IMG_3444
Terminal Larkin Johor Bahru

Beberapa waktu lalu saya sengaja melakukan perjalanan ke Melaka dengan menggunakan bis, sebagai bismania saya merasa penasaran bagaimana layanan dan perjalanan dengan bis di Semenanjung Malaya, katanya sih bis-bis di negara tetangga bagus-bagus dan mewah pun dengan layanannya. Mumpung waktu traveling saya longgar maka saya pun akhirnya memantapkan diri mencoba jalur darat di Semenanjung Malaya dengan bis.

Rute utama saya adalah dari Singapura sampai Kuala Lumpur. Namun saya bagi 2 etape perjalanannya, etape pertama adalah dari Singapura ke Melaka, kemudian singgah di Melaka beberapa hari baru kemudian melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur. Di postingan ini akan saya coba jelaskan tentang catatan perjalanan dan tips jika ingin melakukan perjalanan dengan bis menelusuri Semenanjung Malaya.

Tangkapan layar penuh 22012014 93311.bmp
Etape 1 Singapura – Melaka

1. Singapura – Johor Bahru

Sebelumnya saya sempat ragu-ragu untuk memutuskan apakah ingin langsung jalur darat dari Singapura menuju Melaka, karena banyak bis langsung lintas negara dari Singapura dari berbagai operator. Tapi setelah menghitung ulang, saya kemudian memilih untuk melewati Johor Bahru dulu daripada langsung ke Melaka karena ternyata saya bisa menghemat budget jika melalui Johor Bahru.

Di Singapura perjalanan saya mulai dari Queen Street yang merupakan terminal bis lintas Singapura – Johor Bahru. Saya memilih di Queen Street karena sebelumnya saya mampir di Zamzam Restom tempat makan favorit saya di Singapura yang berlokasi di depan Masjid Sultan, daerah Bugis. Lokasi terminal Queen Street ini hanya jalan kaki dari Zamzam Resto.

Tangkapan layar penuh 22012014 100833.bmp
Peta lokasi Terminal Bis Queen Street dan rute dari Zamzam Resto

Catatan Foto : Karena memang saya ingin isi perut dulu di Zam-zam maka dari Changi saya langsung mengambil MRT tujuan Bugis dan turun di stasiun MRT Bugis / EW 12. Jika ingin langsung dari Stasiun MRT Bugis ke Queen Street pun bisa langsung dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri Vicotaria Street dan belok kiri di persimpangan Victoria Street dan Arab Street.

Ketika saya tiba di Queen Street sudah ada 2 bis ke Johor Bahru, yang pertama adalah Causeway Link (warna kuning) dan Singapore – Johore Express (warna putih-merah), 2 – 2 nya bisa dipilih untuk menuju Johor Bahru. Sebenarnya ada 1 lagi yaitu bis SBS nomor 170. Namun bis SBS nomor 170 tidak jadi pilihan saya karena bis ini akan berhenti di setiap halte sepanjang perjalanan sampai Johor Bahru, ini akan memperlambat waktu perjalanan saya.

Saya memilih naik bis Singapore – Johore Express atau orang Singapura dan Johor Bahru lebih akrab memanggilnya Express saja karena waktu itu bis itu yang langsung berangkat. Tiket dijual di lapak sederhana di terminal, seharga 2,4 SGD sekali jalan dari Queen Street sampai Terminal Larkin di Johor Bahru. Bentuk tiketnya hanya potongan kertas kecil yang memuat tanggal dan nama bis, simpanlah tiket itu karena akan dipergunakan sampai nanti di Johor Bahru.

Jeda keberangkatan mungkin sekitar setengah jam sekali dan jangan khawatir kehabisan bis karena armadanya banyak dan jam operasional pun dari pagi buta sampai tengah malam. Hanya saja jika akhir pekan lebih baik berangkat di siang hari karena di sore/malam hari area perbatasan Singapura – Johor Bahru akan sangat padat oleh arus pelintas batas yang akan membuat lama di perjalanan.

Bis yang saya tumpangi rupanya bis yang cukup uzur, kursinya dari fiber dan beberapa bagian interior bis sudah terkelupas. Penumpang cukup padat karena waktu saya melakukan perjalanan waktunya bertepatan dengan akhir pekan. Dari Queen Street bis kemudian melaju melalui jalan bebas hambatan dan kemudian langsung menuju Woodlands Checkpoint yang merupakan daerah perbatasan Singapura dan Johor Bahru.

Di Woodlands Checkpoint semua penumpang turun dari bis dan harus naik ke area imigrasi di lantai 2. Setelah selesai urusan imigrasi kemudian penumpang akan turun kembali ke tempat tunggu bis. Tunjukkan tiket tadi ketika menaiki bis lagi. Oia, bis yang dinaiki tidak harus bis yang sama dengan berangkat tadi, yang penting tidak lintas operator bis. Misalkan jika saya naik Express maka seusai urusan imigrasi saya bebas naik bis asalkan bis Express, tidak harus bis Express yang sama ketika naik tadi.

Setelah itu bis akan menyeberang melalui Jembatan Selat Johor dan kembali masuk ke area imigrasi Malaysia di Bangunan Sultan Iskandar Muda. Sama prosesnya seperti di imigrasi Singapura, setelah proses imigrasi maka penumpang akan kembali menunggu bis di tempat tunggu. Ada 2 jalur dari pintu keluar imigrasi, jalur pertama adalah selasar menuju JB Sentral sementara yang kedua adalah menuju area pemberhentian bis menuju Larkin. Setelah ini saya tinggal menunggu kembali bis Express datang untuk melanjutkan perjalanan menuju Terminal Larkin. Jika lancar, lama perjalanan dari Singapura sampai ke Johor Bahru berkisar antara 1 jam – 1,5 jam perjalanan.

Tips : Diantara ketiga operator bis tersebut saya merekomendasikan untuk memilih Causeway Link dikarenakan banyaknya armada bis sehingga kita tidak terlalu lama menunggu di area imigrasi. Tips untuk melewati area imigrasi dengan cepat adalah persiapkan paspor dan kartu imigrasi di tempat yang mudah dijangkau. Opsi lain menuju Johor Bahru dari Singapura selain lewat Queen Street adalah lewat Kranji, disitu merupakan terminal bis antar negara di Singapura.

IMG_3419
pandangan dari Hot Seat bus Singapore Johor Express. Ketika bis memasuki area Johor Bahru.

2. Terminal Larkin

Sebelum melakukan perjalanan ini saya diwanti-wanti agar memberi tiket online dari Indonesia, barangkali nanti saya kehabisan bis. Sebenarnya untuk mengantisipasi memang lebih baik membeli tiket secara on line karena reservasi on line bis di Singapura dan Malaysia memang sangat mudah, hal ini yang tampaknya segera harus dilakukan oleh perusahaan otobis dalam negeri.

Namun saya memilih untuk tidak melakukannya untuk mendapatkan pengalaman sesungguhnya mencari tiket bis di luar negeri. Tiba di Terminal Larkin awalnya saya sedikit waspada karena terminal ini terkenal sebagai terminal yang banyak calo-nya, calo-calonya pun agresif dengan sedikit memaksa saat menawarkan tiket. Pada saat observasi saya membaca banyak catatan perjalanan yang membicarakan “kengerian” calo di Terminal Larkin.

Tapi ternyata di Terminal Larkin tidak sengeri di catatan perjalanan orang lain yang saya lihat di internet. Calo di termina memang begitu kita turun dari bis seperti sudah tahu target dan sasaran mereka, saya pun tak luput dari paksaan calo-calo tersebut, namun menghadapi calo adalah jangan gugup dan tegas menolak tawaran mereka, jika mereka mengejar maka abaikan saja. Walaupun saya baru pertama kali ke Terminal Larkin namun rasanya lebih mengerikan terminal di Jakarta seperti di Pulo Gadung atau calo di terminal bayangan Pasar Rebo, di Pasar Rebo bahkan beberapa calo berani memaksa dengan membentak-bentak sampai memarahi penumpang, saya sendiri pernah hampir berkelahi malah dengan calo di terminal Pasar  Rebo gara-gara menolak tawaran seorang calo.

IMG_3439
Selasar Terminal Larkin

Tiket di Larkin dijual di kios-kios tiket yang berjajar di selasar terminal. Untuk tujuan populer seperti Melaka, Kuala Lumpur ada banyak sekali operator bis dengan jam keberangkatan yang variatif. Saran saya jangan terburu-buru untuk membeli tiket, tenang saja dan susuri satu demi satu kios tiket bis, lihat operatornya, lihat kondisi bisnya dan lihat jam keberangkatan baru kemudian belilah tiketnya.

