2. Kalau dari Malaka ambil yang ke TBS mas.
      3. Kalau mas naik Ampang Line, dari TBS turun di Hang Tuah dan switch ke Monorail yang ke Bukit Bintang.

  19. Malam Mas,tulisan nya top bgt utk sya,berhubung trip malaka ke KL 19 feb.mas,kalau sy menginap di TUNE Hotel central,saya sebaiknya turun di terminal mana ? Lalu transportasi sya ke hotel gmn mas? Makasi bantuannya

  20. Salam Mas, Sy mau liburan bulan April pertengahan, nah dari Bandara di KL yg lgsg ke Malaka ada ga yah? Trus bisa bantu jg ga mas kalo mau sewa bis untuk jalan2 di Kuala Lumpurnya seharian.. Makasi sblmnya..

  21. Halo Mas, terima kasih atas info nya yang sangat bermanfaat. Tanya dong Mas, klo kita menginap di Malaka dan ingin pergi ke KL dgn bis plg pagi yang jam 5-6 itu, apa di hotel pasti bisa carikan taxi ke Malaka Sentral? atau ada alternatif lain?
    Apa Mas punya info penginapan di Malaka yg murah dan recommended yg mana?
    Thanks atas infonya.

  22. Malam mas,
    saya minta rekom donk, mau jalanin KL – Selangor – Malaka dalam sehari. Bisa gak ya?
    Dari melaka ke selangor gimana caranya ya mas??
    Saya rencana mei mau ke Malay, untuk perjalanan 2 perempuan yang baru melancong ke luar negeri, jalan yang aman gimana caranya ya mas.

    Makasih sebelumnya, Mas.

    • Hai Fanny.

      Sebenarnya bisa namun akan sangat melelahkan. 🙂 Melaka – Selangor ada bis kog.

      Yang aman adalah dengan saling menjaga satu sama lain dan jangan terlihat gagap di luar negeri. Insya allah di Malaysia aman mbak. 🙂

  23. Pagi mas , mau tanya lagi nih .
    berhubung tahun ini saya ada liburan ke penang jadi mau tanya” dulu , ada gak bus dari bandara penang langsung ke genting ? Untuk jam malam punya Sekitar jam 9 ke atas mas .

    Thanks 🙂

  24. Hi mas, kalau dari KLIA 2 mau ke Malaka enaknya langsung naik Transnasional bus aja atau mesti naik KLIA Transit ke Terminal Bersepadu Selatan terus naik bus ke Malaka yaa?

    Nah kalau mau naik Transnasional bus dari KLIA 2 mesti beli tiket online kah? Tadi aku coba beli tiket gitu kan, tapi ga ada opsi pembayarannya pake credit card.. Jadi bingung nih takut keabisan tiket bus ke Malakanya kalau beli on the spot.

    Mohon pencerahannya ya mas. Thanks 😛

    • Hai Mbak Ika. 🙂
      Langsung saja ada dari KLIA 2. on the spot ga masalah dari KLIA 2, kalaupun ketinggalan tinggal naik kereta ke TBS, bis ke Malaka setengah jam sekali.

  25. Siang Mas, mohon info adakah kartu semacam EZ Link yang bisa digunakan di beberapa kota di Malaysia. Saya akan tiba di Johor Baru tapi pulang melalui KL, apakah kartu bisa dibeli dan refund di kota yang berbeda. Terima kasih banyak

  26. Mas… mau tanya niiihh…
    Saya rencana mau trip ke malaka trus ke kl.
    1. kalo dari lcct ke malaka langsung naik bus apa ya mas? perkiraan saya sampai di lcct 12.00 siang.
    2. saya menginap di dekat jongker street, dr terminal malaka saya lebih baik naik apa untuk menuju ke hotel?

    thanks

    • Hai Sandra..
      1. Dari LCCT maksudnya KLIA 2 ya mbak? Langsung ada bis ke Melaka dari KLIA 2 kog.
      2. Naik bis kota saja Sandra. langsung bisa turun di Jonker.

  27. Mas mau tanya…saya dari puduraya pagi pagi sekali mau ke malaka apakah bisa…. kalau tdk bisa, gimana cara dari puduraya ke tbs?

