Kata orang, Langkawi adalah Bali-nya Malaysia dan orang-orang dari Malaysia maupun mancanegara datang dan Liburan di Langkawi. Pulau yang terletak di sisi utara Malaysia dan berada di tengah Laut Andaman ini sebenarnya kecil saja, jika dibandingkan dengan Bali yang besar. Namun, keunikan tempatnya membuat wisata Langkawi ini menarik karena banyak tempat-tempat unik.

Menariknya lagi adalah lokasi Langkawi adalah terletak di perbatasan Malaysia dan Thailand, jadi jika ingin liburan di Langkawi bisa melalui Malaysia juga Thailand.  Dari berbagai kota di Malaysia bisa menggunakan pesawat atau ferry. Sementara dari Thailand ada ferry yang melayani rute Langkawi – Satun, Satun adalah kota di sisis elatan Thailand.

Ada apa sih di Langkawi? Berikut ini beberapa pilihan wisata di Langkawi.

Menikmati Mangrove Langkawi

Jadi ada taman nasional Kilim yang merupakan Geopark sekaligus taman mangrove yang sangat luas di Langkawi dengan luas totalnya kurang lebih mencapai 100 kilometer persegi. Area mangrove yang luas ini kemudian dijadikan tempat wisata utama di Langkawi.

Dengan menggunakan kapal motor tour berangkat pagi hari dan akan menghabiskan 3-4 jam berkeliling hutan mangrove. Pertama kapal motor akan menyisir tepian laut andaman, melewati bukit-bukit batu yang menjadi bagian geopark lalu masuk ke area mangrove.

Taman mangrove di Langkawi ini sungguh sangat terjaga dan untuk menyusurinya harus menggunakan kapal. Jadi saya menikmati keindahan mangrove ini dengan kapal motor. Ada banyak spot yang disinggahi, mulai dari gua buaya sampai tempat penangkaran ikan. Selama 3-4 jam itulah saya dibawa berkeliling mangrove sampai puas.

Eagle Point

Jadi Langkawi terkenal dengan elangnya, konon Lang dalam Langkawi adalah dari kata elang. Habitat elang di Langkawi terdapat jauh di tengah-tengan mangrove tour. Elang di sini hidup di habitatnya dengan bebas dan jauh dari sentuhan manusia.

Setiap pagi, elang-elang tersebut akan pergi meninggalkan sarang dan melaut, mencari buruannya berupa ikan-ikan laut. Di pagi hari, saat yang tepat untuk menuju eagle point dan menikmati elang-elang laut berburu ikan.

Menginap di Resort World Langkawi

Resort World Langkawi adalah salah satu resort terbesar di Langkawi ini memiliki tempat yang begitu strategis. Terletak di tepi laut dengan pemandangan laut andaman dengan pulau-pulau kecil yang bergerumbul.

Resort ini merupakan tempat yang cocok sebagai tempat tetirah selama liburan di Langkawi. Fasilitasnya sangat lengkap, kamar yang luas, kolam renang, akses dekat dari bandara, lokasinya di tepi pantai jadi bisa menikmati debur ombak dan angin pantai.

Saya tinggal di sini selama liburan di Langkawi dan layanannya memuaskan. Jadi jika ingin ke Langkawi, tempat ini adalah pilihan yang tepat.

Sunset Cruise

Ada program menarik yang bisa diikuti jika menginap di Resort World Langkawi. Jadi setiap sore ada kapal wisata yang bertolak dari dermaga hotel dan menuju tengah laut andaman. Para pengunjung hotel yang mengikuti cruise ini akan dibawa island hopping juga menikmati suasana syahdu di tengah laut.

Tak hanya cruise, di satu titik kapal akan berhenti dan menyilakan para pengunjung untuk berenang di laut lepas, melompat dari kapal sampai duduk-duduk santai di ekor kapal. Selama berputar-putar inilah kru kapal membuat barbeque bagi para tamu.

Ketika matahari tenggelam, kapal akan bergerak perlahan dan pengunjung bisa menikmati kemegahan matahari tenggelam dari atas kapal. Lalu makanan dihidangkan dan para peserta cruise bisa menikmati barbeque sambil menikmati matahari tenggelam.

Selama cruise, makanan dan minuman disediakan free flow, ambil dan makan sepuasnya. Begitu matahari tenggelam dan langit gelap, kapal akan perlahan merapat ke dermaga hotel seusai menyelesaikan cruise.

Jalan-jalan dan Belanja Murah di Cenang

Sejak 1987 Langkawi ditetapkan sebagai kawasan duty free, jadi harga-harga lebih murah di Langkawi daripada area lain di Malaysia dan di Cenang, salah satu distrik teramai di Langkawi-lah tempat yang tepat jika ingin berbelanja murah. Di Cenang ada banyak toko duty free yang menawarkan berbagai macam jenis barang mulai pecah belah, parfum, makanan, minuman segala rupa.

Cenang juga bisa dianggap Kuta-nya Langkawi. Sepanjang jalan keramaian, warung makan, cafe, toko oleh-oleh, penginapan, salon, spa, bisa dikatakan segala macam ada di Cenang.

Pagi sampai malam, Cenang tak pernah berhenti berdetak. Namun bagi saya pribadi, saat menikmati Cenang paling pas adalah malam hari, di malam harilah segala macam kuliner lezat di Cenang tersaji.

Nah, itu tadi 5 hal yang bisa dilakukan di Langkawi. Dalam kunjungan ke Langkawi kali ini saya melewatkan satu landmark utama Langkawi, Skybridge. Tapi tak apa lain kali saja, sesungguhnya saya sudah sampai di area Skybridge tapi karena antriannya panjang sekali maka saya mengurungkan niat untuk naik ke Skybridge.

Tabik.

Follow Efenerr on WordPress.com

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here