Spot foto paling tenar di IKEA Alam Sutera
Spot foto paling tenar di IKEA Alam Sutera

“Wah banyak duit ke IKEA mulu…” atau “Orang kaya, duitnya ga- abis-abis…”

Itulah dua komentar tersering yang muncul apabila saya berbelanja di IKEA. Saya mahfum, banyak yang masih menganggap belanja di IKEA cocoknya bagi para borjuis, bukan untuk kelas pekerja seperti saya. Banyak juga yang menganggap barang-barang di IKEA itu mahal.

Padahal sejak mulaiΒ  belanja di IKEA Alam Sutera yang saya dapati justru sebaliknya, kenyataannya barang-barang di IKEA Alam Sutera tak semahal yang dikira orang-orang. Semakin sering ke IKEA justru makin sering menemukan barang murah-meriah untuk mengisi rumah.

Memang jika kita masuk ke display pertama di pintu masuk, harga barang yang terpampang adalah barang-barang yang harganya menengah ke atas. Sementara harga barang yang miring harus dicari dengan teliti. Kuncinya adalah sabar untuk menjelajahi bagian demi bagian IKEA Alam Sutera, sebelum akhirnya memilih barang yang dibeli. Ketelitian adalah kunci untuk mengakali supaya bisa hemat belanja di IKEA Alam Sutera.

Ruangan untuk display Sofa.
Ruangan untuk display Sofa.

Persiapan Sebelum Membeli

Sebelum jauh-jauh ke Alam Sutera biasanya saya dan istri sightseeing dulu ke toko furniture besar yang ada di Bintaro, pertama di chainshop furniture besar yang ada di mall atau yang punya toko besar sendiri, kedua di custom made workshop yang banyak sekali di Bintaro. Kami mencatat setiap harga barang yang dibutuhkan, bentuknya dan materialnya. Sehingga kami sudah memiliki informasi perkiraan harga untuk berbelanja furniture yang kami butuhkan.

Setelah itu istri yang akan melakukan perbandingan harga dengan yang ada di IKEA Alam Sutera, caranya adalah dengan menekuni katalog dan membuka website IKEA Indonesia. Websitenya sangat user friendly kog, tinggal menuju direktori yang dibutuhkan. Memilih item dan kemudian bisa memasukkan ke chart shop di website. Chart shop tersebut kemudian disimpan dan dicetak atau diemailkan.

Email daftar belanjaan dari IKEA yang sedang diperhatikan oleh istri
Email daftar belanjaan dari IKEA yang sedang diperhatikan oleh istri

Dari perbandingan harga tersebut barulah kami berbelanja, jika lebih murah di IKEA maka kami tak berpikir dua kali untuk membelinya di sana, namun jika lebih mahal, maka kami tidak membelinya. Lebih baik membeli di toko furniture lain yang memberikan lebih murah.

Kami juga sering ke IKEA Alam Sutera, bisa 2 minggu sekali. Seringnya intensitas tersebut bukan untuk berbelanja, namun untuk menghafal lokasi barang, update barang baru dan melihat stok barang yang dimaui tersedia atau tidak. Karena terkadang informasi yang ada di website berbeda dengan kondisi di toko. Dengan demikian kami berdua tahu mana item yang harus kami beli dan apa-apa saja barang yang murah meriah di IKEA Alam Sutera.

Daftar belanja dari email IKEA
Daftar belanja dari email IKEA, lengkap dengan keterangannya

Soal murah atau mahal relatif, namun saya pernah menguji dengan meminta simulasi untuk membuat lemari persis di IKEA. Di IKEA harga lemarinya 999.000 rupiah dan ketika diminta oleh tukang kayunya, diminta 1.700.000 rupiah. Kalau demikian maka hendak memilih yang mana? Kalau saya sih lebih memilih IKEA.

Kenapa bisa murah? Karena di IKEA, barang-barang yang disajikan adalah barang produksi massal dan materialnya pun tidak melulu kayu keras. Sehingga paduan antara barang massal dan pemilihan bahan tersebut yang membuat harganya murah. Saya sarankan jika ingin membeli, lihat juga materialnya terlebih dahulu, di katalog ataupun display sudah tersedia kog informasi materialnya, hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli barangnya.

Set toples plastik dijual 80 ribu. Lebih murah daripada yang dijual lewat sistem MLM itu.
Set toples plastik dijual 80 ribu. Lebih murah daripada yang dijual lewat sistem MLM itu.