Untuk tujuan Melaka ada beberapa operator bis dari Terminal Larkin, seperti Causeway Link, Delima, Transnasional, KKKL, Maju dan beberapa lagi lainnya. Namun akhirnya setelah melihat-lihat dan bolak-balik menyusuri selasar terminal dari kios ke kios tiket lainnya untuk membandingkan  harga dan operator bis, akhirnya saya memilih bis Causeway Link untuk perjalanan Johor Bahru – Melaka karena bis ini yang berangkat paling cepat. Harga tiketnya saya agak lupa karena tidak pernah mencatat pengeluaran saat trip, munkin seharga 19 – 21 RM (Ringgit Malaysia). Di lembar tiket sendiri tertera jam keberangkatan, peron tempat bis dan kursi. Jadi pastikan datang tepat waktu karena telat sedikit saja akan langsung ditinggal.

Terminal Larkin ini merupakan terminal terpadu, karena selain terminal juga terdapat semacam pasar 3 lantai. Jadi sembari menunggu keberangkatan, penumpang bisa cuci mata dan berbelanja barang sebentar. Namun selain pasar, di Larkin juga terdapat cafe, kemudian restoran waralaba donat dan tempat tunggu eksklusif bagi pengguna bis tertentu. Saya sendiri lebih memilih untuk beristirahat sembari menunggu jam keberangkatan bis di Masjid Terminal Larkin yang terdapat di lantai paling atas, masjidnya bagus, bersih dan terawat, tak heran banyak yang merebahkan diri di lantai berkarpet.

Tips : Jangan pernah mau dirayu calo tiket di Larkin, mereka biasanya akan memepet orang yang kelihatan kebingungan jadi ketika tiba di terminal bersikaplah seolah sudah hafal dengan lingkungan terminal, jangan terlihat bingung dan langsung saja menuju kios tiket. Jika memaksa, tolaklah dengan tegas atau bilang sudah punya tiket. Saat menunggu keberangkatan jika ingin istirahat bisa masuk ke area masjid atau bagi yang non muslim bisa menuju restoran – restoran dan warung kopi yang terdapat di selasar terminal. 

IMG_3427
Suasana Terminal Larkin
IMG_3434
Suasana Pasar Terminal Larkin
IMG_3441
Double Decker Causeway Link Tujuan KL
IMG_3452
Jajaran bis antar kota di Malaysia
IMG_3453
Causeway Link rute Larkin – Legoland

3. Johor Bahru – Melaka

Sesuai jadwal, bis akan berangkat ke Melaka sekitar jam 15.30 dan setengah jam sebelum keberangkatan saya sudah menunggu di depan peron bis, perkiraan waktu tempuh perjalanan adalah 3 jam jika perjalanan lancar. Di Larkin setiap operator bis mendapatkan peron mereka sendiri-sendiri sesuai rute mereka, hal yang tidak ditemukan di Indonesia, dengan begini penumpang tidak bingung dengan bis mereka, bahkan bagi yang pertama kali-pun tidak akan kebingungan karena tinggal menuju peron sesuai yang tertera di tiket.

Saya membayangkan saya akan mendapatkan bis double decker tapi rupanya bis Causeway Link yang akan saya tumpangi adalah bis keluaran lama, malah terlihat usang dibandingkan dengan beberapa bis lainnya. Warnanya kuning dan simbol 2 lingkaran smile yang menjadi ciri khas operator bis ini. Saya tidak tahu mesin bis ini apa karena tidak tertera di bodi maupun di lingkaran setir. Bodi bisnya sama dengan bis-bis patas antar kota di jawa, kotak biasa dan tidak ada kesan eksklusif.

IMG_3442
Tampak Depan Bus Causeway Link
IMG_3451
Bokong Bis Causeway Link

Mungkin pikir saya bisnya akan biasa-biasa saja melihat eksteriornya yang kusam, tapi rupanya saya salah duga dan memang jangan pernah melihat sesuatu hanya dari luarnya. Begitu masuk ke dalam ternyata interiornya masih sangat bagus dan bersih. Konfigurasi kursinya 2-2, setara dengan bis eksekutif disini, hanya saja di Causeway Link ini memiliki jarak antar kursi yang lebih renggang sehingga kaki bisa diselonjorkan dengan leluasa.

Bedanya dengan bis di Indonesia, kursinya lebih luas dan lega. Jadi penumpang bisa bersandar dengan begitu leluasa. Sandaranya berornamen kayu sehingga terkesan mewah. Jika ditotal ada 8 baris kursi, berarti bisa memuat 32 penumpang sekali jalan. Selain itu di bis yang saya tumpangi tidak terdapat seat panjang di bagian paling belakang, penumpang hanya disediakan tempat duduk di kursi konfigurasi 2-2 tadi.

IMG_3463
Kabin
IMG_3465
Konfigurasi Kursi
IMG_3464
Konfigurasi Kursi

Ternyata walaupun akhir pekan, penumpangnya sepi sekali. Hanya ada sekitar 8 penumpang selain saya di bis tujuan Melaka ini. Bis berangkat dari Larkin kemudian mengarah keluar kota dan memasuki jalan tol Johor Bahru – Melaka atau nama resminya di Malaysia adalah Lebuh Raya Utara-Selatan. Bis dibawa dengan langsam, tidak terlalu kencang, sekiranya hanya melaju 70-80 km/jam. Sangat nyaman menjadi penumpang Causeway Link, saya tidak perlu was-was seperti jika kita naik bis di Indonesia yang sayangnya sering ugal-ugalan di jalanan seolah menunjukkan keperkasaannya.

Yang membuat iri adalah jalan tol di Malaysia sangat terawat, tidak bumpy seperti jalan tol di Indonesia. Hanya saya merasa monoton sepanjang jalan, karena tidak ada kejar-kejaran antar bis seperti di Pantura. Tapi mungkin ini karena infrastuktur di sana lebih baik jadi orang tidak perlu terburu-buru. Bis berjalan di jalurnya, nyaris tidak pernah mengambil jalur kendaran lain. Sepanjang jalan didominasi perkebunan kelapa sawit di kanan-kiri jalan, pemandangannya itu-itu saja, tidak ada yang bisa dinikmati, namun saya justru terkesan dengan mulusnya jalan tol dan bagusnya pengelolaan jalan tol ini.

Sesuai prediksi, tiga jam perjalanan saya sudah sampai di Melaka. Tepat ketika senja mulai menguning, bis yang juga warnanya kuning ini keluar dari jalan tol dan memasuki area kota Melaka. Benar-benar perjalanan yang nyaman dan mungkin didukung dengan infrastruktur yang bagus sehingga perjalanan bisa ditempuh tepat waktu.  Ada sedikit gangguan menjelang sampai Melaka Sentral, terminal bis terpadu di Melaka yaitu ketika bis tiba-tiba berhenti dan tidak mau distarter, supir sampai turun untuk melihat mesin, namun tak lama bis bisa kembali berjalan walaupun awalnya sempat tersengal-sengal.

Secara garis besar, perjalanan dengan bis menyusuri Semenanjung Melaya dari Singapura ke Melaka benar-benar perjalanan yang nyaman dan hampir tanpa gangguan. Saya harus bilang, negara tetangga memang lebih baik dalam mengurus transportasi antar kota, bahkan antar negara.

Tabik.

IMG_3468
Senja di Pintu Keluar Tol Melaka

Post Scriptum : Saya memulai perjalanan dari Singapura jam 13.30 Waktu Singapura dan tiba di Melaka jam 19.00 waktu Melaka. Jika ada pertanyaan atau tambahan tentang postingan ini silakan langsung saja posting di kolom komentar. 

 

Follow Efenerr on WordPress.com

219 KOMENTAR

  1. Seru bacanya! Haha

    Tips2 nya oke banget nih kalo buat nyoba naik bisa nanti disana. Btw tips2 yg dikasih mas chan juga berlaku umum di termibal bis manapun.. Hehe

    Jangan keliatan bego :)))

    Tulisan bagus untuk dibaca sama petinggi2 negara yang ngurusin masalah transportasi dan perbubungan hehe buat berkaca.

    Btw, ada beberapa kata yg typo mas.. Tapi lupa dimana aja..

    Nice post!

  2. Pernah jg naik bis Sin-KL thn 2012. Sampai Johor Baru jam 11 malam, perempuan, sendirian pula, alhamdulillah aman. Sampai di BTS (Bandar Tasik Selatan, kalo gak salah) jam 3 pagi, aman jg, malah ditraktir makan di sevel sama org sana, krn katanya jadi inget anaknya 🙂 Bis2-nya bagus, terminal bersih, rute dan penunjuk jalan jelas, jalanan mulus, org2nya jg baik. Semoga disini bisa mencontoh negara tetangga yaa…aamiin.