  28. Mas mau tanya kl saya pagi pagi dari puduraya apakah ada bus ke malaka…. jika tidak bisa gimana cara nya dari pudu ke tbs? Tq

  29. Hi, Mas, terimakasih sebelumnya karena info2 di blognya sungguh berguna! Saya mau tanya, kalo dari Pudu Plaza Hotel untuk naik bis ke Melaka apakah melalui terminal TBS?
    Saya berencana stay di Hallmark Leisure Hotel di Jl, Portugis. Setibanya di Melaka Sentral, kira-kira objek apakah yang terdekat untuk bisa dikunjungi sebelum check in?
    Terimakasih banyak atas bantuannya.

    • Hai Rizka. 🙂

      Yak betul, dari Pudu silakan naik LRT menuju TBS baru menuju Melaka.

      Hotelnya dekat riverwalk itu kog. Dekat dengan Jonker Street dan Stadhuis. Jadi bisa ke sana. 🙂

  30. Siang Mas Efenerr,

    Mohon bantuan jika perjalanan satu hari kita ke Batu Cave, Genting island dan Malaka…apakah waktunya memungkinkan untuk satu hari dengan transportasi umum. dan destinationnya yang enak mana dulu kalau memang bisa. kalau bisa mohon pencerahaan rutenya sekalian ya mas…thanks before 🙂

    • Bisa tapi capek Mbak Gunarsih.

      Pertama Mbak Bisa ke Batu Cave dulu baru ke Genting, setelah itu baru ke Melaka. tapi mungkin sampai Malaka sudah malam. 🙂

  31. Mas maaf mau tanya….
    tau info website bis di malaysia yang memungkinkan kita bisa boking dahulu kemudian bayarnya di malaysia/ di tempat?? soalnya saya ga ada kartu kredit untuk pembayaran via online. tapi dulu temen pernah boking via website terus bayarnya di malaysia dengan cash (tapi temen aku itu lupa nama websitenya, kali aja masnya tau hehehe…) mohon info ya mas…. terimakasih.

      • oh gitu ya mas…..
        Tapi biasanya kalau untuk pembelian on the spot ga akan kehabisan tiket kan ya mas?
        oh iya mas saya juga mau tanya. Dalam waktu sehari, untuk ke batu cave, kemudian ke genting, lalu ke putra jaya kira-kira waktunya cukup ga ya mas? terimakasih untuk infonya mas….

        • Biasanya sih tidak masalah Kak Intan. 🙂
          Bisa sekali. Jalurnya demikian, dari Batu Cave lantas ke Genting lewat KL Sentral setelah itu baru ke Putrajaya.
          Demikian.

  32. Mas, sy ada rencana plg prg di bandara klia2 dan tujuan sy genting,penang, malaca, singapore dlm wkt 6 hari , lbh praktis rutenya gimana ya ?

  33. Asslamualaikum..punten yah mas.
    Sy mau tanya, skg kan LCCT udah gk ada trus diganti sm KLIA 2, transfortasi bus nya gmna y mas buat ke KL sentral. Kan klo Lcct dlu ada skybus sm aerobus, klo KLIA 2 gmna mas? Ada kaunter tiket bus nya gak di KLIA2? Makasih ya mass 🙂

  34. Mas, sy ada rencana 6 hr KL, Legoland, Penang dan melaka. mohon petunjuk mas rute yg simple. tiket pp KL via garuda. makasih.

  35. Pagi Mas Efenerr…mohon bantuan mas, kalau dari terminal bersepadu selatan ke malaka bis paling pagi itu jam berapa mas …..thanks

  36. o gt mas..pengen bs semua.hahaha…jd ya KL, Penang, Melaka. trus recommen operator bus ke penang jam 8 pg brgkt dr terminal puduraya ya.kl balik dr penang lgs ke melaka ada gk?kira2 jadwal bus tau gk? thanks 🙂

  37. Mas efener, saya mau tanya kalau pas idul fitri, mudah gak dapat tiket dari Kl-malaka terus malaka-johor ? Tiket yang bisa dibeli online apa saja ya? bisa dipesan jauh hari kah ?