Jadi tidak semua barang di IKEA Alam Sutera itu mahal, banyak yang lebih murah daripada di tempat lain. Asalkan sebagai pembeli kita teliti dan mau bersusah payah mencari. Dengan cara yang kami terapkan, saat di IKEA kami tak butuh waktu lama, tinggal berbelanja sesuai daftar belanjaan yang sudah dibuat dan menuju gudang untuk mengambil barang-barangnya, tanpa perlu melihat barang yang lain. Irit waktu dan hemat uang.

Oia jika ingin lebih irit lagi, sebelum kasir di sebelah kanan IKEA Alam Sutera menyediakan gudang tempat barang-barang reject yang dijual dengan harga super miring. Barang-barang tersebut adalah barang yang tidak lolos Quality Control, tidak dilanjutkan produksinya, bekas display atau ada yang cacat sedikit. Di bagian ini barang yang tersedia juga melimpah ruah, mulai dari perabot kecil sampai lemari berukuran besar. Jadi jika ingin mencari barang super murah, di sinilah tempatnya namun harus jeli dan detail saat memilih karena bagian ini adalah bagian barang-barang reject.

Gudang barang reject
Gudang barang reject

Barang IKEA, Barang Substitusi

Belanja di IKEA Alam Sutera menuntut pembeli kreatif, hal inilah yang kami rasakan. Mengingat rumah kami tidak terlalu luas maka kami harus mengakali agar menentukan barang-barang yang tepat. Istri biasanya membawa meteran ketika berbelanja untuk memastikan dimensi barang yang kami beli pas dengan dimensi rumah kami.

Kami juga memiliki notes khusus yang berisi ukuran ruang di rumah kami, semua dicatat dengan begitu detail oleh istri. Selain itu kami menggambar juga denah rumah yang akan kami cocokkan dengan barang-barang yang akan dibeli. Karena sistem knock down pada barang-barang yang dijual, IKEA Alam Sutera cocok untuk kaum muda yang memiliki rumah mungil. Desain rumah kami yang minimalis pun cocok dengan desain di IKEA yang modern dan warna-warna cerah.

Meja Rias
Meja Rias

Kami melakukan banyak improvisasi untuk mengisi rumah kami. Seperti ketika istri membutuhkan meja rias, karena meja rias dimanapun harganya enam digit, kami kemudian berputar otak. Solusinya adalah memberi cermin bulat seharga 300 ribu, rak kayu seharga 60 ribu dan lampu LED seharga 200 ribu, dengan 500 ribu istri mendapatkan meja rias.

Dengan improvisasi yang kami lakukan, kami mendapatkan harga jauh lebih murah daripada membeli meja rias yang besar pun lebih ringkas untuk rumah kami yang kecil karena semuanya menempel di tembok.

Pengganti Kitchen Set, Grundtal
Pengganti Kitchen Set, Grundtal

Kemudian improvisasi kedua ada pada kitchen set. Untuk harga kitchen set gantung di Bintaro hampir seragam, semua berkisar antara 700.000 – 1.500.000 per meternya. Tinggal dikalikan saja dengan luas dapur. Sementara untuk kitchen set lengkap, bisa 2 digit titik sebelum 6 angka nol. Bagi kami buang-buang uang namanya jika hanya demi kitchen set.

Di IKEA Alam Sutera kami menemukan solusinya. Dua set rak besi grundtal menggantikan fungsi kitchen set. Harga untuk dua set grundtal adalah 600 ribu rupiah. Dengan menambahi wadah plastik untuk tempat perkakas, kami menghemat banyak sekali daripada harus memaksakan membeli kitchen set. Hemat di IKEA Alam Sutera menurut kami juga tergantung improvisasi yang dilakukan oleh pembeli.

Set wastafel
Set wastafel

Sementara di wastafel saya hanya menghabiskan 200 ribu untuk set cermin dan rak sebagai tempat cadangan sabun dan alat mandi. Untuk kebutuhan kamar mandi pun demikian, kami hanya memasang tempat sabun seharga 15.000 dan gantungan baju yang harganya sama. Irit tempat dan tidak menguras kantong.

