2016_1001_21100000

Banyak orang yang bertanya, bagaimana saya bisa berlibur dengan hemat dan murah, rahasianya apa? Saya jawab, saya mencari tiket murah dengan Skyscanner.

Apa itu Skyscanner?

Pada dasarnya Skyscanner adalah platform pencarian tiket pesawat murah di internet lewat website maupun apps smartphone, istilah kerennya meta search engine. Jadi ketika kita mencari tiket pesawat untuk tanggal tertentu dan kisaran harga tertentu, Skyscanner akan mencarikan tiket tersebut untuk kita.

Bedanya apa dengan Online Travel Agent?

Nah ini dia, Skyscanner berbeda platform dengan Online Travel Agent/OTA. OTA hanyalah bentuk digital dari Travel Agent konvensional, dengan kata lain OTA sebagai perantara untuk memesan langsung ke penyedia jasa transportasi/maskapai dan akomodasi, sementara Skyscanner adalah search engine yang pada saat ketika mencari tiket akan crawling ke maskapai juga ke berbagai OTA yang menjadi partner untuk mendapatkan tiket sesuai yang diinginkan.

Itulah kenapa Skyscanner mampu memberikan hasil pencarian yang lebih baik, ya karena sistem kerjanya sebagai sebuah search engine yang mencari tiket ke berbagai sumber. Dengan platform ini, Skyscanner bisa mencarikan saya tiket murah dan saya tinggal pilih atau membandingkan mana yang terbaik.

Pencarian Mobil
Pencarian Mobil

Apakah hanya tiket pesawat saja yang disediakan oleh Skyscanner?

Tidak, Skyscanner saat ini telah memperluas basis pencarian mereka, tak sekedar tiket pesawat, hotel dan penyewaan mobil telah diakomodasi oleh Skyscanner.

Dengan demikian dalam sekali jalan saya bisa mencari tiket murah, mencari hotel sampai rental mobil. Basis search engine yang luas inilah yang membuat saya nyaman menggunakan Skyscanner.

Kenapa bisa nyaman menggunakan Skyscanner?

Karena Skyscanner memberikan opsi pencarian hal-hal paling utama untuk traveling yaitu akomodasi dan transportasi. Transportasi sudah tercover dengan tiket pesawat dan persewaan mobil, sementara akomodasi lewat pemesanan hotel.

Mudah dan tak perlu susah-susah. Cukup membuka satu web dan saya bisa mengorganize perjalanan saya.

Contoh pemesanan hotel
Contoh pemesanan hotel

Hal-hal yang saya sebutkan tadi adalah beberapa benefit utama dari menggunakan Skyscanner karena lewat satu platform saya bisa mendapatkan banyak alternatif hasil pencarian. Ini menghemat energi untuk melakukan pencarian tiket murah.

Di satu sisi, efektifitas pencarian itulah yang menjadi kunci kenapa Skyscanner saya jadikan aplikasi utama ketika mencari tiket murah untuk jalan-jalan.

Saya kira sumber pencarian dan hasil bervariasi yang sangat banyak dan bervariasi itulah yang tidak bisa dilakukan oleh OTA tapi bisa dilakukan oleh Skyscanner dan disitulah  letak perbedaan utamanya.

screen-shot-2016-10-02-at-7-23-45-am
Fitur Go Everywhere

Banyak fitur yang ditawarkan oleh Skyscanner untuk memudahkan pencarian dan perencanaan jalan-jalan, namun ada satu yang menjadi favorit saya, Go Everywhere.

Bagi orang yang spontan seperti saya, fitur ini memungkinkan saya mencari tiket pesawat ke mana saja tanpa ditentukan destinasinya. Nanti Skyscanner akan memilihkan harga tiket termurah pada tanggal yang saya mau.

Hasilnya secara acak Skyscanner akan memberikan opsi traveling ke banyak negara dengan tiket paling murah yang bisa didapat.