  38. Saya bsk tgl 13 mei mau ke kuala lumpur dan terus ke Melaka, tarif bus ke Melaka sekarang brp ?

  39. Halo mas , mau tanya .
    apakah ada transportasi ke malaka , dari bandara lcct kuala lumpur dan bandara di penang ?
    mohon bantuan nya .

  40. mas, mau tanya saya ada rencana ke KL selama 7 hari 6 malam. Tiba di KLIA pulangnya dari Penang. Saya mau keliling KL, Malaka, Singapura, Penang. Mungkin gak ya mas ? Mana dulu yg harus saya tuju? Mohon infonya ya…..

  41. siank mas,
    mau tanya kalau saya sama keluarga libur lebaran(16 -19 juli) ini jalan jalan dari pelabuhan dumai ke malaka genting singapura.transportasi nya gimana saja y mas.
    rencana nginap di kawasan petaling street di KL.
    malaka – KL bus apa y mas?bus paling pagi jam berpa y?apa harus book bus dl y?
    KL – SING bus apa y mas?perjalanan berapa jam?paling pagi bus bergkt jam brp y?apa harus book tiket bus juga?
    SING – Malaka bus apa y mas?berapa jam?apa harus book tiket juga paling pagi bus jam berapa y?karena rencana pulang ke dumai naek fery jam 10 pagi.

    mohon bantuan infonya mas.
    terima kasih.
    sukses buat blognya y

    • Wah rutenya muternya nda kejauhan itu mbak? Lebih baik milih ke KL atau SG soalnya letaknya berlawanan. KL – Malaka 2 jam, KL – Sing bisa 8-10 Jam.

  42. Halo Mas Efen,

    Sorry nih mau nanya…Pada hari raya idul fitri 17 Juli 2015 itu ada bus yang beroperasi tidak ya kira-kira? Pernah ada yang beli pas hari raya? Saya dari Melaka mau ke KLIA2 di tanggal itu karena sudah beli tiket pulang ke Jakarta di tanggal 17 Juli jam 4 sore…
    Mohon bantuan dan infonya Mas…soalnya tanya Taxi via WA dari web GO2KLIA minta harga 450RM 🙁

    Thank’s a lot 🙂

      • Booking online itu bagaimana caranya? soalnya pernah mau coba booking online transnasional tidak ada jadwal di tanggal 17 juli 2015..ada info bus lain yang bisa booking online mas? lalu pembayaran menggunakan kartu kredit bisa ya? Mohon infonya. Terima kasih banyak.

  43. Selamat siang, Mas Efenerr.
    Wah, Rame sekalian blog ini. Sangat membantu info dari Mas.
    Rencana mau ke Melaka lwt Sin-JB tgl 18 Juli, apakah perlu pesan tiket online ya?( Sampai Sgpo jam Sepuluh wib) Pemesanan online kena biaya ya? Lalu Klo Kita tidak sempat Naik bus di jam yg Kita pesan, Apakah tiket Kita akan hangus?
    Thx n salam sukses.

  44. Mas mo tanya dong, kalau saya punya satu hari dari pagi sampai jam 6 sore (Pesawat balik Jakarta jam 7 malam), kira2 kalau dari KL ke Malaka, kira2 cukup gak buat jalan2 di Malaka?

    Enaknya naik bus yang jam berapa ke Malaka? busnya namanya apa?

    • Cukup, namun di Malaka dibatasi sampai jam 12 saja mengingat jauhnya ke KL.
      Bisnya bisa ambil Delima, nanti dari Malaka bisa langsung ambil bis ke KLIA.

  45. blognya sangat membantu mas, kebetulan tgl 11 bsk rute saya Kl-Malaka-KL. rencana nginep di bukit bintang, mengingat dari malaka jam 9, dan sampai di KL sekitar jam 11, kira2 sambil menunggu waktu check in hotel di jam 2 siang (saya menginap di jalan alor), tmpt wisata menarik apa yg bs kami datangi.. ke dataran merdeka kah? atau sebaiknya ke pasar seni? yg mudah transportasinya dari TBS dan nanti lsg menuju jl. alor, terimakasih bnyk sebelumnya mas

  46. Sangat membantu sekali mas infonya
    rencana pagi hari saya dari melaka mau ke kl juga dengan tujuan wisata batu caves, twin tower dan ke pettaling street. mlmnya saya memakai KTMB ke SG
    yang mau saya tanyakan
    1. dari TBS ke Batu caves memakai apa?atau harus ke KL sentral dl?
    2. Apakah waktunya cukup dengan tujuan saya diatas?