  3. Dulu aku naik yang langsung ke Malaka dari Bugis, jadi gak oper-oper gini, tapi lupa berapa tarifnya. Dan bagian paling males ya ketika diminta turun di perbatasan buat cek paspor. Haha!

  4. Mau tanya mas…. kita ibu2 mau berangkat dari Sing – KL dengan menggunakan bus…. tolong rekomend bus yang aman dan apakah sebaiknya membeli tiket secara on line? Tks.

    • selamat malam Mbak Yani.
      jika ke KL sebenarnya ada beberapa opsi, kalau naik bis saya menyarankan naik KKKL, Golden Coach atau Fivestar. Untuk pemesanan via online bisa kesini -> http://www.busonlineticket.com
      tapi jika langsung SG – KL akan mahal bu, jika ingin lebih murah bisa disiasati seperti saya, ke Johor Bahru terlebih dahulu jika tidak repot, selisih harganya lumayan lho.
      atau jika ingin jalur darat untuk ibu2 saya sarankan naik Sleeper Train saja dari Woodlands bu. mungkin bisa lebih nyaman di perjalanan.
      Salam

  5. Mas mau tanya,kalau dari imigrasi johor baru ke terminal larkin berapa jam ya?
    Saya rencana hari sabtu sore dari singapura menuju bangunan merah malaka,lebih baik brgkt jam berapa agar masih bisa naik bis no.17?
    Makasih..

  6. waahh,, kebetulan,,
    lg blog walking nyari2 rekomendasi utk traveling,,
    ada rencana ke KL-Malaka-S’pore, jalur g biasa sih sepertinya,, krn selama blog walking, pasti rute nya S’pore-Malaysia.
    mau tanya rekomendasi hostel deket Mesjid Sultan,,
    siapa tahu punya informasinya,,
    karena saya baca resto favoritnya di sekitaran situ,,

    makasih banyak sebelumnya

    • Selamat Siang Mbak Neni.
      Wah menarik sekali, saran saya mbak bisa coba di Backpacker Cozy Corner di Bugis…untuk ke Sultan tinggal jalan kaki. 🙂

      • hhmm,, ternyata booking online hotel atau guest house itu harus pake credit card ya… pdhl g pernah pake cc dan g pernah terlintas utk apply…
        mau reservasi langsung takut g ada room available,, jadi bingung sendiri,,
        any suggest ,,,???

        • halo mbak neni…tidak harus kog..saya justru malah bayar di tempat. 🙂
          tapi biasanya saya email dulu hostelnya untuk deal dan sebagainya..

  7. beberapa minggu lalu saya juga abis dari malaka, dengan perjalanan persis seperti mas. dari queen street naik johor baru express dlu ke larkin, baru lanjut bis larkin-malaka. memang lebih murah ngeteng kyak gini drpda lgsung ke malaka dr singapore.
    mengenai calo justru saya kaget sih sama calo di larkin. begitu turun dr bis di larkin lgsung disambut sama banyak calo gitu, saya kira mereka bakal maksa-maksa kayak calo di terminal indonesia, tp justru mereka baik. nggak maksa, malah ngasih info bis bis yg ke malaka apa aja dan dimana loketnya.

    • wah! 🙂
      betul memang menghemat lebih banyak dengan cara demikian. 🙂
      ya memang, calo-nya seperti semut..tidak seganas di Indonesia..

      • yang lama ngantri di imigrasi masuk malaysianya di johor barunya, antrian sembako di indonesia kalah kali. ngantri imigrasi sampe 2 jam. jadi ketinggalan busnya lagi buat lanjut larkin, jadi lama deh nunggu bis selanjutnya.

  8. wah kebetulan sekali, lagi cari info mengenai johor baru ke malaka naik bus, butuh info untuk disekitar larkin terminal apa ada hotel / hostel ? dan kalau samai di Malaka sentral malam hari (rencana mau naik bus yg jam 20.30 ) untuk menginap di malaka sentral apakah memungkinkan ? apa buka 24 jam ? atau untuk bus paling pagi dari jb-malaka jam berapa ya ? dan ada rekomendasi bus lain selain causwaylink & delima ??

    • di sekitar Larkin ada hostel Mbak Malia.
      jika berangkat jam 20.30 mungkin sampai Malaka Sentral sekitar tengah malam sudah tidak ada angkutan lagi untuk ke kota. menginap di terminal pun aman-aman saja kog. ada kedai makanan 24 jam dan McDonalds yang bisa disinggahi.
      dari JB sekitar jam 5 pagi. bisa mencoba KKKL selain Causeway Link dan Delima.

  9. Nice story bung..
    Oh iya saya mau tanya, kalo ambil rute dari queen street langsung ke melaka itu kita stop dulu di johor baru (transit) atau langsung turun di melaka central bus station ? Mohon info 🙂

  10. mas, kalau dari queen street mau ke terminal larkin tuh namanya daerah apa ya? soalnya kalo booking online pilihannya cuma ada daerahnya aja gak ada tulisan terminal larkinnya. hehehe. makasih

  11. Makasih mas buat info n tips naik bus dari area bugis ke johor nya. Kl dari larkin ke area gelang patah apakah ada rute bisnya, atau kl mau naik taxi bisa cari di dalam terminal larkin itu jg ga? Berapa lama dari larkin ke gelang patah kira2.. Dan apakah kita bisa membeli tiket bus utk ke KL utk keberangkatan dua hari kedepannya punya? Makasih sebelumnya ya mas

    • Sore Mas Zi Xi.
      Untuk ke Gelang Patah mas bisa pake City Bus/Transit Link jalur 6 dari Larkin ke Gelang Patah. Atau naik taksi bisa mas dari Larkin.
      Tentu bisa mas, langsung saja bisa via online atau beli langsung di Larkinnya.

  12. Mas, kalau bis dari Singapore yang jam 4 sore, kira2 sampai di Melaka Sentral jam berapa ya?. Kira2 jam tersebut masih banyak transportasi ga mas utk ke tengah kotanya?. Apakah cek in utk hostel atau hotel bintang 3 resepsion buka 24 jam?. Terima kasih

    • sampai Melaka kira-kira 4 jam perjalanan mbak..untuk transportasi bis nomor 17 sampai ke Old Town masih ada sampai malam mbak.
      dan hostel / hotel bintang 3 rata-rata buka 24 jam kog, tidak usah khawatir mbak khadijah.
      selamat jalan-jalan.

  13. saya sudah mencoba rute ke johor,baik naik kapal dari batam ataupun menggunakan pesawat yg langsung ke johor (meski kenyataannya transit di KL itu bandaranya beda dan jauh banget).pengen nyobain yg lewat singapore,dan mau nanya kalo MRT di singapore itu kaya komuter yg di KL centrel bukan sih?maklum wong ndeso,pernah diketawain ama petugas loket gara2 nanya letak peron dimana.makasih

  14. gan
    nanya dunk
    ane berencana menjajal JB-Melaka
    pas nyampe Melaka turunnya di Melaka Sentral yaa..?
    bisa turun deket farmosa nggak? atau dekat mahkota medical centre?
    kalo nggak bisa, dari melaka sentral ke farmosa naek angkutan apa? ada alternatif selain taxi?
    trus kasih rekomendasi dunk untuk hotel di melaka….
    thank u gan ^__^

    • halo gan. 🙂
      untuk Malaka turunnya di Malaka Sentral, ini maksudnya A Famosa yang benteng ya? bisa langsung naik bis 17.
      untuk hotel ada banyak sekali, bisa cari di sekitar Sungai Melaka. namun saya waktu di Malaka menginap di Lavender Guesthouse.

  15. Halo Mas,

    Tiket bis Singapur-Johor Bahru dan Johor Bahru-Melaka bisa dibeli online kah? Saya coba browsing causeway link error terus. Hehe.

    Terimakasih

  16. Hi saya dari malaysia.. nice story to read.. nway u also can reach all state in m’sia use bus .. all can connected via hiway.. my recomen kalau kamu ada byk masa try use bus from K,L to Kuantan.. transport in kuantan we have antara bandar .. di kuantan ada pantai yang cantik such as Telok Cempedak..

