Bagi saya, banyaknya dokumentasi perjalanan berbanding lurus dengan kebutuhan tempat penyimpanan data. Semenjak menjadi travel blogger, sudah 2 laptop dan 3 hard disk eksternal sudah saya habiskan untuk menyimpan seluruh dokumentasi perjalanan saya.

Tapi sekian banyak hard disk ternyata masih kurang. Apalagi file foto saya ukurannya sekarang semakin besar semenjak upgrade kamera. Pun dengan bertambahnya file-file video yang kadang saya ambil di perjalanan.

Penyakit lainnya adalah laptop yang semakin lemot karena terlalu banyak data. Juga transfer time data yang dikirimkan semakin lambat. Intinya semakin banyak masalah dan perlu hard disk baru.

Saya rencananya memang menambah harddisk yang bisa dipasang di laptop. Laptop baru yang relatif baru tentu tak butuh harddisk baru, saya justru akan memasang di laptop yang lama, laptop yang sudah saya gunakan lebih dari lima tahun.

Cari info ke sana-sini, saya menentukan pilihan pada Seagate FireCuda, hard disk terbaru keluaran Seagate dengan ukuran mungil dan kapasitasn 2 Terabyte. Harganya 1,5 juta saja dan cukup untuk pengganti harddisk lama saya.

sebelum unbox
Detail spesifikasi
detail spesifikasi

Sekarang ini besar kapasitas hard disk sudah mencapai Tera, berbeda lima tahun yang kisarannya hanya ratusan giga. Dengan mengganti harddisk di laptop saya bisa memiliki kapasitas penyimpanan empat kali lipat dari yang dulu.

Kenapa Seagate FireCuda? Karena ada teknologi baru nan canggih di hard disk ini. Saya juga memang penggunan Seagate, sejak zaman peripheral, zaman masih suka merakit komputer, harddisk saya selalu pakai Seagate, stabil dan awet.

FireCuda sendiri adalah seri terbaru yang dikeluarkan oleh Seagate. Jenisnya adalah SSHD atau Solid State Hybrid Drive, yang merupakan jenis harddisk gabungan antara teknologi HDD dan SSD. Jadi kemampuannya di atas HDD, hal ini karena gabungan teknologi itu tadi, tempat penyimpanan datanya berupa piringan dan ada flash memory chip untuk transfer data.

Seagate FireCuda ini tersedia untuk laptop dan PC. Untuk laptop ukurannya kecil dan mungil, sudah disesuaikan dengan slot yang ada di laptop. Untuk seri ini besarnya tidak lebih dari setelapak tangan. Saya coba pasang di laptop dan langsung pas.

Teknologi yang dimiliki Seagate FireCuda disebut  flash accelerated drive, yang menjamin proses eksekusi aplikasi dan juga pemindahan data berlangsung cepat dan singkat. Di seri ini juga terdapat teknologi Adaptive Memory. Intinya adalah harddisk ini akan membaca kebiasaan kita saat menggunakan laptop dan mengefisiensikan prosesnya.

Jadi semisal karena saya sering menggunakan Adobe Photoshop dan Lightroom untuk foto atau word untuk menulis maka Seagate FireCuda akan menandai kebiasaan saya ini dan menyesuaikan alokasi processing aplikasinya pada dua aplikasi tersebut. Jadi akses ke dua aplikasi tersebut menjadi lebih cepat dan efisien karena sudah tercatat dalam “ingatan” hard disk ini.

Canggih kan?

Setelah dicoba untuk membuka aplikasi memang peningkatannya signifikan. Untuk transfer data dan membuka aplikasi rata-rata mengalami peningkatan 10-20 detik untuk prosesnya.  Ternyata dengan mengganti harddisk kerja jadi lebih cepat dan efisien.

Pas Membuka
Bebrapa saat kemudian

Sudah beberapa waktu saya menggunakan harddisk ini, ternyata memang sesuai reputasinya. Hard disk sebelumnya yang sudah uzur dan lambat berganti dengan harrdisk baru yang cepat. Kapasitas penyimpanan data bertambah tanpa mengorbankan kecepatan akses data.

Selain itu juga jangan khawatir soal layanan purna jualnya, FireCuda dilindungi dengan garansi selama lima tahun. Jadi bagi para travel blogger yang butuh hard disk baru, Seagate FireCuda bisa jadi pilihan tepat.

Tabik.

 

Follow Efenerr on WordPress.com

6 KOMENTAR

  1. wah pake FireCuda juga ya mas. Memang ini harddisk oke banget mas. Kapasitas gede, stabil, awet dan bikin laptop makin cepet mas. Garansi juga panjang. gak nyesel deh beli harddisk ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here