Atau seperti pada sofa ruang tamu, kami sebelumnya sudah memiliki sofa namun sayang warnanya kusam. Untuk mengatasinya kami membeli dua buah selimut polar warna merah dari IKEA, dua buah bantal kecil serta sarung bantal untuk bantal besar yang sudah kami miliki sebelumnya. Dengan demikian kami bisa memodifikasi sofa yang sebelumnya kusam menjadi lebih berwarna.

Sarung sofa
Sarung sofa dari Selimut Polar IKEA

Enaknya adalah barang di IKEA bisa dibongkar pasang pun demikian bisa dipadupadankan. Belanja perabot atau alat rumah tangga tidak terpaku pada satu fungsi saja, namun dengan memasangkan beberapa perabot bisa dijadikan fungsi yang berbeda.

Dengan improvisasi dan membuat barang-barang subtitusi dan komplementer, saling menganti dan melengkapi maka kami berdua menghemat banyak sekali uang untuk mengisi rumah. Barangkali jika lebih teliti bisa jadi kami sebenarnya bisa saja mendapatkan harga yang lebih murah. Namun bagi kami apa yang selama ini kami belanjakan sudah cukup untuk menghemat uang kami.

Beli dan Rakit Sendiri

Sistem di IKEA juga membuat pembeli menjadi mandiri. Barang yang dijual bukanlah barang jadi, namun potongan-potongan yang kemudian disusun sendiri menjadi barang jadi. Jelas ini juga menjadi penghematan dari sisi biaya produksi. Pembeli mau tak mau harus merakit barang yang ia beli sendiri.

Namun di IKEA Alam Sutera juga menyediakan jasa antar dan pasang. Ongkos angkutnya 270.000 ke kawasan Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan untuk barang sampai dengan 200 kilogram. Sementara ongkos rakitnya adalah 8 % dari total harga barang yang dirakitkan. Jadi setelah belanja di IKEA Alam Sutera, pembeli tinggal menunggu di rumah, kurir akan mengabari waktu datang dan merakitkan barang belanjaannya di rumah.

Set alat tukang dari IKEA
Set alat tukang dari IKEA

Saya sarankan jika ingin membeli banyak sekalian saja membawa mobil boks, nanti diangkut sendiri dan dipasang sendiri di rumah atau meminta bantuan tukang. Untuk perabot besar, rata-rata beratnya di atas 5 kilogram sehingga dengan mobil boks akan lebih efektif saat mengangkut, tidak perlu menggunakan jasa antar dari IKEA Alam Sutera.

Terakhir, jika ingin hemat lebih baik pasang sendiri. Selama di rumah memiliki alat-alat pertukangan, minimal obeng dan palu sebenarnya mudah untuk merakit perabot dari IKEA. Pengalaman saya tak sampai satu jam untuk merakit sebuah lemari sampai utuh, seluruh komponennya sudah disediakan, saya tinggal merakit mengikuti buku petunjuk yang sudah disertakan.

DSCF5890

DSCF5893

DSCF5899

DSCF5905

Datang Di Waktu Yang Tepat

Kami memilih datang ke IKEA Alam Sutera sepagi mungkin. Jam 9 saya biasanya sudah tiba di IKEA Alam Sutera, kenapa? Karena kami bisa lebih leluasa sebelum pengunjung lain datang. Sepanjang pengamatan saya, toko ini mulai ramai antara jam 12 hingga malam. Jika kami datang jam 9 dan estimasi lama belanja 1-2 jam, biasanya di jam 12 kami sudah keluar dari IKEA atau beristirahat sejenak untuk menikmati menu Swedish Meatball-nya.

Jangan juga datang di atas tanggal 25 atau awal bulan tiap bulannya, pasti penuh sesak. Hal ini karena bertepatan dengan tanggal gajian kebanyakan pegawai swasta atau PNS akan berbondong-bondong ke IKEA. Saya juga cenderung menghindari malam hari karena di malam hari arah menuju IKEA dari arah BSD City biasanya sudah padat merayap bahkan macet.

Datang juga pada saat ada produk baru, namun waktunya kadang tidak diketahui karena sering acak. Di awal tahun kemarin IKEA Alam Sutera memberikan diskon yang cukup lumayan untuk menghabiskan stok, terkadang juga ada surprise diskon di mana untuk beberapa item yang laris justru diberikan potongan harga.

Murah atau tidaknya berbelanja di IKEA sebenarnya tergantung kita sendiri, tergantung pembeli. Jika jeli melihat harga barang, sabar dalam melakukan perbandingan harga sebenarnya belanja di IKEA Alam Sutera akan lebih murah. Intinya adalah dengan fokus terhadap apa yang akan dibelanjakan dan juga membuat perencanaan pembelanjaan yang tepat.