  17. mas saya mau nanya . kalaun saya dri batam ke situlang laut trus saya mau ke malaka setelah dari malaka saya ke kuala lumpur, transportasi apa yang saya pilih agar cepet sampai tujuan .. terima kasih

    • Maksudnya Stulang Laut itu yang di Johor ya kak?
      Dari Stulang Laut ke Central / City Square Johor dengan bus, kemudian ganti bus dari Central/City Square ke Terminal Larkin.

      Setelah itu ambil bis ke Malaka dari terminal Larkin. 🙂

      Dari Malaka, nanti naik bis ke Kuala Lumpur dari Terminal Malaka Sentral.

  18. Tanya dong masalah bagasi…kalau saya bawa koper besar, repot gak waktu naik turun urusan imigrasi, koper di bawa naik atau di bagasi?

  19. hallo mas…mau nanya dunk, rencananya 27 nov ini mau SIN JB KL, paling malam dari Larkin ada jam 20.30, kita mau ke legoland dulu, baiknya kalo dari singapore nya jam 1.00 siang, kesiangan gak ya? perginya week end (jumat) rame kali ya di imigrasinya? berapa jam sih sebenarnya dari Singapore ke Larkin ? soalnya mau setengah hari nya masih bisa explore singapore….he..he..tks ya mas.

  20. halo, mas. mau tanya nih kalau dari surabaya ke kuala lumpur lewar darat atau laut bisa ndah ya ? lewat jalur mana ? andaikata tiba di singapura jam 1 dini hari, terus mau melanjutkan perjalanan ke KL apakah bis masih beroperasi ? terus jam berapa mereka beroperasi ? yang murah dan nyaman naik apa ? kalau dari terminal queen singapore ke KL kurang lebih berapa jam ? pernah beli tiket jetstar ? bagaimana caranya supaya ndak kena change 50.000 ?
    thank you ya.

    • dari Surabaya menyusuri Jawa – Sumatera nanti sampai Dumai. dari Dumai bisa menyeberang ke Johor. baru setelah itu masuk KL.

      kalau jam 1 dinihari sudah tidak ada. mungkin solusinya ambil bis ke Johor jam 23.45 lalu menunggu di Larkin bis pertama ke KL. kalau nyaman relatif sama, semua nyaman.

      dari Queen St ke KL kira-kira 8 jam.

      kalau Jetstar pernah, yang dimaksud change 50 K apa ya?

  21. malam bang, mau tanya nih kita nyampe larkin sampai jm 22.00, rncana mau ke melaka…. kira kira msh ada gak transport ksanaya? atau klo nginap di masjid di larkin boleh gak ya, hehehe

  22. mau tanya bang klo dari terminal larkin ke klia atau kl central ada g y?brp lama perjalanan y?karna sy plg kl nya jam 8 pagi.trims

  23. bang mau tanya, saya mau ke Malaka dari Sing, dan bis paling malam dari Larkin ke Melaka itu kan jam 21.30, berarti kira2 jam berapa harus start dari singapore nya? trus bis jam 21.30 nyampe Melaka jam berapa? saya cewek backpacking sendirian, aman nggak kalo sampe di Melaka tengah malem gitu? makasih ya sebelumnya 🙂

    • kalau dari Singapura lebih baik jam 18.00 kak, karena load imigrasi ketika pulang kerja akan makin ramai. sampai Malaka jika lancar sekitar jam 1, di Melaka tengah malam lumayan aman. Lebih baik menunggu di McDonalds Malaka Sentral atau di sebelahnya ada restoran India yang buka 24 jam karena di atas jam 10 sudah tidak ada angkutan umum ke tengah kota, kecuali mau naik Taksi.
      Salam

  24. mahkota medical centre melaka
    transnasional gak ada trayek johor – melaka ya?
    pernah baca-baca transnasional lewat didepan MMC, sayangnya info ini nyimak dari perjalanan KL – melaka hehehe

    jadi ceritanya kemarin turun di melaka sentral bro?
    melaka stay dimana? rencana kita mau ke fenix-inn

    Boleh juga nih nyobain si kuning Causeway link
    soalnya di Indo belum kesampean naik MAN :))

    • kalau Melaka Medical Centre sepertinya tidak dilewati bis antar kota karena lumayan jauh dari Melaka Sentral.

      di Melaka kita di Lavender Guesthouse, lumayan nyaman kalau untuk ukuran budget hemat. Untuk transnasional saya kurang tahu kalau yang ke Melaka, coba cek lewat webnya atau langsung ke Larkin, Johor bro.

      semoga membantu ya..

  25. Mas Mau tanya, kalo terminal queenstreet atau kranji itu deket mana ya?hehhe maklum baru pertama kali

    rencannya mau ke melaka lwt SG. Thanks

  26. Salam kenal Mas,
    Saya Intan berencana traveling Spore-Melaka-KL bersama keluarga tgl 26 dec-2 Jan 2015. Infonya sangat membantu memberikan saya guide dari spore ke KL jalan darat 🙂 sy menginap di queen street jadi akan mudah untuk saya naik bus ke Melaka. Yang saya ingin tanyakan:
    1. Dari melaka sentral, apakah mudah mencari taksi menuju ke hotel?
    2. Apakah taksinya menggunakan argo meter?
    3. Apakah ada rekomendasi hotel yg bagus dan dekat dengan pusat turis?
    4.Dari Melaka ke KL lebih baik turun dimana jika menginap dekat Twin tower? TBS atau Pudu Raya?
    Big thanks,

    • Selamat Pagi Intan. 🙂

      1. Bisa sekali, ada banyak taksi dari Melaka Sentral menuju hotel.
      2. Taksinya ada 2 jenis, yang pake argo biasanya mobilnya adalah Innova, ada juga yang sistem tawar menawar.
      3. Saya menginap di Lavender Guesthouse di Jalan PM (Seberang menara Tamingsari). Menurut saya itu bagus karena dekat dengan kuliner, pusat oleh-oleh dan tempat wisata.
      4. Jika dari Melaka biasanya bis akan turun di TBS. Dari TBS bisa dengan kereta Komuter / KLIA Express ke KL Sentral dilanjutkan dengan Kelana Jaya Line atau bis.

      Salam

  27. mas mau minta tolong bikin itinerary. tgl 21 juli 2015 dari singapur saya backpack bersama 2 anak saya ke legoland dulu,apakah waktunya cukup kalau sorenya a malam langsung lanjut ke melaka? kalau waktunya tidak cukup dimana penginapan yg murah di johor? kemudian kalau wisata di melaka apakah waktunya cukup dari pagi sampai sore dan langsung lanjut ke kl?Berapa jam kl ke genting? Selain ke genting juga ke batu caves. Rencananya dr tgl 21-25 juli2015 singapur-johor bahru-melaka-kl. Trims

    • Selamat Sore Mbak Shirley.
      Untuk itinerary mohon maaf saya tidak bisa membuatkan karena saya sendiri jarang sekali atau bahkan tidak pernah membuat itinerary.

      Tapi saya akan coba jawab satu per satu :
      1. JB – Malaka +/- 4 jam. Bisa saja langsung ke Malaka namun perlu diantisipasi untuk kedatangan di Malaka karena bis kota di Malaka akan makin jarang jika sudah semakin malam. Untuk penginapan murah di JB mbak bisa mencari di sekitar JB Sentral.
      2. Tempat wisata di Malaka bisa sekali dieksplorasi dalam sehari. Khususnya untuk wilayah Kota Tua, jadi bisa langsung ke KL.
      3. KL – Genting sekitar 1 jam, sementara KL – Batucaves 30 menit dengan kereta.

  28. Malam kak.. mau minta petunjuk kak.. saya mau ke rs. Mahkota.. tolong rinciin akses jalan dan biaya n nama bis dr singapure tuk ke mahkota nya.. maklum ini perjalanan perdana saya.. trus kl udh smpai kemahkota, nama tempat penginapan yg murah apa ya.. tq kak tuk info nya..

  29. Assalamualaikum, seneng mampir kesini, boleh tanya yaa. kalo rute saya SIN-JB-Malaka-KL,
    1. dari sin tgl. 20 feb 15 ke jb siang, masiy bisa main ke legolandkah? karna pengen ke malaka
    2. dari jb kemalaka jika sore sebaiknya jam brapa ya? cos pengen juga ke twin tower sebelum pulang ke jakarta..(dari twin tower/mall ke airport KL naik apa ya dan brapa lama waktu tempuhnya. makasiy)
    saya berangkat backpacker dengan 2 anak saya, yg semuanya perempuan.
    terima kasih atas bantuannya

    salam

    • Terima kasih sudah mampir mbak. 🙂
      1. Bisa saja, namun pasti sebentar sekali dan mungkin tidak bisa menikmati semua Wahana.
      2. JB ke Malaka mungkin mbak bisa berangkat sekitar jam 3-4 sore.
      3. Setelah dari Malaka mbak bisa ke KL untuk ke Twin Tower. Dari Twin Tower mbak bisa ke KL Sentral dengan LRT Laluan Kelana Jaya menuju KL Sentral, setelah itu mbak bisa naik bis ke KLIA/KLIA 2 atau dengan kereta cepat KLIA Express.