    mohon bantuan nya mas
    terimakasih

  47. Mas efenerr sy mau liburan ke kl-malaka 4hari3malam dari kamis 7april-minggu10april. Tujuan saya kl,batu caves,genting sm melaka. Baiknya rutenya kmn dlu ya? Terus mas bagusnya pilih hotel dimelaka disekitar jalan apa biar dekat ke terminal atau ke tempat wisata/rivercruise nya? Thanks in advance..

  48. Halo mas, sebelumnya terima kasih utk infonya di artikel ini. Saya mau tanya,
    1. Saya mau naik bus dari melaka ke KL, dan di KL tujuan pertama sy ke batu caves. Sebaiknya sy naik bus yg ke TBS atau Puduraya? dan selanjutnya rute transport paling efektif ke batu cavesnya gmn ya?
    2. Rombongan sy ada 6org, hostel di daerah dkt tamingsari. Jika sy mau naik bus jam 6 pagi dari melaka sentral, apa sy harus pake 2 taksi dari hostel? atau mungkin ada alternatif lain?

    Terima kasih sebelumnya atas jawabannya mas.

    • 1. Ke TBS mas medi. Dari TBS nanti ke KL Sentral dengan kereta. Dari KL Sentral pindah kereta ke Batu Caves.
      2. Jam 6 sudah ada bis kota yang pertama mas, mungkin bisa dikonfirmasikan ke pihak hotel. 🙂

  49. Mas efen sy mau tny…sy br3 cwe smua trip ke malay tgl 12 nov-14nov,12nov nympe dibndr jam 6sr…rncn nginep di Bb…bsk kll batu caves,genting,malaka gmn enaknya..krn tgl 14nov sy balik kjkt sore jam 3an…

  50. halo mas efenerr.. mau tanya kan nanti saya nginap di berjaya times square di kuala lumpur. dari terminal melaka sentral saya naik bis ke terminal puduraya kan ya lebih dekat dibanding TBS? trus nanti kalo sudah sampe di terminal puduraya kalo naik taksi jauh tidak ke berjaya times square? ditunggu ya mas Efeneer jawabannya….

  51. mau koreksi dan sharing: terminal melaka sentral kayaknya gak 24 jam.
    saya sampe di sana sekitar jam 2 pagi (dari KLIA), terminal nya tutup, gak ada orang malah, cuma ada 1 warung/restoran yang buka di luar terminal
    terpaksa deh meng-gembel di emperan terminal menunggu pagi

    kalo mau ke melaka, lebih baik langsung dari KLIA, cuma sejam-an

    • Bisnya memang tidak 24 jam. Tapi McD dan kedai india di seberangnya buka 24 jam kog dan sering jadi tempat berkumpul para traveler.
      Apa mungkin pas ke sana tutup?

  52. Hello mas efenner.
    Sy rencana mau ke KL tgl 29-12-2015, tiba jam 19.10 di KLIA2. (kembali ke pekanbaru 2-01-2016 dr KLIA2 jam 10.35)
    Rencana menginap 2 mlm di daerah Bukit Bintang. mau ke petronas, batu caves, malaka, & genting.
    Minta saran rute yg terbaik. Apa dr malaka bisa lgsg ke klia2?untuk peswt jam 10.35 pagi…. tks

  53. Mas, mohon bantuannya
    Saya dari pelabuhan malaka mau ke rantau panjang kelang naik apa ya?
    Anak anak kalo naik bis beli tiket juga??
    Tgl 29 des itu beli tiket sblmnya atau pas mau naik aja belinya??
    Tengku Mas…

  54. mas, trima kasih isi blognya sangat membantu. saya hampir hopeless waktu coba cari tiket bis online klia2-melaka utk tgl 28feb & melaka-kl tgl 29feb sold out smua. skg ga perlu khawatir utk tiket on the spot.

    saya mo tanya dr dataran pahlawan (jl.merdeka) ke melaka sentral kira2 brp lama? utk estimasi beli tiket melaka-kl.
    trima kasih mas.

