dscf8468

Dunia perkopian di Indonesia yang akhir-akhir ini semakin marak membuat Nescafe turut mengenalkan kopi lebih dekat pada masyarakat. Tak tanggung-tanggung, brand kopi instan terbesar di dunia ini menggelar Nescafe World di Mall Kelapa Gading. Dalam Nescafe World ini, Nescafe memberi ruang kepada masyarakat untuk mengenal lebih intim seluk-beluk dari secangkir kopi Nescafe.

Dalam dunia perkopian, Nescafe adalah nama besar. Sejak pertama kali rilis di tahun 1938 di Swiss, Nescafe terus hadir menyajikan kopi instan di seluruh belahan dunia. Bagi pecinta kopi yang mengerti pembabakan perkembangan dunia perkopian, Nescafe adalah nama besar dalam first wave coffee dan masih bertahan hingga kini.

Sejarah panjang Nescafe ini muncul di Nescafe World, terpampang besar dalam bentuk patung astronot dan keterangan bahwa sebelum mendarat di Bulan, Neil Amstrong menenggak Nescafe di luar angkasa. Sebuah fragmen sejarah yang kiranya tidak banyak orang yang tahu dan sesungguhnya telah menjadikan peristiwa itu sebagai legacy Nescafe untuk dunia.

Nescafe World ini dikonsepkan sebagai wahana interaktif bagi para pengunjung dengan pihak Nescafe. Dari pintu masuk, pengunjung sudah disambut oleh staff yang ramah yang akan memandu pengunjung menuju display-display edukatif tentang Nescafe yang tersedia di tujuh booth yang ada di area Nescafe World.

dscf8472

Jalan panjang produk Nescafe dijelaskan di booth pertama, booth Nescafe Classic. Di booth ini terpampang biji kopi mulai dari bijih kopi yang baru dipetik hingga biji kopi yang sudah matang disangrai. Di Indonesia bijih kopi yang digunakan oleh Nescafe berasal dari Sumatera dan diolah oleh pabrik kopi Nescafe di Lampung.

Bijih kopi yang digunakan Nescafe berasal dari para petani yang menyetorkan kopinya melalui usaha bersama koperasi yang bekerja sama dengan Nescafe. Bijih kopi yang lolos seleksi adalah bijih kopi yang dipetik merah dan telah dikeringkan dengan kadar air sesuai standar Nescafe yaitu 12 persen.

dscf8475 dscf8495

Setelah masuk ke pabrik, bijih kopi tersebut lantas digiling dan kemudian menjadi bahan baku untuk kopi instan produksi Nescafe. Sebuah jalan panjang dan sebenarnya butuh proses yang lama dari sebungkus kopi Nescafe.

Beranjak ke booth kedua, Nescafe Mixes pengunjung diajak untuk merasakan proses testing dibalik produk Nescafe. Di booth ini ada alat bernama  yang bisa membuat simulasi aroma kopi sesuai yang diinginkan yaitu Virtual Aroma Synthesizer. Dengan alat ini para ahli-ahli kopi di Nescafe bisa membuat simulasi aroma dan rasa yang pas untuk acuan produk Nescafe berikutnya.

dscf8507

Ternyata di balik seduhan kopi ada banyak proses yang dilakukan. Standar mutu juga dijaga oleh Nescafe dengan langsung mengambil kopi-kopi terbaik dari tangan petani.

Ada booth berwarna hijau yang menarik, kontras dengan booth-both Nescafe World lain yang berwarna cokelat. Booth ini adalah booth Nescafe Green Blend. Jika belum tahu, Nescafe Green Blend adalah varian dari Nescafe yang menonjolkan rasa dan aroma green beans.