      Selamat jalan2 mbak, pasti akan sangat menyenangkan..

  30. Seneng bisa mampir ke blog ini, lengkap hehe…
    Mas mau bertanya, kalo dari Lavender Guesthouse Malacca ke Malaka Medical Center bisa naik apa selain taksi? Transportasi tsbt paling pagi dan malam jam berapa?

    Kalo Dari Malaka langsung ke KLIA2 apakah ada transport? Jika saya pesawat jam 3, baiknya paling lambat jam berapa Dari Malaka?

    Makasih sebelumnya…

    • Pagi mbak. 🙂
      Seharusnya ada bis kota, hanya saya kurang tahu bis nomor nerapa. Tanyakan sajanke resepsionis mbak.
      Dari Malaka – KLIA 2 ada shuttle kog.. Dari Mahkota Hospital juga ada shuttlenya.

      Kalau pesawat jam 3, jam 10 sudah dari Malaka untuk amannya..

  31. Sangat informatif buat para pelancong atau travellers yg hendak bepergian ke Malaysia. Saya sendiri blm pernah masuk ke Malaysia, baru nyampai Singapore. Mudah mudahal terlaksana di masa mendatang.

  32. halo kak Farchan!
    saya rencana pergi ke malaysia tgl 15 – 20 januari 2015, tiba via KLIA2.
    setiba di KLIA2, saya akan menuju ke johor bahru langsung. kira2 dari KLIA2 ke johor bahru naek bus apa ya? apakah bisa beli tiket bus on the spot? berangkat dari terminal berpadu selatan kah atau puduraya?

    lalu bila dari johor bahru akan dilanjut ke malaka, berangkat dari terminal larkin, bus apa yg sebaiknya saya pilih? bisa beli tiketnya on the spot kah?

    dari malaka ke KL, tiket bus delima, sebaiknya beli online atau bs on the spot jg?

    saya msh bingung untuk memilih busnya. ada yg menyarankan yoyo express, lalu causewaylink..

    mohon bantuannya kak.. terima kasih

    • Halo Raisa!
      Ini bukan Raisa penyanyi kan? 🙂
      KLIA2 JB ada bisnya langsung, Yoyo bus. Nanti begitu di terminal kedatangan langsung saja ke peron bis. Nanti bayarnya di atas bis, jadi tak usah ke TBS.
      Kalau JB – Malaka bisa naik Causeway Link saja. KL – Melaka naik Delima bisa. Untuk tiketnya bisa on the spot.

      Btw kenapa rutenya tidak KL – Melaka – JB? Karena dari KL lebih dekat ke Malaka daripada JB.

      Salam

      • bukan kak.. suara saya gak sebagus Raisa yg original.. hahaha

        *backtotopic*
        terima kasih penjelasannya kak. apakah yoyo bus, causeway link dan delima 24 jam? untuk melihat jadwal lengkap, bisa diakses di mana ya?
        karena takut kehabisan tiket dan ketinggalan bus..

        iya, rutene agak ribet karena saya dan adik berpisah dari rombongan. rombongan mau mampir ke SG, sedangkan saya dan adik gak mau ke SG karena sudah bosan dan ribet harus bw 2 mata uang..
        maka dari itu, dr KLIA2 langsung ke JB dulu.

        terima kasih kak.. saya akan baca2 lagi blog kakak supaya tau lokasi wisata apa saja yg harus saja kunjungi di malaysia.. lengkap dan mudah dipahami ternyata untuk backpacker seperti saya ^^

        • Tidak semua bis 24 jam. Setahu saya jika dari KLIA 2 itu paling malam jam 9 atau 10 untuk kota-kota yang jauh seperti Malaka atau JB.
          Causeway Link dan Delima ada memiliki website yang bisa diakses, namun untuk jadwal paling lengkap bisa bertanya di terminal.
          Saran saya sih apabila sampai do terminal tujuan lebih baik langsung memesan tiket untuk perjalanan berikutnya. Kalaupun tidak booking pun tidak masalah, bis – bis untuk kota besar di Malaysia buanyak sekali dan relatif sepi.
          Terima kasih banyak juga sudah mengunjungi blog saya.
          Selamat backpacking dan salam.

  33. Sore Mas Farchan,

    Tripnya bagus kebetulan ini yang saya cari. bisa minta tolong bantu info mas. saya Insya Allah berangkat 21 Jan 2015 dari Jkt, saya dari SIN mau ke Malaka via JB dari Malaka mau ke KL. yang mau saya tanyakan :
    1. di SIN saya nginep daerah Bencoolen street bugis, naik bis apa ya ke JB?
    2. di Malaka nginep daerah jl. hang jebat (Jonker street) , dr turun bis ke jonker street ada bis ga?
    3.dari malaka ke KL naik bis apa? saya nginep di KL daerah jln petaling chinatown.
    4. semua bis bisa di beli on the spot ga?
    trims mas infonya.

    • Halo Mbak Selvi.

      Saya coba jawab ya.

      1. Dari Bugis silakan ke Terminal Queen Street, dekat kog..setelah itu naik Causeway Link atau SBS ke Johor Bahru.
      2. Ada bis Kota Mbak Selvi.
      3. Untuk ke KL bisa menggunakan Causeway Link, KKKL atau Delima. Dari TBS Mbak lanjut kereta KLIA Express / Komuter ke KL Central dan setelah itu naik LRT Kelana Jaya Line dari KL Central ke Halte Pasar Seni (Petaling)
      4. Bisa.

  34. terima kasih mas farchan infonya sangat membantu sekali. maaf mau tanya lagi , dari malaka sentral bis nomor berapa dan berapa lama perjalanan ke dalam kota. maklum mas baru pertama melangkahkan kaki ke negri orang….

  35. Weh weh seru bgt nih bacanya, kebetulan ini lagi di singapore mo ke KL, mau tanya mas kalo dari johor baru ke KL paling malem jam berapa ya hehehe rabu mau ke KL nih mo nyoba lewat johor

  36. Hallo mas, tanya lagi yaa, sorry niy semakin deket hari H, rencana rada berubah, kmi gak jd ke legoland, tapi dari SIN ke MLK maunya malem, biar sampe malaka pagi buta…irit..hehehe, pertanyaannya:
    1. dari Queen Street bus terakhir ke JB jam berapa?
    2. sy denger dr larkin ada bus yg jam 23.00? jadi bisa sampe malaka pagi.
    4. kalo dr bukit bintang (hotel sy) ke batu Caves pagi2, trus lanjut petronas/poto2 doang n jln2 di mall keburu gak ya, plg ke indo flight 17.20
    makasi yaa udah sabar jawabnya.

  37. hello mas, sangat membantu informasinya mas, numpang tanya dunk mas, kalo dr larkin bus terakhir ke melaka jam brp ya, rencana saya nyampek larkin jam 10 malam gt, biar bisa nyampek malaka pagi buta, dan tarif brp mas, mohon info recommended bus,thanks,

  38. Mas Efenerr, saya dan teman saya akan ke KL 03-10 Feb 2015. Rencananya mau ke KL-SIN- Johor Baru- Malaka. Pls saran donk mas, sebaiknya rutenya kemana dulu biar bisa mengunjungi banyak tempat. kita jalan dengan biaya yang minim. Thanks

  39. Alo…mas Efenerr…saya berencana solo travelling ke Malaka dari Singapore bulan April nanti…mo tny nih :
    1. Untuk ke terminal Larkin lebih cepat naik bis express dari terminal Queen Street atau naik MRT dulu ke Kranji lalu sambung naik bis ke terminal Larkin?
    2. Bisa rekomendasiin ga hostel yg dkt Jonker Street yg bersih tp lumayan murah?
    3. Kira2 apa yg menarik untuk wisata malam di Malaka?Klo mo ikut River Cruise malam hari bisa ga ya?kira2 byr brp?