Jadi, selamat belanja di IKEA Alam Sutera!

Tabik.

NB : Untuk mengisi rumah saya kira-kira menghabiskan sekitar 7.000.000,00 terdiri dari Satu Set Meja Makan, Kursi Ruang Tamu, Dipan berikut kasur pegasnya, Satu lemari pakaian, Dua rak buku, Set Grundtal untuk Kitchen Set, Satu meja tamu, Gelas dua lusin, Satu set pisau, Rak untuk kamar mandi. Silakan bandingkan dengan toko furniture sebelah.

Rak Buku IKEA
Rak Buku IKEA
Kursi tamu, karpet dan sarung sofa dari IKEA
Kursi tamu, karpet dan sarung sofa dari IKEA
Gantungan baju 15.000
Gantungan baju IKEA 9.900

 

Follow Efenerr on WordPress.com

77 KOMENTAR

  1. mahal/murah itu relatif. krna setiap produk massal sekalipun pasti pnya pertimbngan terutama material/desain. Kadang orang lebih cenderung melihat harga murahnya, ketimbang kualitasnya. Seperti misalny produk “kursi babon anggrem” dgn kayu jati jawa umur ratusan tahun blum tentu ada di IKEA atau material composite (kayu anti air) walau direndam setahun ga kan hancur seperti bahan multipleks. Lebih bijak menilai produk dengan pertimbngn harga, bahan dan desain serta fungsi. Seperti istilah jawa ” Ono rego ono rupo”.

  2. Gw tuch demen banget jalan2 di tempat belanja keperluan rumah, yg ada langsung ngebayangin ini di beli buat di pojokan rumah, itu di beli buat di kamar, yg ono di beli buat di belakang
    tapi begitu liat harga nya langsung mundur hahaha

  3. baru sekali ke IKEA, maksudnya mau curi ide untuk ngisi rumah, yang ada malah bingung disana hahaha. Tapi setelah mebandingkan dengan toko-toko sejenis sepertinya IKEA memang punya range harga yang lebih beragam tidak selalu mahal dan bentuknya unik2

    Makasi infonya kak chan

  4. ikea ini dr swedia kan…waktu mertuaku masih jd diplomat di swedia, dia sering bgt bawa tamu2 indonesia utk belanja di IKEA .. sbnrnya IKEA itu sejajar ama LIGNA kalo di Indonesia.. hanya saja, model2 IKEA jauh lbh modern dan terlihat mahal πŸ™‚ Sementara LIGNA bosenin bgt ;p

    aku sendiri suka liat2 brosur ikea dlm hal menata ruangan mas.. kan bnyk tuh kamar2 sempit ditata jd terlihat nyaman bgt… sama sih, kita nyari furniturenya jg ga semua dr ikea,,kalo lbh mahal ya males ;p

    • Tul! IKEA dari Swedia dan dari model saat ini memang lebih simple, lebih kekinian.
      Kalau saya sih karena rumah kecil jadi desain IKEA ini menyesuaikan dengan kondisi rumah. Hehehe

  5. I was an IKEA slave sewaktu jamannya belom masuk Indo, apalagi kalo di KL, dengan kurs RM yg lebih murah drpd SGD, wah bisa kalap sampe bisa loh saya cuma bawa koper kosong aja dan pulang isinya IKEA semua, ini rumah gw rata2 barang printilannya ya IKEA.
    Dulu cita-citanya kalau udah buka di Jakarta pengen borong segala macem, eh tapi malah sejak ada disini, kok jadi ilfil ya..apalagi kmarin2 tuh kan ruaameee melulu disana semacam pasar …baru 2x sih ke IKEA alsut selama dia buka, rencananya long wiken besok mau kesana lagi cek ombak apakah sudah ga rame lagi…hihihi

    Asyiknya naik Uber Taxi gratis | The Traveling Cows

  6. makasih mas rinciannya, baru tahu kalau bisa di email/dicetak. sebelumnya, catat manual πŸ˜€
    akhirnya sekarang login&bisa simpen langsung di email.
    bener banget, KS bisa 7 jutaan lebih kalau pesen, hemat dengan ike. cuma kudu rapih ya πŸ™‚
    thanks banget mas, salam kenal, salam juga buat putri πŸ™‚

  7. Kalo mau belanja ikea jauh lebih murah… Coba deh follow ig agen pihak marketing…. @asaverofurniture harganya miring banget tp harus cepet soalnya pada rebutan…

  8. Di fb banyak yg jual furniture ikea dgn hrg jauh lebih murah dr hrg di ikea.. itu yg dijual apa brg display bkn ya ? Kata nya brg promo di kasih ke mrk buat dijual .. apa mksdnya brg bks display atau brg yg gagal quality control ya ?