Berikutnya adalah booth paling menarik, yaitu booth Nescafe Gold. Booth paling cantik karena ada singgasana raja dan ratu di booth ini. Pengunjung bisa menggunakan jubah dan tongkat raja-ratu lalu berpose di booth.

dscf8461

Booth ini dinamakan sesuai dengan varian premium Nescafe, biji kopi dari Nescafe Gold adalah campuran biji kopi arabika dan robusta terbaik. Varian Nescafe Gold diciptakan bagi pecinta kopi yang menginginkan biji kopi kualitas tinggi dengan rasa dan aroma nomer satu.

Lalu beranjak ke booth berikutnya di Nescafe World, Nescafe Dulce Gusto. Booth paling menarik bagi saya karena bisa melihat kreasi kopi dari mesin Dulce Gusto. Mesin kopi ini akhir-akhir ini menjadi mesin andalan yang menarik minat banyak orang untuk minum kopi. Dulce Gusto memberi kepraktisan tanpa meninggalkan citarasa kopi yang khas.

dscf8446

Di booth ini ada beberapa barista yang akan membuatkan racikan kopi sesuai selera pengunjung. Saya sendiri meminta satu cup affogato dengan espresso Nescafe. Rasanya segar, aroma espressonya meruak di antara segarnya es krim.

Apabila masuk ke arena Nescafe World dan telah mendapatkan paspor pass Nescafe World, affogato nan segar ini bisa dinikmati dengan cuma-cuma.

dscf8447

dscf8459

Nah, di sebelah booth Dolce Gusto ada booth Nescafe Ready To Drink. Ini booth paling sophisticated buat saya, di sini saya bisa mengambil Nescafe yang sudah terdapat di vending machine. Saya jadi ingat sebulan lalu ketika di Jepang, begitu mudahnya membeli kopi instan karena tinggal menuju ke vending machine yang sudah tersedia, setelah itu langsung teguk.

Saya sih berharap ke depannya vending machine Nescafe ini bisa tersedia di berbagai tempat di Indonesia, jadi ketika ingin minum kopi instan saya tak perlu repot-repot, tinggal ke vending mechine dan membeli kopinya.

Oia minuman yang ada di vending machine ini adalah Nescafe Smoovlatte. Varian ini dibuat dari dasar latte, paduan susu dan kopinya wangi sekali, varian ini memiliki rasa unik yang wajib dicoba.

Setelah semua booth, maka saya mengunjungi booth terakhir yaitu Nescafe Professional. Booth ini menyajikan layanan business to business dari Nescafe pada klien yang membutuhkan kopi Nescafe. Di booth ini terdapat mesin kopi Nescafe Allegria dan pengunjung bisa mencoba seduhan kopi dari mesin ini.

Ada dua kapasitas mesin yang disajikan di booth ini, pertama adalah Nescafe Allegria yang bisa menyajikan 40-50 cup per hari, sementara yang kedua adalah Nescafe Allegria yang bisa menyajikan 70-80 cup per hari.

dscf8451

Mesin dari Nescafe ini menyesuaikan kebutuhan pengguna dan settingan mesin tersebut bisa dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Misalnya ingin mengganti kopi dengan susu, hal tersebut bisa dilakukan dan bisa menghasilkan racikan kopi dan susu sesuai keinginan.

Menarik sekali mengunjungi ketujuh booth yang ada di Nescafe World. Dari ketujuh booth tersebut pengunjung bisa mendapatkan cap pada paspor pass untuk setiap activity yang telah dilakukan. Dan di pintu keluar Nescafe World, paspor pass tersebut bisa langsung ditukarkan dengan lucky dip dan di akhir pameran nanti bisa mendapatkan kesempatan memenangkan mesin kopi Nescafe Dolce Gusto.

dscf8569

Nescafe World ini berlangsung sampai 13 November di Mall Kelapa Gading 3, ada banyak hal menarik, misalnya pengetahuan tentang kopi yang dijelaskan langsung oleh agronomis kopi dari Nescafe, diskon untuk pembelian varian Nescafe sampai trade off mesin kopi dengan Nescafe Dolce Gusto. Silakan datang ke acara Nescafe World ini dan nikmati dunia kopi yang dipersembahkan oleh Nescafe.

Tabik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here