    • Alo Geshu :
      1. Sama saja.
      2. Di Jonker Street bisa di Tidur-tidur atau Lavender Guesthouse.
      3. Untuk River Cruise saya justru tidak naik River Cruise jadi tidak tahu harganya. Mungkin bisa jalan-jalan di Jonker Street. 🙂

  40. halo mas, mau tanya dari Melaka ke KL turunnya di TBS kah? penginapan di KL yang deket sama mana2 apa yg rekomended ya mas? dan rutenya gimana dari TBS? kalo dari KL ke johor bis paling malam jam berapa ya? mau nyebrang ke kepri jam 8.30.trims sebelumnya
    salam

  41. ok mas, trus mau tanya lagi, sy rencana trip berangkat pas imlek, kira2 bakal kehabisan tiket bis gak ya dari johor- melaka, melaka-KL, KL-johor? perlu beli online kah? apa ada beda harga beli online dan on the spot? ada penginapan yang rekomended gak mas di KL? under 400rb 🙂 kmrn mas nyobain ikut bus hop on hop off kah? itu beli tiketnya dimana ya? tengkyu ms efener, seandainya boleh japri heehhehe

    • halo Mbak Ratna.
      kalau saat libur panjang lebih baik memang beli Online. beda sedikit tapi pasti ada jaminan mendapatkan kursi. penginapan di KL saya biasa di Fernloft Hostel mbak, mungkin bisa jadi referensi.
      silakan japri mbak, saya di email : [email protected] 🙂

  42. Wah menarik..sy, istri dan 3 anak akan ke singapura- KL lewat darat dan bermalam satu malam di melaka..di melaka sdh booking di 7 day in hotel..mungkin ada saran…tks

  43. siang,boleh nanya mas? saya mau ke KL-JB-Spore-Malaka-KL..kalo dari klia2 ke JB naik yoyo bus turun dimana ya JB nya?trus dari JB ke spore pernah denger ada oddesey shuttle JB-Sentosa island masih ada engga ya,atau mending naik apa ke spore nya…kr bawa anak kecil….,kemudian dari JB ke malaka naik bus causewaylink ke malaka apakah bisa tour sehari tanpa menginap dimalaka?thanks infonya.

  44. Sore Mas Farchan…
    Sangat menarik blog anda terutama yang akan holidays seperti kami ini,..hehehe
    Kami (saya dan istri + 1 anak usia 2 th) berencana holiday ke SIN-KL.(31 Maret 2015 – 6 April 2015)
    Kami estimasi Landing di KLIA2 14.10 MYT dari Aceh.
    Mulai dari KLIA2 – JB – Melaka – KL (bukit bintang)
    Mau nanya mas,
    1.Ada rekomendasi hotel di Johor bahru?
    2.Ada rekomendasi paket Tour johor bahru – SIN Pulang Pergi Sehari? Biayanya kira2 berapaan ya?
    3.Apakah akomodasi di SIN harus pake AZ link card?

    Terimakasih atas jawabannya mas..

    • Hai Mas Chaizir. 🙂

      1. Hotel di Johor Bahru bisa ke Lavender Guesthouse.
      2. Kalau untuk paket saya tidak ada referensi mas, mohon maaf.
      3. Kalau akomodasi di SIN tidak harus pake AZ kog mas…bebas..

      Selamat berlibur mas. 🙂

  45. Siang , bole nanya saya rencana rombongan 19 org tgl 15 juli sd 21 juli,enakan ikut tour atau jalan sendiri gun tujuannya KL-JOHOR legoland- Malaka- kuala lumpur

    Tolong kasih rutenya yang enak kemana dulu gun, dari KL – Johor atau kebalikannya
    Utk penginapan di hotel kuala lumpur dimana yang paling enak gun
    TErima kasih

  46. Malam, mau nanya nih, sy dan teman rencana dri KLIA2 langsung ke Melaka naik bus. Rencana mau nginep di Lavender Guesthouse, bisa tolong kasih tau gak dari Melaka Sentral ke guesthousenya naik apa terus kasih petunjuk arah juga dong ke guesthouse. Maklum newbie backpacker ke melaka, gak pernah backpack sebelumnya ke melaka. Mksh.

    • Hi Lauren. 🙂
      Dari Malaka Sentral naik Bis nomor 17 turun di Menara Tamingsari, menyeberanglah dan cari penginapan di ruko2 di seberang menara. Lavender ada di Baris kedua ruko, lokasinya di at as rumah makan.
      Semangat. Saya juga pas ke Malaka juga pengalaman pertama kog, sampai tersesat berkali – kali.
      Salam

  47. Dari melaka sentral ke lavender guesthouse naik apa ya? Terus turun di mana? Bisa tolong kasih tau arahnya? Baru pertama kali ke melaka dan rencana nginap di sana. Mksh.

    • Hai Lauren. Sila naik bus nomor 17 dan dari depan Menara Tamingsari kemudian menyeberang ke deretan ruko di depan Menara Tamingsari.

      Semangat Lauren. saya pas ke Melaka juga baru pertama itu kog.

  48. Hi Mas Efenerr,

    info artikelanya sangat bagus, ada yang mau saya tanyakan. kalau dari Larkin ada ga ya yang langsung ke bandara Johor Bahru? dan apakah ada dari bandara Singapura yang langsung ke JB Sentral? Thank you.

    • Hai Diyan. 🙂

      Maksudnya dari Senai ya? kalau dari Senai ke Larkin silakan ambil Causeway Link no. 333
      Kalau dari Changi ke Johor Baru saya kurang tahu, setahu saya adanya ke Larkin, bisnya Transtar.

  49. Bang thanks infonya bermanfaat bgt… 🙂

    Boleh minta referensi bus yg oke dari KL-SIN ga? sebenernya lbh cepet naek bis atau kereta ya? Trs minta info dari terminal larkin ke SIN enaknya naek bis apa ya?

    makasih lg yaa bang….

  50. Hi Mas Efenerr,
    menurut mas rekomendasi gak sih stay dijohor(lebih hemat) tpi maen di sin,jdi tiap hari wira wiri brngkt pgi plg mlm?jkira jam2 brp klu pgi&mlm lalu lintas relatif lancar?brp wkt yg diperlukan utk melintas PP,sya ambil chekpoint trdekat JB custom-mrt kranji-jb custom.maaf byk tnya 😉
    thx before

    • Rekomendasi kog. Selama tidak ketinggalan bis ke JB. Untuk cross perbatasan sekitar 1 jam, hindari saat jam berangkat dan pulang kerja. Jam 06.00 – 07.00 pagi dan jam 15.00 – 19.00 Sore.

  51. Mas.. mau tanya dong kalo kebetulan saya nginep deket twin tower, kalo dari terminal malaka sentral mau ksana naik bus apa yah ?? terim kasih yah mas

  52. Mas Efenerr, aku baru mau ke Singapore-Malacca awal juni. Rencana nginap di Oriental Riverside, Jonker. Kalo dari stasiun Malacca ke daerah itu transportnya gimana ya mas.. Browsing sih kalo ke tempat2 wisata Malacca dket2 sekawasan yaa.. Thanks yaa..

  53. Mas,mau tanya,rencana kita mau trip ke johor legoland,nginep d apartment ujana, kl mau k sin dari apart naek ap ya? Apa ada bus? Ato dr legoland ada bus arah queen street or larkin?

  54. Pagi mas, nanya dikit ya
    Kalau dari sing-jb-melaka-sing cukup 1 hari nggak? Atau mana yg baik; sing- jb-melaka-jb-sing
    Rncnnya dr queen street-larkin trus melaka, main sekian jam, balik ke singapor, adakah bus yg lgs melaka-sing dan kita beli tiket on the spot saja? dan jam brrapa bus terakhir ke singapore dr malaka? Thanks sebelumnya

  55. Malem ka.. salam kenal yaa..
    tiba-tiba nemu website ini dan cukup informatif juga.. 🙂
    ka, boleh nanya ga ya? saya sama keluarga rencananya mau liburan dari KL-Penang terus ke Mallaca-JB-Singapore..
    Yang saya bingungkan itu masalah imigrasi JB-Singapore, dulu saya pernah trip waktu student exchange sama kampus di Penang, hanya saja saya cuma ngikut2 aja dan ga ngerti prosesnya kaya gimana. Itu jadi begitu sampai di imigrasi Malaysia isi2 kertas gitu aja kan ya terus langsung lewat? dan kalo ga salah saya dulu bayar 5 MYR untuk bis ke SG tapi turun di daerah Universal sih.. apa lebih baik naik bus aja dari Malaka ke SG?

    • Hai Maurine. 🙂
      Wah rencana perjalanannya menarik. Nah kalau lewat imigrasi jika border darat taksah isi kertas, nanti langsung cap paspor.

      Kalau dari Malaka, lebih baik ke JB dulu baru naik bis ke SG. Ini lebih ngirit banyak daripada langsung ke SG.