Surprise, traveling ke negara tetangga justru lebih murah daripada ke negara sendiri.

Baca juga, #TribeSkyscanner : How to make Travel Content.

Fitur tersebut memungkinkan saya menjangkau destinasi-destinasi unik yang tak terbayangkan, karena opsi ini memberikan saya banyak alternatif destinasi yang mungkin bisa menjadi ide baru untuk saya.

Satu yang menjadi nilai plus adalah Skyscanner memiliki partner di seluruh dunia, dengan demikian hampir seluruh flight option di seluruh tempat di dunia tercover oleh Skyscanner. Menarik bukan? Mau ke mana saja mudah dengan sekali pencarian.

2016_1001_21090100

Oia, anyway apakah sudah menggunakan applikasi Skyscanner di smartphone? Saya menginstalnya di smartphone yang saya gunakan sehari-hari, dengan demikian saya bisa mendapatkan update informasi dari Skyscanner.

Aplikasi smartphone tentunya lebih memudahkan bagi saya untuk merencanakan liburan dengan Skyscanner. Ada beberapa fitur-fitur yang membuat perencanaan liburan atau jalan-jalan menjadi lebih mudah.

Download Aplikasi Skyscanner disini

Pertama, bisa menggunakan fitur pencarian terpopuler. Fitur ini adalah opsi yang ditawarkan Skyscanner berdasarkan hasil pencarian terpopuler yang digunakan oleh user.

Di aplikasi saya, pencarian terpopuler tersebut membawa saya menuju hasil pencarian ke Jogja. Ketika kemudian saya breakdown hasilnya, maka muncullah beberapa opsi penerbangan yang bisa saya pilih untuk ke Jogja.

2016_1001_21064900

Kedua, bisa menggunakan opsi lain pencarian berdasarkan tanggal yang direferensikan oleh Skyscanner atau mengeset tanggal sendiri sesuai yang diinginkan.

Apabila sudah mengeset tanggal yang diinginkan, nanti Skyscanner akan mencarikan tiket termurah dan alternatif terbaik. Saya tinggal membandingkan atau langsung memilih hasil pencarian yang dilakukan tersebut.

Di aplikasi juga tersedia pencarian untuk akhir pekan. Ini adalah fitur yang disediakan bagi yang ingin traveling dadakan atau mereka yang belum memiliki ide traveling ke mana.

Dengan referensi dari Skyscanner tadi, saya bisa mendapatkan inspirasi liburan dan jika oke, bisa langsung booking tiketnya.

img-20161002-wa0003
Pencarian tiket berdasar tanggal populer

Ketiga, jika saya tidak langsung memilih tiketnya, saya bisa mengaktifkan fitur price alert. 

Fitur price alert ini juga menjadi salah satu andalan saya untuk mendapatkan tiket murah. Caranya mudah, tinggal aktifkan menunya yang di aplikasi ditandai dengan gambar lonceng.

Masukkan email dan voila! Nanti Skyscanner akan mengirimkan notifikasi/peringatan apabila ada perubahan harta tiket pada destinasi dan tanggal yang saya inginkan.

Dengan demikian saya tak perlu buru-buru membeli tiket murah karena kadang tiket murah justru didapatkan dekat-dekat tanggal keberangkatan.

Saya bisa menunggu notifikasi dari Skyscanner untuk mendapatkan tiket lebih murah lagi.  Semudah memasukkan email untuk mendapatkan price alert.

skyscanner-unified-app-iphone5s-indonesia-pricealert
Price Alert, sumber gambar : Skyscanner.co.id

Selain fitur itu tadi, Skyscanner juga menyediakan fitur month view atau daily view. Fitur ini menyajikan rangkuman tren harga tiket murah sesuai yang kita inginkan dalam jangka waktu bulanan atau harian, disesuaikan dengan keinginan kita sendiri

Ini memudahkan saya untuk menganalisa waktu-waktu tertentu di mana tiket tersebut sesuai kantong.