  55. salam kenal mass.. sekian lama saya browsing akhir nya ketemu blog mas efenerr..
    rencana liburan tggl 18-23bulan febuari. rencana tggl 19-21 mau ke genting harga hotel tinggi. kebaca2 blog ini jadi ingin tau di melaka itu enak nya apa ya mas? ada tempat liburan seperti pulau2 gt yg santai? makasih

  56. Salam kenal mas… Maaf nih sy mau tanya… Sy ada rencana liburan ke kl – genting- mellaca. Enaknya tujuan utama apa dulu ya… Kbtln pswt tiba d lcct jam 11.30 siang jika tdk delay. Mhn saranny mas… Kbtln perjalanan saya hanya 3 hari 2 malam.. Trimakasih mas.
    Salam,

  57. Salam kenal, Mas.
    Mhn info, saya berencana dari KLIA2 ambil bis ke Melaka Sentral pk. 01.15 tiba di Melaka Sentral katanya pk.04.15.
    Kalau mau menginap di Wana Riverside Hotel, lebih baik saya naik taksi atau menunggu bis Panorama 17 yang jam 06.00 pagi ya?
    Mhn info, biaya taksi rata-rata berapa di Melaka? thx.

  58. halo mas. mau nanya. kalau saya posisinya dari bukit bintang, bagaimana rute ke melaka dan kendaraan apa yang harus saya naiki untuk sampai tujuan?

  59. Hi salam kenal mas,
    Mau tanya kalo dari Melaka ke KL sentral naik bus apa ya? Soalnya saya nginap di hotel didekat kl sentral. Terima kasih

  60. hallo mas, mau tanya kalo liburan ke Melaka dan Kl saat puasa ramadhan….warung/resto pada tutup gak ya? thx infonya

  61. Halo Mas,
    Mau tanya untuk saat ini masih bisa gak ya naik bus dari puduraya ke melaka? Soalnya banyak orang yang bilang sekarang tidak bisa dari puduraya lagi, harus dari TBS
    Thanks

  62. yuhuuu..inspiratif dan sangat membantu informasi di blog ini 🙂
    salam kenal..saya kiki, mau tanya dong kang kalo Melaka ada spot sunset atau sunrise yang yahuud kah?
    mau kesana 16-17 Juli 2016 ini .. dan mau tanya melaka ke KLIA ada bus kan ya, kira2 tetep 2jam kah? atau lebih?

    haturnuhun..

  63. Bg mw nnya, klo wangsa maju,KL jauh gk dr terminal busnya? Transportnya gmn yaa utk ke wangsa maju? Mohon bantuannya??

  64. Selamat sore, perkenalkan saya danang sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
    3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami….
    Regard
    Danang Sefdyanto
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 – Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line: +6281 4026 2166
    Mobile: +6283 8300 28050
    Phone : +6231 5020588 / 5026505
    Email : [email protected]
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

  65. Siang mas..mau tanya..saya skrg ada di malaka tepat nya di mahkot medical center..ngantar ortu berobat..jd rencana setelah urusa ortu brobat pengen jalan jalan liat kota kuala lumpur dan menara petronas jd baik nya saya naik bis apa dr malaka center..terimakasi sebelum nya

  66. mas. ada no hp bis pesiar gk..?
    rencana kami mau tour dari melaka ke KL pakai bis itu aja, gk ganti2 smpai selesai tour..

  67. Saya mau berobatke Mahkota Medical Center Malaka, pesawat yang saya tumpangi rencana mendarat di KL sekitar jam 11:35, naik apa sebaiknya ..?
    La;u saat pulangnay dari Malaka ke KL untuk pesawat jam 10:45, apa bisa langsung berangkat dari malaka atau sebaiknya nginap KL

    • Selamat siang, perkenalkan kami perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
      1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
      2. informasi fasilitas & kesehatan
      3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi
      4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
      5. Mempermudah Claim Asuransi.
      Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami….
      More info
      Surabaya Representative Office
      Mahkota Medical Centre
      Jl. Barata Jaya XIX / 31C
      Surabaya 60131 – Indonesia.
      WA : +6281 331777697
      Line: +6281 4026 2166
      Mobile: +6283 8300 28050
      Phone : +6231 5020588 / 5026505
      Email : [email protected]
      Fb : https://www.facebook.com/mahkota.surabaya.9/?fref=ts
      http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