      Salam

  56. Malam bang, pertama kali nih mau ke sin-kl. Numpang nanya bang..1.lavender guesthouse malaka tarifnya brp ya bang/night nya.,dan hrs booking dulu atau bs lngsg k sana. 2. Dari malaka ke kawasan bukit bintang ada bus lngsg ga bang, dan mohon recomend guest house / hotel yg murah namun nyaman, terimakasih bang atas infonya..

    • Lavender Guesthouse sekitar 30 RM per malam. Kamar single dengan kipas angin.
      Kalau Malaka ke Bukit Bintang tidak ada yang langsung.
      Untuk hostel di Bukit Bintang kebetulan saya tidak ada referensi.

  57. Selamat siang, Mas Efenerr.
    Wah, Rame sekalian blog ini. Sangat membantu info dari Mas.
    KamI berencana ambl rute Btm-Sin-JB-MLK tgl 18 Juli, (Perkiraan keluar dari imigrasi Hbb Front Sgpo sktr jam 10 wib). Apakah perlu pesan tiket online ya utk JB-MLK? Pemesanan online kena tambahan biaya ya?
    Lalu Klo Kita tidak sempat naik bus di jam yg kita pesan, Apakah tiket yg Sdh pesan akan hangus?
    Kami Sdh booking hotel di Malaka utk tgl 18-20.
    Thx n salam sukses.

    • 18 Juli sepertinya perlu beli tiket online karena masa masa Idul Fitri, pasti rame sekali.
      Kalau hangus pasti hangus, namun coba dinegosiasikan dengan provider busnya. Soalnya masa lebaran mas, bisa ada kursi bisa tidak.

  58. Sekedar info aja Mas. Kami sdh plg dari jj ke Malaka tgl 18-20. Dari Kranji smp Larkin sdh jam tiga kurang, Lsg cari bis ke Malaka n syukur skl dpt yg berangkat jam tiga dg bis Sri Maju Express. Jam enam sampai dI Malaka Sentral. Tdnya Mau coba pesan tiket lwt online, tapi Takut wktnya sampainya gak bisa tepat, krn Takut Hangus Klo telat.
    Salam.

  59. Makasi bgd buat postingannya mas sangat membantu.
    Sya ada rencana mau trip ke SIN-JB ini trip pertama kali kesana, saya akan ke JB di hari sabtu. minta info tempat yg bisa dikuntungi serta tempat makan yang hemat budget di JB dong mas. Tks 🙂

  60. Mas, kalo naik causeway link dari queen street ke jb larkin bayar tiket busnya dmn ? apakah sama seperti Singapore – Johore Express ?

  61. Mas, kalo naik causeway link dari queen street ke jb larkin bayar tiket busnya dmn ? apakah sama seperti singapore-jb express?

  62. hallo mas, postingnya sangat bermanfaat sekali, ada yang mau saya tanyakan mas

    1. saya berencana mau ke kl akhir bulan ini, mau ke mahkota medical center, dari klia2 saya berencana mau menginap di KL dulu semalam , untuk ke twin tower dan batu caves, untuk mencapai ke sana saya harus naik apa mas ? dan baiknya saya menginap kemana ?

    2. dari KL saya mau ke melaka , ke Mahkota medical center, saya udah ada book hotel comfort two hotel dkt MMC, jd dari kl itu saya harus kemana ya mas untuk ke melaka tepatny ke MMC ?

    3. dari melaka saya mau ke SG, dari MMC itu saya harus naik apa untuk sampai ke SG ? dan tiket busnya harus saya beli sehari sebelum berangkat atau bagaimana ?

    mohon maaf saya banyak tanya karena ini pengalaman pertama saya pergi sendiri, krn kmrn dgn rombongan sekolah jd hanya ikut dengan pihak tour

    terimakasih mas sebelumnya

    • Hai Dyta. 🙂

      1. Kalau menginap lebih baik di sekitar Petaling/Pasar Seni. Nanti aksesnya bisa naik LRT ke KL Sentral, dari situ bisa kses ke Twin Tower dan Batu Caves.
      2. Dari KL ke Malaka Sentral nanti naik bis kota ke MMC atau naik Taksi.
      3. Bisa naik bis langsung ke SG. 🙂 Lebih baik beli sehari sebelum berangkat.

  63. halo mas Farchan….mau nanya…..
    kalau bis dari JB Sentral langsung ke Melaka ada ga ya mas?kok kbnyakan dari Larkin.trs kl misalnya harus dari Larkin,dari JB Sentral ke Larkin bisanya naik taksi aja ya mas?ato ada pilihan lain yg lebih murah?ehhheee…..
    makasi sebelumnya… 🙂

    • Memang stasiun utamanya di Larkin Mbak. 🙂
      Kalau dari JB Sentral ke Larkin bisa naik bus kota kog, naik taksi bisa tapi nanti nego sendiri tarifnya.

  64. Hai mas Farhan, blognya helpful banget. lagi pengen one day trip ke Malacca dari Sg, dan sering banget buka blog mas Farhan buat bikin itin. btw, saya mau tanya nih beberapa:
    1. Saya rencana cuma one day trip ke Malacca dan sorenya balik lagi ke Sg. nah better ambil bus balik dari Malacca ke Sg yang jam berapa ya? kepikirannya sih tadi yang jam 7 malem, cuma kayaknya sampe Sg udah kemaleman banget ya, MRT udah gak ada. Kalau jam 5 atau jam 6 keburu gak ya?
    2. rencana cuma mau jalan-jalan sekitaran stadthuys, St paul’s church, a farmosa, jonker street dan st john’s fort. nah tempat-tempat itu bisa gak ya didatengin semua dalam waktu 2-3 jam, huhuhu. nah kalau mau ke tmp2 itu bisa jalan kaki atau naik bus panorama itu?
    3. is Pak Putra Tandoori & Naan really worth to try? soalnya kalau liat dari reviewmu sih iyaaa, tapi kayaknya agak makan waktu gak sih kalau harus kesana dulu?

    itu aja sihhh, mohon dibantu yaaaa mas Farhan 🙂

    • Halo Verta, saya bantu jawab ya :
      1. Kalau dari Malacca lebih baik ambil yang 6 lebih aman. Karena total perjalanan bisa 5 jam termasuk entry imigrasi JB – Singapura.
      2. Itu semua bisa ditempuh dengan jalan kaki kog, 2-3 jam cukup namun ya hanya sekedar melihat-lihat saja.
      3. Sangat pantas untuk dicoba. 🙂 Makan waktu tidak kog karena ada di Jonker Street.

  65. Ass mas farhan, mau nanya, rencananya kami dari sg mau ke kl lewat jb dengan kereta api malam, kalau brngktnya sekitar jam 21.00 dari sentosa masih sempat gk ya mas, mau lihat song of the sea dulu. Trus bus dari quenn street ke jb msh ada gk mas jam segitu. Mhn di bantu mas trims.

    • Halo Mbak.
      Sebaiknya estimasi waktu dulu Mbak, bis dari Queen Street sampai tengah malam. Namun perlu diingat bahwa perjalannya bisa sejam belum imigrasi dan sebagainya. 🙂
      Lebih baik ambil kereta malam dari Singapura saja.

  66. Bang… Mau nanya bang… Klo mau ke maqam Habib Nuh singapur baiknya lewat mana ya… Dari melaka bang… Melaka to terminal larkin and then sy harus ganti lgi ya bus from terminal larkin… Mhon pencerahannya… Sekalian mrt nya jalur mana sampai disana… Yg murah meriah ya bang… Maklum backpakeran… N saran buat hostel dekat dengan maqam Habib Nuh dimna ya??? Mksh bang

  67. Hi Bang, Salam kenal
    Mau tanya kalio misal dari JB Sentral ke Singapur perlu waktu berapa lama ya ?
    Terus kalo malamnya mau naik kereta balik lg ke JB Sentral kira 2 keburu gak yah waktunya buat main 2 di singapura 6 jam / stgh hari ?
    jd gak perlu nginep si hostel ,, cukup di jalan ajah . heee

  68. hai bang..
    saya mau nanya, kalau berangkat dari singapore (queen street terminal) pada pagi hari jam 8 dan tiba di terminal larkin jam 9/9.30 pagi, adakah bus ke melaka sentral yang berangkat jam 10 pg sehingga sampai melaka jam 1 siang?.