  9. barangnya sih ikea, tapi penulisnya sayang kurang taste jadi malah berasa norak pemasangan/penempatannya….. mungkin klo bs dicocokin warna dan jenis brgnya bs lbh elegan

  10. Setuju Mas, ga semuanya barang di IKEA selalu lebih mahal daripada toko sebelah.
    Untuk produk fungsional pilihannya banyak banget dari yang lebih murah daripada hypermarket, sementara untuk produk dekoratif memang cenderung lebih mahal walaupun ada pilihan yang lebih hemat dengan sedikit modifikasi.
    Yang paling menarik adalah semua produknya terkesan rapi dan ringkas sehingga dengan penataan yang baik, ruangan bisa terlihat lebih luas,

  11. Mas, mau nanya yg rak grundtal buat masang ke dinding mas pakai dynabolt atau baut fisher?
    Saya pakai baut fisher kok gk kuat ya buat nahan beban. Punya mas d foto saya lht bebannya banyak tp msh kuat.
    Trims sebelumnya.

  12. Halo mau nanya itu kalau ngerangkai lemari atau rak sekrup dan onderdil lainnya sudah disediakan di dalam kemasan atau kita modal sendiri ya? Thank you πŸ˜‰

  13. Googling nemunya di sini πŸ˜€
    Kebeneran lagi mau belanja yang agak gedean, kayaknya lebih murah diangkutin dan dirakitin dari IKEAnya ya, daripada nyari tukang lagi dan bawa mobil box. Kadang ngga banyak tukang yang pinter rakit kalo ngga aseli tukang kayu. Nice post mas, very helpful ?

  14. halo mas, boleh tau rincian yg dibeli apa aja seharga 7 juta nya? saya liat banyak bgt yg di beli tp total nya murah.. kalo bisa sama nama produk ikea nya.. makasih sebelumnya πŸ™‚

  15. googling tentang dapur ikea (ingin lihat kalau sudah terpasang di rumah bagaimana :D), jadi ke sini. salam kenal ya ..

  16. Hari ini rencana mau beli sofa di ikea pas baca tulisan ini wah lumayan juga ya kirim ke bintaro bisa 270rb untuk ongkir. . hmmmm

  17. Kalo di negara lain IKEA itu tempat belanja perabotan buat yang kelas pertengahan bawah. IKEA itu punya perabotan yg berbeda kualitas dan harga. Tapi di Indonesia gue bandingin harga sekitar 2 kali lipat dan ada yg 3 kali lipat berbanding di Malaysia. Ternyata Grup Hero udah menempatkan IKEA itu buat golongan atasan. Gue beli lemari 3 pintu yang basic di IKEA dgn harga 2.000.000 padahal gue lihat di IKEA Malaysia cuman 299 ringgit bersamaan 950rb. Emang mahal IKEA kalo di Indonesia.

  18. Tulisan yang berfaedah ini mas, aku rencananya juga mau ngisi rumah, udah terlanjur pesen sofa ples mejanya abis gitu kepikiran ikea, eh dibatalin deh tapi kalo ke bintaro aja ongkirnya 270 ribu di tahun 2015… apakabar sekarang ya dan dikirimnya ke jakarta timur pula… duh jadi galau… Tapi hebat loh ngisi rumah cuma 7 juta udah sesuai kebutuhan, aku jadi tercerahkan ini suapaya lebih hati-hati (hemat) hehehe

  19. Makasi bgt sharingnya! kebetulan lagi mau nyari2 barang buat kebutuhan kos yg sekiranya fungsional tp kalo pindahan msh dipakai ga repot. belom pernah kesana sih padahal sering main ke bsd, jd pengen cepet2 kesana. tapi kdg sering liat dari ig jastip gitu mereka kok kebanyakan dpt harga lbh murah ya dibanding harga asli gitu tp mereka bukan penipu?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here