  68. Hi mas, mau tanya sedikit. Saya rencana mau pakai rute Genting-Melaka-KL-JKT. Ke Gentingnya hari jumat langsung dari airport lalu ke Melaca dari Genting langsung pada hari sabtunya. Dan yang mau di tanyakan adalah:
    1. Berapa sih kisaran rate tarif bis KLIA 2 ke Genting? dan recomend bis apa? karena saya lihat di berbagai blog ada yang bilang pakai Genting Express Bus ada juga yang Aerobus online, tapi harga tarifnya beda jauh mas. Dan apa lebih baik beli langsung di sana atau beli online?
    2. Dari Genting ke Melaca enaknya naik bisa apa dan kisaran harganya berapa mas?
    3. Untuk jalan-jalan di melaca apakah semuanya bisa hanya dengan jalan kaki atau bisa ada shuttle bis atau kendaraan lain? rencana saya mau nginep di hotel The Straits Hotel?
    4. Untuk Bis kembali ke KL itu apakah semua hanya ke TBS? atau ada beberapa yang ke Puduraya? karena saya berencana nginep di daerah bukit bintang di KL. And again brp sih ratenya?
    5. Kalau boleh tau di Genting selain theme park di First Worl dan Outdoornya dan Chin Swee Cave Temple apakah ada tempat wisata lainnya?

    Thanks before udah mau baca pertnyan saya yang segambreng ini, mohon petunjuknya ya mas…

  69. Mas, kalo dari Malaka nginap di daerah Berjaya Times Square, Bukit Bintang kan mas bilang ambil bus ke puduraya nah itu berentinya di puduraya nya atau dimana mas? trus dari puduraya naik apa ke Berjaya Times Square?
    Makasih mas

  70. Selamat siang, perkenalkan kami perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi
    4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    5. Mempermudah Claim Asuransi.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami….
    More info
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 – Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line: +6281 4026 2166
    Mobile: +6283 8300 28050
    Phone : +6231 5020588 / 5026505
    Email : [email protected]
    Fb : https://www.facebook.com/mahkota.surabaya.9/?fref=ts
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

  71. Mas saya rencan dari terminal klia2 lngsng ke malaka ,kemudian paginay sayannaik bus dahlia ke arah kl,tapi kan cuma bisa turun di tbs kira dari tbs ke kl naik ap,kemudian it jadwal kereta Ke kl sentral apakah tiap jam..?.terima kasih bnyak mas

  72. Malam mas, seneng banyak info di blog mas ini , saya mau memastikan kalo saya dari Malaka mau ke daerah bukit bintang KL sebaiknya dari Malaka Sentral pilih bus yang ke TBS atau ke Puduraya ya mas ? Kalo ga salah mas bilang kejauhan ke bukit bintang kalo ke tbs

  73. halo mas farchan, thx blog yg sangat berguna ini 🙂
    mau nanya kalau dari petronas tower mau langsung ke malacca city center
    baiknya naik apa ya?

  74. Hallo mas farchan mau tanya kalo dr malaka sentral ke tbs dan disambung ke KL sentral kan naik Krl ya mas..apakah jauh ngga jalannya utk naik KRLnya soalnya saya bawa orang tua yg pake kereta dorong

  75. Hallo mas farchan yg baik hati suka menolong..mau tanya kalo dr Tbs mau ke Kl sentral kan naik Krl ya? Apakah jalannya jauh mas,karena sy bawa orangtua yg pake kereta dorong.

  76. Halo mas…menarik bgt info jln”nya ?
    Aq jg tgl 2-7Mei 2017 ini mau ke KL mgkn aq tgl 6mei ke melaka ngnep 1hr smp tgl 7mei,itu pas weekend krn kami skalian incar night market di melaka yg ada tiap weekend.niatnya smp di Melaka siang seh..
    Pswt aq air asia dr KL ke Jkt jam 22.00 kami brgkt sktr 10org (kebykan ortu) ?
    Aq ada brp pertanyaan :
    – klo aq tiba di Melaka siang gt cukup gak utk jln” di melaka 1hr?
    – naik bus dr melaka – KLIA repot gak y aq dgn bw byk org gt ?
    – dr Melaka ke KLIA naik apa n sktr brp duit tiketnya?
    – tmpt jln” dsna apa aj selain jonker street n gedung merah?