Dengan beragam fitur tadi, saya bisa lebih mudah mendapatkan tiket murah dan selama bertahun-tahun, saya memang sudah membuktikan bahwa Skyscanner sudah menjadi andalan.

Malaysia, Singapura, Turki, Bali, Surabaya, Jogja, Makassar dan banyak daerah lain sudah saya jelajahi berkat bantuan Skyscanner.

Apakah fitur-fitur tadi sudah cukup sakti untuk mendapatkan tiket murah? Eits, tunggu dulu. Ada fitur pamungkas yang selalu saya gunakan, fitur perbandingan harga.

Apa itu?

screen-shot-2016-10-02-at-2-38-48-pm

Fitur ini hanya tersedia jika kita mengakses web Skyscanner.co.id . Klik, peta / maps pada kolom pencarian di atas, lokasinya ada di kanan atas.

Setelah klik, maka kita akan diarahkan menuju peta yang membandingkan harga-harga tiket sesuai destinasi yang diinginkan.

Hasil perbandingan
Hasil fitur perbandingan harga

Peta tersebut akan memunculkan banyak destinasi berikut harga masing-masing. Jika peta tersebut digeser ke area negara lain, maka fitur-fitur perbandingan tersebut akan memunculkan data harga sesuai dengan area yang kita inginkan.

Nah, senjata pamungkas tersebut menjadi penutup untuk mencari tiket murah dengan Skyscanner.

Well, mendapatkan tiket murah sebenarnya perlu taktik dan strategi. Saya karena  orangnya spontan, cenderung menjauhi model tiket promo yang harus dibeli jauh-jauh hari dan mengandalkan meta search engine seperti Skyscanner untuk mendapatkan tiket murah yang diinginkan.

Dengan Skyscanner saya bisa membeli tiket murah sesuai keinginan dan tak perlu membelinya jauh-jauh hari. Skyscanner bagi saya memberikan kebebasan lebih untuk merencanakan perjalanan.

Platform Skyscanner cocok bagi orang yang ingin sesering mungkin traveling, baik untuk wisata maupun pekerjaan seperti saya. Daripada susah-susah membandingkan harga dari maskapai satu dengan yang lain atau dari OTA satu ke OTA lain, tiket termurah bisa dirangkumkan oleh Skyscanner.

So, tiket murah itu mudah didapat asal tahu cara dan toolsnya, bukalah Skyscanner, maksimalkan fitur-fiturnya seperti yang saya lakukan dan jadikan tiket pesawat mahal adalah mitos.

Tabik.

14 KOMENTAR

  1. Biasanya kalau liburan memangs udah etrencana mas. Tapi ini bagus kalau lagi dadakan berangkatnya. Jadi nambah informasi hehehehe. Sebar racun dulu ke orang kantor, siapa tahu diajak dolan bareng pas akhir tahun 😀

  2. tosss dulu mas, aku jg pake ini utk cari tiket2 murah ;).. price alertnya slalu kepasang dooong ;).. berguna bgt malah… tiket2 utk thn 2017 walo blm kebeli semua, tp semuanya udh aku save di price alert, jd begitu hrg cocok, lgs book 😀

  3. Halo mas, salam kenal dari adek tingkat (jauh) di STAN…:D Btw mas Farchan ini jadi inspirasiiku buat ikutan bikin blog lho, hehe (–> ferydyan.blogspot.com). Aku pernah mas iseng2 bandingin Skyscanner sama Traveloka, tapi kok mesti lebih murah di Traveloka ya mas? Apa kebetulan aja ya

    • beda platform, Skyscanner itu search engine. Sementara atunya Online Travel Agent. 🙂 jadi kalau Online Travel Agent biasanya suka ngasih subsidi tiket, itulah kenapa jadi lebih murah. tentang subsidi tiket dari OTA silakan googling soal pembakaran uang lewat venture capital.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here