  69. Malam bang, nice info bgt bang blognya, saya mau tanya bang, rencana mau ke melaka dr sg enaknya dr queen street ya?dulu saya pernah mau ke melaka dan naik dr kranji,sampai larkin tengah malam dan diboongin ktnya bisnya nanti berenti di melaka, gataunya lanjut ke tbs -,- *jd curcol*

    Nah yg ingin saya tanyakan
    1. lebih enak dr queen street atau kranji ya, paling pagi jam brp mas, krn saya rencana sg-malaka-sg dlm sehari aja jd sore sudah ada d sg lg gitu, qra2 dr melaka sentral jm brp ya patokannya
    2. Dari melaka sentral ke stadythus hrs naik angkutan apa ya mas?harganya brp ya, rencana saya dr queenstreet atau di larkin maunya beli langsung bisa kan ya
    3. Di masjid sultan bugis malem2 bisa numpang rebahan disana ga mas alias nginep ahahah,masjidnya buka 24jam ga dan pagi2 di bugis deket masjid sultan, ada tempat sarapan yg buka pagi hari kah?
    Terima kasih ya mas, maaf panjang dan banyak pertanyaannya 🙂

    • 1. Dari Queen Street, mungkin jam 5 pagi sudah ada.
      2. Yak, ada bis kota.
      3. Saya belum pernah. 🙂 Tapi kalau sarapan pagi hari buanyak, rata-rata jam 5 pagi sudah buka.

  70. Senengnya nemu tulisan ini.. infonya ngebantu bngt bwt saya yg punya rencana backpacker ke sin-melaka-kl bulan april ini.. semoga ga ada halangan yg berarti..

  71. mas mau tanya, kalo dr senai kemalaka bawa koper gitu ribet gak. kalo brgkt sore cewe sendirian gmn? trs di malakanya aman jg gak? lebih dekat ke malaka atau ke kl? disana hotel yg murah dan nyaman tp deket kota tau gak mas? rekomendasi tempat yg bgs untuk dikunjungi dong mas

  72. Mas Farchan klo abis pengecekan imigrasi dari woodland ato imigrasi JB Sentral nunggu bus nya lagi itu dimana ya takut kesasar, dan harus nunggu bus operator yg sama kan ya ?

  73. hai mas salam kenal, duh seneng baca blog ini, mas jadi saya emang dari awal niatnya gak ke sing krn tiket yang saya beli CGK-KL-CGK tapi saya berangkat kamis malam pulang senin siang, setelah liat ini jadi tertarik, bisa gak ya kalo saya CGK-KL-SING via sleeper train lanjut Melaka- KL- CGK? cuckup gak di Sing dan Melaka nya 1 hari saja?

    trims infonya mas

  74. Malam Mas, terima kasih untuk artikelnya sangat membantu saya yang kebetulan akan trip SG KL. Beberapa kali sudah pernah pernah ke KL, melaka ataupun SG, tapi baru kali ini akan trip bersamaan SG KL. Yang ingin saya tanyakan, adl perbedaan naik bus dari:
    1. Bugis langsung melaka/KL, ini biaya berapa SGD ya?
    2. Bugis ke terminal JB (woodland, JB, larkin), berapa sgd?
    D jelaskan d blog atas, lumayan hemat biaya jika pakai opsi 2, Boleh tahu selisihnya berapa ya Mas dgn opsi 1? Krn klo oper bus dan naik turun d beberapa terminal kasihan orang tua, karena saya akan pergi bersama orang tua mas takutnya malah jadi ribet klo opsi 2 yg d pakai. Mohon infonya ya mas. Terima kasih.

  75. Mas, mau tanya klo jam rame di perbatasan singapore – johor itu di jam brp sampai jam brp ya? Kami berencana ke JB dr singapore hari jumat sore. Amannya nyebrang jam berapa ya klo sore? Biar efektif waktunya krn siangnya masih pingin muter2 di singapore. Trims ya mas.

  76. Malam. Mas, ikutan meramaikan.ya…saya mau ke daerah pasar seni malaysia dari singapore enaknya naik apa ya..udh pesen hotel di dekat petaling street jam 3 cek in harus jam brp dr singapura ya mas,tq

  77. Selamat sore mas Farchan
    Kalau dari pelabuhan laut singapore (water front ) ke terminal Queen street jauh ngak mas trus klw i pakai taksi berapa SD mas
    makasih mas

  78. Om mau tanya dong… kalo bawa koper agak gede di bus expres singapore – johor itu ada tempat nyimpen di dalem bisnya?

  79. Malam mas..
    Besok kamis saya rencana ke SG trus mau lanjut ke Malaka hari Jum’at nya. Udah pesen hostel di Melaka.
    1. Supaya bisa explore habis maghrib di Malaka kira-kira paling lambat berangkat dari Quenstreet jam berapa mas? Saya nginep di Bugis, tapi pagi mau explore SG paginya.
    2. Itu bis di queen street selalu ada kan? Blom pernah ngeteng kek sampeyan. Biasanya bis langsung dari SG ke KL. Pengen ngirit lah yang sekarang.
    3. Dari Melaka Sentral ke pusat kota & wisata jauh ga? Naik apa?

    Trims atas balasan dan tanggapannya

  80. Makasih bang farchan…sy berhasil ke melaka dr spore krn ngikutin blog ini. Berguna banget. Sedikit tambahan…bus CW dr queenstreet spore ke larkin skr sgd 3.3. Lalu dr larkin naik CW lg ke melaka rm 21. Tp pas sy naik dptnya yg krg nyaman…acnya dingin banget ga bs dikecilin lg…trs bocor lg…bs dibayangkan penderitaannya. Pilih yg lain mgkin lbh bagus. Pas dr melaka ke KL sy pilih merek ekspress..enak busnya. Oya…kl sdh di daerah malaysia (mau KL,melaka,penang dll) jgn lupa googling promo grab & uber. Lumayan lho jd ngirit ongkos. Tp tanpa promo pun dr melaka sentral ke pusat kota berkisar rm 5 sd 10. Sedangkan taxi biasa bs mencapai rm20

  81. nice bgt info busnya mas, ada rencana juga nih ke sing – malaka – penang- kl lewat darat.
    1.btw mau tanya dong info hawker drive di melaka selain jonker street, soalnya kesana pas hari senen, dan ternyata pas nyari2 ktnya jonker street itu ramenya sabtu minggu aja?
    2. sama nyamanan di jb sentral at larkin ya? rencana mau ngaso2 lonjorin badan bntar gt baru lanjut perjalanannya.

    makasih mas

  82. seneng bgt nemu catatan inihhhh ??.. awal agustus nanti jg ke Sin-Malacca-Kul,, mau ikutin info ini..makasihhhh mas

  83. Mas, mau tanya, pada saat naik singapore johor express atau causeway link, ada tempat untuk taro bagasi ga yah ?
    saya rencana mau pindah hotel dari singapore ke johor.
    thank you

  84. Informatif sekali mas blognya. Awal okt bsk rencana SIN-melaka-KL. Di sekitar terminal melaka sentral apakah ada masjid untuk sholat jumat? Selesai sholat jumat mau langsung lanjut ke KL soalnya

  85. Rencananya tgl 12 ini akn backpacker ke singapore lalu ke melaka,ini adalah pengalaman pertama sy..sy kan pakai STP selama di singapore..itu nuker STP nya sebelum ke melaka biar bs dapetin deposit nya dimana yah? Apakah di queenstreet ? Atau dimana yah?? Mohon petunjuknya yah…:) tq

  86. Malam mas…maaf ganggu sebelumnya…
    Rencananya Minggu depan saya dan suami mau trip Singapore Malaysia ne. berhubung cuti suami baru di approve hari ne jd serba dadakan alhasil tiket mahal bgt makanya pengen nyoba ke Melaka nya naik bus aja.
    Saya mau nanya ni
    1.klo sampe changi nya jam 18.15 kira” sempat ga y ke Marina bay sand liat show air mancur ny?terus klo sempat brrti kan check in hotelnya diatasi jam 8-9 malem kira” masih aman+rame ga sih ke hotel di daerah lavender.
    2.klo beli STP nya di Changi waktu mau dikembalikan apa harus ke Changi ato boleh ke ticket office lainnya misal di stasiun Bugis.
    3.klo naik bus ke Melaka…keluar dr Woodlands checkpoint qt nya nyiapin embarkation card nah klo waktu sampe di JB CIQ masuk Malaysia qt nya isi kartu imigrasi lagi ga?klo itu ngedapetinnya dan?
    4.klo malem di Melaka bukan disaat weekend kira” wisata malemnya kemana y
    Makasih sebelumnya, maaf kebanyakan nanya ???

  87. hi mas mau tanya kalau keberangkatan termalam dr Johor Bahru ke Melaka kira-kira jam brp ya? mungkin bisa diinfokan.

    Terima kasih 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here