    Aq mgkn jln dr melaka ke KLIA sktr jam cekout htl jam1an siang soale tkt telat hehehe. Lbh baik bgtu apa qta msh ada wkt utk jln” dl di melaka??
    Mnt tlg info nya y mas soale msh galau utk booking htlnya ?

    Sblmnya makasih mas atas bantuannya. Gbu

    • Okay Mbak. Berikut jawaban saya :
      1. Cukup kok, Malaka kotanya kecil.
      2. Engga repot, dari KLIA langsung ada bis ke Malaka
      3. Wah ini nanti coba tanya di KLIA saja, sudah update pasti harganya.
      4. Banyak. Tergantung preferensi.

  77. Halo Mas Farchan apa kabar? Mau tanya dong.
    Saya dari Melaka pulangnya sebelum ke KLIA mau mampir ke KLCC dulu naik bus ke TBS lalu naik KLIA Express (seperti saran Mas Farchan ke pembaca lain di atas), tapi waktu ke KLCC saya gak mau seret2 koper. Kira2 ada tempat penitipan atau locker di sekitar rute saya? Sebelumnya terima kasih banyak buat responnya!

  78. Hallo mas farchan numpang nanya kan q ma temen berencana ke KL-Malaca-KL cm wktnya pas dngn liburan natal tgl 24-26 des bsk. Jd ke Malaca tgl 24, tgl 25 dah balik ke KL. Kira2 untk bus nya apa bs on the spot atau hrs booking dl ya. Trims

  79. Sangat membantu.. terimakasih. Oiya saya mau tanya, kalau dari melaka ke KL, itu jadwal bis paling malam jam berapa dan bisa apa ya? terus kalau untuk perjalanan malam, apa relatif aman?

    Saya berniat menginap di KL Sentral setelah dari Melaka. Mohon info rutenya. terima kasih

  80. Salam Kenal mas,, Dari Terminal Melaka Sentral, ada tujuan yang ke PUDURAYA tidak mas? karena saya Nginap di Daerah Bukit Bintang, dan seperti mas bilang lebih baik tujuannya ke Puduraya saja..
    Trus mas kalau memang ada dari PUduraya Ada Transportasi apa saja ya ke KL sentral? atau lgsung ke Daerah Bukit Bintang?
    makasih infonya mas..

  81. Mas,tolong info, jika akan ke malaka pas hari raya idul fitri dari KLIA2 apakah ada bis yang beroperasi ? atau harus memakai taxi ?
    Berapa lama perjalanan dan tarif bis / taxi ke malaka ? Terima Kasih sebelumnya

  82. Mas salam kenal.

    Mohon koreksi itin saya. Saya sampai KLIA2 sekitar jam 10 pagi hari Jumat.
    – Opsi 1 : hari pertama ke Genting sampai jam 5 sore, trs lsg ke Melaka, nginep di Melaka.
    Hari kedua lanjut explore Melaka, siang atau sorenya baru balik ke KL (nginep di daerah BB).
    – Opsi 2 : hari pertama dari KLIA2 lsg ke Melaka, sampai jam 7 atau 8 malam terus balik KL via TBS (nginep di daerah BB). Hari kedua baru ke Genting.

    1. Mending opsi 1 atau 2?
    2. Bus terakhir dari Melaka ke TBS jam brp?

    Terima kasih

  83. Hallo mas mau tanya
    Saya dan keluarga nanti akan berkunjung ke malaka utk medical checkup lalu setelah itu mau lanjut ke kuala lumpur, dari klia2 ke malaka saya ada sewa mobil hrg nya rm280 utk mobil yg muat 8orang. Penyewa mobil trsbt menawarkan apabila ingin di antar dari melaka ke genting seharga rm550,
    Pertanyaan saya
    1. Apakah harga biaya antar dari malaka ke genting dengan biaya rm550 itu lebih murah utk 8orang apabila dibandingkan dengan naik bus?
    2. Apakah benar opsi saya dari malaka-genting-KL?
    Terimakasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here